Tutorial Membuat Daftar Isi di Microsoft Word

Pada saat membuat sebuah makalah/skripsi pasti akan mengalami yang namanya membuat daftar isi. Daftar isi berguna agar pembaca dapat dengan mudah menemukan intisari halaman pada makalah, karya tulis ataupun skripsi yang dibacanya. Dan sebagian besar orang pasti menggunakan Microsoft Word dalam membuat sebuah laporan/makalah.

Berikut ini akan saya berikan tutorial singkat membuat sebuah daftar isi dengan menggunakan Microsoft word. Berikut caranya :

1. Buka terlebih dulu aplikasi Microsoft word kamu, jika belum puya kamu harus menginstallnya terlebih dulu.

2. Setelah microsft word terbuka maka yang pertama muncul adalah sebuah lembar kerja yang kosong.

3. Langkah pertama sebelum membuat daftar isi, pastikan terlebih dulu ruler dalam keadaan aktif. Untuk memastikannya kamu dapat melihatnya dengan mengklik ribbon view à ruler (dalam kondisi di centang)

4. Setelah itu ketikkan judulnya terlebih dulu, misalnya DAFTAR ISI.

5. Kemudian pada paragraf kedua kamu dapat menuliskan Kata Pengantar (hanya contoh)

6. Lalu klik pada area ruler berwarna putih hingga muncul tanda L berwarna hitam. Klik sebanyak dua kali sehingga ada 2 L

7. Double klik pada L hingga muncul jendela tab seperti gambar dibawah.

8. Aturlah seperti gambar dibawah. Kemudian klik tombol set, dan OK

9. Setelah selesai melakukan langkah diatas, pastikan simbol L yang berada pada ruler menjadi terbalik.

10. Setelah itu, posisikan kursor pada paragraf kedua, kemudian klik tab maka secara otomatis akan muncul titik titik dan kamu tinggal mengisi nomor halaman pada bagian belakang saja.

11. Begitu seterusnya.

Ok, sekian dulu tutorial singkat membuat daftar isi dengan Microsoft word ini, semoga dapat membantu kalian yang sedang dalam membuat skripsi / laporan untuk kuliah / pekerjaan kalian. Terima kasih.

*Penulis: Langgeng