Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Negara Maroko

Sahabat Portal-Ilmu, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang profil Negara Maroko. Maroko merupakan negara yang memiliki bentuk pemerintahan monarki konstitusional, dengan raja sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahannya. 

Negara ini menggunakan Bahasa Arab sebagai bahasa resminya, namun bahasa lain seperti Bahasa Perancis dan Bahasa Inggris juga digunakan.  Negara Maroko menggunakan aturan yang didasarkan pada Hukum Islam. Tidak heran jika konsumsi alkohol dan minuman keras dianggap sebagai sesuatu yang ilegal dan melanggar hukum. 

Nah, Sahabat Portal-Ilmu untuk lebih jelasnya mengenai informasi Negara Maroko alangkah lebih baik kita simak dalam artikel di bawah ini!

Profil Negara Maroko

PROFIL UMUM

Nama resmi: Kerajaan Maroko
Ibu kota: Rabat
Bentuk Pemerintahan:  Monarki konstitusional parlemen
Kepala Negara: Raja Mohammed VI
Kepala Pemerintah: H.E. Abdelillah Benkirane 

Luas Wilayah: 710.850 km²
Penduduk: 33.401.5778 (HCP Oktober 2014)
Kelompok Etnis: Arab-Berber 99,1%, Lain-lain (Haratin) 0,7%, Yahudi 0,2%
Bahasa: Arab dan Amazigh (resmi), dan Perancis
Agama Besar: Islam 98,7% (agama resmi negara), Kristen 1,1% dan Yahudi 0,2%
Mata Uang: Dirham Maroko (MAD); 1 USD = 8,4 MAD (Oktober 2014)

BENDERA

Bendera Negara Maroko

Bendera Nasional Maroko berbentuk persegi panjang dengan proporsi 2:3. Bendera Negara Maroko memiliki warna merah dengan bintang hijau terbuka, dengan memiliki lima poin di tengah. Warna merah pada bendera Maroko melambangkan kekuatan, keberanian, dan kekerasan. Sedangkan, warna hijau pada bendera Maroko mewakili harapan, kedamaian, cinta, kebijaksanaan, sukacita, dan juga warna Islam. Bintang berujung lima melambangkan lima rukun Islam.

LAMBANG NEGARA

Lambang Negara Maroko
via: en.wikipedia.org

Lambang Maroko dirancang oleh Gauthier Hainaut dan diperkenalkan pada 14 Agustus 1957. Lambang Negara Maroko menampilkan dua singa yang memegang perisai dengan pentagram berwarna hijau. Pentagram ini diisi oleh gambar matahari terbit keemasan dengan 15 sinar pada latar belakang biru. Terdapat mahkota kerajaan yang terletak di bagian atas dan di bawah perisai terdapat pita dengan moto: Dalam Tansourou Allaha Yansouroukoum (Jika Anda memuliakan Allah, Dia akan memuliakan Anda), yang ditulis dalam bahasa Arab

PETA

GEOGRAFI

Maroko merupakan negara yang terletak di Barat Laut Afrika, pantai di Laut Mediterania dan berada di timur Samudra Atlantik. Di bagian Timur Negara Maroko berbatasan langsung dengan Aljazair. Sedangkan, di bagian utara tepatnya Pantai Utara Negara Maroko memiliki perbatasan dengan Negara Spanyol. Maroko juga memiliki pegunungan yang diapit oleh gurun dan dataran. Di ujung selatan, terdapat pegunungan Anti-Atlas dengan ketinggian sekitar 3.000meter. Daerah ini sangat kering dengan curah hujan tahunannya yang tidak lebih dari 200milimeter.

Di bagian utara Negara Maroko terdapat pegunungan Atlas Tinggi yang memiliki ketinggian sekitar 4.165meter. Pada saat musim panas, masih ada salju di beberapa puncak. Di pegunungan Atlas Tengah terdapat Taza Gap, yang menghubungkan Negara Maroko dengan Aljazair dan seluruh wilayah Afrika Utara. Hampir semua sungai utama yang ada di Negara Maroko mengalir ke barat yaitu ke Samudra Atlantik, kecuali Sungai Moulouya yang mengalir ke utara yaitu ke Laut Mediterania. 

IKLIM 

Iklim di Negara Maroko sangat bervariasi sesuai dengan topografinya. Di daerah pantai Maroko memiliki iklim mediterania dengan musim panas yang hangat dan kering dan musim dingin yang ringan. Di daerah pedalaman, memiliki iklim yang lebih ekstrim dengan suhu yang panas. 

Ibukota Maroko, Rabat yang terletak di sekitar pantai memiliki suhu rendah rata-rata 8 °C pada bulan Januari dan suhu tinggi rata-rata 28 °C pada bulan Juli. Sedangkan, kota Marrakesh yang terletak di wilayah pedalaman memiliki suhu tinggi rata-rata 37 °C pada bulan Juli dan suhu terendah rata-rata 6 °C pada bulan Januari. Musim hujan umumnya terjadi pada bulan Oktober hingga April. Di dataran rendah pesisir curah hujan tahunan rata-rata kurang dari 8 inci (200 mm). 

FLORA FAUNA

Hutan yang luas masih ditemukan di daerah pegunungan negara ini. Terdapat kayu ek gabus, pohon ek hijau, dan pohon ek gugur di daerah lereng. Sedangkan, di daerah yang lebih tinggi dapat dijumpai pohon cemara dan cedar. Di daerah pegunungan dengan suhu dan cuaca yang kering memiliki pohonn thuja, juniper, Pinus halepensis dan pinus maritim. 

Di negara ini juga terdapat pohon Eucalyptus, pohon ini berasal dari Australia dan diperkenalkan oleh otoritas Prancis pada masa kolonial sebagai upaya reboisasi. Di dataran tinggi selatan dapat ditemukan pohon Argania spinoza, pohon ini memiliki buah keras yang dapat diolah menjadi minyak goreng.

Jenis-jenis hewan yang ada di Negara Maroko meliputi Gazelles, mouflon (domba liar), fennec (sejenis rubah), kera Barbary dan berbagai jenis burung. Burung-burung ini termasuk burung bangau yang biasanya memiliki sarang di benteng kota dan atap masjid, burung flamingo, pelikan, dan egret ternak.

KELOMPOK ETNIS

Kelompok etnis yang ada di Negara Maroko sebagian besar terdiri dari Arab dan Imazighen atau campuran keduanya. Jumlah Imazighen yang cukup besar biasanya menempati atau tinggal di daerah pegunungan. Beberapa populasi Maroko merupakan keturunan Spanyol dan orang Afrika sub-Sahara. Mereka biasanya tinggal di kota-kota besar. 

Di negara ini juga terdapat orang-orang Yahudi walaupun memiliki jumlah yang kecil. Persentase kelompok etnis yang ada di Negara Maroko adalah sebagai berikut: Arab sebesar 44 %, Imazhigen atau Amazigh sekitar 24%, kelompok imazhigen lain 21%, mauritania 10% dan etnis lain sebesar 1%.

SEJARAH

Maroko memiliki sejarah panjang yang telah dibentuk selama beberapa dekade oleh lokasi geografisnya di Samudra Atlantik dan Laut Mediterania. Orang-orang Fenisia merupakan orang pertama yang menguasai wilayah ini. Namun,  orang-orang Romawi, Visigoth, Vandal, dan Yunani Bizantium juga pernah berkuasa di wilayah ini. 

Pada abad ketujuh SM, orang-orang Arab dan peradabannya mulai memasuki wilayah ini, mereka membawa Agama Islam dan akhirnya Islam berkembang di negara ini. Pada abad ke-15, Portugis menguasai pantai Atlantik Maroko. Pada tahun 1800-an, karena lokasinya yang strategis beberapa negara Eropa lainnya juga tertarik dengan wilayah ini. Prancis merupakan salah satu negara yang pertama menguasai wilayah ini dan pada tahun 1904, Britania Raya secara resmi mengakui Maroko sebagai bagian dari Prancis. 

Pada tahun 1912 melalui Perjanjian Fes, Maroko berada di bawah perlindungan Prancis. Setelah berakhirnya Perang Dunia II, masyarakat Maroko memulai pergerakan untuk mencapai kemerdekaan. Pada tahun 1944 dibentuklah partai kemerdekaan atau Istiqlal untuk memimpin gerakan kemerdekaan. 

Pada tahun 1953 Sultan Mohammed V diasingkan oleh Prancis dan digantikan oleh Mohammed Ben Aarafa. Hal ini mendorong orang-orang Maroko untuk memperjuangkan kemerdekaannya lebih keras lagi. Pada tahun 1955, Mohammed V kembali ke Maroko dan pada 2 Maret 1956 Maroko memperoleh kemerdekaannya.

Setelah kemerdekaannya, pada tahun  1956 dan 1958 Maroko mengambil alih kendali beberapa daerah yang sebelumnya dikuasai oleh Spanyol. Pada tahun 1969, Maroko juga mengambil alih wilayah Ifni di selatan. Namun, untuk wilayah Ceuta dan Melilla sampai dengan tahun 2021 ini masih dikuasai oleh Spanyol.

EKONOMI

Seperti halnya di banyak bekas koloni Afrika, ekonomi Maroko tetap sangat tergantung pada ekspor bahan baku dan sektor modern, khususnya pariwisata dan telekomunikasi. Secara keseluruhan, sektor  modern menyumbang lebih dari dua pertiga produk domestik bruto (PDB) negara ini. Sejak pertengahan 1980-an pemerintah Maroko telah melakukan program giat privatisasi dan reformasi ekonomi, didukung dengan pemberian pinjaman internasional terutama dari Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional. Pada tahun 1999 pemerintah Maroko juga telah menyiapkan dana pinjaman untuk merangsang pertumbuhan usaha kecil. 

Pantai berpasir Maroko, lingkungan yang beragam, dan warisan budaya yang kaya memberikan potensi luar biasa untuk sektor pariwisata negara ini. Maroko juga memiliki banyak sumber daya yang dapat dieksploitasi. Negara Maroko menghasilkan dua pertiga biji-bijian (terutama gandum, gandum, dan jagung) yang digunakan untuk konsumsi domestik. 

Negara ini juga mengekspor buah jeruk dan sayuran ke pasar Eropa. Industri anggur, produksi tanaman komersial (kapas, tebu, bit gula, dan bunga matahari) semakin meluas. Hutan Maroko, yang mencakup sekitar sepersepuluh dari total luas lahannya, memiliki nilai komersial yang besar. Maroko memenuhi banyak kebutuhan kayunya dari hasil hutan elevasi yang berada di dataran Atlas Tengah dan Tinggi. Terdapat pohon Eucalyptus yang dapat digunakan sebagai bahan baku untuk industri kertas dan selulosa negara ini. 

Manufaktur menyumbang sekitar seperenam dari PDB dan angka ini masih terus bertumbuh. Dua komponen yang sangat penting dari industri negara ini adalah pengolahan bahan baku untuk ekspor dan manufaktur barang konsumsi untuk pasar domestik. Mengolah bijih fosfat menjadi pupuk dan asam fosfat untuk ekspor merupakan kegiatan ekonomi utama negara maroko. 

Pengolahan makanan untuk ekspor (ikan pengalengan, sayuran segar, dan buah) serta untuk kebutuhan domestik (penggilingan tepung dan pemurnian gula) juga penting, dan pembuatan tekstil dan pakaian menggunakan kapas dan wol yang diproduksi di dalam negeri adalah sumber devisa utama. Industri manufaktur besi dan baja Maroko relatif kecil, namun masih dapat mencukupi kebutuhan domestik negara ini.

POLITIK 

Negara Maroko merupakan negara yang memiliki sistem pemerintahan monarki konstitusional. Memiliki cabang eksekutif dengan Raja sebagai kepala negara  dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Maroko juga memiliki Parlemen bicameral yang terdiri dari Kamar Penasihat dan Kamar Perwakilan untuk cabang legislatifnya. 

Cabang pemerintahan peradilan di Maroko terdiri dari Mahkamah Agung. Maroko dibagi menjadi 15 wilayah untuk administrasi lokal dan memiliki sistem hukum berdasarkan hukum Islam, prancis dan Spanyol. Menurut konstitusi tahun 2011, kekuasaan politik di Maroko dibagi menjadi monarki turun-temurun dan parlemen bicameral terpilih , yang terdiri dari Dewan Anggota Dewan (Majlis al-Mustashārīn) dan Dewan Perwakilan Rakyat (Majlis al-Nawāb).

SOSIAL BUDAYA

Ada perpecahan mendalam dalam masyarakat Maroko, terutama di sepanjang garis etnis dan budaya, yaitu perbedaan antara penutur Arab dan Berber. Hal ini ditandai dengan pemisahan antara masyarakat perkotaan dan pedesaan.  Di negara ini banyak rumah tangga atau keluarga yang dipimpin oleh wanita, hal ini karena tingginya tingkat migrasi laki-laki. Pada tahun 2004, Bank Dunia melaporkan bahwa 17 persen rumah tangga Maroko dipimpin oleh perempuan. Situasi ini telah berlangsung sejak pertengahan 1990-an, 16 persen rumah tangga dipimpin oleh wanita.  

Pasal 19 Undang-Undang Dasar 2011 menyebutkan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki hak sipil, politik, ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan yang sama dan negara akan melakukan upaya untuk mencapai kesetaraan antara jenis kelamin dan mencegah segala bentuk diskriminasi. Wanita Maroko, baik menikah atau tidak, tidak memiliki batasan hukum pada perjalanan baik di luar atau di dalam negeri.  

Di sisi lain, Maroko merupakan negara yang menjadi wadah bagi budaya timur, barat, selatan, dan utara. Budaya Maroko juga mendukung entitas etnis yang beragam seperti Aamazighs, Arab Muslim, Yahudi, Afrika, Hassanis, dan Moriscos. Dalam konteks ini, budaya Morrocan merupakan hasil dari campuran antara budaya yang berbeda. Karena hal ini Maroko membentuk budaya khususnya sendiri, seperti yang terlihat dalam arsitekturnya, dinding kota kuno, masjid dan istana. Negara maroko juga memiliki sastra dengan sejarahnya yang sangat panjang. Selain itu, negara ini juga memiliki kesenian di bidang teater dan musik. Musik di maroko cenderung mengarah pada musik arab, musik Yaman dan musik Teluk Arab yang dipadukan dengan efek musik Persia. 

PENDIDIKAN

Maroko mengalokasikan sekitar seperlima dari anggarannya untuk pendidikan. Sebagian besar digunakan untuk membangun sekolah. Pendidikan wajib untuk anak-anak berusia antara 7 hingga 13 tahun. Di daerah pedesaan, sekitar tiga-empat laki-laki usia sekolah yang bersekolah, dan hanya ada sekitar setengah dari anak perempuan usia sekolah yang bersekolah. Maroko memiliki lebih dari 44 universitas, institut pembelajaran yang lebih tinggi, dan politeknik yang tersebar di pusat-pusat perkotaan di seluruh negeri. Institusi yang terkenal termasuk Muḥammad V University di Rabat, Institut Pertanian dan Kedokteran Hewan Hassan II di Rabat, dan Universitas Al-Akhawayn di Ifrane. 

#Pendidikan Pra & Pendidikan Dasar

Terdapat dua jenis prasekolah non-wajib, dua tahun: sekolah Alquran tradisional (Al-Qur'an) dan taman kanak-kanak swasta modern. Pada usia 7 tahun siswa dapat mengikuti program pendidikan dasar Maroko yang selama sembilan tahun. Program pendidikan dasar terdiri dari lima tahun sekolah dasar wajib (K1-K5) diikuti empat tahun sekolah menengah ke sekolah dasar (K6-K9). Mata pelajaran yang dipelajari di sekolah dasar meliputi tata bahasa, komposisi dan membaca, bahasa (Arab, Prancis, dan Spanyol), kewarganegaraan, dan aritmatika. 

#Pendidikan Menengah

Pendidikan menengah dibagi menjadi siklus primer empat tahun(siklus utama d'education secondaire) dan dilanjutkan siklus sekunder tiga tahun(deuxième cycle secondaire). Terdapat pelatihan kejuruan atau teknis bagi mereka yang tidak memasuki siklus sekunder. Siklus sekunder primer (K6-K9) terdiri dari pendidikan fundamental tambahan yang meliputi sejarah, geografi, matematika, Prancis, Arab, studi agama, kewarganegaraan, dan pendidikan jasmani. Siswa yang berhasil menyelesaikan tahun keempat dapat melanjutkan ke pendidikan sekunder tiga tahun (K10-K12) yang berbasis pada pelatihan lanjutan dalam humaniora dan surat- surat, ilmu sosial, ekonomi dan bisnis, ilmu pengetahuan alam, atau matematika. 

#Pendidikan Tinggi

Kurikulum pendidikan tinggi meliputi humaniora, seni dan sastra, ilmu sosial dan perilaku, ekonomi dan hukum, politik, ekonomi, sejarah, geografi, biologi dan geologi, kedokteran, farmakologi dan farmasi, ilmu biologi dan geologi, fisika dan kimia, teknologi informasi, sistem komputer dan informasi, studi militer dan teknis, teknik, arsitektur, pedagogi dan pembentukan guru, dan penciptaan kader.

MILITER

Di negara ini terdapat wajib militer yang berlangsung selama 18 bulan. Militer negara ini terdiri dari Angkatan Bersenjata Kerajaan, termasuk tentara (cabang terbesar) dan Angkatan Laut dan Angkatan Udara, Angkatan Kepolisian Nasional, Royal Gendarmerie (bertanggung jawab atas keamanan pedesaan), dan Pasukan Bantu. 

Pada tahun 2019, Militer Maroko berada di peringkat 61 dari 137 negara. Pada tahun 2019 Maroko memiliki Total personel militer sebanyak 346,000, Personel aktif 196,000, Personel cadangan 150,000. Sedangkan untuk peralatan militernya, pada tahun 2019 maroko memiliki Pesawat tempur yang berjumlah 61, helikopter  113, Tank tempur berjumlah 1,109,  Proyektor roket 72, dan Total aset angkatan laut sebanyak 121.

HUBUNGAN BILATERAL ANTARA NEGARA INDONESIA DAN MAROKO

Hubungan bilateral antara Indonesia dan Maroko dalam bidang politik telah berlangsung dengan baik dan stabil. Hubungan diplomatik RI-Maroko ditandai dengan kunjungan misi khusus yang diketuai Duta Besar RI di Manila, Mohammad Nasir Datuk Pamoentjak pada tanggal 18 April 1960. Kunjungan tersebut bertujuan untuk meresmikan hubungan diplomatik dengan Maroko yang diawali dengan pemberian surat-surat kepercayaan kepada Raja Mohammed V pada tanggal 19 April 1960 dan mempersiapkan kunjungan Presiden Soekarno ke Maroko.

Kunjungan Presiden Soekarno ke Rabat tanggal 2 Mei 1960 tercatat sebagai kunjungan Kepala Negara pertama di dunia ke Maroko pasca kemerdekaan. Kunjungan tersebut mendapat sambutan hangat dari Raja Mohammed V dan rakyat Maroko. Pada pertemuan pertama SKB RI-Maroko, kedua Menlu telah menandatangani perjanjian / MOU yang terkait dengan kerjasama di bidang politik, ekonomi, perdagangan, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta sosial budaya, serta dokumen-dokumen pertemuan lainnya sebagai berikut: Agreement on Economic, Scientific and Technical Cooperation,  Agreement for the Avoidance of Double Taxation and the Prevention of Fiscal Evasion With Respect to Taxes on Income, Memorandum of Understanding on Bilateral Consultations, MoU on the Establishment of a Joint Commission for Bilateral Cooperation, Agreed Minutes of the 1st Meeting of Joint Bilateral Commission between the Republic of Indonesia and the Kingdom of Morocco.

#Kerja Sama Ekonomi dan Perdagangan

Di bidang ekonomi dan perdagangan Indonesia-Maroko menunjukkan tren peningkatan. Produk ekspor Indonesia ke Maroko yang dengan nilai terbesar adalah kopi, produk elektrik dan elektronik, minyak mentah, dan tekstil. Sementara produk impor Indonesia dari Maroko didominasi produk fosfat dan asam fosfat, produk pertanian dan peralatan medis. Upaya peningkatan kerja sama ekonomi diperkuat dengan pembukaan Trading House Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Barat di Casablanca pada tanggal 28 April 2014; pembentukan Morocco-Indonesia Business Council pada bulan Oktober 2014; serta pengangkatan Konsul Kehormatan Indonesia di Casablanca, Mr. Hassane Berkani, 16 Oktober 2014.

#Kerja Sama di bidang Keagamaan

MoU concerning Coopertion in the Area of Religious Affairs telah ditandatangani pada tanggal 18 Juli 2013 di Rabat oleh Menteri Agama RI dan Menteri Wakaf dan Urusan Islam Maroko. Salah satu hasil implementasi MoU Kerja Sama Keagamaan adalah pemberian beasiswa dari Maroko kepada mahasiswa Indonesia untuk mempelajari Sastra Arab atau Studi Islam di universitas-universitas di Maroko. 

Setiap tahun pemerintah Maroko melalui Agence Marocaine de Cooperation Internationale (Badan Kerjasama Internasional Maroko/AMCI) mengalokasikan 15 mahasiswa Indonesia untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Selain beasiswa AMCI tersebut, secara berkala pemerintah Maroko melalui Kementerian Wakaf dan Urusan Islam juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia hasil kerja sama dengan Nahdlatul Ulama. 

Pada tanggal 4 Juli 2014, Pusat Studi Al-Quran Jakarta juga telah menandatangani MoU Kerja Sama dengan Pusat Studi Al-Quran Ikatan Muhammadiyah Ulama Maroko (Markaz Al-Dirasat Al-Quraniyyah Al-Rabithah Al-Muhammadiyyah li Al-‘Ulama) dan Institut Studi Ilmu Qiraat dan Studi Al-Quran Mohamed VI (Ma’had Mohamed VI li Al-Qiraat wa Al-Dirasat Al-Quraniyah). Ruang lingkup kerja sama antara lembaga-lembaga tersebut meliputi pertukaran pelajar/mahasiswa, penyelenggaraan seminar/kajian Al-Quran dan Hadist, dan kerja sama lain.

#Kerja Sama Pendidikan

Terdapat berbagai kerja sama antar universitas/perguruan tinggi Indonesia dan Maroko. Kedua negara masih dalam tahap awal penjajakan pembahasan MoU Kerja Sama Pendidikan antara Kemdikbud RI dan Kementerian Pendidikan Tinggi Maroko. Diantara kerja sama antar universitas/perguruan tinggi kedua negara tersebut, terdapat kerja sama antara Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Mohammed V Rabat. 

Terdapat pula kerja sama antara IAIN Imam Bonjol Padang dengan Universitas Sidi Mohammed ben Abdellah (USMBA) Fes. MoU Kerja Sama tersebut ditandatangani pada saat kunjungan Rektor IAIN Imam Bonjol Padang ke Maroko bulan Juni 2014. Sampai dengan bulan Oktober 2014, terdapat 73 mahasiswa/i Indonesia yang belajar di Maroko di tingkat S1, S2, dan S3.

#Kerja Sama Sister City/Province

Kerja sama sister city antara Maroko dan Indonesia meliputi kerja sama Sister City antara Jakarta–Casablanca melalui penandatangan MoU pada tanggal 25 Mei 1991 dan melalui penandatanganan MoU Kerja Sama Provinsi Bersaudara di Padang, Sumatera Barat pada tanggal 11 Oktober 2014. Ruang lingkup kerja sama MoU Kerja Sama Provinsi Bersaudara ini meliputi di bidang ekonomi, perdagangan, pariwisata, dan pendidikan.

KEANGGOTAAN NEGARA MAROKO DI ORGANISASI REGIONAL DAN INTERNASIONAL

  • African Development Bank Group (AfDB)-Grup Bank Pembangunan Afrika 
  • Arab Bank for Economic Development in Africa (ABEDA)-Bank Arab untuk Pembangunan Ekonomi di Afrika 
  • Arab Maghreb Union (AMU)-Uni Maghreb Arab 
  • Arab Monetary Fund (AMF)-Dana Moneter Arab
  • European Bank for Reconstruction and Development (EBRD)-Bank Eropa untuk Rekonstruksi dan Pengembangan 
  • Group of 77 (G77)-Organisasi 77 
  • International Chamber of Commerce (ICC)-Kamar Dagang Internasional 
  • International Red Cross and Red Crescent Movement (ICRM)-Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional 
  • Islamic Development Bank (IDB)-Bank Pembangunan Syariah 
  • League of Arab States (LAS)-Liga Negara Arab 
  • Nonaligned Movement (NAM)-Gerakan Nonaligned 
  • Organisation internationale de la Francophonie (OIF)-Organisasi internasional de la Francophonie 
  • Organisation of Islamic Cooperation (OIC)-Organisasi Kerjasama Islam (OKI)
  • Organization for Security and Cooperation in Europe (OSCE) (partner)-Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa 
  • Organization of American States (OAS) (observer)-Organisasi Amerika Serikat 
  • Permanent Court of Arbitration (PCA)-Pengadilan Arbitrase Permanen 
  • United Nations (UN)-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Bibliography

  • Arora, R. (2021). 19 Best Places To Visit In Morocco In 2021 That Will Take Your Breath Away! Retrieved Juli 21, 2021, from traveltriangle.com: https://traveltriangle.com/blog/best-places-to-visit-in-morocco/
  • Briney, A. (2019, September 5). Geography of Morocco. Retrieved Juli 21, 2021, from thoughtco.com: https://www.thoughtco.com/geography-of-morocco-1435230
  • Brook, M. (2021). YPT Morocco Map. Retrieved Juli 21, 2021, from youngpioneertours.com: https://www.youngpioneertours.com/ypt-morocco-map/
  • Editor fanack, c. (2020, Juni 11). Economy of Morocco. Retrieved Juli 21, 2021, from fanack.com: https://fanack.com/morocco/economy-of-morocco/?gclid=Cj0KCQjwraqHBhDsARIsAKuGZeH9WzhnTR6mqCOJivZVtYQRyw6I6LAsz8ebhLA9JHDRqx-7MK1Fh1saAueyEALw_wcB
  • Fanack.com, E. (2013, April 29). Society of Morocco. Retrieved Juli 2021, from fanack.com: https://fanack.com/morocco/society-of-morocco/
  • Fanack.com, E. (2015, Mei 18). Culture of Morocco. Retrieved Juli 2021, from Fanack.com: https://fanack.com/morocco/culture-of-morocco/
  • Fanack.com, E. (2020, Agustus 31). Geography of Morocco. Retrieved Juli 21, 2021, from fanack.com: https://fanack.com/morocco/geography-of-morocco/
  • Fanack.com, E. (2020, Juli 16). Politics of Morocco. Retrieved Juli 2021, from Fanack.com: https://fanack.com/morocco/politics-of-morocco/
  • fortuneofafrica.com, A. (2014, Januari 22). Membership of regional and international organisations of Morroco. Retrieved Juli 21, 2021, from fortuneofafrica.com: https://fortuneofafrica.com/morocco/2014/01/22/membership-of-regional-and-international-organisations-of-morroco/
  • KEMLU. (2014, November 30). Maroko. Retrieved Juli 21, 2021, from kemlu.go.id: https://kemlu.go.id/rabat/lc/pages/hubungan_bilateral/530/etc-menu
  • KEMLU. (2018). Hubungan Bilateral. Retrieved Juli 21, 2021, from kemlu.go.id: https://kemlu.go.id/rabat/id/pages/hubungan_bilateral/530/etc-menu
  • NN. (2021). Marocco Preprimary & Primary Education. Retrieved Juli 2021, from education.stateuniversity.com: https://education.stateuniversity.com/pages/1019/Morocco-PREPRIMARY-PRIMARY-EDUCATION.html
  • NN. (2021). Marocco Secondary Education. Retrieved Juli 2021, from education.stateuniversity.com: https://education.stateuniversity.com/pages/1020/Morocco-SECONDARY-EDUCATION.html
  • NN. (2021). Morocco Higher Education. Retrieved Juli 2021, from education.stateuniversity.com: https://education.stateuniversity.com/pages/1021/Morocco-HIGHER-EDUCATION.html
  • Rodriguez, E. (2021, Maret 10). Morocco. Retrieved Juli 21, 2021, from britannica.com: https://www.britannica.com/place/Morocco
  • WorldAtlas. (2021). Flags, Symbols, & Currencies Of Morocco. Retrieved Juli 21, 2021, from worldatlas.com: https://www.worldatlas.com/flags/morocco

*Penulis: Atik Lestari

Posting Komentar untuk "Profil Negara Maroko"