Profil Negara Finlandia

Finlandia merupakan negara yang terletak di Eropa Utara dengan luas 338.312 km2 dan berbatasan dengan Laut Baltic teluk Bothnia, Rusia, Norwegia, Swedia hingga teluk Finlandia. Negara yang dikenal sebagai tanah seribu danau ini memiliki keindahan dan kota yang ramah lingkungan. Menurut World Happiness Report Finlandia juga menjadi negara yang paling bahagia di dunia selama lima tahun berturut-turut. 

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak profil negara Finlandia berikut ini. Lengkap dengan berbagai informasi menarik seputar negara Finlandia. 

Profil Negara Finlandia

PROFIL UMUM

Nama Resmi: Republic of Finland

Presiden: Sauli Niinistö

Perdana Menteri: Sanna Marin

Luas Wilayah: 338.312 km2

Populasi (2022 est): 5,555,000

Ibu Kota: Helsinki

Bahasa: Finlandia dan Swedia

Etnis: Finlandia 91.33%, Eropa lainnya 4.9%, 2.5% Asian, 0.90% Afrika, 0.37% lainnya. 

Agama: Lutheran 68.7%, Orthodox 1,1 %, Tidak diketahui 28,5%, Lainnya 1.7%. 

BENDERA

Bendera Negara Finlandia

Bendera Finlandia yang juga disebut Siniristilippu didesain oleh seniman Eero Snellman dan Bruno Tuukkanen pada awal abad 20. Bendera ini diperkenalkan pada saat Finlandia mendeklarasikan kemerdekaannya dari Rusia. Salib berwarna biru atau yang sering disebut juga sebagai salib Nordik, melambangkan Finlandia sebagai bagian dari komunitas negara-negara Nordik. 

Warna putih pada bendera melambangkan Finlandia Putih dan salju yang menutupi wilayah negara Finlandia. Warna Biru pada salib konon melambangkan air di negeri seribu danau.

LAMBANG NEGARA

Lambang Negara Finlandia
Foto: commons.wikimedia.org/wiki/File:Coat_of_arms_of_Finland.svg

Desain dari simbol negara pertama kali muncul pada tahun 1580-an di monumen Gustav Vasa di Katedral Uppsala. Simbol ini kemudian diadopsi oleh Finlandia yang pada saat itu baru merdeka pada tahun 1917. Pada simbol ini terdapat singa bermahkota yang pada latar belakangnya berwarna merah. 

Singa memegang pedang yang terangkat di tangan yang berlapis baja. Serta kaki belakang singa menginjak pedang melengkung. Singa, mahkota, gagang pedang dan pedangnya berwarna emas, pada latar belakang juga terdapat sembilan mawar perak. 

PETA

GEOGRAFI

Finlandia merupakan negara terbesar ke-enam di Eropa, yang memiliki luas wilayah 338.312 km2. Finlandia berbatasan dengan Rusia di bagian timur dan tenggara, di barat dengan Swedia dan Teluk Bothnia, di utara dengan Norwegia dan di selatan dengan teluk Finlandia. Sebagian wilayah negara Finlandia berada di wilayah dengan dataran rendah. 

Ketinggian lebih dari 640 m dapat ditemukan di sepanjang perbatasan barat laut dengan Norwegia, dan wilayah utara Lapland yang ekstrem. Finlandia memiliki danau sebanyak 60.000 danau yang merupakan 10% dari total luas wilayah Finlandia. Finlandia juga terkenal dengan hutannya yang mencakup 65% dari luas daratan, menjadikan Finlandia sebagai negara dengan%tase hutan tertinggi di Eropa. 

IKLIM 

Bagian Finlandia yang berada di utara lingkaran Arktik mengalami musim dingin yang sangat ekstrem dan berkepanjangan. Suhu dapat turun hingga −30 °C. Di wilayah ini salju tidak pernah mencair dari lereng gunung yang menghadap ke utara. Musim panas juga memiliki rentan waktu yang singkat yaitu dari bulan Mei hingga Juli dengan suhu tertinggi yang dapat mencapai 27 °C. 

Wilayah selatan Finlandia iklim ekstrem sedikit berkurang, karena adanya aliran Laut Baltik dan Arus Teluk yang dihangatkan dari Atlantik sehingga dapat menjaga suhu sebanyak 10°C lebih tinggi daripada di garis lintang yang sama di Siberia dan Greenland. 

Musim dingin merupakan musim terpanjang di Finlandia, di utara lingkaran Artik malam hari berlangsung lebih dari 50 hari. Finlandia selatan memiliki hari terpendek yang berlangsung hanya sekitar enam jam.

FLORA DAN FAUNA

Sebagian besar wilayah Finlandia didominasi oleh tumbuhan conifers, di wilayah selatan yang memiliki cuaca yang lebih ekstrem terdapat pohon yang sebagian besar terdiri dari birch, hazel, aspen, maple, elm,linden, dan alder. Tumbuhan pinus juga dapat ditemukan di antara pohon birch arktik kerdil dan willow kerdil di wilayah utara yang ekstrem. 

Pada musim gugur, hutan kaya akan jamur yang dapat dimakan. Finlandia juga kaya akan satwa liar, burung laut seperti camar punggung hitam dan burung laut kutub bersarang dalam jumlah besar di pulau-pulau pesisir. Unggas air seperti bebek scoter beludru hitam dan putih, bersarang di danau pedalaman. 

Burung lain seperti jay siberia, wagtail pied, dan elang juga dapat ditemukan di negara ini. Finlandia merupakan tempat berkembang biak bagi banyak burung, termasuk mayoritas butung bermata emas di dunia dan burung berparuh lebar. Hewan hutan asli termasuk beruang, rusa, serigala, serigala lynx, dan rusa Finlandia. Rusa liar sudah hampir punah, spesies yang tersisa berada di wilayah utara dan sudah dijinakkan. 

SEJARAH

Penghuni utama Finlandia tiba sekitar 9.000 tahun yang lalu, orang-orang awal itu merupakan nenek moyang pengembala Sami Lapland saat ini. Pada era Viking (793-1066M), banyak negara berjuang untuk menguasai Finlandia. Pada masa tersebut Finlandia memasok bulu ke para bangsa viking yang pada saat itu dalam perjalanan ke Rusia. 

Ketika era Viking berakhir pada abad ke- 11, baik Rusia maupun Swedia berusaha mengklaim Finlandia. Konflik antara Rusia dan Swedia berkembang menjadi persaingan agama, yang melibatkan paus yang merupakan kepala Gereja Katolik menyatakan Finlandia sebagai wilayah Swedia pada tahun 1120. Finlandia tetap menjadi bagian dari Swedia hingga tahun 1809, ketika Rusia memenangkan kendali atas negara tersebut. 

Hingga lebih dari seratus tahun kemudian, pada tahun 1917 Finlandia akhirnya mendeklarasikan kemerdekaan dari Rusia setelah revolusi Rusia. 

EKONOMI

Finlandia memiliki ekonomi dengan pasar bebas yang sangat terindustrialisasi, dengan ekspor sebagai penyumbang dari sepertiga PDB. Pemerintah Finlandia secara aktiff mengambil langkah-langkah untuk menarik investasi asing. Secara historis Finlandia kompetitif di bidang manufaktur khususnya di industri kayu, logam, teknologi, telekomunikasi, dan elektronik. 

Finlandia yang unggul dalam ekspor teknologi juga mempromosikan startup di sektor teknologi informasi dan komunikasi seperti game, Cleantech, dan bioteknologi. Pada tahun 2022 pertumbuhan ekonomi Finlandia melambat akan tetapi tetap kuat. Secara keseluruhan pertumbuhan PDB Finlandia diperkirakan mencapai 1.8% pada tahun 2022 dan 1.2% pada tahun 2023. 

Meskipun ketegangan geoplotik yang berkelanjutan serta adanya inflasi yang mempengaruhi kondisi ekonomi Finlandia. Permintaan domestik diperkirakan akan tetap menjadi pendorong utama bagi pertumbuhan ekonomi Finlandia. 

POLITIK

Finlandia memiliki sistem negara Demokrasi Parlementer dengan sistem politik multi- partai. Kekuasaan eksekutif dibagi antara presiden dan perdana menteri. 

Presiden dipilih setiap enam tahun  melalui pemilihan langsung, setiap kandidat presiden dapat menjabat maksimal dua periode masa jabatan. Presiden bertugas untuk mengarahkan kebijakan luar negeri yang bekerjasama dengan perdana menteri dan pejabat pemerintah lainnya. Presiden juga melakukan tugas hukum lainnya yang telah ditentukan dalam konstitusi.

Perdana Menteri dipilih oleh Parlemen dan diangkat oleh Presiden dengan masa jabatan 4 tahun dan dapat diperbarui. Biasanya pemimpin partai mayoritas parlemenlah yang menjadi Perdana Menteri, yang kemudian Menteri lainnya diangkat oleh Presiden sesuai dengan rekomendasi Perdana Menteri. 

Perdana Menteri memiliki tanggung jawab utama untuk semua bidang kebijakan lain yang tidak diperuntukkan bagi Presiden, seperti urusan Eropa. Perdana Menteri juga bertanggung jawab untuk mengarahkan pekerjaan pemerintah dan memimpin sesi pleno pemerinatah, yang merupakan badan pembuat keputusan utama dari cabang eksekutif. 

Pada cabang legistlatif terdapat Parlemen atau Eduskunta yang merupakan badan legislatif dengan sistem unikameral. Tugas dari Parlemen antara lain, memberlakukan undang-undang, menyutujui anggaran nasional, meratifikasi perjanjian internasional dan mengawasi pemerintah. Parlemen juga bertanggung jawab untuk memilih Perdana Menteri dan menyetujui program pemerintah.

SOSIAL BUDAYA

Mayoritas orang yang tinggal di Finlandia lahir dan dibesarkan di negara tersebut, hampir 90% populasinya berbicara bahasa Finlandia. Finlandia juga merupakan rumah bagi orang Sami, yang dikenal sebagai orang-orang pengembala yang dulu dikenal sebagai Lapps. Mereka tinggal di wilayah Lapland yang merupakan tempat mereka menggembalakan rusa. 

Banyak kebiasaan budaya Finlandia yang mencerminkan lanskap hutannya. Hal tersebut sangat berbeda dengan budaya Eropa yang secara histori memandang hutan sebagai wilayah yang gelap dan berbahaya. Warga Finlandia melihat hutan sebagai tempat perlindungan dan petualangan. Bahkan banyak warga Finlandia yang memiliki rumah kedua di hutan untuk beristirahat dari kehidupan kota. 

Iklim Finlandia yang ekstrem menjadikan Finlandia menjadi negara dengan sekitar 1.5 juta sauna dan telah menjadi tradisi bagi warga Finlandia. Sebagian besar penduduk memiliki sauna di rumah mereka. Finlandia juga terkenal sebagai ibu kota global musik ber-genre heavy metal. Finlandia juga menyelenggarakan sejumlah festival musik metal tiap tahunnya, sebagian besar diselenggarakan selama musim panas. 

PENDIDIKAN

Finlandia menginstruksikan kepada setiap warganya untuk Prasekolah bagi semua anak berusia enam tahun, akan tetapi kehadirannya bersifat sukarela. Masa wajib sekolah di Finlandia dimulai pada usia tujuh tahun. 

Pemerintah pusat dan daerah mendukung sekolah, sehingga biaya kuliah di Finlandia gratis. Finlandia memiliki sistem sekolah komprehansif dengan masa sembilan tahun sekolah. Terdiri dari enam tahun sekolah dasar dan tiga tahun sekolah menengah. 

Bahasa Inggris diajarkan di tahun ketiga, siswa juga dapat memilih untuk mempelajari bahasa asing lainnya. Setelah Sekolah komprehansih, siswa Finlandia melanjutkan sekolah ke jenjang sekolah menengah atau sekolah kejuruan selama tiga tahun. Untuk sistem pendidikan tinggi di Finlandia terdiri dari universitas dan politeknik. 

Kerjasama Indonesia- Finlandia

Pada tahun 2020 pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Finlandia sepakat untuk mendorong kerjasama pengembangan di bidang energi terbarukan. Melalui program energi efisiensi, pengembangan energi terbarukan serta ketahanan energi yang dilakukan oleh kedua negara untuk mencapa target perngurangan emisi di Indonesia. 

Pertembuhan ekonomi di Indonesia membuat pemerintah Finlandia melihat adanya berbagai peluang bagi perusahaan Finlandia di kawasan Asia Tenggara. Terdapat beberapa perusahaan Finlandia yang telah melakukan investasi serta beroprasi di Indonesia antara lain, Wartsila dan Fortum.

 Finlandia sendiri telah memiliki keahlian dan pengalaman pada bidang energi terbarukan, seperti bioekonomi, elektrifikasi masyarakat, dan ekonomi sekular. Finlandia memiliki sumber energi terbarukan dengan 40% konsumsi energi yang didapatkan dari bioenergi, windpower, geothermal dan hidropower. 

Hal tersebutlah yang menjadikan Finlandia sebagai negara paling maju di dunia dalam pemanfaatan sumber energi terbarukan terutama bionergi yang diharapkan juga dapat dimanfaatkan pada pembangunan di Indonesia. Kerjasama energi antara Indonesia dan Finlandia ini diatur dalam MoU Indonesia-Finland Concerning Cooperaton in the Field of Sustainable, Clean, and Renewable Energy and Energy Efficiency 2015 yang ditandatangani pada 3 Novemeber 2015 dan telah berakhir pada 3 November 2020. 

Pemerintah Indonesia dan Finlandia sepakat untuk memperbarui MoU tersebut dengan adanya penambahan di beberapa sektor serta inisiatif kerjasama yang saling menguntukan terutama di bidang energi terbarukan (KEDUBES Indonesia, 2020). 

DAFTAR PUSTAKA

  • Country Reports. (n.d.). Finland Geography. https://www.countryreports.org/country/Finland/geography.htm
  • European Commission. (2022). Economic forecast for Finland. https://economy-finance.ec.europa.eu/economic-surveillance-eu-economies/finland/economic-forecast-finland_en
  • Finnish Government. (n.d.-a). Role of the Prime Minister. https://valtioneuvosto.fi/en/government/role-of-the-prime-minister
  • Finnish Government. (n.d.-b). The Government and Parliament. https://valtioneuvosto.fi/en/government/the-government-and-parliament
  • Forbes. (n.d.). Best Countries for Business 2018. https://www.forbes.com/places/finland/?sh=4c705af06ccd
  • KEDUBES Indonesia. (2020). Indonesia dan Finlandia Sepakat Untuk Mendorong Kerja Sama Energi Terbarukan. https://kemlu.go.id/helsinki/id/news/9668/indonesia-dan-finlandia-sepakat-untuk-mendorong-kerja-sama-energi-terbarukan
  • Larson, Susan Ruth,  dkk. (2022). Finland. https://www.britannica.com/place/Finland
  • Nordic Co-operation. (n.d.). The Finnish flag. https://www.norden.org/en/information/finnish-flag
  • Sidder, A. (n.d.). Finland. https://kids.nationalgeographic.com/geography/countries/article/finland
  • The Commission Council. (2014). Political system of Finland.
  • The Guardian. (2022). Finland named world’s happiest country for fifth year running. https://www.theguardian.com/world/2022/mar/19/finland-named-worlds-happiest-country-for-fifth-year-running

*Penulis: Anlika Dwi Sekar Agustini