Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Negara Namibia

Namibia merupakan negara yang terletak di Benua Afrika. Sebelumnya negara ini menjadi bagian dari wilayah Afrika Selatan. Namun, setelah perjuangan panjang dari tahun ke tahun, akhirnya pada tahun 1990 Namibia mendapatkan kemerdekaannya. Di Namibia kita dapat menjumpai salah satu gurun tertua di dunia, yang dikenal sebagai Gurun Namib. Selain itu, ada juga beberapa tempat wisata yang menarik dan layak dikunjungi di negara ini.

Untuk lebih jelasnya informasi  tentang Negara Namibia, mari kita simak dalam artikel berikut ini!

Profil Negara Namibia

PROFIL UMUM

Nama Negara: Republik Namibia (Republic of Namibia)
Ibukota: Windhoek
Hari Nasional: 21 Maret 1990 (Kemerdekaan)
Luas Wilayah: 824,292 km2
Bahasa Resmi: Bahasa Inggris (Bahasa kedua adalah Afrikaans dan Oshiwambo yang merupakan suku mayoritas di Namibia)

Mata Uang: Dolar Namibia
Jumlah Penduduk: 2.544.496 jiwa (Namibia Population & Housing Census 2016)
Agama: 90% Kristen (Lutheran, Katholik), 10% lainnya Agama: 90% Kristen (Lutheran, Katholik), 10% lainnya
Kepala Negara: Presiden Dr. Hage G. Geingob (sejak 21 Maret 2015)
Wakil Presiden: H.E. Dr. Nangolo Mbumba (sejak 8 Februari 2018)
Kepala Pemerintahan: Perdana Menteri Saara Kuugongelwa-Amadhila (sejak 21 Maret 2015)

BENDERA

Bendera Namibia

Bendera Namibia secara resmi diadopsi pada 21 Maret 1990, yaitu setelah kemerdekaannya dari Afrika Selatan. Bentuk bendera negara ini mirip dengan bendera SWAPO Party of Namimbia. Bendera Namibia terdiri dari garis-garis horizontal biru, merah, dan hijau. Bendera Namibia memiliki dua segitiga yang dipisahkan oleh pita diagonal warna merah dan putih di tengah. Segitiga atas berwarna biru dan segitiga bawah berwarna hijau. Di segitiga berwarna biru terdapat matahari emas dengan 12 sinar segitiga memancar dari semua sisi. Bendera Nasional Namibia memiliki proporsi tinggi hingga panjang 1:2.

Warna biru pada bendera Namibia memiliki arti langit dan lautan dan keduanya memiliki peran penting dalam kesejahteraan negara. Warna merah mewakili rakyat, keberanian dan tekad untuk mendapatkan kesempatan yang sama bagi semua kalangan di masa depan. Warna putih dalam bendera melambangkan persatuan dan kedamaian. Sedangkan, warna hijau mewakili kekayaan sumber daya pertanian dan vegetasi negara ini. 

LAMBANG NEGARA

Lambang Negara Namibia
Via: en.wikipedia.org

Lambang nasional Namibia dikenalkan pada saat kemerdekaannya tahun 1990 untuk menggantikan lambang sebelumnya yang digunakan oleh pemerintah Afrika Selatan. Lambang ini terdiri dari perisai yang menampilkan bendera nasional dan diapit oleh hewan oryx di setiap sisinya. Di atas perisai ada mahkota tradisional berwarna hijau yang dengan enam segitiga belah ketupat berwana kuning emas. Terdapat seekor elang ikan afrika di atas perisai. Di bawah perisai terdapat Moto negara: "unity, Liberty, justice" (persatuan, kebebasan, keadilan)

PETA

GEOGRAFI

Negara Namibia terletak di bagian barat daya Afrika. Negara ini memiliki luas wilayah sebesar 824.292 km². Namibia berbatasan dengan Angola di utara, Zambia di timur laut,  Botswana di timur, Afrika Selatan di tenggara dan selatan dan Pantai Atlantik di barat. Namibia memiliki wilayah yang dibagi menjadi berbagai wilayah alami, di antaranya Gurun Namib di barat, Great Escarpment, Dataran Tinggi Pusat, Cekungan Kalahari di timur, dan Wilayah Kavango-Caprivi.

Gurun Namib memiliki perbatasan dengan Pantai Atlantik. Bagian utara Gurun Namib terdiri dari dataran kerikil, sedangkan bagian tengah merupakan bukit pasir dan termasuk yang tertinggi di seluruh dunia. Gurun Namib memiliki area seluas 95.000 km² dan dikenal sebagai gurun tertua di dunia. Great Escarpment merupakan wilayah yang memisahkan daerah pesisir barat, berada di antara Namib dan dataran tinggi pusat. Daerah ini merupakan daerah pegunungan tinggi dengan ketinggian mencapai 1000 meter. 

IKLIM 

Sebagian besar negara Namibia memiliki iklim gurun subtropis yang ditandai dengan perbedaan besar suhu pada siang dan malam hari. Curah hujan cukup rendah dan kelembaban juga rendah.  Pada bulan Mei, suhu pada siang dan malam hari rata-rata sekitar 24-28°C. Pada bulan Juni suhu rata-rata mencapai 10°C pada malam hari, sedangkan suhu pada siang hari mencapai 20-24°C. 

Suhu maksimum pada bulan Juli dan Agustus rata-rata adalah 21-25°C. Sedangkan, suhu minimum rata-rata adalah sekitar 7°C. Hujan pertama biasanya terjadi pada bulan Desember, dan akan berhenti sekitar bulan April.

FLORA FAUNA

Namibia memiliki beberapa vegetasi yang luar biasa. Terdapat sekitar 4.000 tanaman vaskular, 120 spesies pohon, lebih dari 200 spesies tanaman endemik dan 100 varietas lumut. Tanaman yang paling terkenal adalah salah satu tanaman yang tertua di dunia, yaitu Welwitschia Mirabilis. Beberapa jenis flora lain di negara ini adalah sukulen, herbal, dan semak. 

Negara Namibia memiliki 26 taman nasional dan cagar alam. Taman yang paling terkenal adalah Taman Nasional Etosha. Terdapat spesies Namibia yang terancam punah, di antaranya anjing liar, badak hitam, puku dan oribi. Ada 8 spesies mamalia endemik Namibia, termasuk Impala berwajah Hitam, beberapa tikus, gerbil dan kelelawar. 

Negara ini juga memiliki populasi Cheetah terbesar di Afrika selatan. Ada lebih dari 20 spesies kijang, mulai dari yang terbesar (eland) sampai yang terkecil (dik-dik Damara). Namibia juga merupakan tempat tinggal bagi sejumlah mamalia kecil seperti luwak dan serigala. Elang ikan Afrika adalah burung nasional Namibia. Burung-burung Namibia lainnya adalah burung unta, derek, burung hantu, pemakan lebah, dan warbler Afrika. 

KELOMPOK ETNIS

Populasi di negara Namibia tidak merata, terdapat sekitar 60% orang yang tinggal di wilayah utara, sementara daerah selatan dan pesisir hampir tidak berpenghuni. Setidaknya ada  11 kelompok etnis, kelompok terbesar di antaranya adalah orang Owambo.  Beberapa kelompok etnis minoritas, di antaranya etnis Kavango (8%), Damara (6,6%), Herero (6%), Kulit Putih (5%), Nama (4%), Warna (3%), Orang Kaprivians (3%), orang San/Bushman (2%), Basters (2%).

SEJARAH SINGKAT

Pada awal abad ke 20, Namibia merupakan wilayah yang berada di bawah kekuasaan Jerman. Setelah perang dunia I, wilayah ini dikelola oleh Liga Bangsa-Bangsa dan setelah Perang Dunia II menjadi bagian dari wilayah Afrika Selatan. 

Namibia berada di bawah pemerintahan Afrika Selatan antara tahun 1915 sampai 1966. Namibia kemudian memperjuangkan kemerdekaannya dari Afrika Selatan selama periode 1966 hingga 1990. Pada tahun 1990, Namibia berhasil mendapatkan kemerdekaan dari Afrika Selatan. 

EKONOMI

Skor kebebasan ekonomi Namibia adalah 62,6% dan berada di urutan ke-83 dalam Indeks 2021.  Sektor pertambangan, khususnya uranium, menyumbang lebih dari 50% pendapatan devisa. Ekonomi Namibia sangat terikat erat dengan Negara Afrika Selatan. Karena sebelumnya kedua negarai ini merupakan satu wilayah. 

Tarif pajak penghasilan individu tertinggi adalah 37%, dan tarif pajak perusahaan tertinggi adalah 32%. Terdapat subsidi pemerintah untuk pendidikan, perawatan medis, jalan dan infrastruktur, dan pertanian. Negara Namibia memiliki lima perjanjian perdagangan preferensial yang berlaku. 

Industri utama negara ini meliputi Pertambangan (berlian dan batu permata lainnya, uranium), pengolahan ikan dan ikan, dan pertanian komersial (sapi dan domba). Berlian dan mineral lainnya merupakan sektor ekspor yang penting, diikuti oleh olahan ikan, produk makanan, dan hewan hidup. Tujuan ekspor utama adalah negara Inggris, Afrika Selatan, dan Spanyol. 

POLITIK

Politik negara ini terdiri dari cabang eksekutif, peradilan dan legislatif. 

  • Cabang eksekutif terdiri dari presiden dan perdana menteri. Presiden  memiliki peran untuk menunjuk perdana menteri dan anggota kabinet lainnya. Perdana menteri bertanggung jawab dalam memimpin pemerintahan. Presiden dipilih oleh melalui pemungutan suara, dan perdana menteri ditunjuk oleh presiden. Masing-masing memiliki masa jabatan selama 4 tahun.
  • Cabang peradilan negara ini terdiri dari Pengadilan pilihan terakhir dan pengadilan banding tertinggi. Keduanya ditunjuk oleh presiden atas rekomendasi Komisi Layanan Yudisial. Masa jabatannya adalah seumur hidup.
  • Cabang legislatif Namibia terdiri dari Majelis Nasional dan Dewan Nasional . Majelis Nasional merupakan badan legislatif utama, sedangkan Dewan Nasional memiliki peran sebagai penasihat. Anggota Dewan Nasional dipilih melalui suara tidak langsung. Anggota Majelis Nasional dipilih melalui sistem representasi proporsional daftar tertutup. Dewan Nasional memiliki masa jabatan 6 tahun dan Majelis Nasional memiliki masa jabatan 5 tahun.

SOSIAL BUDAYA

Namibia awalnya dihuni oleh pemburu nomaden, pengumpul, penggembala (penggembala ternak), nenek moyang orang Bushman dan Khoispeaking. Pedagang, misionaris, dan pemukim Eropa mulai tiba pada pertengahan 1800-an. Meningkatnya pengambilalihan tanah dan ternak oleh pemukim Jerman membuat masyarakat Herero dan Nama memberontak. Dalam serangkaian perang genosida dari 1904 hingga 1907, mengakibatkan tiga perempat populasi Herero dan hampir setengah populasi etnis Nama berkurang. 

Sebagian besar Namibia tengah dan selatan di huni oleh orang kulit putih. Di kota-kota besar terdapat bangunan bergaya Barat. Di daerah pedesaan ada berbagai gaya arsitektur. Bahan konstruksi termasuk tongkat atau batang kayu, dan jerami digunakan. Rumah-rumah biasanya berbentuk bulat dan persegi. Orang kulit putih tinggal di pusat kota, sementara orang kulit hitam dan ras campuran tinggal di lokasi terpencil. 

Simbol Stratifikasi Sosial dapat dilihat pada gaya hidupnya. Untuk kelas yang lebih kaya biasanya memiliki mobil mahal, rumah besar di lingkungan eksklusif, menggunakan bahasa Inggris, sekolah di swasta.

PENDIDIKAN

Sistem Pendidikan di Namibia terdiri dari pendidikan utama (pendidikan dasar), pendidikan sekunder (pendidikan menengah), dan pendidikan tersier (pendidikan tinngi). 

#Pendidikan Dasar

Program pendidikan pra-sekolah belum ada. Pendidikan dasar dapat diikuti oleh siswa dari umur 6 tahun dan berlangsung selama 7 tahun.

#Pendidikan Menengah

Pendidikan menengah dibagi menjadi 2 fase, 3 tahun pertama untuk sekolah menengah dan diakhiri dengan ujian sertifikat sekolah menengah pertama. Setelah itu, siswa memiliki pilihan antara melanjutkan kurikulum akademik atau berfokus pada karir mereka. 2 tahun terakhir sekolah menengah bersifat opsional. Jika siswa ingin belajar di universitas, maka mereka harus lulus sertifikat pendidikan umum internasional mereka yang dimoderatori oleh Universitas Cambridge, atau sertifikat pendidikan umum internasional mereka yang lebih tinggi lainnya. 

#Pendidikan Vokasi

Otoritas Pelatihan Namilah (NTA) memiliki tujuh pusat kejuruan dan mendukung sejumlah lembaga lain seperti Namwater. Mereka menawarkan berbagai kursus untuk cuti sekolah, termasuk; pipa ledeng, pengelasan, listrik umum, listrik otomotif, bricklaying, pembuatan kabinet, gambar teknis, pembuatan gaun, perhotelan, manajemen kantor dan mekanika otomotif. Siswa SMK di Namibia mendapat bantuan finansial dari pemerintah untuk mengikuti Pusat Pelatihan Vokasi.

#Pendidikan Tinggi

Namibia memiliki dua lembaga universitas, yaitu, Namibia University of Science and Technology (NUST) dan University of Namibia (UNAM). Pada penerimaan NUST, siswa harus memiliki sertifikat kelas 12 dengan maksimum lima mata pelajaran dengan skor total 25 poin.

Pada persyaratan dasar Universitas Namibia untuk masuk ke program gelar sarjana, siswa harus memiliki Namibia Senior Secondary Certificate (NSSC) dan harus lulus lima mata pelajaran dengan skor total 25 poin. 

Ada juga sejumlah institusi pendidikan tersier khusus seperti College of the Arts (Cota) di Windhoek, The University Centre for Studies in Namibia (TUCSIN) di Windhoek, Oshakati, Rundu, dan Rehoboth, Namibian Maritime and Fisheries Institute (NAMFI) di Walvis Bay, dan Namibia Institute of Mining and Technology (NIMT) di Arandis.

PARIWISATA

Berikut ini merupakan tempat wisata yang layak dan harus dikunjungi ketika berkunjung ke Namibia. 

#Windhoek

Tempat paling umum untuk dikunjungi di Namibia adalah ibu kotanya. Dengan mengunjungi kota Windhoek,Kita dapat melihat Parlemen Namibia serta gereja Lutheran lama yang disebut Christuskirche. Windhoek juga merupakan tempat yang tepat untuk berbelanja kerajinan tangan ataupun oleh-oleh. 

#Taman Nasional Namib-Naukluft

Taman Nasional Namib-Naukluft merupakan bagian dari Gurun Namib dan Pegunungan Naukluft. Kita dapat melihat lanskap bukit pasir tinggi yang lebih luar biasa secara langsung. Area taman yang paling terkenal adalah Sossusvlei, strip pasir Namibia yang paling populer.

#Taman Nasional Etosha

Taman Nasional Etosha merupakan tempat berbagai satwa dan tumbuhan.  Terdapat ganggang biru-hijau yang menarik bagi ribuan flamingo. Sebagian besar satwa liar, termasuk ikan haring zebra, wildebeest, dan kijang.

#Taman Fish River Canyon

Di Fish River Canyon Park, kita dapat melihat salah satu ngarai/canyon terbesar di dunia. Visrivier Afgronde merupakan ngarai yang dibentuk oleh Sungai Ikan, salah satu yang terpanjang di Afrika. Ada beberapa cara fantastis untuk melihat dan menikmati Fish River Canyon Park secara langsung.

#Taman Dataran Tinggi Waterberg

Waterberg Plateau Park merupakan dataran tinggi batu pasir besar. tempat ini berfungsi sebagai tempat perlindungan bagi hewan yang terancam punah. Sebagian besar pengunjung datang untuk melihat kerbau, badak, dan kijang. Taman ini juga merupakan tempat tinggal bagi lebih dari 200 spesies burung, 

#Air Terjun Epupa

Merupaka air terjun yang terletak di perbatasan antara Namibia dan Angola, tepatnya di Kaokoland. Pemandangan bebatuan, pohon palem dan pohon ara dapat ditemui di sekitarairterjun ini. Namun, air terjun ini berada di daerah terpencil dan hanya dapat diakses dengan kendaraan 4×4. Terdapat permaian arung jeram yang layak dicoba untuk memacu adrenalin kita.

#Teluk Walvis

Teluk Walvis merupakan pelabuhan utama di Pantai Namisia. Pantai dengan angin yang cukup kencang ini sangat cocok untuk dijadikan tempat surfing bagi wisatawan. Selain itu, di tempat ini kita juga bisa memancing, melihat lumba-lumba atau menonton anjing laut. Pemandangan lainnya adalah ada banyak burung flaimgo yang berkumpul.

#Luderitz

Sebagai negara bekas koloni Jerman, Namibia memiliki banyak pengaruh dari budaya, bahasa dan masakan Jerman. Salah satu tempat yang paling teapat untuk memperhatikan pengaruh ini adalah di kota pesisir Luderitz. Dengan arsitektur Art Nouveau dan nama jalan Jerman yang tak terhitung jumlahnya, kita akan merasa seperti Berada di Bayern daripada di Namibia.

#Swakopmund

Swakopmund merupakan kota bekas kolonial Jerman. Kota Swakopmund menawarkan banyak arsitektur berwarna-warni dan bersejarah.

Bibliography

  • Cultures, C. a. (2021). Namibia. Retrieved Agustus 2021, from everyculture.com: https://www.everyculture.com/Ma-Ni/Namibia.html
  • Edge, G. (2021). Namibia: Government. Retrieved Agustus 2021, from globaledge.msu.edu: https://globaledge.msu.edu/countries/namibia/government
  • Foundation, T. H. (2021). Namibia. Retrieved Agustus 2021, from heritage.org: https://www.heritage.org/index/country/namibia
  • KEMLU. (2018). Profil Negara Namibia. Retrieved Agustus 2021, from kemlu.go.id: https://kemlu.go.id/windhoek/id/read/profil-negara-namibia/1941/etc-menu
  • Myburgh, T. (2019, Juni 19). The Flora & Fauna of Namibia. Retrieved Agustus 2021, from southernafrica360.com: https://www.southernafrica360.com/2019/06/19/the-flora-fauna-of-namibia/
  • Na+Hub. (2021). Namibia Education System. Retrieved Agustus 2021, from namibiahub.com: https://namibiahub.com/namibia-education-system/
  • Namibia, I. (2021). Namibias geography. Retrieved Agustus 2021, from info-namibia.com: https://www.info-namibia.com/info/namibias-geography
  • Touropia. (2021, Mei 10). 10 Best Places to Visit in Namibia. Retrieved Agustus 2021, from touropia.com: https://www.touropia.com/best-places-to-visit-in-namibia/
  • Travel, R. A. (2021). Namibian History. Retrieved Agustus 2021, from rhinoafrica.com: https://www.rhinoafrica.com/en/destinations/namibia/facts-and-information/history/77538
  • UNHCR. (2007). World Directory of Minorities and Indigenous Peoples - Namibia. Retrieved Agustus 2021, from refworld.org: https://www.refworld.org/docid/4954ce36c.html
  • WorldAtlas. (2021). Flags, Symbols, & Currencies Of Namibia. Retrieved Agustus 2021, from worldatlas.com: https://www.worldatlas.com/flags/namibia

*Penulis: Atik Lestari

Posting Komentar untuk "Profil Negara Namibia"