Pengertian Pasar Uang, Ciri-Ciri, Fungsi, Instrumen dan Pelaku PasarUang

Pengertian Pasar Uang, Ciri-Ciri, Fungsi, Instrumen dan Pelaku PasarUang

Ada banyak jenis pasar dalam kegiatan ekonomi. Meski yang paling populer adalah pasar konvensional, tapi kita pun perlu memahami jenis pasar selain pasar konvensional. Salah satunya adalah pasar uang. Apa itu pasar uang?

Kita akan membahas tentang pengertian pasar uang, dilengkapi dengan fungsi pasar uang, jenis pasar uang, pelaku pasar uang, serta instrumen pasar uang .

Pengertian pasar uang

Pengertian pasar uang (money market) merupakan suatu pasar abstrak yang terdiri dari permintaan-permintaan dan penawaran-penawaran terhadap dana atau surat berharga dengan jangka waktu kurang dari satu tahun, melalui lembaga-lembaga perbankan.

Disebut sebagai pasar abstrak karena dalam pasar uang, tidak ada barang atau jasa yang secara kasat mata bisa diindera, untuk diperjualbelikan. Selain pasar uang, ada juga jenis pasar abstrak lain, yakni pasar modal.

Secara sederhana, pengertian pasar uang juga bisa dipahami sebagai pertemuan dalam pasar abstrak untuk memperoleh demand dan supply dana jangka pendek, atau tempat jual-beli instrumen kredit jangka pendek (kurang dari satu tahun).

Pasar uang merupakan salah satu jenis pasar yang hingga saat ini cukup ramai digunakan sebagai transaksi. Ini karena pasar uang dianggap dapat memberikan keuntungan yang besar dalam dunia usaha. Meski demikian, pasar uang juga sering dianggap berisiko karena komoditasnya berbentuk abstrak dan harganya tidak stabil.

Dua pihak yang terlibat dalam pasar uang adalah pemberi dana atau lender dengan calon konsumen. Dalam pasar uang, mereka melakukan pertemuan yang bisa secara langsung, bisa juga dengan perantara atau broker.

Ciri - Ciri Pasar Uang

Untuk membedakannya dengan jenis pasar yang lain, seperti pasar modal, kita bisa melihat pada ciri-ciri pasar uang.

Berikut adalah ciri-ciri pasar uang :

  1. Menekankan pada pemenuhan dana dalam jangka pendek (kurang dari satu tahun).
  2. Mekanisme pasar uang ditekankan untuk mempertemukan pihak yang mempunyai kelebihan dana dan pihak yang membutuhkan dana.
  3. Tidak terikat pada tempat tertentu seperti pasar modal.

Pelaku Pasar Uang

Sumber dana pasar uang dapat berasal dari :

  • masyarakat,
  • BUMN,
  • bank pemerintah/ swasta,
  • perusahaan,
  • lembaga keuangan bukan bank.

Sedangkan pelaku pasar uang, secara umum dapat terdiri dari :

  • Yayasan
  • Dana pensiun
  • Perusahaan asuransi
  • Perusahaan-perusahaan besar
  • Lembaga pemerintah
  • Lembaga keuangan lain
  • Individu masyarakat

Fungsi Pasar Uang

Pasar uang muncul karena didorong adanya kebutuhan para pengusaha untuk bisa memenuhi pendanaan secara cepat, dalam jangka pendek. Dari sini, dapat disimpulkan bahwa fungsi pasar uang, sebagai berikut :

  • Fasilitator dan Mediator, mempermudah masyarakat mendapatkan dana untuk memenuhi kebutuhan modal kerja atau keperluan lain, yang sifatnya dalam jangka pendek.
  • Menghimpun dana dari masyarakat, memberi kesempatan masyarakat yang ingin berkontribusi pada pembangunan, melalui pembelian instrumen surat berharga seperti Sertifikat Bank Indonesia (SBI) atau Surat Berharga Pasar Uang (SBPU)
  • menawarkan investasi pada masyarakat, sekaligus guna menunjang program untuk pemerataan pendapatan di dalam masyarakat.

Instrumen Pasar Uang

Ada beberapa jenis atau instrumen pasar uang. Instrumen pasar uang ini merupakan jenis-jenis yang diperdagangkan dalam transaksi di pasar uang. Berikut adalah beberapa instrumen pasar uang :

1# SBPU (Surat Berharga Pasar Uang)

SBPU adalah jenis surat berharga yang diperdagangkan melalui diskonto dengan Bank Indonesia, dan dapat juga dengan lembaga keuangan lain yang telah ditunjuk Bank Indonesia.

2# SBI (Sertifikat Bank Indonesia)

SBI adalah jenis surat berharga yang berbentuk hutang dalam dalam jangka pendek, dikeluarkan oleh pemerintah.

3# Promissory Notes

Promissory Notes adalah jenis surat pernyataan yang didalamnya menunjukkan pernyataan kesanggupan membayar transaksi utang piutang untuk jangka waktu yang pendek, yang dilakukan debitur dan kreditur.

4# Deposito

Deposito adalah instrumen keuangan yang dikeluarkan bank yang didasarkan pada simpanan nasabah, dan ditentukan periode tertentu untuk masa jatuh tempo. Adapun penentuan tingkat suku bunga tertentu
juga ditentukan.

5# Treasurry Bills

Treasurry Bills adalah instrumen pasar uang yang dikeluarkan Negara untuk durasi waktu kurang dari satu tahun.

6# Commercial paper

Adalah instrumen hutang yang dikeluarkan perusahaan yang ditujukan untuk pihak investor,tanpa menggunakan jaminan (collateral) yang digunakan dalam pembiayaan kewajiban jangka pendek.

7# Call money

Adalah suatu instrumen pasar uang untuk kegiatan-kegiatan terkait transaksi pinjam meminjam dana di antara pihak bank dalam jangka waktu pendek.

8# Banker’s acceptance

Adalah suatu instrumen pasar uang yang digunakan dalam kegiatan-kegiatan impor dan ekspor barang, atau pada transaksi valas (valuta asing).

Beda Pasar Uang dan Pasar Modal

Seringkali orang bingung untuk membedakan pasar uang dan pasar modal. Keduanya memang sama-sama pasar abstrak, akan tetapi pada dasarnya ada perbedaan pasar uang dan pasar modal.

Perbedaan pertama terletak pada jangka waktunya. Pasar uang memiliki jangka waktu pendek, sementara pasar modal memiliki periode jangka panjang. Perbedaan kedua adalah otorisasinya, jika pasar uang diotorisasi Bank Indonesia, sedangkan pasar modal otorisasi dilakukan langsung oleh OJK.

Referensi :

  • Cermati. 2017. Pengertian, Fungsi, dan Instrumen Pasar Uang. Diakses dari https://economy.okezone.com/read/2017/06/09/320/1711872/pengertian-fungsi-dan-instrumen-pasar-uang
  • Ramadhani, Niko. 2020. Apa Itu Pasar Uang? Apa Bedanya dengan Pasar Modal? Diakses dari https://www.akseleran.co.id/blog/pasar-uang-dan-pasar-modal/
  • Ratri, Carolina. 2019. 4 Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal yang Paling Mendasar. Diakses dari https://diskartes.com/2019/08/perbedaan-pasar-uang-dan-pasar-modal/
  • Sahamok. 2020. Pasar Uang (Pengertian, Fungsi, Jenis, Pelaku). Diakses dari https://www.sahamok.com/pasar-uang/
*Penulis: Hasna Wijayati

Bacaan lain: