Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Sumber Daya Manusia menurut Para Ahli dan Jenisnya

Manusia memegang peran penting dalam eksistensi dunia ini. Ini sebabnya, sumber daya manusia juga menjadi faktor penting dalam kehidupan. Bagi suatu negara, sumber daya manusia adalah hal penting untuk membantu mencapai tujuan nasional di berbagai bidang.

Sumber daya manusia yang optimal, mampu menentukan optimalnya pula kesejahteraan suatu negara. Dalam lingkup yang lebih kecil seperti di perusahaan, optimalisasi sumber daya manusia pun juga berlaku hal yang sama. Itu sebabnya, manajemen sumber daya manusia pun sering dipelajari untuk bisa mengoptimalisasi peran dan fungsi sumber daya manusia. 

Untuk memahami lebih lanjut apa itu sumber daya manusia, kita perlu mempelajari pengertian sumber daya manusia. Banyak ahli bidang SDM yang telah menyampaikan definisinya terkait pengertian SDM. 

Pengertian Sumber Daya Manusia menurut Para Ahli

Pengertian SDM menurut William R. Tracey, menyampaikan dalam “The Human Resources Glosarium,” dari The Balance Careers bahwa definisi sumber daya manusia adalah “orang-orang yang menjadi staf dan mengoperasikan sebuah organisasi atau perusahaan” . Dalam hal ini, SDM merupakan orang-orang yang dipekerjakan atau karyawan. 

Pengertian SDM menurut Sonny Sumarsono (2003), yakni suatu usaha kerja yang bermanfaat bagi keberlangsungan produksi atau dalam artian lain adalah kelompok manusia yang terdiri dari manusia yang mempunyai kemampuan dalam memberikan jasanya.

Pengertian SDM menurut M.T.E Hariandja (2002), merupakan salah satu faktor penting bagi perusahaan dilihat dari faktor-faktor utamanya selain faktor modal, sehingga membutuhkan pengelolaan yang baik untuk dapat mencapai peningkatan mutu organisasi maupun perusahaan.

Pengertian SDM menurut Mathis dan Jackson (2006), definisi sumber daya manusia adalah rancangan dari berbagai sistem formal perusahaan maupun organisasi yang fungsinya guna menjaga penggunaan bakat dan minat manusia sehingga bisa digunakan untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan secara efektif dan efisien.

Pengertian SDM menurut Hasibuan (2003), merupakan manusia dengan kemampuan terpadu yang dimiliki oleh setiap orang yang berasal dari pola pikir dan daya fisiknya ang baik. Perilaku dan watak sumber daya manusia ini dipengaruhi oleh keturunan dan  dari lingkungan, sedangkan prestasi kerjanya dipengaruhi oleh keinginan dari dalam dirinya untuk memenuhi keinginannya.

Pengertian SDM menurut Ermaya, adalah faktor utama yang penting yang ada pada tiap proses pembangunan negara, perusahaan, maupun organisasi. Pembangunan sumber daya manusia ini berpengaruh dan berperan sebagai objek sekaligus subjek dalam proses pembangunan itu sendiri, sehingga perlu untuk dikelola secara maksimal.

Pengertian SDM menurut Abdurrahmant Fathoni, merupakan kekayaan atau modal penting yang dimiliki oleh negara untuk dapat menjalankan segala aktivitas manusia dalam rangka pencapaian tujuan. Untuk bisa mengoptimalkannya, dibutuhkan pengembangan dengan metode yang dapat memperhatikan berbagai unsur penting, di antaranya skill (kemampuan), waktu serta daya dari setiap manusia.

Pengertian SDM menurut Gouzali Syadam, adalah human resource sebagai suatu sumber utama yang terdapat dalam proses kegiatan di lingkungan sekitar. Sekelompok tenaga kerja ini dapat memberikan daya dan upaya kepada sebuah organisasi maupun perusahaan secara luas.

Jenis Sumber Daya Manusia

Jenis sumber daya manusia bisa dilihat berdasarkan dua kapabilitas utama manusia, yakni terdiri dari daya pikir dan daya fisik yang dimiliki manusia. Daya pikir ini juga bisa disebut sebagai rohani, sedangkan daya fisik adalah jasmani. 

Dari daya pikir dan daya fisik yang dimiliki, sumber daya manusia ini lalu dapat direalisasikan menjadi performance. Performance dalam SDM pada dasarnya bersifat fleksibel atau dinamis. Jadi, bisa berkembang maupun menurun.

Dalam aktivitas kehidupan, SDM memegang peran penting. Semisal dalam organisasi, perusahaan juga negara. Peralatan mesin pun masih membutuhkan SDM untuk bisa mengoperasikannya secara mengontrolnya dengan baik. 

SDM memiliki daya pikir yang dibawa lahir atau berupa kecerdasan, disebut modal dasar. SDM juga dapat mengembangkannya melalui kecakapan yang bisa diperoleh dari usaha (belajar dan pelatihan).

Jenis SDM juga bisa dilihat dari dua aspek, berupa kualitas dan kuantitas. Kualitas SDM berhubungan dengan angka, guna menunjukkan seberapa banyak ketersediaan jumlah SDM yang dapat berkontribusi dalam mengerahkan daya pikir dan fisiknya. Adapun SDM dari segi kualitas merujuk pada mutu atau daya saing dalam hal kapabilitas/ kecakapan dan kecerdasannya. 

Jika merujuk pada Muhammad Yusuf (2016), jenis sumber daya manusia bisa dibagi dalam SDM mikro dan makro. Pengertian SDM secara mikro merupakan individu yang bekerja dan menjadi anggota dalam perusahaan atau institusi tertnetu dan biasanya disebut sebagai pegawai, buruh, karyawan, pekerja, tenaga kerja dan sebagainya. 

Adapun pengertian SDM secara makro merujuk pada sekelompok penduduk di dalam suatu negara yang telah memasuki usia angkatan kerja, meliputi penduduk yang belum bekerja maupun yang sudah bekerja.

Referensi:

  1. Blog. Tt. Pengertian SDM, diakses dari http://direktoritraining.com/pengertian-sdm/
  2. H.Abdul Hamid,S,Ag M.M.Pd. 2020. PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM), diakses dari https://bdkbanjarmasin.kemenag.go.id/berita/pengembangan-sumber-daya-manusia-sdm
  3. Jagad. Tt. Sumber Daya Manusia : Materi, Pengertian, Fungsi dan Contoh, diakses dari https://jagad.id/sumber-daya-manusia-materi-pengertian-fungsi-dan-contoh/
  4. linovHR. 2019. 7 Pengertian Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli, diakses dari https://www.linovhr.com/sumber-daya-manusia-menurut-para-ahli/
*Penulis: Hasna Wijayati

Posting Komentar untuk "Pengertian Sumber Daya Manusia menurut Para Ahli dan Jenisnya"

Dukung kami dengan Share dan Tinggalkan Komentar