Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jenenge Pala Basa Jawa: Sebutan Istilah Tanaman dalam Bahasa Jawa

 Dalam Bahasa Jawa, berbagai bentuk atau jenis tanaman memiliki istilah atau sebutan tersendiri. Jenis atau bentuk tanaman yang dimaksud adalah tanaman yang bisa memiliki buah yang terpendam di tanah, dengan buah yang bergantungan, atau bentuk lain. Hal ini disebut “jenenge pala”.

Jenenge Pala

Agar lebih jelas, kita bisa simak jenis-jenis bentuk tanaman dalam Bahasa Indonesia. Jenenge Pala Basa Jawa.

  • Pala gumantung: woh-wohan sing gumandhuling wit sing umure cendhak, Umpamane kates gedhang, lan sakpiturute. (tanaman dengan buah-buahan yang bergantungan dan memiliki usia pendek).
  • Pala pendhem: woh-wohan sing kependhem ing lemah. Umpamane tela, pohong, gembili, uwi, tales, lan sak piturute. (tanaman yang buahnya terpendam di dalam tanah atau di bagian akar)
  • Pala kesimpar: woh-wohan sing wite rumambat. Umpamane timun, krai, waluh, semangka, besusu. (tanaman yang pohonnya merambat)
  • Pala kitri/ pala kirna” tetanduran ing pekarangan kang umure dawa. Umpamane Jeruk, nangka, klapa, pelem  (tanaman yang ditanam di pekarangan dan memiliki)
  • Palawija: taneman kang tinandur ing tegal saliyane pari. Jagung, kedele. (tanaman yang ditanam di tegal tetapi selain pohon padi).

Demikian daftar bentuk atau jenis tanaman dalam Bahasa Jawa atau yang disebut Jenenge Pala. Semoga bermanfaat. 

*Penulis: Hasna Wijayati

Posting Komentar untuk "Jenenge Pala Basa Jawa: Sebutan Istilah Tanaman dalam Bahasa Jawa"

Dukung kami dengan Share dan Tinggalkan Komentar