Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
SELAMAT DATANG Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikotak komentar. Scroll ke bawah untuk melanjutkan membaca.

Cara Memunculkan Kotak Komentar/ Memberi Review tanpa Merusak Dokumen

Suatu ketika Anda mungkin harus mengoreksi, memberi masukan, atau tanggapan untuk sebuah tulisan, entah itu tulisan siswa, rekan, atau laporan karyawan. Untuk menanggapi tulisan, ada baiknya Anda memberi masukan dengan tanpa mengubah tulisan awal, atau tulisan awal masih tetap utuh. Jadi, penulis tahu dimana letak kesalahannya.

Lalu, bagaimana bisa memberi review tanpa merusak dokumen? Caranya sangat mudah. Anda bisa memberikan review pada tulisan tanpa merusak dokumen atau tulisan aslinya, yakni dengan memunculkan kotak komentar.

Gunakan saja kotak komentar yang tersedia pada aplikasi dokumen seperti Ms Word, WPS atau sejenisnya. Kotak komentar akan membantu Anda menandai bagian-bagian tertentu pada tulisan yang harus ditanggapi, lalu memberikan komentar di luar tulisan. Jadi, tulisan asli tidak akan berubah. 

Dengan cara ini, penulis akan memiliki gambaran lebih jelas terkait bagian tulisannya yang kurang pas, dan apa yang harus dikoreksi. Step by step secara singkat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Buka dokumen pada Ms Word/ WPS.
  2. Blok bagian tulisan yang akan disoroti atau yang dianggap perlu mendapat masukan. Cara lain bisa dengan meletakkan cursor pada bagian akhir kata yang ingin disoroti atau dikoreksi.
  3. Klik “REVIEW” yang terletak pada pilihan header atas.
  4. Klik tanda kotak komentar “NEW COMMENT” atau “TAMBAH KOMENTAR”.
  5. Lalu akan muncul kotak komentar di samping kanan tulisan. Isikan komentar pada kotak tersebut.
  6. Untuk memberi komentar di bagian tulisan lain, silakan ulangi car anomer 2 – 5.
  7. Untuk mendelete tulisan, klik pada kotak komentar, lalu klik tanda silang di ujung kanan atas atau klik “DELETE” / “HAPUS” pada menu “REVIEW” di header. 

Selamat mencoba cara memunculkan kotak komentar pada dokumen, sekaligus cara menghapusnya. Jika Anda jadi pihak yang menerima komentar, tentunya Anda perlu menghapus kotak komentar, setelah Anda selesai membetulkan tulisan sesuai dengan masukan yang diberikan.

Agar lebih jelas, Anda bisa menyimak video tutorial berikut. Video ini berisi langkah praktis dan jelas untuk memberikan komentar pada dokumen tanpa merusak tulisan. Di dalamnya, juga dijelaskan cara menghapus komentar yang sudah muncul. 

Posting Komentar untuk "Cara Memunculkan Kotak Komentar/ Memberi Review tanpa Merusak Dokumen"