Rumus Dasar Excel: Rumus Fungsi Microsoft Excel Lengkap

Excel adalah salah satu produk Microsoft yang sangat bermanfaat dalam proses perhitungan dan pengelolaan data. Di dalam Excel, terdapat banyak sekali fungsi preset atau fungsi dasar yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan kita dalam olah data. 

Tentunya, akan lebih lancar jika kita mengetahui rumus dasar excel tersebut secara tepat. Rumus dasar excel sangat banyak dan beragam, mulai dari rumus penjumlahan, rata-rata, pemeringkatan bahkan untuk mengelola data base pun kita bisa memanfaatkan rumus-rumus fungsi yang ada di excel. 

Lantas, apa saja rumus dasar excel yang bisa kita manfaatkan? Berikut terdapat daftar rumus fungsi Microsoft excel lengkap yang bisa Anda simak dan coba.

Rumus Dasar Excel: Rumus Fungsi Microsoft Excel Lengkap

FUNGSI LOGIKA PADA MICROSOFT EXCEL

Fungsi IF

Fungsi IF Excel merupakan fungsi excel yang bisa digunakan untuk menghasilkan nilai berdasarkan uji logika (benar/salah) tertentu.

Rumus fungsi: 

IF(TesLogika; KondisiTerpenuhi; [KondisiTidakTerpenuhi])

Fungsi IFERROR

Fungsi IFERROR Excel merupakan fungsi microsoft excel untuk menghasilkan nilai tertentu, seperti apabila nilai rumus excel yang diuji menghasilkan nilai error/kesalahan. Sebaliknya apabila nilai yang diuji tidak menghasilkan error, maka IFERROR akan mengembalikan fungsi nilai yang diuji.

Rumus fungsi:

IFERROR(value; value_if_error)

Fungsi AND

Fungsi AND Excel merupakan fungsi yang ada pada microsoft excel digunakan untuk melakukan uji logika guna menghasilkan nilai TRUE, ketika semua argumen yang diuji bernilai TRUE.

Rumus fungsi: 

AND(Logika1; [Logika2]; ...)

Fungsi OR

Fungsi OR Excel digunakan untuk melakukan uji logika sehingga dapat menghasilkan nilai TRUE jika salah satu argumen yang diuji bernilai TRUE.

Rumus fungsi:

OR(Logika1; [Logika2]; ...)

Fungsi NOT

Fungsi NOT pada Microsoft excel digunakan untuk membalik nilai logika TRUE sehingga menjadi FALSE dan membalikkan nilai logika FALSE menjadi TRUE.

Rumus fungsi:

NOT(logical)

FUNGSI TEKS PADA MICROSOFT EXCEL

Fungsi LOWER

Fungsi LOWER Excel adalah rumus dasar excel yang bisa kita manfaatkan untuk mengubah SEMUA HURUF pada sebuah teks pada kolom excel sehingga menjadi huruf KECIL semua.

Rumus fungsi:

LOWER(Teks)

Fungsi UPPER

Fungsi UPPER pada excel digunakan untuk mengubah teks pada excel menjadi SEMUA HURUF menjadi huruf BESAR semua.

Rumus fungsi:

UPPER(Teks)

Fungsi PROPER

Fungsi PROPER yang ada pada microsfot excel adalah rumus dasar excel untuk mengubah HURUF AWAL setiap kata pada teks sehingga berubah menjadi huruf besar.

Rumus fungsi:

PROPER(Teks)

Fungsi LEFT

Fungsi LEFT Excel adalah rumus dasar excel yang bisa ktia manfaatkan untuk mengambil beberapa karakter teks dari arah KIRI atau awal sebuah teks.

Rumus fungsi:

LEFT(Teks; [JumlahKarakter])

Fungsi RIGHT

Fungsi RIGHT Excel merupakan suatu rumus dasar pada excel yang bisa digunakan untuk mengambil beberapa karakter teks dari arah KANAN atau akhir sebuah teks.

Rumus fungsi:

RIGHT(Teks; [JumlahKarakter])

Fungsi MID

Fungsi MID Excel adalah rumus dasar excel yang digunakan untuk mengambil beberapa karakter teks dari posisi tertentu (AWAL/TENGAH) sebanyak beberapa karakter tertentu.

Rumus fungsi:

MID(Teks; AwalKarakter; JumlahKarakter)

Fungsi FIND

Fungsi FIND digunakan untuk mencari teks pada teks lain (Case Sensitive) dan menghasilkan sebuah angka yang menunjukkan posisi teks yang dicari.

Rumus fungsi:

FIND(find_text; within_text; [start_num])

Fungsi SEARCH

Fungsi SEARCH pada Microsoft Excel adalah rumus dasar excel yang digunakan  mencari teks pada teks lain (Non Case Sensistive) dan menghasilkan sebuah angka yang menunjukkan posisi teks yang dicari.

Rumus fungsi:

SEARCH(find_text, within_text, [start_num])

Fungsi LEN

Fungsi LEN adalah rumus dasar excel yang bermanfaat mengetahui jumlah karakter sebuah teks.

Rumus fungsi:

LEN(Teks)

Fungsi TRIM

Fungsi TRIM pada rumus dasar excel digunakan untuk menghapus spasi berlebihan  yang ada pada teks excel seperti jika ada spasi ganda, spasi pada awal teks dan spasi pada akhir teks.

Rumus fungsi:

TRIM(Teks)

Fungsi SUBSTITUTE

Fungsi SUBSTITUTE adalah rumus dasar excel yang bisa dipakai untuk mengubah teks tertentu dengan teks lain.

Rumus fungsi:

SUBSTITUTE(text; old_text; new_text; [instance_num])

Fungsi REPLACE

Fungsi REPLACE adalah rumus dasar excel yang bisa dipakai untuk mengganti teks pada posisi tertentu dengan teks lain

Rumus fungsi:

REPLACE(old_text; start_num; num_chars; new_text)

Fungsi CONCATENATE

Fungsi CONCATENATE bisa digunakan untuk menggabungkan beberapa teks yang ada pada pada excel untuk bergabung ke dalam satu sel

Rumus fungsi: 

CONCATENATE(Teks1; [Teks2]; ...)

Fungsi TEXT

Fungsi TEXT pada rumus dasar excel bisa kita digunakan untuk mengkonversi angka (numeric) termasuk format tanggal dan waktu menjadi teks (string) sesuai dengan format yang ditentukan.

Rumus fungsi:

TEXT(Angka;"KodeFormat")

Fungsi EXACT

Fungsi EXACT Excel adalah rumus dasar excel yang bisa digunakan untuk membandingkan 2 teks apakah identik sama persis atau tidak

Rumus fungsi:

EXACT(Teks1; Teks2)

FUNGSI TANGGAL DAN WAKTU PADA RUMUS DASAR EXCEL

Fungsi NOW

Fungsi NOW merupakan fungsi dasar excel yang bisa digunakan untuk mendapatkan nomor seri TANGGAL dan WAKTU saat ini.

Rumus fungsi:

NOW()

Fungsi TODAY

Fungsi TODAY dapat digunakan agar kita bisa mendapatkan nomor seri TANGGAL saat ini.

Rumus fungsi:

TODAY()

Fungsi DATE

Fungsi DATE merupakan fungsi rumus excel yang berguna untuk memperoleh format (nomor seri) TANGGAL berdasarkan informasi tanggal, bulan dan tahun yang ditentukan.

Rumus fungsi:

DATE(Tahun;Bulan;Tanggal)

Fungsi DATEVALUE

Fungsi DATEVALUE Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk mengonversi tanggal dalam bentuk teks menjadi nomor seri tanggal excel.

Rumus fungsi:

DATEVALUE(TeksTanggal)

Fungsi DATEDIF

Fungsi DATEDIF merupakan suatu fungsi excel yang bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan selisih tangal, bulan atau tahun di antara dua tanggal tertentu. Biasanya digunakan untuk menghitung umur atau masa kerja.

Rumus fungsi:

DATEDIF(TglAwal;TglAkhir;KodeSatuan)

Fungsi DAY

Fungsi DAY pada excel dapat kita manfaatkan untuk mendapatkan nilai angka TANGGAL(1-31) dari format tanggal(DATE).

Rumus fungsi:

DAY(Tanggal)

Fungsi DAYS(Excel 2013+)

Fungsi DAYS merupakan fungsi excel yang dapat kita gunakan untuk menghitung jumlah hari di antara dua tanggal.

Rumus fungsi:

DAYS(TanggalAkhir; TanggalAwal)

Fungsi DAYS360

Fungsi DAYS360 dapat kita gunakan untuk menghitung jumlah hari yang ada di antara dua tanggal, dengan dasar asumsi bahwa semua bulan dalam setahun adalah 30 hari atau 360 hari dalam setahun.

Rumus fungsi:

DAYS360(TanggalAwal; TanggalAkhir; [Metode])

Fungsi MONTH

Fungsi MONTH pada microsft excel merupakan suatu fungsi excel yang digunakan untuk mendapatkan nilai angka BULAN (1-12) yang ada pada sebuah format tanggal(DATE).

Rumus fungsi:

MONTH(Tanggal)

Fungsi YEAR

Fungsi YEAR merupakan fungsi excel yang digunakan untuk bisa memperoleh nilai angka TAHUN dari sebuah format tanggal(DATE).

Rumus fungsi:

YEAR(Tanggal)

Fungsi TIME

Fungsi TIME merupakan fungsi excel yang digunakan agar kita bisa memperoleh format WAKTU berdasarkan informasi jam, menit dan detik tertentu.

Rumus fungsi:

TIME(Jam;Menit;Detik)

Fungsi TIMEVALUE

Fungsi TIMEVALUE dapat kita manfaatkan untuk menkonversi TEKS yang menunjukkan waktu, sehingga berubah menjadi nilai desimal atau format waktu yang dikenal oleh excel.

Rumus fungsi:

TIMEVALUE(TeksWaktu)

Fungsi SECOND

Fungsi SECOND Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk mendapatkan nilai angka DETIK dari sebuah format waktu(TIME).

Rumus fungsi:

SECOND(Waktu)

Fungsi MINUTE

Fungsi MINUTE adalah fungsi excel untuk bisa memperoleh nilai MENIT dari sebuah format waktu (TIME).

Rumus fungsi:

MINUTE(Waktu)

Fungsi HOUR

Fungsi HOUR pada excel merupakan fungsi excel yang bisa digunakan untuk mendapatkan nilai JAM dari sebuah format waktu (TIME).

Rumus fungsi:

HOUR(Waktu)

Fungsi EDATE

Fungsi EDATE dapat menghasilkan nomor seri tanggal pada fungsi excel yang menunjukkan jumlah bulan sebelum atau sesudah tanggal tertentu.

Rumus fungsi:

EDATE(TanggalAwal; Bulan)

Fungsi EOMONTH

Fungsi EOMONTH merupakan fungsi excel yang dapat kita gunakan untuk menghasilkan nomor seri dari hari terakhir bulan sebelumnya atau sesudah jumlah bulan yang ditentukan.

Rumus fungsi:

EOMONTH(TanggalAwal; Bulan)

Fungsi NETWORKDAYS

Fungsi NETWORKDAYS merupakan fungsi excel yang dapat digunakan menghasilkan jumlah hari kerja di antara dua tanggal atau dengan mMengecualikan akhir pekan dan hari libur.

Rumus fungsi:

NETWORKDAYS(Tanggal_Awal; Tanggal_Akhir, [Hari_Libur])

Fungsi NETWORKDAYS.INTL (Excel 2010+)

Fungsi NETWORKDAYS.INTL ini pada aplikasi Microsoft Excel tahun 2010 ke atas, yang bisa digunakan untuk menghasilkan jumlah hari kerja yang ada di antara dua tanggal, dengan menggunakan mengatur parameter akhir pekan dan hari libur.

Rumus fungsi:

NETWORKDAYS.INTL(Tanggal_Awal; Tanggal_Akhir; [Akhir_Pekan]; [Hari_Libur])

Fungsi WORKDAY

Fungsi WORKDAY merupakan fungsi excel yang bisa digunakan menghasilkan tanggal selesai kerja, dengan mengecualikan akhir pekan dan hari libur.

Rumus fungsi:

WORKDAY(Tanggal_Awal;Jumlah_Hari; [Hari_Libur])

Fungsi WORKDAY.INTL (Excel 2010+)

Fungsi WORKDAY.INTL juga hanya ada pada Microsoft Excel 2010 ke atas, rumus fungsi excel ini bisa digunakan untuk menentukan tanggal selesai kerja, dengan mengatur parameter akhir pekan dan hari libur. 

Rumus fungsi:

WORKDAY.INTL(Tanggal_Awal;Jumlah_Hari; [Akhir_Pekan]; [Hari_Libur])

FUNGSI PENCARIAN DAN REFERENSI PADA MICROSOFT EXCEL 

Fungsi LOOKUP

Fungsi LOOKUP merupakan rumus fungsi excel yang bisa dipakai dalam proses pencarian data pada satu baris (row) atau satu kolom (column) tabel data atau sebuah array.

Rumus fungsi:

LOOKUP(Lookup_value; Lookup_vector; [Result_vector])

Fungsi VLOOKUP

Fungsi VLOOKUP pada excel yang bisa dipakai mencari sebuah nilai pada kolom (column) pertama yang ada di data tabel untuk memperoleh nilai data tertentu pada kolom lain yang ada di baris (row) yang sama dengan hasil pencarian. Data excel disusun secara vertikal.

Rumus fungsi:

VLOOKUP(NilaiYangDiCari; TabelReferensi; NomorKolom; [RangeLookup])

Fungsi HLOOKUP

Fungsi HLOOKUP dapat berfungsi mencari sebuah nilai pada baris (row) pertama yang ada di data tabel untuk memperoleh nilai data tertentu pada baris lain yang berada pada kolom (column) yang sama dengan hasil pencarian. Data excel disusun secara horizontal.

Rumus fungsi:

HLOOKUP(NilaiYangDiCari; TabelReferensi; NomorBaris; [RangeLookup])

Fungsi INDEX

Fungsi INDEX merupakan fungsi yang ada pada excel guna memperoleh nilai data dengan berdasar input/informasi kolom dan baris tertentu.

Rumus fungsi:

INDEX(array; Nomor_Baris; [Nomor_Kolom])

Fungsi MATCH

Fungsi MATCH pada excel bisa dipakai memperoleh angka urut posisi dari nilai data yang ada pada sebuah array excel. Biasanya, fungsi ini dikombinasikan dengan Fungsi INDEX.

Rumus fungsi:

MATCH(lookup_value; lookup_array; [match_type])

Fungsi OFFSET

Fungsi OFFSET merupakan fungsi yang ada pada excel untuk memindahkan atau menggeser dan membuat referensi range data atau rentang sel yang kita tentukan berdasar jumlah lebar baris dan kolom yang ada pada data excel.

Rumus fungsi:

OFFSET(reference; rows; cols; [height]; [width])

Fungsi ADDRESS

Fungsi ADDRESS dapat membuat teks alamat cell atau range berdasarkan pada informasi posisi baris dan kolom.

Rumus fungsi:

ADDRESS(PosisiBaris; PosisiKolom; [TipeRef]; [GayaRef]; [NamaSheet])

Fungsi INDIRECT

Fungsi INDIRECT Excel adalah fungsi pada excel untuk membuat sebuah referensi cell atau range dari sebuah teks atau gabungan teks dan value tertentu.

Rumus fungsi:

INDIRECT(TeksReferensi; JenisReferensi)

Fungsi ROW

Fungsi ROW merupakan fungsi yang ada pada excel untuk mendapatkan posisi baris (Row) sebuah sel.

Rumus fungsi:

ROW([Referensi])

Fungsi ROWS

Fungsi ROWS berguna memperoleh jumlah baris yang ada pada sebuah array atau referensi.

Rumus fungsi:

ROWS(Array)

Fungsi COLUMN

Fungsi COLUMN merupakan fungsi pada excel yang bisa berguna posisi kolom (Column) sebuah sel.

Rumus fungsi:

COLUMN([Referensi])

Fungsi COLUMNS

Fungsi COLUMNS berfungsi untuk mendapatkan jumlah kolom sebuah array atau referensi.

Rumus fungsi:

COLUMNS(Array)

Fungsi CHOOSE

Fungsi CHOOSE dapat digunakan untuk memilih nilai dari daftar nilai pada data yang disediakan.

Rumus fungsi:

CHOOSE(IndexNumber; Nilai1; [Nilai2]; ...)

Fungsi TRANSPOSE

Fungsi TRANSPOSE adalah fungsi yang ada pada excel digunakan untuk mengubah orientasi data vertikal menjadi horizontal atau sebaliknya.

Rumus fungsi:

TRANSPOSE(Array)

FUNGSI MATEMATIKA DAN TRIGONOMETRI PADA FUNGSI EXCEL

Fungsi SUBTOTAL

Fungsi SUBTOTAL berfungsi untuk menghitung nilai subtotal yang ada pada sebuah daftar atau database dengan mengabaikan data terfilter.

Rumus fungsi:

SUBTOTAL(KodeFungsi; Referensi1; [Referensi2]; …)

Fungsi SUM

Fungsi SUM merupakan fungsi microsoft excel yang bisa berguna untuk menjumlahkan data.

Rumus fungsi:

SUM(angka1;[angka2];...)

Fungsi SUMIF

Fungsi SUMIF pada excel dapat digunakan untuk melakukan penjumlahan dengan menambahkan syarat tertentu.

Rumus fungsi:

SUMIF(Range; Kriteria; [Sum_range])

Fungsi SUMIFS

Fungsi SUMIFS yang ada pada excel berguna untuk melakukan menjumlahan data dengan berdasarkan banyak kriteria /syarat.

Rumus fungsi:

SUMIFS(sum_range;criteria_range1; criteria1;[criteria_range2, criteria2]; ...)

Fungsi SUMPRODUCT

Fungsi SUMPRODUCT dapat berguna untuk menjumlahkan hasil perkalian nilai-nilai array yang bersesuaian.

Rumus fungsi:

SUMPRODUCT(Array1; [Array2]; [Array3]; ...)

Fungsi ROUND

Fungsi ROUND pada excel dapat berguna untuk membulatkan bilangan pada nilai digit tertentu.

Rumus fungsi:

ROUND(Angka; JumlahDigit)

Fungsi ROUNDDOWN

Fungsi ROUNDDOWN yang ada pada excel dapat berguna membulatkan angka ke bawah.

Rumus fungsi:

ROUNDDOWN(Angka; JumlahDigit)

Fungsi ROUNDUP

Fungsi ROUNDUP berguna untuk membulatkan angka ke atas. 

Rumus fungsi:

ROUNDUP(Angka; JumlahDigit)

Fungsi INT

Fungsi INT pada excel dapat berguna untuk membulatkan angka kedalam bilangan bulat terdekat.

Rumus fungsi:

INT(Angka)

Fungsi TRUNC

Fungsi TRUNC berfungsi untuk memotong angka decimal sehingga berubah menjadi bilangan bulat, atau untuk menghilangkan angka dibelakang koma.

Rumus fungsi:

TRUNC(Angka, [BanyakDigit])

Fungsi ODD

Fungsi ODD adalah fungsi microsoft excel yang berfungsi membulatkan angka ke bilangan bulat GANJIL terdekat

Rumus fungsi:

ODD(Angka)

Fungsi EVEN

Fungsi EVEN merupakan fungsi microsoft excel yang berguna untuk membulatkan angka ke bilangan bulat GENAP terdekat. 

Rumus fungsi:

EVEN(Angka)

Fungsi RAND

Fungsi RAND merupakan fungsi pada microsoft excel dapat untuk menghasilkan angka random (Acak) diantara angka 0 dan 1 (desimal).

Rumus fungsi:

RAND()

Fungsi RANDBETWEEN

Fungsi RADNBETWEEN pada excel berfungsi untuk menghasilkan angka random (acak) yang ada di antara dua angka tertentu.

Rumus fungsi:

RANDBETWEEN(AngkaTerkecil; AngkaTerbesar)

Fungsi MOD

Fungsi MOD adalah fungsi microsoft excel agar dapat memperoleh nilai sisa hasil pembagian.

Rumus fungsi:

MOD(NilaiAngka; NilaiPembagi)

Fungsi MROUND

Fungsi MROUND berfungsi untuk membulatkan bilangan pada nilai kelipatan angka tertentu.

Rumus fungsi:

MROUND(Angka; Kelipatan)

Fungsi CEILING

Fungsi CEILING adalah fungsi untuk membulatkan bilangan ke ATAS pada nilai kelipatan angka tertentu.

Rumus fungsi:

CEILING(Angka; Kelipatan)

Fungsi FLOOR

Fungsi FLOOR dapat untuk membulatkan bilangan ke BAWAH pada nilai kelipatan angka tertentu.

Rumus fungsi:

FLOOR(Angka; Kelipatan)

FUNGSI STATISTIK PADA MICROSOFT EXCEL

Fungsi AVERAGE

Fungsi AVERAGE dapat berguna untuk menghitung rata-rata sekumpulan nilai. 

Rumus fungsi:

AVERAGE(Angka1; [Angka2]; ...)

Fungsi AVERAGEIF

Fungsi AVERAGEIF adalah rumus dasar excel yang digunakan untuk menghitung rata-rata nilai berdasarkan sebuah kriteria

Rumus fungsi:

AVERAGEIF(Range; Criteria; [Average_range])

Fungsi AVERAGEIFS

Fungsi AVERAGEIFS adalah rumus dasar excel guna menghitung rata-rata nilai berdasarkan beberapa syarat atau kriteria.

Rumus fungsi:

AVERAGEIFS(AverageRange; CriteriaRange1; Criteria1; [CriteriaRange2; Criteria2]; ...)

Fungsi COUNT

Fungsi COUNT merupakan rumus dasar excel untuk membantu mencacah atau menghitung banyak cell yang berisi angka

Rumus fungsi:

COUNT(value1; [value2]; ...)

Fungsi COUNTA

Fungsi COUNTA Excel adalah rumus dasar excel untuk menghitung banyak cell yang tidak kosong(berisi teks, angka, informasi, dll)

Rumus fungsi:

COUNTA(value1; [value2]; ...)

Fungsi COUNTBLANK

Fungsi COUNTBLANK Excel adalah rumus dasar excel untuk menghitung jumlah cell yang kosong. 

Rumus fungsi:

COUNTBLANK(range)

Fungsi COUNTIF

Fungsi COUNTIF merupakan fungsi untuk mencacah atau menghitung banyak sel berdasarkan pada syarat atau kriteria tunggal tertentu. 

Rumus fungsi:

COUNTIF(Range; Kriteria)

Fungsi COUNTIFS

Fungsi COUNTIFS dapat berguna untuk mencacah untuk menghitung jumlah sel atau banyak data berdasarkan pada beberapa atau syarat atau kriteria.

Rumus fungsi:

COUNTIFS(criteria_range1; criteria1; [criteria_range2; criteria2]…)

Fungsi MIN

Fungsi MIN merupakan rumus dasar excel yang berguna untuk mendapatkan nilai terendah (minimum) dari sebuah kumpulan nilai.

Rumus fungsi:

MIN(Angka1; [Angka2]; ...)

Fungsi MAX

Fungsi MAX dapat membantu mendapatkan nilai tertinggi (maximum) dari sebuah kumpulan nilai.

Rumus fungsi:

MAX(Angka1; [Angka2]; ...)

Fungsi LARGE

Fungsi LARGE dapat membantu menemukan nilai terbesar ke-x dari sebuah kumpulan nilai.

Rumus fungsi:

LARGE(Array; k)

Fungsi SMALL

Fungsi SMALL bisa membantu mendapatkan nilai terkecil ke-x dari sebuah kumpulan nilai.

Rumus fungsi:

SMALL(Array; k)

Fungsi RANK

Fungsi RANK untuk memperoleh ranking atau peringkat nilai.

Rumus fungsi:

RANK(Angka;Referensi;[order])

Fungsi RANK.AVG (Excel 2010+)

Fungsi RANK.AVG merupakan rumus dasar excel yang dapat berguna untuk mendapatkan ranking atau peringkat nilai. Jika ada nilai duplikat RANK AVG menghasilkan nilai rata-rata pada ranking atau peringkat tersebut.

Rumus fungsi:
RANK.AVG(Angka; Referensi; [order])

Fungsi RANK.EQ (Excel 2010+)

Fungsi RANK.EQ  guna memperoleh ranking atau peringkat nilai, sehingga jika terdapat nilai duplikat RANK.EQ akan memberikan nilai ranking yang sama.

Rumus fungsi:

RANK.EQ(Number; Referensi; [order])

Fungsi FREQUENCY

Fungsi FREQUENCY dapat digunakan untuk menghitung kemunculan (frekuensi) nilai dari sebuah rentang data dalam bentuk Array Vertikal.

Rumus fungsi:

FREQUENCY(ArrayData; ArrayBins)

Fungsi ISBLANK

Fungsi ISBLANK dapat berguna untuk memeriksa atau menemukan sel kosong.

Rumus fungsi:

ISBLANK(Value)

Fungsi ISFORMULA

Fungsi ISFORMULA dapat digunakan untuk memeriksa apakah sebuah sel berisi FORMULA atau Rumus Excel.

Rumus fungsi:

ISFORMULA(Reference)

Fungsi ISREF

Fungsi ISREF dapat berfungsi memeriksa apakah nilai yang diberikan berupa Referensi yang valid atau tidak.

Rumus fungsi:

ISREF(Value)

Fungsi ISLOGICAL

Fungsi ISLOGICAL pada Excel dapat untuk memeriksa apakah nilai yang diberikan merupakan bentuk logika.

Rumus fungsi:

ISLOGICAL(Value)

Fungsi ISNA

Fungsi ISNA dapat berguna untuk memeriksa ada tidaknya #NA error.

Rumus fungsi:

ISNA(Value)

Fungsi ISERR

Fungsi ISERR Excel adalah fungsi excel untuk memeriksa ada tidaknya nilai pesan error selain fungsi #NA.

Rumus fungsi:

ISERR(Value)

Fungsi ISERROR

Fungsi ISERROR dapat digunakan untuk memeriksa ada tidaknya jenis pesan error pada excel.

Rumus fungsi:

ISERROR(Value)

Fungsi ISTEXT

Fungsi ISTEXT dapat digunakan untuk memeriksa apakah nilai yang diberikan berupa teks (string).

Rumus fungsi:

ISTEXT(Value)

Fungsi ISNONTEXT

Fungsi ISNONTEXT dapat berguna untuk memeriksa apakah nilai yang diberikan selain teks (string).

Rumus fungsi:

ISNONTEXT(Value)

Fungsi ISNUMBER

Fungsi ISNUMBER pada excel dapat dipakai memeriksa apakah nilai yang diberikan merupakan angka (numeric).

Rumus fungsi:

ISNUMBER(Value)

Fungsi ISEVEN

Fungsi ISEVEN dapat untuk mengetahui apakah nilai yang diberikan merupakan angka GENAP.

Rumus fungsi:

ISEVEN(Angka)

Fungsi ISODD

Fungsi ISODD dapat berfungsi untuk memeriksa apakah nilai yang diberikan merupakan angka GANJIL.

Rumus fungsi:

ISODD(Angka)

FUNGSI DATABASE PADA MICROSOFT EXCEL

Fungsi DSUM

Fungsi DSUM bisa dipakai mendapatkan jumlah data pada sebuah field database dengan syarat memenuhi kriteria tertentu.

Rumus fungsi:

DSUM(Database; Field; Kriteria)

Fungsi DAVERAGE

Fungsi DAVERAGE dapat bermanfaat untuk menghitung nilai rata-rata pada sebuah field database yang cocok dengan kondisi atau kriteria tertentu.

Rumus fungsi:

DAVERAGE(Database; Field; Kriteria)

Fungsi DMAX

Fungsi DMAX adalah fungsi pada excel yang berguna menghasilkan nilai angka terbesar (maximum) pada field record yang ada di database, dengan syarat atau kriteria yang sudah ditentukan.

Rumus fungsi:

DAMX(Database; Field; Kriteria)

Fungsi DMIN

Fungsi DMIN dapat berguna menghasilkan nilai angka terkecil (minimum) field record dari sebuah database yang sesuai syarat atau kriteria yang anda tentukan.

Rumus fungsi:

DMIN(Database; Field; Kriteria)

Fungsi DCOUNT

Fungsi DCOUNT dapat berguna untuk menghitung sel yang berisi angka dalam database dengan berdasarkan pada kriteria tertentu.

Rumus fungsi:

DCOUNT(Database; Field; Kriteria)

Fungsi DCOUNTA

Fungsi DCOUNTA dapat berguna untuk menghitung jumlah sel yang tidak kosong dalam database yang memenuhi kriteria tertentu.

Rumus fungsi:

DCOUNTA(Database; Field; Kriteria)

Nah, demikianlah daftar panjang rumus fungsi dasar excel yang bisa Anda coba untuk membantu mempermudah proses olah data. Semoga bermanfaat ya. 

Referensi: 

https://www.kelasexcel.id/p/daftar-fungsi-microsoft-excel-lengkap.html

*Penulis: Hasna Wijayati