Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
SELAMAT DATANG Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikotak komentar. Scroll ke bawah untuk melanjutkan membaca.

Pertumbuhan Penduduk: Pengertian, Macam, Faktor dan Rumus Pertumbuhan Penduduk

Bagi suatu negara, penduduk adalah salah satu unsur penting. Itu sebabnya, negara perlu untuk terus memantau pertumbuhan penduduknya sebagai salah satu dasar pertimbangan kepentingan nasional. 

Lantas, apa pengertian pertumbuhan penduduk, macam pertumbuhan penduduk, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk, dan bagaimana pula cara menghitung laju pertumbuhan penduduk? Simak dalam artikel ini.

Pengertian Pertumbuhan Penduduk

Pengertian Pertumbuhan Penduduk adalah keadaan perubahan yang terjadi pada sewaktu-waktu dan dapat dihitung sebagai suatu perubahan jumlah dari individu dalam populasi dengan menggunakan pengukuran per waktu unit.

Istilah pertumbuhan penduduk ini biasanya digunakan untuk menyebut kuantitas jumlah manusia. Dalam hal ini pertumbuhan penduduk berkaitan dengan demografi nilai pertambahan penduduk per suatu wilayah tertentu.

Dalam suatu wilayah, jumlah penduduk senantiasa mengalami perubahan jumlah. Penduduk akan mengalami pertambahan ketika ada kelahiran (L= lahir) serta jika ada penduduk yang masuk ke wilayah tersebut (I= imigrasi). Di sisi lain, penduduk akan berkurang ketika terdapat kematian (M= mortal) atau ketika ada penduduk yang keluar atau meninggalkan wilayah (E= emigrasi).

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk

Ada beberapa faktor yeng mempengaruhi pertumbuhan penduduk atau laju pertumbuhan penduduk, di antaranya:

1) Kelahiran (Fertilitas)

Kelahiran dalam suatu wilayah akan menghasilkan pertambahan jumlah penduduk. Kelahiran ini sendiri biasanya dipengaruhi faktor pernikahan dan program keluarga berencana (KB). 

2) Kematian (Mortalitas)

Kematian akan mengakibatkan berkurangnya jumlah penduduk. Kematian dapat dipengaruhi oleh faktor pendorong dan penghambat kematian. Faktor pendorong kematian misalnya kesehatan yang rendah, kemiskinan, gaya hidup yang tidak sehat serta minimnya sarana prasarana pendukung terutama sarana prasarana kesehatan, seperti puskesmas, apotik, klinik dan lainnya. 

Adapun faktor penghambat kematian (Mortalitas) dapat berupa kebiasaan olahraga, pola kesehatan yang baik, pola makan teratur, asupa gizi yang cukup, tingkat kesejahteraan, serta sarana prasarana kesehatan yang memadai. 

3) Kedatangan Penduduk (Imigrasi)

Imigrasi merupakan masuknya penduduk ke dalam suatu wilayah tertentu, atau perindahan penduduk dari satu wilayah menuju ke dalam wilayah tertentu, sehingga keberadaan penduduk tersebut menjadi imigrasi bagi wilayah yang didatangi. 

Dengan adanya imigrasi, wilayah yang didatangi tersebut akan mengalami penambahan jumlah penduduk. Imigrasi bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti mencari pekerjaan, keluarga, mencari pendidikan dan lain sebagainya.

4) Keluarnya Penduduk (Emigrasi)

Emigrasi adalah lawan dari imigrasi. Artinya, emigrasi adalah proses keluarnya penduduk dari satu wilayah menuju ke wilayah lain dengan tujuan menetap, bekerja, sekolah atau lainnya. Keluarnya penduduk dari satu wilayah akan membuat jumlah penduduk dalam wilayah tersebut berkurang.

Jenis - Jenis Pertumbuhan Penduduk

Jenis pertumbuhan penduduk dapat dibagi dalam tiga macam, meliputi pertumbuhan penduduk alami, pertumbuhan penduduk migrasi dan pertumbuhan penduduk total. Berikut penjelasannya.

1) Pertumbuhan Penduduk Alami

Pengertian pertumbuhan penduduk alami adalah suatu pertumbuhan penduduk yang nilainya diperoleh dari perhitungan selisih angka kelahiran dan kematian.

Untuk menghitungnya, digunakan rumus pertumbuhan penduduk alami sebagai berikut:

RUMUS

Pa = L – M

Keterangan :

Pa : pertumbuhan penduduk alami

L : Jumlah kelahiran

M : Jumlah kematian

2) Pertumbuhan Penduduk Migrasi

Pengertian pertumbuhan penduduk migrasi adalah nilai pertumbuhan penduduk yang diperoleh dari angka selisih migrasi masuk/ imigrasi dan migrasi keluar/ emigrasi.

Untuk menghitung jumlah pertumbuhan penduduk migrasi, digunakan rumus pertumbuhan penduduk migrasi sebagai berikut:

RUMUS

Pm = I – E

Keterangan :

Pm : Pertumbuhan penduduk migrasi

I : Jumlah imigrasi

E : Jumlah emigrasi

3) Pertumbuhan Penduduk Total

Pengertian pertumbuhan penduduk total adalah salah satu pertumbuhan penduduk angkanya dapat diperoleh dari faktor kelahiran, kematian dan migrasi.

Perhitungan rumus pertumbuhan penduduk total, sebagai berikut:

RUMUS

P = (L – M) + (I – E)

Keterangan :

P : Pertumbuhan penduduk total

L : Jumlah kelahiran

M : Jumlah kematian

I : Jumlah imigrasi

E : Jumlah emigrasi

Laju Pertumbuhan Penduduk

Laju pertumbuhan penduduk didefinisikan sebagai tingkat pertambahan penduduk  tiap tahun dalam jangka waktu tertentu. Angka laju pertumbuhan penduduk dinyatakan  dalam persentase dari penduduk dasar. 

Perhitungan laju pertumbuhan penduduk dapat dihitung menggunakan tiga metode, yaitu aritmatik,  geometrik, dan  eksponesial. Di Indonesia, laju pertumbuhan penduduk ini biasa dihitung oleh BPS atau Badan Pusat Statistik dengan menggunakan metode geometrik. 

Perhitungan laju pertumbuhan penduduk ini berguna untuk mengetahui bagaimana perubahan jumlah penduduk antar dua periode waktu.

Referensi:

  • BPS. Tt. Laju Pertumbuhan Penduduk, diakses dari https://sirusa.bps.go.id/sirusa/index.php/indikator/86
  • Guruekonomi. 2020. Pertumbuhan Penduduk, diakses dari https://sarjanaekonomi.co.id/pertumbuhan-penduduk/
  • Niamas, Maila. Tt. Pengertian Pertumbuhan Penduduk [Faktor, Macam Beserta Rumusnya], diakses dari https://www.akuntansilengkap.com/ekonomi/pengertian-pertumbuhan-penduduk/

*Penulis: Hasna Wijayati

Posting Komentar untuk "Pertumbuhan Penduduk: Pengertian, Macam, Faktor dan Rumus Pertumbuhan Penduduk"