Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Inspiratif di Balik Penemuan Teknologi 4G oleh Orang Indonesia

Jika Anda adalah orang yang gemar mengikuti perkembangan gadget, Anda tentu sudah sangat akrab dengan teknologi 4G bukan? Saat ini, era 3G atau pun 3,5G memang sudah mulai redup dan tergeser dengan era 4G.

Para operator seluler semakin gencar untuk mempromosikan kehebatan dan kecepatan akses data yang dilakukan oleh teknologi 4G. Bahkan, berbagai promo kuata 4G yang berlimpah dengan harga murah bahkan uji coba gratis pun banyak ditawarkan.

Jika mengamati gencarnya tren 4G ini, sepertinya teknologi 4G ini memang sangat canggih dan menarik ya? Tapi, tahukah Anda ada kisah inspiratif yang menarik di balik penemuan teknologi 4G ini? Yang lebih menarik lagi, teknologi 4G ini ternyata ditemukan oleh seorang putra kebanggaan negara Indonesia bernama Khairul Anwar, atau lebih tepatnya adalah Profesor Khairul Anwar.

Penemuan 4G

Deadline seringkali menjadi hal yang mengerikan bagi setiap orang. Begitu pula yang dirasakan oleh Khairul Anwar yang sedang terdesak oleh deadline pengumpulan judul penelitian guna mendapatkan dana riset.

Khairul Anwar adalah seorang dosen sekaligus peneliti di laboratorium Information Theory and Signal Processing di Japan Advanced Institute of Science and Technology, Jepang. Karenanya, penelitian sudah menjadi tugas kesehariannya dan pun wajib untuk terus menerus melakukan inovasi terhadap penelitian di bidang ilmunya.

Sayangnya, Khairul tengah kehabisan ide tentang penelitian saat itu. Padahal, sesegera mungkin ia harus segera menyusun judul untuk proposalnya. Tiba -tiba saja, pikirannya melayang ke masa kecilnya yang senang sekali menonton film animasi Son Goku.

Dari film Animasi Son Goku yang sangat ia gemari sejak kecil ini, ia teringat akan salah satu adegan yang dianggapnya menarik. Saat itu, Goku, si pemeran utama film animasi tersebut, mengeluarkan sebuah senjata pamungkas, yakni Denki Dama.

Denki Dama adalah sebuah bola energi kebahagiaan. Untuk membuatnya, Goku harus meminjam energi dari alam. Agar bisa membuat sebuah bola energi yang amat kuat, maka Goku pun meminjam energi dari alam yang begitu banyak pula.

Konsep Bola Denki Dama inilah yang sukses memberinya sebuah inspirasi. Maka, terciptalah sebuah judul penelitian “A Simple Turbo Equalization for Single Carrier Blockk Transmission without Guard Interval”.

Judul inilah kemudian ia ajukan sebagai judul penelitian yang sudah hampir tiba deadlinenya. Lalu, dari judul ini pula Khairul Anwar kmengembangnkannya menjadi sebuah teknologi OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing).

Teknologi OFDM ini secara sederhana adalah pengembangan dari sistem telekomunikasi wireless 3G. Namun, teknologi ini berusaha mengurangi sebanyak mungkin kekurangan dan hambatan yang ada dalam teknologi 3G yang sudah ada sebelumnya ini.

Penyempurnaan dari teknologi 3G inilah yang pada akhirnya dikenal sebagai teknologi 4G. Ya! Inilah teknologi yang kini sedang marak kita manfaatkan untuk mengakses internet super cepat dan minim hambatan.

Berkat pengembangan teknologi 4G -nya ini, Khairul Anwar pun mendapatkan perhatian yang besar dari dunia telekomunikasi modern. Bahkan, karyanya ini disebut- sebut merupakan salah satu terobosan teknologi komunikasi terbesar yang ada kala ini.

Kini, teknologi 4G telah ia patenkan dan dikembangkan oleh perusahaan telekomunikasi besar yang ada di Jepang juga di Cina. Sebuah kisah inspiratif yang sungguh unik dan menarik bukan? Penciptaan sebuah teknologi 4G yang mutakhir, karya anak Bangsa, Profesor Khairul Anwar.