Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iman Kepada Malaikat: Mengenal Nama - Nama Malaikat beserta Tugas-Tugasnya

Buat teman teman semuanya, pastinya ingat kan tentang rukun iman yang jumlahnya ada enam. Nah, jika mau menyebutkan satu persatu, pasti ada salah satunya yang berbunyi iman kepada malaikat. Iman kepada malaikat ini mempunyai urutan nomor dua setelah iman kepada Allah.

Arti dari iman kepada malaikat ini adalah kita sebagai muslim harus meyakini dan mempercayai bahwa malaikat adalah salah satu makhluk ciptaan Allah yang ghaib atau tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Nah, sudahkah kita beriman kepada malaikat??

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama tentang iman kepada malaikat. Dari sini kita juga mengenal siapa saja nama-nama malaikat itu beserta dengan tugas-tugasnya, ditambah dengan hikmah apa yang bisa kita ambil dari beriman kepada malaikat tersebut.

Mengenal Makna Iman kepada Malaikat

Selain dari yang sudah dijelaskan dalam pendahuluan di atas, ada sedikit tambahan penjelasan, tentang apa makna dari beriman pada malaikat:

Pertama, meyakini dan mempercayai bahwa malaikat itu ada meskipun keberadaanya tidak bisa dilihat dengan mata.

Kedua, malaikat adalah makhluk ciptaan Allah dan tidak boleh kita sembah.

Ketiga, mempercayai dan meyakini bahwa malaikat mempunyai sifat-sifat yang berbeda dengan makhluk lainnya (khusus), yakni selalu patuh dan tunduk pada perintah Allah, tidak makan dan tidak minum, diciptakan dari cahaya (nur) serta memiliki tugasnya masing-masing.

Awal Mula Terjadinya Malaikat

Malaikat adalah makhluk Allah yang diciptakan oleh-Nya dari nur atau cahaya. Nur atau Cahaya di sini tentunya bukan seperti cahaya lampu, lilin, atau seperti cahaya neon yang kita lihat. Yang dimaksud di sini adalah malaikat diciptakan dari nur Ilahi..

Sebagai makhluk yang ghaib, tentu manusia tidak dapat melihat, mendengar, ataupun merabanya. Artinya malaikat tidak mempunyai wujud atau bentuk fisik seperti manusia. Namun, dengan izin Allah, malaikat juga bisa menjelma menjadi apa saja yang dikehendakinya.

Perlu kita ketahui juga bahwa malaikat ini adalah makhluk Allah yang suci, tidak pernah berbuat dosa. Makhluk Allah yang selalu setia, patuh dan senantiasa siap dalam menjalankan perintah-Nya.

Berbeda dengan manusia yang dibekali hawa nafsu. Malaikat tidaklah dibekali dengan hawa nafsu. Ia senantiasa berdzikir mengagungkan asma Allah dan berdoa kepada-Nya agar manusia tetap taat pada-Nya.

Nama - Nama Malaikat beserta Tugas-Tugasnya

Siapa yang sudah tahu nama-nama malaikat dan berapa jumlahnya??. Jika berbicara tentang nama- nama malaikat pasti sudah banayk yang tahu, tapi jika berapa jumlahnya pastinya tidak ada yang tahu. Mengenai jumlah malaikat, sebenarnya sangatlah banyak sekali jumlahnya. Hanya Allah sendirilah yang Maha Mengetahui-nya.

Dari sekian banyak jumlah malaikat yang ada, ada 10 (sepuluh) malaikat yang mana sebagai seorang muslim harus mengetahuinya. Berikut ini nama-nama dan tugas dari tiap-tiap malaikat yang harus kita ketahui:

  1. Malaikat Jibril, malaikat ini bertugas untuk menyampaikan wahyu kepada para nabi dan para rasul utusan Allah swt.
  2. Malaikat Mikail, malaikat ini bertugas untuk menyampaikan rezeki kepada makhluk-makhluk Allah.
  3. Malaikat Raqib, malaikat ini bertugas untuk mencatat amal baik manusia
  4. Malaikat ‘Atid, malaikat ini bertugas untuk mencatat amal buruk manusia
  5. Malaikat Izrail, malaikat ini bertugas untuk mencabut nyawa
  6. Malaikat Munkar dan
  7. Malaikat Nakir, dua malaikat ini bertugas untuk memberi pertanyaan kepada manusia di alam kubur
  8. Malaikat Israfil, malaikat ini bertugas untuk meniup sangkakala, kelak ketika Hari Kiamat telah tiba.
  9. Malaikat Ridwan, malaikat ini bertugas untuk menjaga surga
  10. Malaikat Malik, malaikat ini bertugas untuk menjaga neraka

Itulah sepuluh nama malaikat yang harus kita imani dan percayai. Malaikat-malaikat ini pastinya mempunyai kelebihan yang berbeda dengan manusia. Ia diberikan kekuatan oleh Allah swt. agar bisa melaksanakan pekerjaan berat sekalipun, serta bisa mampu menempuh perjalanan yang jauh dengan waktu singkat. Semua perintah-Nya dikerjakan dengan baik dan tanpa durhaka kepada Allah swt.

Amalan - Amalan yang Menggambarkan Iman Kepada Malaikat

Setelah mengenal tentang apa itu yang dimaksud dengan iman kepada malaikat. Pastinya kita semua tahu, bahwa apa saja yang kita lakukan pasti ada malaikat yang bertugas mencatat amal perbuatan kita, entah itu amalan yang baik atau ataupun buruk.

مَّا يَلۡفِظُ مِن قَوۡلٍ إِلَّا لَدَيۡهِ رَقِيبٌ عَتِيدٞ ١٨

Artinya:

Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir (QS. Qaaf (50): 18)

Dari keterangan di atas, kita semua diperintahkan untuk senantiasa berbuat baik di mana-pun dan kapan-pun. Adapun diantara amal perbuatan itu adalah:

1. Rajin mengerjakan amalan-amalan yang mana orang yang melakukannya mendapatkan doa dari para malaikat. Seperti belajar mencari ilmu, mengerjakan shalat secara berjamaah, menjenguk dan mendoakan teman atau saudara yang sedang sakit.

2. Suka bersedekah kepada orang yang lebih membutuhkan (peduli antar sesama). Hal ini seperti yang dijelaskan dalam sabda Nabi saw. yang artinya:

“Tidak ada satu pun dimana di pagi harinya seorang hamba melainkan ada padanya dua malaikat yang turun kepadanya, (maka) berkatalah salah satu diantaranya: ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak’ dan yang lainnya berkata: ‘Ya Allah, binasakan atau hancurkanlah (harta) orang yang kikir” (HR. Imam Bukhari dan Muslim )

3. Senantiasa gemar menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan-Nya. seperti patuh kepada orang tua, hormat kepada guru, menghargai antar sesama manusia.

4. Selalu ingat akan datangnya ajal atau kematian, dan masih banyak amal baik yang lainnya.

Semoga dengan mengenal dan mengetahui apa yang dimaksud dengan iman kepada malaikat, bisa membuat diri kita lebih yakin dan percaya bahwa dalam kehidupan kita sehari-hari kita tidak sendiri.

Ada banyak para malaikat yang juga senantiasa berdzikir, tunduk dan patuh pada Allah swt., dan juga bertugas pada posisi yang diembankan padanya, termasuk diantaranya mengawasi dan mencatat apa saja yang kita lakukan sehari-hari guna mendapatkan balasannya di Hari Akhir kelak.

Referensi:

  1. Al-Qur’an dan Terjemahnya
  2. Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014)
  3. Tim Bina Karya Guru, Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Dasar Kelas IV, (Jakarta: Erlangga, 2007)
*Penulis: Abdul Wahid