Profil Negara Ceko

Republik Ceko atau yang sering disebut sebagai Ceko merupakan negara yang terletak di Eropa Tengah dan berbatasan dengan Polandia di utara dan timur laut, Slovakia di timur, Austria di selatan, dan Jerman di barat. Ceko memiliki ibukota Praha yang dijuluki sebagai kota paling tampan di Eropa yang sudah dikenal sejak ke-18, kota ini juga terkenal dengan penulis, penyair dan musisinya. 

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak profil negara Ceko berikut ini. Lengkap dengan berbagai informasi menarik seputar negara Ceko.

Profil Negara Ceko

PROFIL UMUM

Nama Resmi: Czech Republic

Presiden: Miloš Zeman

Perdana Menteri:  Petr Fiala

Luas Wilayah:  77,247 km2

Populasi (2022 est): 10,535,000

Ibu Kota: Praha

Bahasa: Bahasa Ceko

Etnis/ ras:  Ceko 63.7%, Moravian 4.9%, Slovak 1.4%, Tidak teridentifikasi 26%, lainnya 4%.

Agama: Katolik Roma 10.3%, Evangelical church of czech brethren 0.5%, Lainnya 89.2%.

BENDERA

Bendera Negara Ceko

Bendera nasional Ceko awalnya hanya terdiri dari warna putih dan merah akan tetapi pada saat itu bendera tersebut telah dipakai oleh negara tetangga yaitu Polandia. Kemudian pada tahun 1920 ditetapkan desain terbaru untuk desain bendera Ceko dengan penambahan segitiga sama kaki berwarna biru yang di pakai hingga sekarang. 

Dengan demikian Bendera nasional Ceko terdiri dari dua garis horizontal putih di atas dan merah dibawah, dengan segitiga biru yang terletak diantara keduanya yang berada di sisi tiang bendera. Warna merah melambangkan keberanian dan ketabahan pada masa perang. Warna putih melambangkan kedamaian dan kejujuran. Segitiga biru melambangkan keadilan, kebenaran, dan kesetiaan.

LAMBANG NEGARA

Lambang Negara Ceko
Foto: en.wikipedia.org

Lambang resmi Ceko saat ini merupakan lambang yang dirancang oleh Jiri Louda yang kemudian diadopsi pada 17 Desember 1992. Lambang ini mewakili tiga wilayah bersejarah yang membentuk negara Ceko. Singa berekor ganda berwarna perak dengan latar belakang berwarna merah melambangkan Bohemia. Elang dengan kotak-kotak merah dengan latar belakang biru melambangkan Moravia. Elang hitam dengan latar belakang melambangkan Silesia. 

PETA

GEOGRAFI

Ceko merupakan negara yang berada di Eropa Tengah yang berbatasan dengan empat negara, Polandia di utara dan timur laut, Slovakia di timur, Austria di selatan, dan Jerman di barat. Ceko memiliki luas wilayah sebesar 77,247 km2, yang terdiri dari dataran tinggi berbukit yang dikelilingi oleh pegunungan yang relatif rendah. Titik tertinggi di Ceko merupakan Gunung Snezka yang berada di wilayah pegunungan Sudetic dengan tinggi 1.603 m. 

Wilayah Bohemia yang berada di bagian barat terdiri dari cekungan dataran rendah yang merupakan bagian dari sungai Elbe dan Vlatva yang dikeringkan. Moravia yang berada di bagian timur Ceko merupakan tanah berbukit yang sebagian besar dialiri oleh Sungai Morava. Ceko yang memiliki sedikit danau alami memanfaatkan waduk dan menjadi bagian penting bagi negara Ceko.

IKLIM 

Ceko memiliki kondisi iklim yang beragam, ditandai oleh adanya fluktuasi besar dalam suhu dan curah hujan. Secara umum suhu menurun dengan meningkatnya ketinggian, akan tetapi relatif seragam di wilayah yang rendah. 

Suhu tahunan rata-rata di ujung barat wilayah Cheb adalah 7 °C dan hanya naik menjadi 9 °C  di Brno yang berada di Moravia selatan. Suhu tinggi dapat melebihi 32 °C di Praha selama bulan Juli, dan suhu rendah dapat turun hingga −17 °C di Cheb selama bulan Februari. 

Curah hujan tahunan berkisar 450 mm, dan di wilayah Bohemian tengah dapat mencapai hingga 1500 mm. Curah hujan angin maksimum jatuh pada bulan Juli.  

FLORA DAN FAUNA

Hutan menjadi ciri khas lanskap Ceko, pohon Ek, beech, dan spruce mendominasi zona hutan di Ceko. Di wilayah tertinggi dapat ditemukan vegetasi dengan karakteristik taiga dan tundra yang biasanya dapat ditemukan di wilayah yang tinggi atau wilayah Eropa timur lainnya. 

Ceko memiliki satwa liar yang beragam, seperti mamalia besar seperti beruang, serigala, lynx, dan kucing liar. Mamalia yang lebih kecil, seperti marmut, berang-berang, martens, dan minks dapat ditemukan di hutan. Terdapat beberapa spesies langka yang dilindungi, seperti elang, burung nasar, osprey, bangau, burung hantu elang, bustard, dan capercaillies. 

Pelestarian alam merupakan tujuan penting dari pemerintah Ceko, sehingga spesies langka atau yang terancam punah dibiakkan di cagar alam. Cagar alam ini juga dibuat untuk melestarikan lanskap yang sangat penting, terutama hutan umava, Karst Moravia, dan Pegunungan Jizera. Wisatawan diberikan akses terkontrol untuk mengunjungi kawasan cagar alam ini.  

SEJARAH

Negara yang sekarang dikenal sebagai Republik Ceko ini awalnya dihuni oleh bangsa Celtic di abad ke-4 SM. Pada saat itu suku Celtic memberikan nama wilayah tersebut dengan nama latin Boiohaemum (Bohemia). Sekitar abad ke-5 M berdirilah kerajaan Bohemia dan dinasti Premsylide, dinasti ini kemudian memerintah Bohemia dan Moravia dari abad ke-10 hingga ke-16. 

Kerajaan Bohemia telah mengumpulkan kekuatan regiaonal selama abad pertengahan dan dianggap sebagai bagian besar dari kekaisaran Romawi Suci. Abad ke-14 menjadi zaman keemasan bagi Bohemia (Ceko), di bawah pemerintahan Charles IV Bohemia menjadi kaya dan berkuasa. Pada tahun 1355, Charles IV terpilih menjadi kaisar Romawi Suci yang kemudian memerintah selama bertahun-tahun sampai tahun 1800-an hingga akhirnya kekaisran Habsburg mengambil alih kendali. 

Pada abad ke-19 industri Ceko berkembang pesat, pada masa ini ketertarikan mengenai budaya dan sejarah tumbuh dan menghasilkan beberapa seniman besar. Kekalahan Austria- Hongaria pada Perang Dunia I membuka jalan bagi pendirian negara merdeka yang didirakan pada 28 Oktober 1918, dengan Presiden pertama yaitu Tomáš Garrigue Masaryk.

Pada tahun 1939 Cekoslovakia berakhir sebagai hasil dari Konferensi Munich. Setelah Perang Dunia II Cekoslovakia dipulihkan dan menjadi bagian dari lingkup kekuasaan Soviet. Pada masa kudeta komunis yang berlangsung dari Februari 1984 hingga Revolusi velvet pada tahun 1989 Cekoslovakia diperintah oleh Partai Komunis. 

Pada masa ini ribuan orang Cekoslovakia menghadapi penganiayaan politik, dan beberapa bahkan disiksa sampai mati. Hingga pada tahun 1989 rezim komunis akhirnya runtuh berkat Revolusi velvet, revolusi ini merupakan transisi kekuasaan tanpa kekerasan yang berlangsung dari 17 November hingga 29 Desember 1989. 

Adanya demonstrasi besar-besaran yang menentang pemerintah dari Partai Komunis mengakibatkan berakhirnya 41 tahun sistem satu pemerintahan partai di Cekoslivakia yang kemudian terdapat konversi menjadi republik parlementer. Pada tanggal 1 Januari 1993, Cekoslovakia secara damai dibagi menjadi dua negara merdeka, yaitu Republik Ceko dan Slovakia. 

EKONOMI

Pada tahun 2019 Republik Ceko memiliki PDB sebesar USD $215,7 miliar, Industri jasa menempati urutan teratas sebagai Kontribusi utama PDB terhadap perekonomian negara sebesar 59.7%. Kemudian diikuti oleh sektor industri sebesar 37.8% dan sektor pertanian sebesar 2.5%. Pada masa pandemi COVID-19 perekonomian Ceko menurun, PDB diperkirakan akan menurun hingga 13.2% di tahun 2020. Setelah mengalami penurunan yang signifikan di tahun 2020, PDB Ceko diperkirakan akan terus membaik hingga tahun 2022.

POLITIK

Sistem pemerintahan di Republik Ceko merupakan demokrasi parlementer sesuai dengan Konstitusi tertinggi yang sudah berlaku sejak 1 Januari 1993. Kekuasan pada pemerintahan Republik Ceko dibagi menjadi legislatif (Parlemen Ceko), Eksekutif (Pemerintah Ceko dan Presiden Republik Ceko), dan yudikatif. 

Pada badan legislatif, Parlemen Ceko menganut sistem dua kamar yaitu Deputy of Chamber sebagai majelis rendah dan Senat sebagai majelis tinggi. Deputy of chamber terdiri dari 200 anggota yang dipilih sekali dalam empat tahun. Senator dipilih dengan masa jabatan enam tahun, pemilihan berlangsung setiap dua tahun. 

Badan eksekutif terdiri dari Pemerintah Republik Ceko dan Presiden. Pemerintah merupakan bagian badan tertinggi dari kekuasaan eksekutif. Terdiri dari Perdana Menteri, Wakil Perdana Menteri dan Menteri. Bertugas untuk mengkoordinasikan kegiatan kementrian dan badan-badan pusat administrasi negara serta mengelola administrasi negara di seluruh wilayah negara. 

Presiden Republik awalnya dipilih oleh anggota Parlemen dan senator dalam rapat gabungan. Pada tahun 2013 metode pemilihan tersebut dirubah menjadi pemilihan langsung. Presiden memiliki masa jabatan lima tahun dengan maksimal jabatan dua periode. 

Badan yudisial dijalankan atas nama republik oleh pengadilan hukum yang independen. Selama menjalankan fungsinya, hakim harus independen dan tidak ada yang dapat mengancam objektivitasnya. Sistem peradilan terdiri dari Mahkamah Agung, Pengadilan Tata Usaha Negara, Pengadilan Tinggi, Pengadilan Daerah dan Pengadilan Negeri. 

SOSIAL BUDAYA

Wilayah Republik Ceko yang dulunya merupakan wilayah yang berada di antara Jerman dan Slavia, menyebabkan tradisi budaya Ceko campuran dari keduanya. Pengaruh dari negara lain yaitu Italia juga terlihat dan paling mencolok dalam arsitektur Renaisan dan Barok. 

Sastra, musik, seni visual, dan budaya populer dipengaruhi oleh faktor eksternal. Sebagian besar pengaruh budaya barat yang ada di Ceko terdapat pengaruh dari Jerman, maka dari itu tradisi Ceko dalam budaya populer memiliki rasa identitas nasional yang kuat.  

PENDIDIKAN

Sistem pendidikan Ceko didasarkan pada tradisi pankang yang telah ada sejak tahun 1774, dimana kehadiran wajib sekolah dilembagakan. Pada tahun 2016 Ceko menempati peringkat satu penduduk dengan angka literasi tertinggi yaitu di atas 99%. 

Anak-anak dapat memasuki pra-sekolah sebelum memulai pendidikan wajib, pendaftaran prasekolah dijamin untuk anak-anak di tahun terakhir sebelum memasuki sekolah dasar. Karena tingginya kesadaran warga Ceko terhadap pendidikan biasanya mereka sudah masuk ke prasekolah dari umur empat tahun. 

Pendidikan dasar di Ceko membutuhkan waktu sembilan tahun, dengan siswa di usia 6 - 15 tahun. Setiap siswa dapat memperoleh pendidikan dasar di berbagai jenis program pendidikan. Paling umum anak-anak menghadiri sekolah dasar sembilan tahun yang dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap dasar dan tahap menengah. Tahap dasar meliputi kelas 1-5, dan tahap menengah bawah kelas 6-9. 

Pendidikan menengah atas dapat berupa umum atau kejuruan, dan berlangsung selama empat tahun (kelas 10-13) dan tidak wajib. 

Pendidikan tersier atau universitas mencakup semua studi yang dapat ditempuh setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah.

Kerjasama Ceko dan Indonesia

Pada tahun 2021 pemerintah Republik Ceko dan Pemerintah Indonesia melakukan pertemuan, pada pertemuan ini kedua negara memperkuat kerjasama bilateral. Republik Ceko yang telah menjadi salah satu negara mitra dagang utama dari Indonesia memuji keberhasilan Indonesia dalam penanganan Pandemi Covid-19 serta langkah Transformasi Ekonomi yang berkelanjutan. 

Terdapat pembahasan lainnya mengenai pentingnya untuk segera mempercepat penyelesaian perundingan Indonesia- European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA). Adanya CEPA diharapkan perdagangan dan investasi Indonesia dengan negara di kawasan UE akan semakin meningkat. Selain perdagangan pada pertemuan ini area kerjasama lainnya  yang akan didorong kedepannya adalah kerjasama kesehatan, khusunya obat terapeutik, teknologi pendeteksian virus, riset, dan mobile hospitals.

DAFTAR PUSTAKA 

  • Czech Consulate. (n.d.). Czech Political system. https://www.czechconsulate.org.np/site/pages/political-system
  • Czech University. (2019). A Brief History of the Czech Republic. https://www.czechuniversities.com/article/a-brief-history-of-the-czech-republic
  • Embassy of the Czech Republic. (n.d.-a). Education System in the Czech Republic. https://www.mzv.cz/washington/en/culture_events/education/education_system_in_the_czech_republic/index.html
  • Embassy of the Czech Republic. (n.d.-b). Political System. https://www.mzv.cz/copenhagen/en/briefly_about_the_czech_republic/political_system/index.html
  • Encylopedia Britannica. (2015). flag of the Czech Republic. https://www.britannica.com/topic/flag-of-the-Czech-Republic
  • Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI. (2021). Menko Airlangga Terima Kunjungan Wamenlu Republik Ceko, Indonesia Memperkuat Kerjasama Bilateral Kedua Negara. https://ekon.go.id/publikasi/detail/3525/menko-airlangga-terima-kunjungan-wamenlu-republik-ceko-indonesia-memperkuat-kerjasama-bilateral-kedua-negara
  • OECD. (2021). Czech Republic. https://www.oecd-ilibrary.org/sites/edfbca02-en/1/3/2/12/index.html?itemId=/content/publication/edfbca02-en&_ga=2.262045835.760481855.1622440532-1022069876.1622440532&_csp_=db1589373f9d2ad2f9935628d9528c9b&itemIGO=oecd&itemContentType=book
  • World Atlas. (n.d.-a). Flags, Symbols & Currency of Czech Republic. https://www.worldatlas.com/flags/czech-republic
  • World Atlas. (n.d.-b). Maps of Czech Republic. https://www.worldatlas.com/maps/czech-republic
  • World Atlas. (2019). What Are The Biggest Industries In The Czech Republic? https://www.worldatlas.com/articles/what-are-the-biggest-industries-in-the-czech-republic.html

*Penulis: Anlika Dwi Sekar Agustini