Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
SELAMAT DATANG Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikotak komentar. Scroll ke bawah untuk melanjutkan membaca.

Teks Eksemplum (Pengertian, Karakteristik, Struktur, Ciri – ciri, danContoh)

Teks Eksemplum (Pengertian, Karakteristik, Struktur, Ciri – ciri, danContoh)

Artikel ini akan memberikan penjelasan tentang teks eksemplum. Agar saudara mengerti tentang berbagai jenis teks yang perlu dipelajari, maka alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang definisi dari teks eksemplum.

Kemudian, setelah kita mengetahui apa itu teks eksemplum, kita dapat menginjak pada pembahasan – pembahasan lain yang masih berhubungan dengan teks eksemplum, seperti ciri – ciri, struktur, dan lain – lain. Di bagian akhir akan diberikan salah satu contoh dari teks eksemplum, agar kita lebih mengerti lagi tentang penerapan teks eksemplum.

Pengertian Teks Eksemplum

Apa yang dimaksud dengan teks eksemplum? Teks eksemplum merupakan suatu  bacaan yang memiliki sifat untuk menjelaskan mengenai pengalaman hidup yang dimiliki oleh seorang manusia. Pengalaman hidup tersebut dapat pula dikatakan sebagai pengalaman hidup.

Teks eksemplum merupakan teks yang berisi atau bercerita tentang pelaku. Teks eksemplum dapat dijumpai, salah satunya melalui cerita yang mendeskripsikan nilai – nilai moral.

Pendapat lain menyatakan bahwa teks eksemplum merupakan suatu bacaan yang menceritakan tentang pelaku maupun tokoh. Pengenalan tokoh merupakan bagian awal dari teks eksemplum, kemudian dilanjutkan dengan peristiwa atau kejadian yang di alami oleh tokoh.

Penginterpretasian menjadi bagian akhir dalam teks eksemplum. Interpretasi ini untuk mengambil makna yang tersirat dalam cerita yang dialami oleh tokoh. Maka, sesuai dengan pendapat sebelumnya, cerita yang berisi tentang moral menjadi salah satu bagian dari teks eksemplum, sebab mengajarkan nilai – nilai tertentu pada pembaca.

Berdasarkan pembahasan di atas dapat diketahui bahwa teks eksemplum merupakan bacaan yang memuat tentang pengalaman hidup yang dimiliki oleh seorang individu. Cerita yang disampaikan dalam teks eksemplum mengandung suatu pesan atau amanat yang dapat dipetik oleh pembaca. Lalu apa saja karakteristik yang dimiliki oleh teks eksemplum? Jawaban tersebut akan kamu peroleh di pembahasan selanjutnya.

Karakteristik Teks Eksemplum

Terdapat beberapa macam karakteristik dari teks eksemplum yang membedakan jenis teks ini dengan teks yang lain. Karakteristik tersebut yaitu sebagai berikut.

  1. Peristiwa yang diceritakan merupakan suatu kejadian yang tidak diinginkan.
  2. Peristiwa yang disampaikan merupakan peristiwa yang tidak sering terjadi dalam kehidupan nyata.
  3. Peristiwa yang disampaikan merupakan kejadian yang menimbulkan penyesalan bagi partisipan.
  4. Peristiwa yang diceritakan mengandung nilai – nilai yang dapat disarankan bagi pembaca atau pendengar.
  5. Bacaan dalam teks eksemplum, menghadirkan diri penulis dalam menginterpretasi dan koda.

Memahami karakteristik dari teks eksemplum akan menjadikan kita memahami tentang jenis teks yang kita temukan dalam suatu bacaan. Memahami tentang karakteristik, tidak akan lengkap, tanpa memahami struktur dari teks eksemplum. Hal tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

Baca juga: Teks Iklan: Pengertian, Struktur, Ciri – ciri, Fungsi, dan Contoh

Struktur Teks Eksemplum

Bagaimanakah struktur dari teks eksemplum? Hal tersebut dapat saudara pahami, pada penjelasan di bawah ini.

  1. Bagian ini merupakan inti dari peristiwa yang dijadikan sebagai pengantar untuk menggambarkan peristiwa yang akan diceritakan.
  2. Bagian ini merupakan bagian pembukaan dalam cerita atau menjadi bagian awal dari cerita.
  3. Bagian ini menceritakan tentang kejadian atau peristiwa yang tidak diinginkan. Pada bagian ini berisi tentang masalah maupun persoalan yang sedang di alami oleh tokoh.
  4. Bagian ini merupakan bagian dari teks eksemplum yang memuat tentang makna maupun pesan yang hendak disampaikan pada pembaca tentang peristiwa yang tidak diinginkan. Pada bagian ini pula, pesan yang disampaikan merupakan pesan moral maupun evaluasi maupun akibat yang ditimbulkan dari tindakan yang dilakukan oleh tokoh.
  5. Merupakan bagian dari teks eksemplum yang berhubungan dengan penutup sebuah cerita.

Penjelasan di atas merupakan beberapa struktur dari teks eksemplum yang harus kita pahami. Teks eksemplum yang baik, harus mengandung kelima unsur tersebut, agar pesan moral yang hendak disampaikan dalam cerita, dapat dimengerti dan dipahami oleh pembaca. Kemudian, apa sajakah ciri – ciri dari teks eksemplum? Silahkan di lihat pada pembahasan selanjutnya, di bawah ini.

Ciri – ciri Teks Eksemplum

Teks eksemplum memiliki beberapa ciri – ciri yang harus dipahami oleh individu yang akan membuat suatu teks. Ciri – ciri yang dimiliki oleh teks eksemplum, yaitu sebagai berikut.

  1. Peristiwa yang disampaikan, merupakan suatu peristiwa yang tidak diinginkan untuk terjadi.
  2. Struktur yang dimiliki dalam cerita teks eksemplum bersifat lengkap. Artinya terdiri dari abstrak, orientasi, insiden, interpretasi, dan koda.
  3. Peristiwa yang disampaikan, memiliki urutan yang jelas, sehingga mudah dipahami.
  4. Bahasa yang digunakan, bersifat naratif atau menguraikan tentang suatu peristiwa.
  5. Muncul perubahan perilaku yang dilakukan oleh tokoh dalam cerita di teks eksemplum. Perubahan tingkah laku tersebut dimaksudkan untuk tidak melakukan suatu kesalahan yang sama.

Unsur – unsur bahasa yang digunakan dalam teks eksemplum berupa kata kerja, menggunakan konjungsi, menggunakan kata referensi, dan kalimat yang digunakan, juga merupakan kalimat yang kompleks.

Mengetahui tentang ciri – ciri dari teks eksemplum tidak akan lengkap rasanya, tanpa disertai dengan contoh yang nyata. Hal tersebut untuk memberikan gambaran yang lebih jelas lagi pada kita semua. Pembahasan selanjutnya akan menceritakan tentang salah satu contoh dari teks eksemplum.

Contoh Teks Eksemplum

Di bawah ini akan disajikan tentang salah satu contoh dari teks eksemplum. Perhatikanlah baik – baik, cerita yang akan disampaikan.

Kelinci dan Kucing

Bermula dari seekor kucing yang selalu menyendiri, ketika berada di rumah. Karena dia tidak memiliki teman yang dapat diajak untuk bercanda.

Suatu hari kucing bermain – main di rumah bersama majikannya. Kucing sangat di manja oleh majikannya. Dia selalu diberikan makanan kesukaannya secara tepat waktu. Dia tidak pernah sekalipun dibiarkan kelaparan.

Hingga suatu hari, sang majikan sibuk dengan pekerjaan barunya. Si kucing jarang diajak untuk bermain – main seperti biasanya. Setiap kali kucing itu mendekat, “meong...meong” sang majikan selalu mengatakan “bentar, aku lagi sibuk”. Si kucing terus berusaha mendekati majikannya, setiap hari. Berharap suatu hari nanti sang majikan mengajaknya bermain.

Namun usaha si kucing sia – sia, sang majikan terus sibuk dengan pekerjaannya dan sang kucing terus merasa kesepian. Akhirnya, si kucing lebih memilih utuk menyendiri di ruangan favoritnya, di salah satu sudut ruang tamu.

Kucing selalu memandang majikannya yang lewat, berharap akan diajak bercanda. Sayangnya, semua itu sia – sia. Hingga suatu hari, sang majikan membawakan kucing, teman baru. Seekor kelinci. Kucing berusaha untuk mendekati teman barunya tersebut dan berharap bisa diajak untuk bermain bersama

Lambat laun, kelinci itu menerima kehadiran kucing dan mereka sering bercanda bersama. Seolah, kelinci itu mampu menghibur kucing yang merasa kesepian, karena sang majikan sudah tidak pernah mengajaknya bermain.

Dalam hidup kita membutuhkan orang lain untuk memberikan kita kebahagiaan dan membagi kebahagiaan dalam suatu persahabatan.

Beberapa penjelasan dan contoh di atas memberikan gambaran pada kita tentang teks eksemplum. Semoga kehadiran artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua untuk mempelajari dan mempermudah saudara dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Saudara juga bisa mempelajari materi Pengertian dan Ciri - ciri Novel Selamat belajar.

Referensi:

1. www.marketingjoss.com/contoh-teks-eksemplum-serta-pengertian-teks-eksemplum-lengkap/
2. www.academia.edu/19777265/Pengertian_Teks_Eksemplum
3. www.informasibelajar.com/2015/12/teks-eksemplum-pengertian-struktur.html#
*Penulis: Indriyana Rachmawati