Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Profil Negara Lebanon

Sahabat Portal-Ilmu tahukah kamu bahwa ada salah satu negara Timur Tengah yang dijuluki “Paris of the East" atau Paris-nya Timur Tengah???

Negara tersebut merupakan Negara Lebanon. Negara Lebanon memiliki sistem pemerintahan atau sistem politik yang cukup unik. Ha lini dapat dilihat pada peran penting yang dijabat di Negara Lebanon, seperti Presiden harus berasal dari Kristen Maronit, Perdana Menterinya harus berasal dari Muslim Sunni, dan Ketua Parlemennya harus dari Muslim Syi’ah. 

Nah, sahabat Portal-Ilmu selain hal yang disebutkan di atas, ternyata masih banyak informasi yang menarik tentang Negara Lebanon. Yuk kita simak pembahasannya dalam artikel berikut ini!  

profil negara lebanon

Profil Umum

Nama Negara: Lebanese Republic (Inggris). Al-Jumhuriyah Al-Lunaniyah (Arab). Republique de Libaneise (Prancis). Republik Lebanon.
Ibukota: Beirut
Letak: Berada di wilayah timur dekat (near east), di tepi timur laut mediterania/laut tengah
Perbatasan: Sebelah utara dan timur: Suriah.
Sebelah barat: Laut tengah/mediterania

Sebelah selatan: Israel
Wilayah: Luas 10.452 km2 dan panjang pesisir pantai 212 km.
Iklim: Musim panas (sampai 39 C), musim gugur, musim dingin (hingga bawah nol derajat, sebagian daerah sampai turun salju) dan musim semi
Provinsi: Beirut, Mount Lebanon, North Lebanon, South Lebanon, Nabatieh, dan Bekaa
Penduduk: ± 4 juta jiwa ditambah warga asing lainya ± 1.5 jiwa.

Hari Nasional: 22 Nopember 1943.
Lambang Negara: Pohon Cedar / Araz.
Bahasa: Arab, Perancis dan Inggris
Agama: Islam (Sunni, Syiah, Druze dan Alawit), Kristen (Maronit, Katolik Roma, Katolik Ortodok dan Protestan)
Mata Uang: Lira Liban (LL)

Kurs: 1$ setara dengan 1500LL
GDP tahun 2005: US$ 19.6 Milyar
GNP tahun 2005: US$ 16.6 Milyar

Bendera

bendera lebanon

Arti warna pada bendera Negara Lebanon:

Bendera lebanon terdiri dari tiga pita horizontal yang terdiri dari merah (atas), putih (tengah, lebar ganda), dan merah (bawah) dengan pohon cedar hijau yang berpusat di pita putih. 

Pita Merah melambangkan perjuangan berdarah untuk pembebasan, 

Pita Putih melambangkan perdamaian, salju pegunungan, dan kemurnian; Pohon Cedar hijau melambangkan simbol Negara Lebanon dan mewakili keabadian, ketangguhan, kebahagiaan, dan kemakmuran

Lambang Negara Lebanon

lambang negara lebanon
via: en.wikipedia.org

Peta

Geografi

Lebanon terletak di Timur Laut Mediterania. Berbatasan dengan Laut Mediternia di Barat, Suriah di sebelah utara dan timur, dan Israel di sebelah selatan. Luas negara ini mencapai 10.400 kilometer persegi. Namun, ada beberapa bagian atau wilayah yang sampai dengan saat ini masih disengketakan dengan Israel dan Suriah. 

Lebanon merupakan salah satu negara terkecil di Timur Tengah, bahkan negara ini lebih kecil dari Qatar. Jika dibandingkan dengan negara tetangganya seperti Israel maka luasnya 2 kali lebih kecil, dan 18 kali lebih kecil dibandingkan negara Suriah.

Garis pantai negara ini memiliki panjang 225 kilometer. Total batas darat Lebanon adalah 454 kilometer, yang rinciannya adalah 375 kilometer dengan Suriah dan 79 kilometer dengan Israel. Secara administratif, Lebanon dibagi menjadi delapan wilayah kegubernuran (muhafazat), yaitu:

  1. Beirut, 
  2. Gunung Lebanon, 
  3. Lebanon Utara, 
  4. Lebanon Selatan, 
  5. Nabatieh, 
  6. Beqaa, 
  7. Baalbek-Hermel, dan 
  8. Akkar.

Lebanon terdiri dari dataran pantai yang sempit dan berbatasan dengan beberapa pegunungan, seperti Pegunungan Lebanon (Jabal Lubnan atau al-Jibal al-Gharbiya), sepanjang 240 kilometer dan membentang di hampir seluruh panjang negara), dan Pegunungan Anti-Lebanon. Puncak tertinggi negara ini berada di Qurnat al-Sawda yang tingginya mencapai 3.088 meter. Pegunungan Lebanon dan Pegunungan Anti-Lebanon dibatasi oleh Lembah Beqaa yang subur dan panjangnya sekitar 180 kilometer dan lebar 10 hingga 26 kilometer. Melalui lembah ini mengalir Litani, sungai utama Lebanon.

Iklim

Negara Lebanon memiliki Iklim Mediterania, dengan musim dingin yang ringan hingga sejuk, dan musim panas yang panas dan kering. Suhu rata-rata negara ini berkisar dari 32 ºC pada bulan Juli hingga 16 ºC (daerah pantai) dan 10 ºC (Lembah Beqaa) pada bulan Januari. Ketika musim dingin tiba, dapat dijumpai salju di daerah pegunungan dan berlangsung hingga awal musim panas. Lain halnya di daerah pesisir dan bagian bawah pegunungan yang cenderung turun hujan ketika musim dingin tiba. 

Flora Fauna

Negara Lebanon sebelumnya merupakan wilayah hutan, terdapat pohon dan kayu yang usianya sangat tua. Kebanyakan dari pohon-pohon ini dijadikan untuk bangunan kapal maupun untuk diekspor. Terjadinya kebakaran hutan, ekploitasi hutan secara besar-besaran mengakibatkan erosi tanah. Bahkan saat ini hanya tersisa kurang lebih 13,3% wilayah hutan di Negara Lebanon. 

Lebanon merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman hayatinya karena wilayahnya beriklim Mediterania. Terdapat  berbagai spesies di negara ini, di antaranya: 4.633 spesies tanaman (2.863 tanaman asli, termasuk Lebanon Cedar) dan 4.486 spesies hewan, termasuk kura-kura loggerhead yang langka dan elang kerajaan.

Kelompok Etnis

Sekitar 95% orang Lebanon merupakan keturunan orang Arab dan suku Armenia adalah suku minoritas di negara ini. Bahasa yang digunakan di negara ini adalah bahasa Arab (bahasa resmi), Bahasa Prancis, Inggris, dan Armenia. Sekitar 70% populasi negara ini adalah Muslim dan sekitar 30% adalah Kristen. Kehidupan politik di Lebanon sangat dipengaruhi oleh keragaman agama. Kelompok-kelompok politik khususnya Kristen, umumnya mendukung hubungan dengan negara-negara Eropa. Di sisi lain, Muslim, umumnya mendukung hubungan yang lebih dekat dengan negara-negara Arab.

Sejarah

Setelah Perang Dunia I, Prancis diberi mandat oleh Liga Bangsa-Bangsa (LBB) atas wilayah Lebanon dan Suriah. Lebanon dan Suriah sebelumnya merupakan wilayah kesatuan yang berada di bawah kekuasaan Kekaisaran Ottoman. Pada tahun 1920 Prancis memisahkan wilayah ini menjadi pemerintahan yang berbeda, Suriah dengan penduduknya yang mayoritas muslim dan Lebanon dengan mayoritas Kristen Maronit. Setelah mandat yang diberikan kepada Prancis selama 20 tahun tersebut, akhirnya kemerdekaan Lebanon diproklamasikan pada 26 November 1941. Namun, kemerdekaan  berlangsung secara bertahap. 

Setelah kemerdekaan tersebut, terjadi perang saudara pada tahun 1958, dengan faksi-faksi Muslim yang dipimpin oleh Kamal Jumblat dan Saeb Salam dalam pemberontakan terhadap pemerintah Lebanon yang dipimpin oleh Presiden Camille Chamoun, seorang Kristen Maronit yang mendukung hubungan dekat dengan Barat. 

Pemberontakan terus terjadi hingga pada tahun 1975. Konflik antara faksi-faksi Lebanon ini telah mengakibatkan 40.000 warga Lebanon tewas dan 100.000 terluka. Ketika itu, atas permintaan Lebanon, pasukan Suriah turun tangan dan konflik dapat dihentikan. Pada tahun 1977, perang saudara kembali terjadi dan berlangsung sampai tahun 1990.

Ekonomi

Lebanon memiliki sistem ekonomi pasar bebas. Pemerintah tidak membatasi investasi asing, namun keadaan investasi negara ini cukup buruk. Hal ini dikarenakan korupsi, keputusan perizinan sewenang-wenang, prosedur kepabeanan yang kompleks, pajak tinggi, tarif, dan biaya, undang-undang lama, dan perlindungan hak kekayaan intelektual yang tidak memadai. 

Ekonomi negara Lebanon berorientasi pada sektor pertumbuhan utama termasuk perbankan dan pariwisata. Konflik yang terjadi Suriah memutus salah satu pasar utama Lebanon dan koridor transportasi melalui Levant. Masuknya hampir satu juta pengungsi yang terdaftar dan sekitar 300.000 pengungsi Suriah yang tidak terdaftar telah meningkatkan ketegangan sosial dan meningkatnya persaingan lapangan kerja di Lebanon. 

Pada awal 2018, pemerintah Lebanon menandatangani perjanjian kontrak dengan konsortium internasional untuk eksplorasi dan produksi minyak bumi. Pada tahun 2018 pertumbuhan PDB  turun menjadi 1 persen dari perkiraan sebelumnya 2 persen. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, stabilisasi efek kenaikan impor, membuat defisit neraca perdagangan tidak berubah dan masih sangat rendah persentasenya dari Produk Domestik Bruto (PDB). 

Di bidang industri menyumbang sebesar 20% PDB negara ini. Lebanon memiliki 4033 perusahaan yang sebagian berlokasi di Gunung Lebanon, Bekaa dan Lebanon Utara. Terjadi peningkatan di bidang ekspor industri sebesar 4,8 persen pada 2012 (USD 4,3 miliar pada 2012 dibandingkan dengan USD 4,1 miliar pada 2011). Produk ekspor utama pada tahun 2012 meliputi mesin dan peralatan mekanik, batu mulia, logam dasar, bahan makanan dan produk kimia. Mitra ekspor utamanya adalah negara Arab Saudi, Suriah, , Irak, Turki, UEA, Yordania,Italia dan Korea Selatan.

Produksi pertanian negara Lebanon terdiri dari sayuran, buah-buahan, sereal, dan pohon zaitun. Produksi buah meliputi buah jeruk (jeruk, lemon, mandarin, dan jeruk bali), anggur, apel, dan pisang. Produksi sayuran melliputi kentang, tomat dan timun. Sereal utama yang dihasilkan adalah tanaman forage, gandum, dan gandum. Produk hewani meliputi daging unggas, daging merah, ikan, susu, dan produk susu, telur, madu. Lebanon juga bergantung pada produk impor, karena produksi pertanian Lebanon tidak dapat mencukupi kebutuhan pasar lokal. 

Mengenai daya saing, Lebanon berada di peringkat ke-105 dalam Global Competitiveness Index 2017-2018. Lebanon memiliki mekaniseme yang lebih baik dalam hal pengembangan bisnis jika bandingkan negara-negara lain. Kesiapan teknologi dan inovasi, namun negara ini masih terbebani dengan situasi ekonomi makro yang buruk dan lembaga yang tidak efisien. 

Situasi di negara tetangga Suriah dan masuknya sejumlah besar pengungsi telah menyebabkan menipisnya sumber daya ekonomi dan sistem kesehatan serta pendidikan nasional berada di bawah tekanan, terutama sebagai akibat dari meningkatnya penyakit menular. 

Politik

Republik Lebanon merupakan negara demokrasi parlemen. Sistem politik Lebanon didasarkan pada prinsip-prinsip pemisahan, keseimbangan, dan kerja sama di antara kekuatan. Presiden Lebanon merupakan kepala negara dan sebagai simbol persatuan. Parlemen memilih presiden untuk masa jabatan tunggal enam tahun. 

Menurut konstitusi 1926 , presiden diwajibkan berasal dari Kristen Maronit. Sistem ini didasarkan pada data sensus 1932 yang menunjukkan orang-orang Kristen Maronit sebagai mayoritas populasi dan dimaksudkan untuk menyeimbangkan kekuasaan di antara beberapa agama di negara ini. Presiden bertugas untuk melaksanakan konstitusi dan menjaga integritas teritorial Lebanon, dan secara bersamaan bertindak sebagai panglima Angkatan Bersenjata Lebanon. Presiden dapat mencalonkan Perdana Menteri setelah berkonsultasi dengan ketua parlemen. 

Kekuasaan eksekutif diberikan kepada Dewan Menteri, yang bertugas menyusun kebijakan umum dan mengawasi pelaksanaanya sesuai dengan undang-undang. Presiden dibantu dengan parlemen menunjuk kepala Dewan, yaitu Perdana Menteri. Konstitusi menyatakan bahwa Perdana Menteri harus berasal dari Muslim Sunni. Presiden dan Dewan Menteri membutuhkan dukungan mayoritas di parlemen untuk mendapatkan posisi mereka.

Kekuasaan legislatif diberikan kepada Majelis Perwakilan Rakyat (parlemen). 128 kursi parlemen didistribusikan dan anggotanya dipilih dengan hak pilih universal untuk masa jabatan empat tahun. Setiap komunitas keagamaan memiliki jumlah kursi yang dialokasikan. 

Kekuasaan di peradilan bertumpu pada pengadilan yudisial. Hakim berdiri secara independen dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya. Keputusan dan penilaian diberikan dan dieksekusi atas nama rakyat Lebanon.

Sosial dan Budaya

Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa sistem politik Negara Lebanon cukup menarik. Presiden harus berasal dari Maronit, Perdana Menteri Sunni, dan Ketua Parlemen Seorang Syiah. Campuran budaya Lebanon merupakan salah satu karakteristik negara ini. Budaya yang dominan pada dasarnya konservatif dan menunjukkan rasa hormat terhadap tradisi. 

Budaya Arab juga ikut andil di negara ini, tradisi Islam dan Kristen yang telah lama tetap berlanjut. Namun, tidak jarang terdapat praktik dan gaya hidup yang juga mencerminkan pengaruh Eropa. Hal ini dikarenakan letak garis pantainya yang dekat dengan Eropa (sebagai titik kontak utama untuk perdagangan antara Timur dan Barat), serta dampak dari pendudukan Prancis pada abad ke-20. Masyarakat Lebanon saat ini sangat beragam. Dapat ditemui pakaian tradisional Lebanon dan mode Eropa di jalan-jalan kota. 

Hierarki sosial Lebanon dikelompokkan berdasarkan kelas. Terdapat perbedaan status yang ditentukan oleh kekayaan, dan berkorelasi dengan garis keturunan atau agama. Mereka yang kaya biasanya dapat dibedakan oleh pakaian mewah dan barang-barang mereka yang mereka pajang di rumahnya. Namun, orang-orang di berbagai kelas tetap dapat nyaman berinteraksi. Walaupun, ada pembatas sosial yang jelas antara mereka yang menempati status terendah. 

Pendidikan

Pendidikan dasar, menengah, dan tinggi di Lebanon berada di bawah pengawasan Kementerian Pendidikan dan Pendidikan Tinggi (MEHE) (Ministère de l'Education et de l'Enseignement Supérieur). Di negara ini terdapat sekolah negeri dan swasta, yang menggunakan kurikulum yang sama. 

Lebanon memiliki anggaran pengeluaran untuk pendidikan yang rendah jika dibandingkan dengan negara lain, seperti mesir dan kuwait. Mesir dan kuwait masing-masing mengeluarkan anggaran 3,8% PDB untuk bidang pendidikan, Oman sebesar 5,4% dan Tunisia sebesar 6,2%. Sedangkan lebanon hanya mengeluarkan jumlah yang setara dengan 1,6 persen dari PDB untuk pendidikan. 

Pendidikan formal di Lebanon dimulai pada usia 6 tahun sampai usia 11 atau 12 (kelas 6) dan sifatnya wajib. Bahasa Arab merupakan bahasa utama yang digunakan di tingkat sekolah dasar, tetapi bahasa Inggris atau Prancis juga diajarkan dari awal sekolah dasar. 

Pendidikan menengah (atau menengah ke bawah) berlangsung tiga tahun, sampai dengan usia 15 tahun. Pendidikan dan Pelatihan Teknis dan Kejuruan Formal (TVET)dimulai pada tingkat menengah. Di tingkat menengah, TVET dibagi menjadi pendidikan teknis dan pendidikan kejuruan. 

Pada tingkat menengah, siswa kejuruan dapat menyelesaikan dua atau tiga tahun studi, setelah itu mendapatkan Profesi Certificat d'Aptitude (CAP) dari salah satu enam spesialisasi. Siswa teknis mendapatkan Brevet Professionnel (BP) setelah dua tahun. Setelah lulus ujian akan mendapatkan Profesi D'Aptitude Certificat. BP memiliki 15 spesialisasi khususnya perhotelan, akuntansi dasar, dan kosmetologi. 

Pendidikan menengah (atau menengah atas) berlangsung tiga tahun, biasanya dari usia 15 hingga 18 tahun. Siswa pada tingkat ini melanjutkan sekolah menengah pendidikan umum atau sekolah pendidikan menengah teknis sesuai dengan hasil pemeriksaan Brevet d'Etudes mereka. Hingga saat ini terdapat 31 perguruan tinggi swasta terakreditasi yang terdaftar oleh Kementerian Pendidikan dan Pendidikan Tinggi di lebanon. 

Militer

Sejak penarikan pasukan Suriah dari Lebanon pada 2005, Angkatan Bersenjata Lebanon (LAF) menjadi institusi militer nasional yang semakin profesional. Selain itu, di tengah gelombang pemberontakan atas situasi ekonomi yang memburuk dan kekurangan listrik serta air, LAF dianggap sebagai satu-satunya lembaga yang dapat menstabilkan negara. Pada tahun 2019, peringkat Militer negara Lebanon berada pada 118 dari 137 negara yang termasuk dalam tinjauan tahunan GFP. 

Anggaran pertahanan negara lebanon mencapai USD 650 juta pada 2007. Terdapat 62.000 Personel militer aktif, termasuk 2.000 wajib militer, Angkatan Darat 60.000, Angkatan Laut 1.000, dan Angkatan Udara 850.Pesawat tempur berjumlah Tiga lusin merupakan pesawat tempur Amerika dan Prancis. Beberapa senjata kecil yang saat ini digunakan oleh tentara Lebanon dapat berfungsi dengan baik, seperti: M-16 Amerika, CAR-15 dan Colt M-4, AK-47 Rusia, AK-74, AKS-74, dan AKM-59, MP-5 Jerman dan HK G3, P90 Belgia dan MAG. 

Hubungan Bilateral Indonesia – Lebanon

Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Lebanon telah dibuka sejak tanggal 29 Juli 1947.  Sampai dengaan saat ini Indonesia dan Lebanon juga terus melakukan kerja sama di bidang perdaganagan. Ekspor utama Indonesia ke Lebanon meliputi, ban dan suku cadang, kendaraan penumpang kopi instan, biskuit dan kepiting. Produk lebanon yang masuk ke Indonesia meliputi produk buku cetak, khususnya buku pelajaran agama Islam, dan produk dari metal.

Perjanjian Bilateral antara Indonesia – Lebanon

  1. Agreement between the Government of the Republic of Indonesia and the Government of the Republic of Lebanon for Air Services between and beyond Their Respective Territories.
  2. Agreement on Economic, Scientific and Technical Cooperation between the Government of the Republic of Indonesia and the Government of the Republic of Lebanon.
  3. Memorandum of Understanding between the Government of the Republic of Indonesia and the Government of the Republic of Lebanon concerning Exchange of Manpower.
  4. Memorandum of Understanding between Ministry of Religious Affairs of the Republic of Indonesia and Dar El Fatwa of the Republic of Lebanon concerning Cooperation in the Fields of Religion and Religious Education.
  5. Letter of Intent between the Ministry of Youth and Sports of the Republic of Indonesia and the Ministry of Youth and Sports of the Republic of Lebanon on Youth and Sports.

Peristiwa Penting dalam Sejarah Negara Lebanon

1516 - 1918

  • Lebanon menjadi bagian dari Kekaisaran Ottoman.

1920

  • Liga Bangsa-Bangsa memberikan mandat atas wilayah Lebanon dan Suriah kepada Prancis.

1943

  • Dasar-dasar negara ditetapkan dalam Perjanjian Nasional yang tidak tertulis untuk mendistribusikan kursi di parlemen dengan perbandingan enam hingga lima mendukung orang Kristen. Presiden Seorang Kristen Maronit, perdana menteri seorang Muslim Sunni dan Ketua Kamar Deputi seorang Muslim Syiah.

1944

  • Prancis setuju untuk enyerahkan kekuasaan secara penuh kepada pemerintah Lebanon pada 1 Januari.

1958

  • Terjadi pemberontakan oleh oposisi yang berkembang menjadi perang saudara, Presiden Camille Chamoune meminta AS untuk mengirim pasukan untuk menjaga kemerdekaan Lebanon. 

1975

  • Pria bersenjata Phalangist menyergap sebuah bus di distrik Ayn-al-Rummanah, Beirut, menewaskan 27 penumpang yang berisi orang-oranf Palestina. Orang-orang Phalangist menganggap bahwa gerilyawan sebelumnya menyerang sebuah gereja di distrik yang sama. Bentrokan ini memulai perang saudara.

1982

  • Menyusul upaya pembunuhan duta besar Israel untuk Inggris oleh kelompok Palestina, Israel meluncurkan invasi skala penuh ke Lebanon.

1982

  • Presiden pro-Israel terpilih Bachir Gemayel dibunuh. Israel menduduki Beirut Barat, dan milisi Phalangist membunuh ribuan warga Palestina di kamp Sabra dan Shatila. 

2004

  • Resolusi Dewan Keamanan PBB yang ditujukan untuk Suriah menuntut agar pasukan asing meninggalkan Lebanon. 

2009

  • Aliansi pro-14 Maret barat memenangkan pemilihan parlemen dan Saad Hariri membentuk pemerintahan persatuan.

2012

  • Konflik Suriah yang dimulai pada Maret 2011 turut menyeret negara Lebanon, dalam bentrokan mematikan antara Muslim Sunni dan Alawites di Tripoli dan Beirut.

2012

  • Beberapa hari pertempuran mematikan antara pendukung dan lawan presiden Suriah terjadi di Tripoli.

2013  

  • Pesawat perang dan helikopter Suriah menembakkan roket ke Lebanon utara, beberapa hari setelah Damaskus memperingatkan Beirut untuk menghentikan militan yang melintasi perbatasan untuk melawan pasukan pemerintah Suriah.
  • Sejumlah orang tewas dalam bentrokan antara pria bersenjata Hizbullah dan pemberontak Suriah di Lebanon. Setidaknya 17 tentara Lebanon tewas dalam bentrokan dengan militan Sunni di kota pelabuhan Sidon.
  • Puluhan orang tewas dalam serangan bom di dua masjid di Tripoli. 
  • menurut badan pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa, setidaknya ada 700.000 pengungsi Suriah di Lebanon.
  • Bom bunuh diri ganda di luar kedutaan Iran di Beirut menewaskan sedikitnya 22 orang. Ini adalah salah satu serangan terburuk di Beirut selatan Syiah sejak konflik di Suriah dimulai.

2014

  • PBB mengumumkan bahwa jumlah pengungsi Suriah yang terdaftar di Lebanon telah melampaui satu juta. 

2015

  • Pembatasan baru terhadap warga Suriah yang memasuki Lebanon mulai diberlakukan.

2016

  • Bom bunuh diri di Al-Qaa, yang diduga oleh warga negara Suriah, memperburuk hubungan yang sudah renggang antara warga Lebanon dan lebih dari 1 juta pengungsi Suriah di negara ini.

2020  

  • Massa protes terhadap stagnasi ekonomi dan korupsi menjatuhkan pemerintahan Saad Hariri, yang digantikan oleh akademisi Hassan Diab.
  • Pemerintah Diab mundur setelah adanya protes tentang jatuhnya nilai mata uang dan dampak penguncian Covid-19 memuncak dalam kerusuhan setelah ledakan kimia besar-besaran di pelabuhan Beirut.

Bibliography

  • Anwar, V. (2018, Desember 8). 8 Fakta Unik Lebanon, Negara Timur Tengah Berjuluk Paris of the East. Retrieved Juni 10, 2021, from idntimes.com: https://www.idntimes.com/science/discovery/ata-vya/8-fakta-unik-lebanon-c1c2/2
  • BBC.com. (2018, April 25). Lebanon profile - Timeline. Retrieved Juni 8, 2021, from bbc.com: https://www.bbc.com/news/world-middle-east-14649284
  • Bryce Loo, R. A. (2017, Mei 2). Education in Lebanon. Retrieved Juni 10, 2021, from wenr.wes.org: https://wenr.wes.org/2017/05/education-in-lebanon
  • Fanack.com, E. (2010, Mei 31). History of Lebanon. Retrieved Juni 10, 2021, from fanack.com: https://fanack.com/lebanon/history-of-lebanon/?gclid=CjwKCAjw47eFBhA9EiwAy8kzNCXBGqMdhMP4w4NoCRiNZKum_ISpauWYewvhOmGx5i2-j6CBqsyD5xoCrzwQAvD_BwE
  • fanack.com, E. (2010, Mei 31). Society of Lebanon. Retrieved Juni 10, 2021, from Fanack.com: https://fanack.com/lebanon/society-of-lebanon/
  • Fanack.com, E. (2020, Juni 9). Economy of Lebanon. Retrieved Juni 10, 2021, from fanack.com: https://fanack.com/lebanon/economy-of-lebanon/
  • Fanack.com, E. (2020, Agustus 26). Geography of Lebanon. Retrieved Juni 8, 2021, from fanack.com: https://fanack.com/lebanon/geography-of-lebanon/?gclid=CjwKCAjw47eFBhA9EiwAy8kzNNDE-FdDunyrm64PZzwaWL2uqjJx1gsfkcoZVP9-Zx0hc-FaEs8PYRoCcFMQAvD_BwE
  • fanack.com, E. (2020, Juli 13). Politics of Lebanon. Retrieved Juni 10, 2021, from fanack.com: https://fanack.com/lebanon/politics-of-lebanon/
  • IES. (2021). Lebanese Culture. Retrieved Juni 8, 2021, from culturalatlas.sbs.com.au: https://culturalatlas.sbs.com.au/lebanese-culture/lebanese-culture-core-concepts
  • Infoplease. (2021). Lebanon News & Current Events. Retrieved Juni 10, 2021, from infoplease.com: https://www.infoplease.com/world/countries/lebanon/news-and-current-events
  • KEMLU. (2018). Profil Negara dan Kerjasama. Retrieved 2021, from kemlu.go.id: https://kemlu.go.id/beirut/en/read/profil-negara-dan-kerjasama/3490/etc-menu
  • KEMLU. (2018). Tentang Lebanon. Retrieved Juni 10, 2021, from kemlu.go.id: https://kemlu.go.id/beirut/id/read/tentang-lebanon/219/information-sheet
  • nationsonline.org, E. (2021). Map of Lebanon, Middle East. Retrieved Juni 10 , 2021, from nationsonline.org: https://www.nationsonline.org/oneworld/map/lebanon_map.htm
  • NN. (2020, November 27). Lebanon Flag description. Retrieved Juni 10, 2021, from indexmundi.com: https://www.indexmundi.com/lebanon/flag_description.html
  • washingtonpost.com, E. (2021). Lebanon. Retrieved Juni 10, 2021, from washingtonpost.com: https://www.washingtonpost.com/wp-srv/world/countries/lebanon.html

*Penulis: Atik Lestari

Posting Komentar untuk "Profil Negara Lebanon"