Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Negara Filipina

Filipina merupakan salah satu negara kepulauan yang berada di wilayah Asia Tenggara. Negara ini memiliki sekitar 7.100 Pulau. Filipina menganut sistem pemerintahan demokrasi dengan presiden sebagai kepala negaranya. Pemilihan presiden di Negara Filipina dilakukan dalam kurun waktu 6 tahun sekali. Terdapat 2 bahasa resmi yang digunakan oleh Negara Filipina, yaitu bahasa Filipina dan Inggris. Selain itu, di negara ini juga terdapat sekitar 175 bahasa dan dialek daerah. 

Nah, Sahabat Portal-Ilmu, setelah kita mengetahui sedikit informasi tentang Negara Filipina dari penjelasan di atas, alangkah baiknya kita simak penjelasan lebih detail mengenai Negara Filipina dalam artikel berikut ini! 

Profil Negara Filipina

Profil Umum

Nama resmi: Republik Filipina
Ibu kota: Manila
Kepala pemerintahan: Presiden Rodrigo Roa Duterte
Populasi: 104 juta
Luas wilayah: 300.000 km² (115.831 mil persegi)

Bahasa utama: Filipina, Inggris (keduanya resmi)
Agama utama: Kristen
Harapan hidup: 66 tahun (pria), 73 tahun (wanita)
Mata uang: Peso Filipina
Moto: "Maka-Diyos, Maka-Tao, Makakalikasan, di Makabansa" ("Untuk Tuhan, Manusia, Alam, dan Negara")

Lagu Kebangsaan: Lupang Hinirang
PDB (2020): US$367,362 miliar
PDB per kapita (2020): US$ 3.372,529

Bendera

Bendera Filipina

Bendera Filipina memiliki dua pita horizontal yang ukurannya sama, dengan warna biru di atas dan warna merah di bawah. Terdapat segitiga sama sisi berwarna putih yang ditempatkan pada sisi pengibar bendera. Bagian tengah segitiga putih terdapat matahari kuning dengan delapan sinar primer yang menjuntai keluar. Setiap sudut segitiga juga berisi bintang kecil berwarna kuning, dan berujung lima. Warna biru dalam bendera Filipina berarti perdamaian, keadilan, pengorbanan, dan kebenaran. Warna merah melambangkan keberanian dan patriotisme. 

Segitiga putih melambangkan persaudaraan, kebebasan, dan kesetaraan. Matahari kuning besar melambangkan kebebasan, persatuan, demokrasi, dan kedaulatan. Delapan sinar yang menonjol dari matahari adalah perwakilan dari Provinsi Nueva Ecija, Manila, Pampanga, Bulacan, Cavite, Laguna, Batangas, dan Bataan (delapan provinsi pertama yang memperjuangkan kemerdekaan dari Spanyol). Tiga bintang berujung lima di sudut segitiga mewakili tiga divisi geografis utama negara ini, yaitu Luzon, Visayas, dan Mindanao. 

Lambang Negara

Lambang Filipina
Via: en.wikipedia.org

Lambang Negara Filipina diadopsi pada 3 Juli 1946. Lambang Negara Filipina terdiri dari perisai yang menggambarkan matahari besar dan tiga bintang. Matahari kuning besar melambangkan kebebasan, persatuan, demokrasi, dan kedaulatan. Delapan sinar yang menonjol dari matahari adalah perwakilan dari provinsi Nueva Ecija, Manila, Pampanga, Bulacan, Cavite, Laguna, Batangas, dan Bataan. 

Tiga bintang berujung lima mewakili tiga divisi geografis utama negara ini, yang meliputi: Luzon, Visayas, dan Mindanao. Elang Botak Amerika ditempatkan di bagian biru perisai. Singa Kastilia dan Leon ditempatkan di bagian merah. Elang dan Singa mewakili sejarah kolonial Filipina. Di bawah perisai terdapat pita putih yang bertuliskan: "REPUBLIKA NG PILIPINAS"

Peta

Geografi

Negara Filipina terletak di wilayah Asia Tenggara. Filipina memiliki luas wilayah 300.000 km. Negara ini terdiri dari kepulauan yang berjumlah sekitar 7.100 pulau, meskipun hanya ada 1.000 pulaunya yang dihuni. Sebelas pulau membentuk 94 persen daratan Filipina, dan dua kepulauan Luzon serta Mindanao memiliki ukuran masing-masing 105.000 dan 95.000 km. Secara topografi, Filipina merupakan salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Sebagian besar orang Filipina tinggal di dekat pantai. 

Di laut lepas Mindanao Timur terdapat Palung Filipina, yang kedalamannya mencapai 10.430 meter. Negara Filipina juga menjadi bagian dari sistem busur Pasifik barat yang ditandai dengan gunung berapi aktif. Puncak yang paling terkenal di Filipina meliputi Gunung Mayon dekat Legaspi, Gunung Berapi Taal di selatan Manila, dan Gunung Apo di Mindanao. Hampir semua kepulauan Filipina berpotensi mengalami gempa bumi. Terdapat sungai yang paling luas di negara ini, yaitu Sungai Pulangi (Rio Grande) yang mengalir ke Sungai Mindanao. Beberapa sungai yang ada di negara inijuga dimanfaatkan sebagai tenaga air. Selain itu, di Filipina juga terdapat danau air tawar yang terkenal dan bernama Laguna de Bay. 

Iklim 

Filipina memiliki iklim tropis yang didominasi oleh musim hujan dan musim kemarau. Musim hujan dengan hujan lebat dan udara yang panas terjadi dari bulan Mei hingga Oktober, sedangkan musim hujan dengan udara dingin terjadi dari bulan Desember hingga Februari. Musim kemarau terjadi pada bulan Maret hingga Mei. Suhu rata-rata di negara Filipina berkisar antara 27 ° C hingga 37 ° C. Curah hujan tahunan berukuran 5.000 milimeter di bagian pantai timur pegunungan Filipina, dan kurang dari 1.000 milimeter di beberapa daerah lembah. 

Flora Fauna

Filipina merupakan salah satu dari 18 negara yang memiliki julukan mega-keanekaragaman hayati di dunia. Filipina memiliki dua pertiga keanekaragaman hayati bumi dan memiliki sekitar 70% dan 80% spesies tumbuhan dan hewan di dunia. Filipina menempati peringkat kelima dalam jumlah spesies tanaman dan memiliki 5% flora dunia. Endemisme spesies sangat tinggi, setidaknya ada 25 jenis tanaman dan 49% satwa liar darat. Filipina menempati peringkat keempat dalam endemisme burung. 

Filipina juga merupakan salah satu negara dengan keanekaragaman hayati dunia dengan 700 spesies yang terancam. Daftar nasional spesies fauna yang terancam mencakup 42 spesies mamalia darat, 127 spesies burung, 24 spesies reptil dan 14 spesies amfibi. Terdapat sekitar 3.214 spesies ikan di Filipina, 121 diantaranya merupakan endemik dan 76 lainnya terancam. 

Filipina memiliki 7,2 juta ha ekosistem hutan yang mencakup 24% dari total luas wilayah Filipina. Namun, pada tahun 2000 hingga 2005, Filipina kehilangan 2,1% wilayah hutan setiap tahunnya. Filipina juga menjadi bagian dari negara yang memiliki keragaman beras, kelapa, kacang mung, talas dan ubi, serta merupakan negara asal keragaman pisang di Asia Tenggara. 

Etnis

Persentase kelompok etnis yang ada di Negara Filipina adalah sebagai berikut: Tagalog (28,1%), Cebuano (13,1%), Ilocano atau Ilokano (9,0%), Visayan atau Bisaya sekitar (7,6%), Hiliygaynon sebesar (7,5%), Bikol (6,0%), Waray (3,4%), Chinese (2,5%), dan kelompok etnis lain menyumbang sekitar (22,8%) dari populasi Negara Filipina.

Sejarah

Sejarah Filipina dimulai pada tahun 1542 ketika Spanyol melakukan ekspedisi dan mengklaim pulau-pulau di wilayah tersebut serta menamainya Filipina. Kampanye sipil dan bersenjata untuk kemerdekaan dari pemerintahan Spanyol dimulai pada tahun 1896. Pasukan revolusioner di bawah komando Emilio Aguinaldo telah memproklamirkan kemerdekaan. Namun, pada tahun 1898 terjadi Perang antara Spanyol dan AS. Angkatan Laut AS menghancurkan armada Spanyol di Teluk Manila. Selanjutnya, Spanyol menyerahkan Filipina ke AS.

Kaum revolusioner tidak setuju atas pengambilalihan AS, Filipina juga melakukan perlawanan bersenjata terhadap pasukan AS. Perlawanan ini dikenal sebagai Perang Filipina-Amerika. Pada tahun 1902 Perang Filipina-Amerika secara resmi berakhir. Pemerintah AS menjanjikan otonomi Filipina yang mengarah pada kemerdekaan. 

Pada tahun 1935 terbentuk Negara Persemakmuran Filipina dengan Manuel Quezon sebagai presiden pertamanya. Namun, pada tahun 1941 Jepang mengambil alih wilayah Filipina. Walaupun akhirnya pada tahun 1944 Pasukan AS dapat merebut kembali pulau-pulau Filipina. Pada tahun 1946 pulau-pulau Filipina memiliki kemerdekaan penuh dan berganti nama menjadi Republik Filipina dengan Ferdinand Marcos sebagai presidennya.

Ekonomi

Filipina merupakan salah satu negara dengan ekonomi paling dinamis di kawasan Asia Tenggara. Hal ini didukung oleh meningkatnya urbanisasi, kelas menengah yang terus berkembang, dan populasi pemuda yang cukup besar, dan pasar tenaga kerja yang kuat. Kegiatan usaha juga memiliki peran penting di sektor jasa termasuk outsourcing proses bisnis, real estat, pariwisata, serta industri keuangan dan asuransi. 

Pertumbuhan ekonomi tahunan Negara Filipina rata-rata 6,4% pada tahun 2010-2019 dibandingkan dengan 4,5% di tahun 2000-2009. Pertumbuhan ekonomi Negara Filipina melambat akibat pandemi COVID-19. Terjadi penurunan bidang ekonomi yang signifikan pada tahun 2020 dan disertaui oleh penurunan konsumsi dan investasi yang signifikan, serta perlambatan ekspor, sektor pariwisata, dan pengiriman uang. Dalam beberapa tahun terakhir dan sampai terjadinya krisis COVID-19, ekonomi Filipina mengalami kemajuan, hal ini dibuktikan dengan penurunan tingkat kemiskinan dari 23,3% pada 2015 menjadi 16,6% pada 2018. 

Politik

Filipina merupakan negara republik dengan bentuk pemerintahan presidensial. Terdapat tiga kekuasaan yang ada di negara ini, yaitu, eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Pemerintah Filipina berupaya dan bertindak demi kepentingan warganya melalui sistem check and balance.

Eksekutif 

Cabang eksekutif terdiri dari Presiden dan Wakil Presiden yang terpilih melalui pemungutan suara langsung dengan masa masa jabatan enam tahun. Konstitusi memberikan wewenang Presiden untuk menunjuk Kabinetnya. Cabang eksekutif bertanggung jawab dalam melakukan dan menegakkan hukum. Presiden bertugas memimpin negara, sebagai kepala negara, pemimpin pemerintahan nasional, dan Panglima dari semua angkatan bersenjata Filipina. Presiden menjabat masa jabatan enam tahun dan tidak dapat dipilih kembali. Wakil Presiden juga memiliki masa jabatan selama enam tahun.

Legislatif  

Cabang Legislatif berwenang  membuat undang-undang, mengubah, dan mencabutnya melalui kekuasaan yang diberikan dalam Kongres Filipina. Lembaga ini terdiri dari Senat dan DPR. Cabang Legislatif memberlakukan undang-undang, menegaskan atau menolak penunjukan Presiden, dan memiliki wewenang untuk menyatakan perang. Cabang ini mencakup Kongres (Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat) dan beberapa lembaga yang memberikan layanan dukungan kepada Kongres.

Senat terdiri dari 24 Senator, sedangkan DPR terdiri dari 250 anggota terpilih dari kabupaten legislatif di provinsi, kota, dan kotamadya, dan perwakilan terpilih melalui sistem daftar partai dari partai atau organisasi nasional, daerah, dan sektoral yang terdaftar.

Yudisial  

Cabang Yudisial memegang kuasa dalam menyelesaikan kontroversi yang melibatkan hak-hak yang secara hukum. Cabang yudisial menentukan mengenai penyalahgunaan kebijaksanaan pemerintah. Cabang ini terdiri dari Mahkamah Agung dan pengadilan yang lebih rendah. Cabang peradilan menafsirkan arti hukum, menerapkan hukum pada kasus individu, dan memutuskan apakah undang-undang melanggar Konstitusi. 

Kekuasaan peradilan harus diberikan di satu Mahkamah Agung dan di pengadilan yang lebih rendah. Konstitusi secara tegas memberikan kekuatan Judicial Review kepada Mahkamah Agung sebagai kekuatan untuk menyatakan perjanjian, perjanjian internasional atau eksekutif, hukum, keputusan presiden, proklamasi, ketertiban, instruksi, tata cara atau peraturan inkonstitusional.

Budaya

Budaya negara Filipina memiliki perpaduan tradisi dari tradisional Filipina dan Katolik Spanyol, dengan pengaruh dari Amerika dan bagian asia lainnya. Orang Filipina berorientasi pada keluarga dan merupakan orang yang mengapresiasi seni, mode, musik, dan makanan. Orang Filipina juga dikenal sebagai orang-orang ramah dam suka bersenang-senang. Hal ini dapat dijumpai ketika mereka berkumpul untuk bernyanyi, menari, dan makan. Terdapat festival-festival di negara ini yang di antaranya menggabungkan kostum dan ritual dari masa lalu pra-Kristen dengan kepercayaan dan ideologi Katolik.

Pendidikan

Pendidikan di Filipina memiliki sistem formal dan non-formal. Pendidikan formal biasanya mencakup 14 tahun dengan struktur 6 + 4 + 4, 6 tahun pendidikan sekolah dasar, 4 tahun pendidikan sekolah menengah, dan 4 tahun pendidikan tinggi, yang mengarah ke gelar sarjana. Di Filipina, tahun ajaran akademik dimulai pada bulan Juni dan berakhir pada bulan Maret. Sekolah wajib selama 6 tahun yang mewakili pendidikan sekolah dasar anak.

# Pendidikan Dasar

Pendidikan dasar di Filipina berlangsung selama 6 tahun, meliputi kelas 1 hingga kelas 6, dari usia 6 hingga 12 tahun. Kurikulum pendidikan dasar mencakup mata pelajaran standar seperti bahasa Filipina, bahasa Inggris, matematika, sains, ilmu sosial, sejarah dan budaya Filipina, pendidikan jasmani dan seni. Bahasa Inggris dan Filipina digunakan sebagai bahasa pengajaran dari kelas 4 hingga 6. 

# Pendidikan Menengah

Melalui Kurikulum-12, pendidikan menengah yang ada di Negara Filipina diperpanjang dari empat hingga enam tahun dan dibagi menjadi dua tingkat. Empat tahun Sekolah Menengah Pertama (JHS) dan dua tahun Sekolah Menengah Atas (SHS). Enam tahun pendidikan menengah bersifat wajib dan gratis untuk sekolah negeri. 

Sekolah Menengah Pertama (JHS), terdiri dari kelas 7 hingga 10, usia 12 hingga 16 tahun. Siswa yang menyelesaikan pendidikan dasar di kelas 6 otomatis maju ke JHS, tanpa persyaratan ujian masuk di tingkat SMP dan SMA, Kurikulum inti JHS mencakup mata pelajaran yang sama dengan kurikulum dasar, dengan bahasa Inggris dan Filipina digunakan sebagai bahasa pengajaran, tergantung pada subjeknya.

Nilai kelulusan minimum untuk mata pelajaran tunggal dan rata-rata akhir tahun kumulatif adalah 75 dari 100. Siswa dengan nilai lebih rendah harus mengikuti kelas perbaikan agar dapat mengikuti kelas berikutnya. Tidak ada ujian kelulusan akhir di tingkat SMP maupun senior.

# Sekolah Menengah Atas (SHS)

SHS terdiri dari dua tahun pendidikan menengah atas khusus (kelas 11 dan 12, usia 16 hingga 18 tahun). Siswa diarahkan ke jurusan spesialisasi akademik dengan kurikulum yang berbeda, meliputi: Jalur Akademik, Jalur Technical-Vocational-Livelihood (TVL), jalur Olahraga, serta jalur Seni dan Desain. Siswa di semua jalur mempelajari kurikulum inti dari 15 mata pelajaran yang diperlukan dari tujuh bidang pembelajaran, yang meliputi: bahasa, sastra, komunikasi, matematika, filsafat, ilmu pengetahuan alam, dan ilmu sosial. Skala penilaian dan metode penilaian sama dengan JHS, tetapi dengan penekanan pada tugas kinerja. Setelah menyelesaikan kelas 12 siswa mendapatkan ijazah SMA.

Jalur Akademik dirancang untuk mempersiapkan siswa menempuh pendidikan tinggi. Jalur TVL ditujukan bagi siswa yang ingin memasuki angkatan kerja atau mengejar TVET setelah lulus. Sedangkan jalur olahraga dan seni dan desain dimaksudkan untuk memberikan keterampilan teknis tingkat menengah untuk mendukung karir di bidang terkait olahraga dan industri kreatif. 

Pariwista

Negara Filipina memiliki tempat-tempat wisata yang terkenal di dunia, bahkan salah satu diantaranya pernah menjadi bagian 7 keajaiban dunia. Tempat-tempat wisata yang ada di Negara Filipina meliputi:

# Chocolate Hills

Chocolate Hills memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Dinamai Chocolate Hills karena tempat ini terdiri dari perbukitan yang ditutupi oleh rumput-rumput sehingga jika terkena matahari warnanya dapat berubah menjadi warna cokelat, karena itulah tempat ini diberi nama Chocolate Hills.

# Teras Sawah Banaue

Teras Sawah Banaue merupakan tempat wisata tertua di filipina. Teras Sawah Banaue berusia sekitar 2.000 tahun, berada di Provinsi Ifugao. Menurut cerita para penduduk lokal, tempat wisata ini dibangun oleh orang-orang asli suku Batad dengan cara manual, tanpa menggunakan alat berat ataupun mesin. Selain itu, fakta menarik tentang tempat wisata ini adalah letaknya yang berada pada ketinggian 1.500 meter dari atas permukaan laut sehingga udara tempat ini terasa sangat sejuk. 

# Manila Ocean Park

Manila Ocean Park merupakan tempat berbagai macam spesies ikan yang berasal dari berbagai dunia. Jumlah ikan yang ada mencapai 400 ekor dengan taman yang luasnya sekitar 8.000 meter persegi. Jika berkunjung ke tempat ini, kita juga bisa melakukan snorkeling dan diving layaknya di laut. 

# Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa

Sungai bawah laut sangat cocok bagi traveler yang menyukai tempat-tempat wisata yang memiliki keindahan alam yang indah dan menarik. Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa pernah menjadi salah satu tujuh keajaiban dunia pada tahun 2011. Tempat wisata ini berada di 80 kilometer di Utara Kota Puerto Princesa. 

# Siargao

Siargao merupakan pantai yang memiliki ombak yang cukup tinggi, dan sangat cocok untuk melakukan aktivitas seperti snorkeling. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Siargao demi meerasakan sensasi ombak di pantai ini. Selain itu, Siargao juga memiliki pesona alam yang memanjakan mata sehingga membuat kita dapat berlama-lama berada di tempat ini. 

# Gunung Taal

Gunung Taal merupakan gunung berapi yang berlokasi di Pulau Luzon. Gunung ini dikelilingi oleh lautan. 

Bibliography

  • Anthony, D. (2019, Juli 18). Ethnic Groups In The Philippines. Retrieved Juli 5, 2021, from worldatlas.com: https://www.worldatlas.com/articles/ethnic-groups-in-the-philippines.html
  • Asia, E. o. (2021, Juli 2). Philippines - A country profile. Retrieved Juli 5, 2021, from eyeonasia.gov.sg: https://www.eyeonasia.gov.sg/asean-countries/know/overview-of-asean-countries/philippines-a-country-profile/
  • Bank, T. W. (2021, April 7). The World Bank in the Philippines Overview. Retrieved Juli 5, 2021, from worldbank.org: https://www.worldbank.org/en/country/philippines/overview
  • BBC. (2018, Januari 9). Philippines profile - Timeline. Retrieved Juli 5, 2021, from bbc.com: https://www.bbc.com/news/world-asia-15581450
  • CountryStudies. (2021). Geography. Retrieved Juli 5, 2021, from countrystudies.us: http://countrystudies.us/philippines/31.htm
  • GOV.PH. (2021). About The Government. Retrieved Juli 5, 2021, from gov.ph: https://www.gov.ph/about-the-government.html
  • iExplore. (2021). Philippines — History and Culture. Retrieved Juli 5, 2021, from iexplore.com: https://www.iexplore.com/articles/travel-guides/south-and-southeast-asia/philippines/history-and-culture
  • Online, O. W.-N. (2021). Map of the Philippines. Retrieved Juli 5, 2021, from nationsonline.org: https://www.nationsonline.org/oneworld/map/philippines-political-map.htm
  • Reni. (2018, Desember 20). 15 TEMPAT WISATA FILIPINA PILIHAN TRAVELLER DUNIA. Retrieved Juli 5, 2021, from gotravelly.com: https://www.gotravelly.com/blog/tempat-wisata-di-filipina/
  • Secretariat, C. (2021). Philippines - Main Details. Retrieved Juli 5, 2021, from cbd.int: https://www.cbd.int/countries/profile/?country=ph
  • shiroichi90. (2021). 55 Fakta Menarik Negara Filipina. Retrieved Juli 5, 2021, from berkuliah.com: http://www.berkuliah.com/2014/07/55-fakta-menarik-negara-filipina.html
  • StudyCountry. (2021). Education in Philippines. Retrieved Juli 5, 2021, from studycountry.com: https://www.studycountry.com/guide/PH-education.htm
  • Wilson Macha, C. M. (2018, Maret 6). Education in the Philippines. Retrieved Juli 5, 2021, from wenr.wes.org: https://wenr.wes.org/2018/03/education-in-the-philippines
  • WorldAtlas. (2021). Flags, Symbols & Currency Of Philippines. Retrieved Juli 5, 2021, from worldatlas.com: https://www.worldatlas.com/flags/philippines

*Penulis: Atik Lestari

Posting Komentar untuk "Profil Negara Filipina"