Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
SELAMAT DATANG Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikotak komentar. Scroll ke bawah untuk melanjutkan membaca.

Pengertian Perikanan, Perikanan Darat, Perikanan Laut

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar dalam industri perikanan. Perikanan berkontribusi penting dan strategis guna mendukung pembangunan ekonomi nasional, termasuk dalam usaha meningkatkan kesempatan kerja. 

Pentingnya usaha perikanan ini harus dipahami secara mendalam, termasuk pengertian serta dasar hukumnya. Pada artikel kali ini, kita akan membahas terkait perikanan, beserta dasar hukumnya di Indonesia. Selain itu, juga terdapat pembahasan mengenai perikanan darat dan perikanan laut. 

Pengertian Perikanan

Pengertian perikanan merujuk pada Undang Undang No 45 tahun 2009 tentang Perubahan Atas Undang - undang Nomor 31 Tahun 2004 Tentang Perikanan, yakni “Perikanan adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya ikan dan lingkungannya mulai dari praproduksi, produksi, pengolahan sampai dengan pemasaran, yang dilaksanakan dalam suatu sistem bisnis perikanan”. 

Dengan kata lain, perikanan merupakan rangkaian kegiatan manusia yang terkait pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hayati perairan. Sumberdaya hayati perairan ini pada dasarnya tidak dibatasi secara tegas, sehingga dapat mencakup ikan, amfibi, dan berbagai avertebrata yang hidup di wilayah perairan dan wilayah yang berdekatan, serta lingkungannya.

Ada beberapa kata kunci yang bisa diambil dari pengertian perikanan, yaitu praproduksi, produksi, pengolahan, pemasaran dan sistem bisnis perikanan. 

Dari sini, kita bisa mengetahui bahwa sektor perikanan sebanding dengan sektor pertanian, yang bahkan cakupannya bisa lebih besar lagi.

Adapun usaha perikanan merujuk pada semua usaha perorangan atau badan hukum yang dilakukan dengan menangkap atau membudidayakan (usaha penetasan, pembibitan, pembesaran) ikan, termasuk kegiatan menyimpan, mendinginkan, pengeringan, atau mengawetkan ikan yang bertujuan untuk menciptakan nilai tambah ekonomi bagi pelaku usaha (komersial/bisnis).

Pengertian Perikanan Menurut Para Ahli

Perikanan perikanan menurut Hempel dan Pauly

Perikanan merupakan kegiatan eksploitasi sumber daya hayati yang berasal dari laut, yang lebih dibatasi pada perikanan laut, karena perikanan semua berasal dari kegiatan hunting (berburu) yang harus dibedakan dari kegiatan farming seperti budi daya.

Pengertian perikanan menurut Lackey

Perikanan merupakan suatu sistem yang terdiri dari tiga komponen, yaitu biota perairan, habitat biota dan manusia sebagai pengguna sumber daya tersebut, yang komponen – komponennya dapat mempengaruhi performa perikanan.

Pengertian perikanan menurut Meriam-Webster Dictionary

Perikanan merupakan suatu kegiatan, industri atau musim pemanenan ikan atau hewan laut lainnya.

Pengertian perikanan menurut Encyclopedia Brittanica

Perikanan merupakan pemanenan ikan kerang-kerang (Shellfish) dan mamalia laut.

Macam Usaha Perikanan

Perikanan Darat

Perikanan darat merupakan jenis perikanan yang berhubungan dengan jenis perikanan umum dan budidaya. Adapun pengertian perikanan umum ini merupakan cara penangkapan atau pengambilan sumber daya perikanan yang dilakukan secara langsung dari waduk, sungai, danau dan rawa. 

Penangkapan darat biasanya banyak dilakukan di wilayah yang memiliki sungai besar, seperti Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

Contoh perikanan darat ini seperti perukanan dalam bentuk perairan, seperti danau, waduk dan rawa di daerah Sumatra, Sulawesi dan Jawa, seperti Waduk Jatiluhur (Jawa Barat), Waduk Karangkates (Jawa Timur), dan Waduk Riam Kanan (Kalimantan Selatan).

Perikanan darat ini juga bisa dibedakan dalam perikanan air tawar dan perikanan air payau.

Perikanan Laut

Perikanan laut merupakan suatu usaha penangkapan ikan laut, yang diusahakan oleh para nelayan, dapat dengan sistem tradisional atau dengan sistem modern. 

Sistem tradisional dilakukan dengan menggunakan peralatan tradisional seperti jaring dan perahu. Sistem  ini juga disebut dengan perikanan rakyat. Sedangkan perikanan dengan sistem modern berarti menggunakan peralatan modern dalam penangkapan ikannya, sehingga dapat menjangkau hingga tengah laut. Perikanan ini disebut sebagai perikanan industri.

Contoh jenis hasil perikanan laut ini seperti ikan bawal, ikan belanak, cakalang, teri, ikan hias, kerapu, sotong, tuna, juga kepiting, penyu, rajungan, remis, kerang mutiaran, serta rumput laut.

Referensi:

  • BarajaFarm. 2020. Pengertian Perikanan Beserta Jenis - Jenis dan Manfaat Perikanan, diakses dari https://www.barajafarm.com/2020/06/pengertian-perikanan-beserta-jenis.html
  • Taffshare. 2020. Pengertian Ikan dan Perikanan, diaskes dari https://www.tafshare.com/2019/06/pengertian-ikan-dan-perikanan.html

Posting Komentar untuk "Pengertian Perikanan, Perikanan Darat, Perikanan Laut"