Aneka Contoh Surat Ucapan Selamat dalam Surat Bisnis

Dalam membina suatu hubungan bisnis, kita perlu menjaga agar hubungan tersebut selalu berjalan baik. Komunikasi yang baik dan berkesinambungan diperlukan agar hubungan antar partner bisnis bisa terjaga. Bahkan, relasi ini pun terkadang juga disangkutpautkan dengan kehidupan pribadi dari para pelaku bisnis.

Mengaitkan kegiatan bisnis dengan kehidupan pribadi para pelaku bisnis tersebut merupakan hal yang lazim. Sebab, hubungan pribadi yang lebih baik dapat membuat kerjasama dapat terjalin dengan landasan kepercayaan yang lebih kokoh.

Kehidupan pribadi yang dimaksud di sini sebetulnya bukan hal yang kompleks, melainkan hal yang sederhana saja. Misalnya, seperti memberikan ucapan selamat ketika relasi bisnis sedang mendapatkan kabar baik, dan memberikan ucapan bela sungkawa ketika relasi bisnis sedang mendapat musibah.

Ucapan selamat atau pun bela sungkawa ini bisa disampaikan untuk perusahaan, maupun secara pribadi atas kabar baik yang diperoleh oleh seorang pejabat perusahaan saja. Misalnya, ucapan selamat ulang tahun, ucapan selamat pernikahan, ucapan selamat karena mendapat penghargaan dan lainnya.

Berbagai ucapan selamat ini bisa disampaikan secara langsung, lewat karangan bunga, bisa juga melalui surat bisnis. Biasanya, para relasi bisnis masih berkirim surat ucapan selamat dalam bentuk surat bisnis. Agar lebih jelas, berikut ini ada beberapa contoh surat ucapan selamat dalam kerangka surat bisnis.


Contoh ucapan selamat atas promosi kenaikan jabatan


26 Agustus 2016


PT Armada Raya Production
Jalan Sumpah Pemuda 99
Jakarta Utara
------------------------------------------


Kepada Yth Ronaldo Rado,
Coco Industries Ltd
Jl Adi Sumarmo 111
Jakarta Pusat

Hubungan bisnis yang kita jalin dengan Coco Industries selama tiga tahun terakhir sangat menyenangkan dan saling menguntungkan. Hubungan bisnis yang baik ini, tidak lain karena kontribusi yang Anda berikan. Karena itu, kami merasa senang menyampaikan ucapan selamat atas promosi Anda sebagai wakil presiden Coco Industries.

Sebelum adanya struktur baru, Coco Industries masih memiliki pangsa pasar yang kecil. Kami yakin, Anda lah yang membantu Coco Industries memiliki pasar yang lebih luas dan menjadikannya sebagai salah satu pusat dari bisnis produk olahan coklat. Kami turut berbahagia menyaksikan bahwa kontribusi Anda dalam hal ini mendapatkan penghargaan yang layak.

Meski kami tidak bisa menyertai Anda, kami ingin menjadi orang pertama yang memberi selamat atas kesuksesan Anda.


Salam hangat,​​
T-t-d​​
Aliando Ando
Purchasing Manager


 

Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun


26 Agustus 2016


PT Armada Raya Production
Jalan Sumpah Pemuda 99
Jakarta Utara
------------------------------------------------------


Kepada Yth Ronaldo Rado,
Terhebat Consulting
Jl Jambu Biji 999
Jakarta Pusat

Perkenankanlah saya menggunakan kesempatan ini untuk menyampaikan ucapan selamat atas hari paling bahagia bagi Anda, Bapak Ronaldo Rado. Anda adalah sosok dengan gaya yang mengagumkan, bertanggung jawab dan penuh inspirasi. Semoga dengan bertambahnya usia Anda di hari ulang tahun Anda ini, Anda bisa menjadi sosok yang semakin berkharisma. Anda menjadi contoh bagi kami semua.

Terima kasih atas jalinan kerjasama Anda dengan perusahaan kami. Kami berharap, hari spesial Anda menjadi hari yang paling membahagiakan.


Salam hangat,​​
T-t-d​​
Aliando Ando
General Manager


 

Contoh Ucapan Selamat atas Penghargaan


26 Agustus 2016


PT Armada Raya Production
Jalan Sumpah Pemuda 99
Jakarta Utara
----------------------------------------------------


Kepada Yth Ronaldo Rado,
Trix Creative
Jl Merdeka Raya 777
Jakarta Pusat

Akhirnya, Marketing Club Awards membuka amplop dan mengumumkan Anda sebagai pemenang. Selamat atas prestasi Anda yang mengagumkan dalam memenangkan Grand Circle Awards tahun ini. Penghargaan tersebut menandai era layanan periklanan dan komunitas yang semakin berjaya. Kreatifitas dan inovasi luar biasa yang Anda hasilkan memang pantas untuk mendapatkan penghargaan. Anda sangat menginspirasi kami semua.

Sekali lagi, selamat atas kemenangan Anda. Saya yakin, tidak ada yang lebih pantas menerima penghargaan tersebut selain Anda.


Salam hangat,​​
T-t-d​​
Aliando Ando
Direktur Utama




Materi lain:

  1. Aneka Contoh Surat Pernyataan dan Cara Menulisnya
  2. Aneka Contoh Surat Kuasa dan Cara Membuatnya
  3. Aneka Contoh Surat Permohonan