Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Profil Negara Ethiopia

Sahabat Portal-Ilmu dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang salah satu negara yang berada di Benua Afrika, yaitu Negara Ethiopia. Negara Ethiopia terletak di Afrika Timur, dan negara ini memiliki bentuk federasi. Ethiopia termasuk negara yang miskin dengan jumlah produk domestik bruto (PDB)nya yang cukup rendah. 

Nah, Sahabat Portal-Ilmu langsung saja kita simak lebih detail mengenai informasi Negara Ethiopia dalam artikel berikut ini!

Profil Negara Ethiopia

Profil Umum

Nama Resmi Negara: Republik Demokratik Federal Ethiopia, The Federal Democratic Republic of Ethiopia
Bentuk Negara: Federasi
Ibukota: Addis Ababa (artinya bunga baru)
Luas Wilayah: 1.127.127km2 (Indonesia: 1.990.250 km2)
Jumlah Penduduk: 109.160.265 (Worldometers, 15 Feb 2019)

Agama: Orthodoks Ethiopia (43,5%), Muslim (33,9%), Protestan (18,6), Tradisional (2,6 %), Katolik (0,7 %).
Bahasa: Amharic dan Inggris digunakan dalam korespondensi, 
Bahasa daerah: Tigrinya, Oromiya  Guaraginya, Somali, dan bahasa lainnya
Mata Uang: Ethiopian Birr (1 US$ = 28.34 ETB, per 15 Feb 2019)
Lagu Kebangsaan: Wedefit Gesgeshi, Wid Enat Ityopya / March Forward, Dear Mother Ethiopia

Hari Nasional: 28 Mei (the Victory of the Ethiopian People over the Dictatorship)
Etnis/Suku: Oromo 34,4%, Amhara 27%, Tigre 6,1%, Somali 6,2%, Sidama 4%, Gurage 2,5%, Wolaita 4%, Afar 4%.
Sistem Pemerintahan: Parlementer, kekuasaan eksekutif tertinggi pada Perdana Menteri. Anggota Kabinet, Menteri dipilih PM dan disetujui oleh Parlemen
Presiden: Sahle-Work Zewde (Presiden wanita pertama di Ethiopia) dilantik 25 Okt 2018)
Perdana Menteri: Abiy Ahmed, Ph.D (dilantik 2 April 2018)

Menteri Luar Negeri: Dr. Workneh Gebeyehu
GDP: $85,664 M (IMF, 2018)
GDP per kapita: $890,57 (IMF, 2018)

Bendera

Bendera Nasional Ethiopia secara resmi diadopsi pada 31 Oktober 1996. Bendera ini dirancang oleh Abebe Alambo.

Bendera Nasional Ethiopia memiliki tiga pita horizontal yang sama, dari warna Pan-Afrika: hijau (atas), kuning, dan merah. Terdapat lambang negara Ethiopia yang berpusat pada tiga pita. 

Warna hijau berarti harapan dan kesuburan tanah Ethiopia. 

Warna kuning melambangkan keadilan dan harmoni. 

Warna merah melambangkan kekuatan, pengorbanan dan kepahlawanan. 

Lambang Negara Ethiopia

lambang ethiopia
via: en.wikipedia.org

Lambang Negara Ethiopia saat ini diadopsi pada tahun 1996. Bentuknya  terdiri dari pentagram emas dengan sinar cahaya yang memancar dalam lingkaran biru. Lingkaran biru melambangkan perdamaian dan pentagram mewakili persatuan dan kesetaraan rakyat Ethiopia.

Peta

Geografi

Ethiopia merupakan negara yang terletak di benua Afrika, tepatnya di Afrika Timur. Negara ini berrbatasan langsung dengan Negara Sudan di sebelah barat, Negara Somalia dan Djiobuti di sebelah timur, Eritrea di sebelah utara dan Negara Kenya di sebelah selatan. Luas Negara Ethiopia adalah 1.127.127km2 dan merupakan negara yang memiliki luas di urutan ke-10 di benua afrika, serta negara dengan penduduk padat kedua.

Wilayah Ethiopia dipenuhi dengan gunung-gunung yang puncaknya mencapai 4.000 m (13.123,36 kaki). Titik tertinggi Negara Ethiopia adalah Ras Dashen, yang terletak di Pegunungan Simien dan tingginya mencapai 4.620 m (15.157,48 kaki). Ketinggian Ras Aden yang sedemikian rupa menjadikannya sebagai gunung tertinggi ketiga di Afrika. Selain itu, terdapat pula deretan pegunungan lain yang terkenal di negara ini, yaitu Pegunungan Bale yang yang ketinggiannya mencapai 4.377 m (14.360,24 kaki). Terdapat beberapa sungai di negara ini termasuk Sungai Awash, Sungai Nil Biru, Sungai Baro, dan Sungai Omo.

Iklim

Negara Ethiopia memiliki iklim yang bervariasi. Iklimnya berbeda dari dataran tinggi ke dataran rendah. Dataran rendah cenderung memiliki suhu yang panas dan gersang, sedangkan dataran tinggi cenderung memiliki suhu yang sejuk. Suhu rata-rata di negara ini juga sangat bervariasi sepanjang tahunnya, biasanya 12-25 derajat celsius. 

Curah hujan terjadi pada saat musim hujan barat daya yang berlangsung dari bulan Juni hingga September. Musim hujan di negara ini disebut Kiremt. Musim hujan di dataran rendah dan dataran tinggi juga berbeda. Di dataran rendah terdapat dua periode hujan, biasanya terjadi dari bulan Maret hingga Mei dan Oktober-November. Di dataran rendah lain yang jauh lebih gersang bahkan selama beberapa tahun hujan tidak turun sama sekali dan menyebabkan kekeringan.

Flora Fauna

Ethiopia merupakan negara dengan berbagai flora luar biasa, terdapat lebih dari 1.000 spesies pohon, semak dan liana,  125 di antaranya adalah endemik. Di pegunungan Ethiopia banyak ditemui semak-semak seperti pyracantha, melati, poinsettia. Tanaman umum seperti ketumbar, myrrh, kapulaga, dan caraway juga tumbuh di negara ini.

Ethiopia memiliki satu-satunya spesies mawar asli Afrika, yaitu Rosa abyssinica. Di daerah dataran tinggi juga ditemui Zaitun Afrika atau Olea Africana. Sekitar 4% wilayah Ethiopia merupakan ekosistem hutan kanopi tertutup. Terdapat Poker merah-panas dari genus Kniphofia yang merupakan tanaman di lanskap ketinggian Ethiopia. 

Tanaman ini disebut bunga merah dan oranye karena warna yang mencolok dan mekar selama musim hujan. Di Negara Ethiopia, pertanian menyumbang 80% dari pendapatan negara. Terdapat 84% produk pertanian yang diekspor, hasil pertaniannya termasuk teff, sorgum, millet, jagung, kopi dan bunga.

Di Pegunungan Bale terdapat beberapa hewan yang dilindungi, di antaranya Nyala, Bushbuck Menelik dan Serigala Simien. Terdapat burung pemakan bangkai seperti, Longclaw Abyssinian, Angsa bersayap Biru dan Nechisar Night Jar (burung paling langka di dunia). Selain itu terdapat jenis hewan-hewan lain di negara ini, seperti tikus, kelelawar, Gelada (babon dengan bulu seperti singa), Bale Vervet dan Walia Ibex (satu-satunya kambing asli Afrika), kerbau, gajah, dan singa.

Kelompok Etnis

Negara Ethiopia memiliki beberapa kelompok etnis yang berasal dari suku-suku yang berbeda. Prosentasenya adalah sebagai berikut, Oromo 34,4%, Amhara (Amara) 27%, Somalia (Somalie) 6,2%, Tigray (Tigrinya) 6,1%, Sidama 4%, Gurage 2,5%, Welaita 2,3%, Hadiya 1,7%, Afar (Affar) 1,7%, Gamo 1,5%, Gedeo 1,3%, Silte 1,3%, Kefficho 1,2%, etnis lainnya 8,8%. 

Sejarah

Arkeolog menemukan bahwa nenek moyang manusia tertua yang dikenal di Ethiopia adalah Ardipithecus ramidus kadabba (sekitar 5,8,5,2 juta tahun) dan  Anamensis Australopithecus (sekitar 4,2 juta tahun). Awalnya disebut wilayah Ethiopia disebut sebagai Abyssinia, dan berada di bawah kekuasaan Raja Menelik I. 

Ethiopia modern muncul di bawah Kaisar Menelik II. Pada tahun 1917 setelah kematian Menelik II, kekuasaan berpindah ke tangan Putrinya. Ketika permaisuri meninggal pada tahun 1930, Tafari dinobatkan sebagai Kaisar Haile Selassie I. Pada tahun 1931, Haile Selassie membuat sebuah konstitusi yang kemudian direvisi pada tahun 1955, yang berisi tentang aturan pemerintahan. Parlemen dan senat yang ditunjuk, ruang deputi terpilih, dan sistem pengadilan.

Italia menginvasi Ethiopia pada 3 Okt 1935 dan memaksa Haile Selassie diasingkan pada Mei 1936. Ethiopia dianeksasi ke Eritrea, dan membentuk Afrika Timur Italia. Pada tahun 1941, Haile Selassie  kembali ke Addis Ababa atas bantuan Pasukan Inggris. Pada tahun 1952, wilayah Eritrea menjadi bagian Ethiopia. Pada 12 Sep 1974, Haile Selassie dkudeta dan konstitusinya ditangguhkan. 

Ethiopia memproklamirkan diri sebagai negara Sosialis di bawah kediktatoran militer kolektif yang disebut Dewan Administrasi Militer Sementara (PMAC) atau Derg. Letkol Mengistu Haile Mariam menjadi kepala negara pada tahun 1977. Selama periode ini Ethiopia berjuang melawan gerakan Eritrea merdeka dan pemberontak Somalia. Pemerintah juga sedang berjuang melawan rakyatnya sendiri dalam kampanye yang disebut red terror. 

Pada Mei 2008, Mahkamah Agung Ethiopia menjatuhkan hukuman mati kepada Mengistu. Pada tahun 1991 organisasi gerilya separatis Front Pembebasan Rakyat Eritrea mengambil alih provinsi Eritrea. Selanjutnya, Eritrea akan mendapat referendum yang diawasi secara internasional tentang kemerdekaannya. Pemilihan ini berlangsung pada April 1993 dengan hasil bulat untuk kemerdekaan Eritrea. Ethiopia menerima dan mengakui Eritrea sebagai negara merdeka. 

Ekonomi

Ethiopia merupakan salah satu negara yang memiliki pendapatan per kapita terendah, dengan penduduk lebih dari 112 juta jiwa menjadikan Ethiopia negara terpadat kedua di Afrika setelah Nigeria. Ekonomi negara ini mengalami pertumbuhan tercepat di kawasan ini. Namun, Ethiopia juga salah satu negara termiskin dengan pendapatan per kapita $ 850. 

Ekonomi Ethiopia mengalami pertumbuhan yang kuat dengan rata-rata 9,4% setahun dari tahun 2010 hingga 2019. Pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) ethiopia juga melambat menjadi 6,1% pada tahun 2019 karena COVID-19. Bidang Industri khususnya konstruksi dan layanan menyumbang sebagian besar pertumbuhan. 

Bidang Pertanian tidak terpengaruh oleh pandemi COVID-19 dan kontribusinya terhadap pertumbuhan sedikit membaik pada 2019 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi berdampak pada penurunan angka kemiskinan baik di perkotaan maupun pedesaan. Populasi yang hidup di bawah garis kemiskinan menurun dari 30% pada 2011 menjadi 24% pada 2016. 

Politik

Sistem Pemerintahan

Negara Ethiopia merupakan negara Republik Demokratik Federal. Konstitusi baru yang diadopsi pada tahun 1995 memperkenalkan sistem pemerintahan federal dan mendirikan Republik Demokratik Federal Ethiopia (FDRE). Pemerintah federal bertanggung jawab atas pertahanan nasional, hubungan luar negeri dan kebijakan umum, kepentingan dan manfaat bersama. 

Dewan Negara memiliki undang-undang tentang hal-hal di bawah yurisdiksi Negara. Dewan memiliki kekuasaan untuk menyusun, mengadopsi dan mengubah konstitusi negara. Administrasi negara merupakan organ tertinggi kekuasaan eksekutif.

Bentuk Pemerintahan

Negara ethiopia memiliki bentuk pemerintahan parlementarian. Negara-negara anggota Republik Demokratik Federal adalah:

  1. Negara Bagian Tigray
  2. Negara Afar
  3. Negara Amhara
  4. Negara Bagian Oromia
  5. Negara Somalia
  6. Negara Bagian Benshangul / Gumuz
  7. Negara Bagian Negara Bagian Selatan, Kebangsaan dan Rakyat.
  8. Negara Orang Gambela
  9. Negara orang Harari

Republik demokratik Federal Ethiopia terdiri dari Pemerintah Federal dan anggota Negara Bagian. Keduanya memiliki kekuatan legislatif, eksekutif dan yudikatif. Dewan Perwakilan Rakyat adalah otoritas tertinggi Pemerintah Federal. DPR bertanggung jawab kepada Rakyat. Dewan Negara adalah organ tertinggi dari otoritas negara dan bertanggung jawab kepada Rakyat.

The Federal Houses

Terdiri dari 2 Dewan, yaitu Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Federasi.

Anggota DPR dipilih oleh rakyat untuk masa jabatan lima tahun atas dasar hak pilih universal dan dengan pemilihan langsung, bebas dan adil. DPR memiliki kekuasaan legislatif dalam semua hal yang ditugaskan oleh konstitusi untuk yurisdiksi federal. Partai politik atau koalisi partai politik dengan jumlah kursi tertinggi di DPR memiliki kekuasaan di pemerintah. 

Dewan federasi terdiri dari perwakilan bangsa, kebangsaan dan rakyat. Setiap bangsa, kebangsaan dan rakyat dapat diwakili di Dewan Federasi oleh setidaknya satu anggota. Anggota Dewan Federasi akan dipilih oleh dewan negara. Dewan negara dapat memilih perwakilan ke Dewan Federasi, atau dapat mengadakan pemilihan untuk menentukan wakil rakyat dipilih oleh rakyat secara langsung.

Presiden Republik

Presiden FDRE adalah Kepala Negara. DPR mencalonkan calon presiden. Calon presiden terpilih apabila sidang bersama DPR dan Dewan federasi menyetujui pencalonannya dengan suara mayoritas dua pertiga. Masa jabatan presiden enam tahun dan tidak dapat dilakukan pemilihan presiden selama lebih dari dua masa jabatan.

Eksekutif

Kekuatan eksekutif tertinggi Pemerintah Federal berada pada Perdana Menteri dan Dewan Menteri. PM dan Dewan Menteri secara kolektif bertanggung jawab atas semua keputusan yang mereka buat. Perdana Menteri merupakan kepala eksekutif, ketua Dewan Menteri, dan Panglima angkatan bersenjata nasional. Dewan Menteri bertanggung jawab kepada PM dan dalam semua keputusannya bertanggung jawab kepada Dewan Perwakilan Rakyat. Dewan Menteri memastikan pelaksanaan hukum.

Peradilan

Kekuasaan peradilan tertinggi mengenai masalah Federal berada di Mahkamah Agung Federal. Kekuasaan peradilan tertinggi mengenai masalah Negara berada di Mahkamah Agung Negara. Kekuasaan peradilan baik di tingkat federal maupun negara bagian diberikan di pengadilan. Pengadilan di tingkat mana pun harus bebas dari pengaruh badan pemerintah, pejabat pemerintah atau dari sumber lain. Hakim dapat menjalankan fungsinya secara penuh. 

Pendidikan

Sistem pendidikan di Ethiopia terbagi menjadi tiga tingkat yang terdiri dari sekolah dasar, sekolah menengah bawah, dan sekolah menengah yang lebih tinggi. Sekolah dasar berlangsung selama 6 tahun, sekolah menengah bawah 4 tahun, dan sekolah menengah yang lebih tinggi berlangsung selama 2 tahun. 

Pendidikan dasar biasanya diajarkan dalam bahasa lokal terutama di daerah pedesaan. Prinsip mendasar yang sangat penting yang digunakan dalam pendidikan di Ethiopia adalah bahwa hukuman fisik merupakan cara yang tepat untuk mendidik anak-anak mereka. Sebagian besar sekolah di Ethiopia kekurangan perlengkapan sekolah dasar, seperti buku, pena dan kertas. Beberapa sekolah bahkan tidak memiliki fasilitas dasar yang diperlukan seperti air bersih dan toilet. Walaupun pendidikan telah dimulai sejak usia 5 tahun, tingkat literasi di negara ini masih sangat rendah. 

Peristiwa Penting

1889 Kaisar Menelik naik takhta dan menetapkan Addis Ababa sebagai ibu kota.

1889 Menelik menandatangani perjanjian persahabatan bilateral dengan Italia, yang menurut Italia, Italia memberikan perlindungannya atas Ethiopia. Ethiopia kemudian menolak perjanjian itu.

1896 Italia menyerang Ethiopia. Ethiopia mengalahkan Italia. Italia mengakui kemerdekaan Ethiopia, tetapi mempertahankan kendali atas Eritrea.

1930 Kaisar Selassie naik takhta.

1935 Italia menyerang Ethiopia.

1941 Pasukan Inggris dan Ethiopia mengalahkan Italia, Kaisar Selassie kembali ke tahta.

1952 Perserikatan Bangsa-Bangsa melakukan federasi Eritrea dengan Ethiopia.

1962 Kaisar Selassie mencaplok Eritrea. Perjuangan kemerdekaan Eritrea meningkat selama tiga puluh tahun selanjutnya.

1973 - 1974 Sekitar 200.000 orang meninggal akibat kelaparan.

1974 Derg menggulingkan Kaisar Selassie dalam kudeta.

1977 Kolonel Mengistu mengambil alih kekuasaan.

1977 - 1979 Ribuan orang tewas dalam "Teror Merah" yang dipimpin oleh Mengistu.

1984 - 1985 Kelaparan terburuk dalam beberapa dekade terjadi.

1987 Konstitusi komunis derg diadopsi dan Mengistu terpilih sebagai presiden.

1991 EPRDF menangkap Addis Ababa dan mengalahkan rezim Mengistu.

1992 Pemilihan kepala daerah diadakan.

1993 Pertemuan partai oposisi di Paris.

1993 Ethiopia mengakui Eritrea sebagai negara merdeka.

1998 - 2000 Perang terjadi antara Ethiopia dan Eritrea.

2000 Pemilihan parlemen diadakan dengan kemenangan EPRDF.

2005 Protes terjadi atas dugaan penyimpangan pemungutan suara dan 40 orang tertembak.

2006 - 2007 Ketegangan meningkat antara Ethiopia dan Somalia. Ethiopia berdalih sedang berjuang melawan milisi Islam di Somalia. Eritrea dituduh memasok senjata ke administrasi Islam.

2007 Para pemimpin oposisi diberikan hukuman seumur hidup untuk protes pemilu 2005, tetapi kemudian diampuni.

2008 Perjanjian perdamaian antara Ethiopia dan Somalia ditandatangani.

2008 Perserikatan Bangsa-Bangsa memberikan suara untuk mengakhiri misi penjaga perdamaian yang memantau perbatasan antara Ethiopia dan Eritrea.

2009 Ethiopia menarik semua pasukannya dari Somalia.

Bibliography

  • Bank, T. W. (2021). Overview. Retrieved Juni 2021, from worldbank.org: https://www.worldbank.org/en/country/ethiopia/overview
  • constitutionnet.org, E. (2016). Constitutional history of. Retrieved Juni 2021, from constitutionnet.org: https://constitutionnet.org/country/constitutional-history-ethiopia
  • flags-and-anthems.com, E. (2014). Flag Ethiopia. Retrieved Juni 11, 2021, from flags-and-anthems.com: https://www.flags-and-anthems.com/flag-ethiopia.html
  • infoplease.com, E. (2021). Ethiopia History. Retrieved Juni 2021, from infoplease.com: https://www.infoplease.com/world/countries/ethiopia/history
  • Jahja, A. (2019, Maret 3). 7 Fakta Unik Ethiopia. Retrieved Jui 2021, from kumparan.com: https://kumparan.com/arfiendi-juni-jahja/7-fakta-unik-ethiopia-1551568122324015335
  • KEMLU. (2018). Ethiopia. Retrieved Juni 11, 2021, from kemlu.go.id: https://kemlu.go.id/addisababa/id/pages/ethiopia/62/etc-menu
  • NN. (2021). Climate - Ethiopia. Retrieved Juni 2021, from climatestotravel.com: https://www.climatestotravel.com/climate/ethiopia
  • NN. (2021). Education in Ethiopia. Retrieved Juni 2021, from studycountry.com: https://www.studycountry.com/guide/ET-education.htm
  • NN. (2021). GOVERNMENT STRUCTURE. Retrieved Juni 11, 2021, from ethiopia.gov.et: http://www.ethiopia.gov.et/about-the-government/government-structure/
  • Review, W. P. (2021). Ethiopia Population 2021 (Live). Retrieved Juni 2021, from worldpopulationreview.com: https://worldpopulationreview.com/countries/ethiopia-population
  • theodora.com, E. (2020, Januari 27). Ethiopia People 2020. Retrieved Juni 2021, from theodora.com: https://theodora.com/wfbcurrent/ethiopia/ethiopia_people.html
  • Tour, E. E. (2021). Experience the unique array of Ethiopia's fascinating flora. Retrieved Juni 2021, from ethiopianadventuretours.com: https://www.ethiopianadventuretours.com/about-ethiopia/ethiopian-flora-plants
  • worldatlas.com, E. (2021). Flags, Symbols & Currency Of Ethiopia. Retrieved Juni 2021, from worldatlas.com: https://www.worldatlas.com/flags/ethiopia
*Penulis: Atik Lestari

2 komentar untuk "Profil Negara Ethiopia"