Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BIOGRAFI PEMAIN SEPK BOLA CRISTIANO RONALDO (SANG FENOMENA)

Dunia pernah dihebohkan dengan berita pindahnya pemain sepak bola fenomenal Cristiano Ronaldo ke tim lamanya Manchester United. Perpindahan ini tentunya menjadi pembicaraan yang hangat di dunia persepakbolaan internasional. Bagaimana tidak, setelah  meninggalkan Manchester United selama 12 tahun, akhirnya ia memutuskan untuk kembali melanjutkan debutnya di red devils. Hal ini tentunya membuat fans Manchester United bahagia. Di laga perdananya, Manchester United melawan New Castle, Cristiano Ronaldo bahkan telah menyumbang 2 gol.

Nah, Sahabat Porta-Ilmu dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang biografi pemain sepak bola fenomenal tersebut. Langsung saja kita simak informasinya di bawah ini! 

CRISTIANO RONALDO

PROFIL DAN MASA KECIL CRISTIANO RONALDO

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro merupakan pemain sepak bola profesional yang sangat terkenal. Karirnya di dunia persepakbolaan begitu gemilang. Ia telah mencetak rekor saat bermain untuk klub Manchester United, Real Madrid, Juventus, dan tim nasional Portugal.

Pria yang populer dengan panggilan Cristiano Ronaldo ini lahir pada tanggal 5 ferbruari 1985 di Funchal, Madeira, Portugal. Ronaldo merupakan anak terakhir dari empat bersaudara. Orang tuanya bernama Maria Dolores dos Santos dan Jose Dinis Aveiro. 

Ronaldo berasal dari keluarga yang sederhana. Ia telah melewati banyak kesulitan ketika masih kecil. Ketika masih di dalam kandungan, ibunya sempat berniat untuk aborsi. Ibu Ronaldo bekerja sebagai juru masak dan cleaning service.

Ronaldo kecil hidup di lingkungan kelas pekerja dan memiliki rumah kecil beratapkan timah. Ronaldo sejak kecil memiliki ketertarikan di dunia sepak bola. Kemudian, ayahnya yang ketika itu bekerja sebagai kit man peralatan di klub sepak bola anak laki-laki (Andorinha) mendaftarkannya di klub tersebut. 

Ronaldo mulai bermain sepak bola sejak usia 8 tahun. Pada saat usianya sekitar 10 tahun, Ronaldo sudah mendapat julukan fenomenal karena kegiatan sehari-harinya hanya seputar makan, tidur dan bermain sepak bola. Daripada melakukan pekerjaan rumah, Ronaldo kecil sering memilih bermain sepak bola. Pada awal remaja, bakat dan legenda Ronaldo telah berkembang pesat. Setelah bertugas dengan Nacional da liha da Madeira, ia menandatangani kontrak dengan Sporting Portugal pada tahun 2001.

PENDIDIKAN

Cristiano Ronaldo kecil tidak begitu tertarik dengan hal lain selain sepak bola, termasuk dalam bidang akademik. Ronaldo memulai pendidikan dasarnya di Escola Basico e Secundaria Goncalves Zarco. Karena ketidaktertarikannya terhadap hal selain sepak bola, Ronaldo sering tidak belajar dan meninggalkan PR sekolahnya.

Pada usia 14 tahun Ronaldo terpaksa harus dikeluarkan dari sekolah karena melempar kursi ke arah guru yang mengejek cita-citanya menjadi atlet sepak bola. Setelah kejadian tersebut, Ronaldo tidak melanjutkan pendidikannya. Ronaldo memilih fokus meraih impiannya lalu membuktikan kesuksesannya di bidang sepak bola  tersebut.

PERJALANAN KARIR SEPAKBOLA 

Manchester United

Pada tahun 2001, ketika Ronaldo baru berusia 16 tahun, ia telah bergabung dengan klub Manchester United. Saat itu Sir Alex Ferguson memperhatikan penampilan Ronaldo ketika sporting mengalahkan MU di stadium Lisbon dengan skor 3 – 1 inagurasi Alvalade XXI. Ferguson menginginkan klubnya memiliki pemain muda. Kemudian Cristiano Ronaldo mendapatkan kontrak Ferguson tersebut dengan nilai  £12.24 juta. Ronaldo memulai debutnya pada menit ke-60 saat Manchester United bertanding melawan Bolton Wanderers di stadium Old Trafford.

Selama bergabung dengan Manchester United, permainan sepak bola Ronaldo sangat bagus. Berkat inilah, gajinya semakin lama semakin meningkat. Di tim ini Ronaldo memakai nomor punggung 7, sehingga ia dijuluki sebagai CR7. 

Real Madrid

Kehebatan Cristiano Ronaldo saat di Manchester United menjadi daya tarik tersendiri bagi Real Madrid. Klub tersebut akhirnya meminta Ronaldo untuk ikut bergabung. Masuknya Ronaldo di Real Madrid telah memecahkan rekor transfer senilai lebih dari 1 Triliun Rupiah. Kontrak kerja yang cukup fantastis.

Namun hal tersebut sangat sesuai dengan kualitas performa Ronaldo. Dalam 1 musim La Liga Ronaldo sudah berhasil mencetak 50 gol. Ronaldo juga telah menerima berbagai penghargaan berkat penampilannya, termasuk mendapat Ballon d’Or dan menyaingi Lionel Messi.

Juventus

Pada juli 2018 Cristiano Ronaldo menandatangani kontrak dengan klub serie A Italia Juventus sebesar $ 35juta per tahun. Sedangkan, biaya transfernya dari Real Madrid adalah sekitar $ 140juta. Selama 18 bulan pertama Ronaldo tampil dalam 75 pertandingan dan berhasil mencetak 53 gol. Cristiano Ronaldo berhasil membawa Juventus menjuarai Liga Italia dan Liga Champions. Pada kedua ajang tersebut ia juga mendapatkan gelar top skor.

Tim Nasional Portugal

Pada 10 Juli 2016, Ronaldo ronaldo ditunjuk sebagai kapten tim nasional portugal. Ronaldo memimpin Portugal ke final Kejuaraan Eropa melawan Prancis. Meskipun pada saat pertandingan ia sempat absen 25 menit karena menderita cedera lutut. Namun, Portugal tetap memenangkan gelar juara 1-0. Rekan satu tim Ronaldo mengatakan bahwa selama pertandingan tersebut, ronaldo memotivasi dan menyemangati timnya dari pinggir lapangan.

Kembali ke Manchester United

Setelah perjalanan panjangnya di Real Madrid dan Juventus, Ronaldo akhirnya kembali berkarir di Manchester United.

GAYA BERMAIN CRISTIANO RONALDO

Sebagai salah satu pemain sepakbola terbaik di dunia, Cristiano Ronaldo sangat terkenal dengan kecepatan, keterampilan, kontrol, dan kemampuan dribbling-nya. Ia juga sangat lihai dalam mengalahkan pemain dalam situasi satu-satu. Hal ini karena Ronaldo memiliki keunggulan dalam hal tinggi badan, kekuatan, kemampuan, dan teknik melompat.

Ronaldo memiliki peran kuat dalam menyerang, sehingga tidak heran jika ia sering bermain sebagai striker atau pemain sayap. Ronaldo bahkan mampu bermain di kedua sayap dan di tengah. 

SEMPAT MENDERITA PENYAKIT TACHYCARDIA

Kegigihan Ronaldo dalam menekuni bidang sepak bola membuatnya terlalu menjalani latihan yang berlebihan. Hal ini berdampak pada munculnya gejala serius. Karirnya terancam berhenti di umur 15 tahun karena harus menjalani operasi untuk mengobati penyakit Tachycardia-nya.

Tachycardia merupakan penyakit dengan gejala detak jantung berdenyut lebih dari 100 denyut per menit. Tentu saja sang ibu cemas terhadap hidup Ronaldo sebab vonis tersebut termasuk salah satu musibah bagi pesepak bola. Setelah perawatan intensif, Ronaldo berhasil sembuh dan dapat berolahraga secara normal.

PENGHARGAAN

Karir Ronaldo di dunia sepak bola memang luar biasa. Terdapat berbagai penghargaan yang telah diterima oleh Cristiano Ronaldo, di antaranya:

  • 5 penghargaan Ballon d’Or – 2008, 2013, 2014, 2016 dan 2017
  • Pemain Terbaik 2008 versi FIFA
  • Pemain Terbaik Dunia versi Fifpro – 2008
  • Pemain Sepak Bola Putra Terbaik FIFA – 2016 dan 2017
  • Pemain Sepak Bola Terbaik Tahun Ini versi UEFA – 2014, 2016 dan 2017
  • Pemain Terbaik Liga Premier – 2006/07 dan 2007/08
  • Pemain Terbaik La Liga – 2013/14
  • Pemain Terbaik Serie A – 2009

BISNIS CRISTIANO RONALDO

Selain bermain sepak bola Cristiano Ronaldo juga memiliki keinginan menjadi pengusaha. Hal ini dimaksudkan agar ronaldo tetap mendapat pemasukan ketika pensiun dari sepak bola nanti. Ronaldo mendirikan bisnis di luar sepak bola menggunakan brand CR7 dalam berbagai bidang, yaitu hotel, dunia fashion dan parfum, restoran, pusat kebugaran, penyewaan jet pribadi serta klinik rambut.

Nah, Sahabat Portal-Ilmu itulah biografi Cristiano Ronaldo, pemain sepak bola yang sangat fenomenal dan menjadi salah satu atlet sepak bola terbaik dunia. Kita bisa belajar, bahwa meskipun berasal dari keluarga sederhana, Ronaldo tidak menyerah dalam mewujudkan cita-citanya. Bahkan setelah sukses pun CR7 tetap berusaha mengembangkan bisnis miliknya sendiri.

Bibliography

  • Aditya, R. (2020, Desember 10). Biografi Cristiano Ronaldo Terlengkap. Retrieved September 2021, from suara.com: https://www.suara.com/bola/2020/12/10/134348/biografi-cristiano-ronaldo-terlengkap?page=all#:~:text=Cristiano%20Ronaldo%20dos%20Santos%20Aveiro,Maria%20Dolores%20dos%20Santos%20Aveiro.
  • AKUDIGITAL. (2020). Biografi Cristiano Ronaldo Salah satu Atlet Sepak Bola Terbaik Dunia. Retrieved September 2021, from akudigital.com: https://www.akudigital.com/bisnis-tips/biografi-cristiano-ronaldo/
  • Networks, A. T. (2014, April 2). Cristiano Ronaldo. Retrieved September 2021, from biography.com: https://www.biography.com/athlete/cristiano-ronaldo

*Penulis: Atik Lestari

Posting Komentar untuk "BIOGRAFI PEMAIN SEPK BOLA CRISTIANO RONALDO (SANG FENOMENA)"