Profil Negara Islandia

Islandia, negala pulau yang terletak di Samudra Atlantik Utara dan berbatasan dengan Amerika Utara dan Eropa. Negara dimana pegunungan yang sangat indah terbentang luas ini juga merupakan negara dengan sistem demokrasi tertua di dunia. 

Untuk mengetahu lebih jelasnya, mari kita simak profil negara Islandia berikut ini. Lengkap dengan berbagai informasi menarik seputar negara Islandia. 

Profil Negara Islandia

PROFIL UMUM

Nama Resmi: Republik Islandia (Republic of Iceland)

Presiden: Guðni Th. Jóhannesson

Perdana Menteri: Katrín Jakobsdóttir

Luas Wilayah: 103,000 km²

Populasi (2022 est): 380,500

Ibu Kota: Reykjavík

Bahasa: Icelandic

Etnis/ ras:  Islandia 91%, Polish 4.1%, Lithuanian 0.7%, Asian 0.7%, Nordic 0.5%, Eropa lainnya 0.5%, Lainnya 2.4%

Agama: Evangelical Lutheran 69%, Katolik Roma 3.8%, Reykjavik Free Church 2.9%, Hafnarfjordaour Free Church 2.0%, Atheis 6.1%, Lainnya 15.3%. 

BENDERA

Bendera Negara Islandia

Ketika Islandia menjadi Republik pada 17 Juni 1944, bendera tersebut diubah dengan warna biru yang lebih gelap dan menjadi warna yang digunakan hingga saat ini. Warna biru dan putih yang ada di bendera Islandia merupakan warna dari pakaian tradisional yang dikenakan oleh orang-orang Islandia. Salib berwarna merah merupakan salib Skandinavia yang mencerminkan solidaritas Skandinavia serta identitas diri nasional.

LAMBANG NEGARA

Lambang Negara Islandia
Foto: id.m.wikipedia.org/wiki/Berkas:Coat_of_arms_of_Iceland.svg

Lambang Negara Islandia terdiri dari perisai dengan bendera Nasional Islandia yang di sekitarnya terdapat empat pelindung yang berdiri diatas balok. Empat pelindung Islandia tersebut adalah banteng, elang, naga, raksasa. Empat pelindung ini menggambarkan pelindung wilayah Islandia, barat laut (banteng), timur laut (elang), tenggara (naga), dan barat daya Islandia (raksasa).

PETA

GEOGRAFI

Islandia merupakan negara yang terletak di Samudra Atlantik Utara, yang berada di perbatasan antara Amerika Utara dan Eropa. Islandia merupakan negara dengan luas 103,000 km² dan merupakan negara paling barat Eropa. Islandia juga merupakan pulau terbesar kedua di Eropa setelah Inggris Raya, dan pulau terbesar ke-18 di dunia. Kondisi 11% negara ini tertutup es glasial dan dikelilingi oleh air, wilayah hutan hanya terdiri dari 2% dari luas negara, dan lahan pertanian mencapai 18.5%.

Oleh karena itu, sekitar  80% wilayah Islandia tidak berpenghuni. Islandia juga merupakan salah satu daratan termuda di planet, sehingga menjadi rumah bagi beberapa gunung berapi paling aktif di dunia. Pada tahun 2010 Islandia mengalami aktivitas vulkanik yang parah, gunung berapi Eyjafjallajokull di ketinggian 1.666 meter meletus dan meniupkan abu ke atmosfer.

Hal tersebut menyebabkan terganggunya lalu lintas udara Eropa selama berminggu-minggu. Selain gunung merapi Islandia memiliki dataran tinggi dengan puncak gunung dan ladang es. Kondisi geografi Islandia yang terdiri dari pegunungan, gletser, dan gunung berapi ini membuat negara ini mendapat julukan tanah es dan api.

IKLIM 

Iklim Islandia adalah Subarktik maritim, yang dipengaruhi oleh letak negara yang berbatasan antara dua arus udara yang berlawan, satu dari kutub dan yang lainnya berasal dari tropis. Iklim Islandia juga dipengaruhi oleh pertemuan dua arus laut, yaitu Arus teluk yang berasal dari Khatulistiwa dan arus Greenland Timur.

 Suhu di seluruh wilayah Islandia tidak memiliki perbedaan yang jauh, dengan suhu tahunan rata-rata untuk wilayah Reykjavík adalah 4 °C. Pada bulan Januari suhu rata-rata adalah −0,5 °C, dan pada bulan Juli adalah 11 °C. Salju turun sekitar 100 hari pertahun di wilayah barat laut Islandia dan sekitar 40 hari di wilayah tenggara, beberapa gunung di lereng selatan juga tertutup oleh es.

Angin kencang sering terjadi terutama di musim dingin, dan terkadang kabut tebal dapat terjadi. Meskipun musim dingin di Islandia cukup gelap, Reykjavík rata-rata mendapatkan hampir 1.300 jam sinar matahari yang cerah dalam setahun. Pada musim gugur dan awal musim dingin seringkali aurora borealis terlihat. 

FLORA DAN FAUNA

Islandia terletak di perbatasan zona vegetasi tundra yang merupakan dataran tanpa pohon dan zona taiga atau vegetasi yang hanya terdiri dari satu jenis pohon yaitu konifera. Sekitar 470 spesies tanaman vaskular asli ditemukan di Islandia, setengahnya dianggap sebagai tanaman glasias dari zaman es. Bentuk vegetasi lainnya yang tumbuh diwilayah rendah adalah heather, bog whortleberry, bearberry, crowberry, willow dan birch kerdil. 

Rubah merupakan satu-satunya mamalia darat asli Islandia yang telah ada sejak pemukiman mulai muncul di wilayah Islandia. Pada tahun 1930, mink dibawa ke Islandia yang kemudian diperkenalkan untuk produksi kulit dan kemudian menjadi salah satu hewan liar di Islandia. Di wilayah utara tepat nya di danau Mývatn terdapat koloni bebak terbesar dan paling beragam di Eropa. Di Islandia tidak ada reptil ataupun amfibi.  

SEJARAH

Islandia telah ada sejak lebih dari 1.000 tahun yang lalu pada masa penjajahan Viking dan dihuni oleh populasi campuran Norse dan Celtic. Pemukiman awal, terdiri dari pelaut dari petualang Norwegia. Pada abad ke- 11 Raja- raja Norwegia mengirim misionaris untuk menyebarkan agama Kristen ke Islandia. Beberapa orang menerima agama baru tersebut, tetapi banyak juga yang menentang. Hingga akhirnya agama kristen menjadi agama resmi di Islandia. 

Tahun 1262 Islandia menjadi provinsi Norwegia. Pada masa ini, Islandia menjadi ketergantungan terhadap Norwegia. Hal ini disebabkan adanya eksploitasi lingkungan besar-besaran, hutan ditebang dan menyebabkan adanya erosi. Tanpa adanya kayu untuk membangun kapal, orang Islandia menjadi ketergantungan terhadap pedagang Norwegia. Kemudian menjadikan Islandia negara dibawah kekuasaan Denmark-Norwegia pada tahun 1380. 

Pada abad ke-19 Islandia berjuang untuk kebebasan negara yang secara bertahap akhirnya negara ini dapat mencapai kemerdekaan yang lebih besar. Pada tahun 1918 Islandia menjadi negara yang merdeka dan berdaulat dalam persatuan dengan Denmark. Hal ini berarti serikat pekerja merupakan monarki bersama dan Denmark bertanggung jawab atas urusan luar negri Islandia. 

Persatuan antara Denmark- Islandia ini kemudian dibubarkan oleh Islandia setelah referendum pada Mei 1944. Setelah referendum, Islandia dinyatakan sebagai republik merdeka pada 17 Juni 1944 namun, Denmark tidak mencabut undang-undang yang mengatur persyaratan persatuannya dengan Islandia hingga tahun 1950. Setelah dicabutnya undang-undang tersebut Islandia dapat mengklaim kembali sebagian warisan budayanya dari institusi Denmark. 

EKONOMI

Pemasukan untuk ekonomi Islandia adalah penangkapan ikan dan produksi berbagai macam produk ikan, tidak hanya produk ikan Islandia juga mencakup manufaktur dan jasa. Ekspor menyumbang sekitar dua perlima dari PDB (Produk Nasional Bruto). Meskipun populasi Islandia kecil, sistem ekonomi yang dimiliki modern dan standar hidup setara dengan negara-negara Eropa lainnya. 

Pada tahun 2021 PDB di Islandia bernilai 25.46 Miliar USD dan diperkirakan meningkat di tahun 2022. Hal ini dikarenakan adanya pengeluaran swasta yang meningkat berkat penghapusan mengenai pembatasan Covid-19. Pemulihan sektor pariwisata ini terus berlanjut, dengan total kunjungan wisatawan yang meningkat.

POLITIK

Islandia merupakan Republik Konstitusional dengan sistem multi partai. Badan eksekutif adalah Presiden dan Perdana Menteri. Presiden merupakan kepala negara yang dipilih setiap empat tahun sekali. Presiden merupakan posisi seremonial yang bertugas sebagai diplomat. Perdana menteri sebagai kepala pemerintahan yang dipilih oleh Presiden dan persetujuan dari parlemen dengan masa jabatan empat tahun. 

Pada badan legislatif  Islandia menggunakan sistem unikameral atau satu kamar yaitu parlemen atau disebut sebagai Althingi. Terdapat 63 anggota yang dipilih untuk masa jabatan empat tahun melalui pemungutan suara secara langsung. Setelah pemilihan Presiden, Presiden akan memberikan wewenang kepada salah satu pemimpin parlemen dari partai politik untuk membentuk kabinet. 

Badan Yudisial terdiri dari Mahkamah Agung dan Pengadilan Negeri. Hakim diusulkan oleh Kementerian komite seleksi dalam negri dan diangkat oleh Presiden. 

SOSIAL BUDAYA

Warga Islandia merupakan populasi kecil dan homogen yang dapat mengembangkan kehidupan budaya yang kaya dan beragam. Warisan sastra negara berasal dari abad ke-12 hingga ke-14 terekam dari para penulis pada masa tersebut. Seni tradisional yang terkenal di Islandia yang dapat ditemui adala tenun, kerajinan perak, dan ukiran kayu.

Daerah Reykjavík yang merupakan ibukota Islandia terdapat teater profesional, orkestra simfoni, opera, musium, dan galeri seni. Islandia memiliki lingkungan budaya yang sebanding dengan kota-kota besar di negara tetangganya ini juga, mengadakan festival seni internasional setiap dua tahun sekali. 

PENDIDIKAN

Sistem pendidikan Islandia terkenal progresif, Pemerintah Islandia berupaya untuk pemerataan pendidikannya. Prinsip dasar dari sistem pendidikan Islandia adalah setiap orang harus memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan. Hal tersebut tanpa melihat jenis kelamin, status ekonomi, lokasi tempat tinggal, agama, kemungkinan cacat, dan latar belakang budaya maupun sosial. 

Sistem pendidikan Islandai di bagi menjadi empat tingkatan, antara lain:

Prasekolah (leikskóli) merupakan tingkat pendidikan pertama yang dihadiri anak-anak antara usia 1- 6 tahun. Pada tingkat prasekolah sebagian besar biaya disubsidi oleh pemerintah.

Pendidikan wajib (grunnskóli) merupakan tingkat pendidikan bagi anak usia 6-16 tahun. Pada masa pendidikan wajib seluruh biaya gratis. Tidak seperti Amerika Serikat, pada tingkat ini siswa tidak dapat mengikuti pendidikan dengan sistem homeschooling. 

Pendidikan Menengah Atas  (framhaldsskóli) merupakan tingkat pendidikan ketiga yang tersedia bagi siapa saja yang telah menyelesaikan pendidikan wajib. Pada tingkat pendidikan ini diperuntukan bagi siswa berumur 16-20 tahun. Pada tingkat ini biaya sekolah juga gratis kecuali sekolah swasta. 

Pendidikan Universitas atau yang dikenal sebagai pendidikan tinggi (háskólar) merupakan tingkat keempat. Untuk mendaftar ke universitas seorang siswa harus terlebih dahulu menyelesaikan pendidikan menengah atas. 

PARIWISATA DI ISLANDIA

Islandia, negara yang di juluki sebagai pulau api dan es memiliki daya tarik keindahan alamnya yang sangat indah. Menjadikan islandia sebagai salah satu tujuan wisata dari semua penjuru dunia. Berikut objek wisata yang dapat dikunjungi saat di Islandia.  

1. Cahaya Utara, Aurora Borealis

Aurora Borealis merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Islandia, kemunculan aurora borealis tidak dapat diprediksi. Biasanya aurora borealis dapat di lihat di musim gugur dan di awal musim dingin.

2. Gua Es Skaftafell, Taman Nasional Vatnajökull

Gua es ini terletak di selatan negara Islandia, Berada di Taman Nasional Vatnajökull merupakan tanah gletser dan gua es dengan pemandangan yang indah. Gua es yang dibagi menjadi empat bagian dan terdiri dari gletser Vatnajökull ini menjadi lokasi wisata yang menarik para wisatawan dari seluruh negara. 

3. Pemandian Air Panas di Blue Lagoon, Grindavík

Blue lagoon merupakan spa geotermal ikonik yang merupakan salah satu objek wisata yang wajib dikunjugi. Di sini terdapat pemandian alami dengan air panas, Industri Blue Lagoon telah berkembang dan menjadi hit bagi penduduk setempat pada tahun 1976. Air dari mata air panas bawah tanah mencapai 37-39o C dan dianggap sangat bermanfaat bagi kesehatan badan dan kulit. 

4. Cagar Alam Landmannalaugar

Di Islandia bagian selatan, 180 km dari Reykjavik, terdapat cagar alam Landmannalaugar. Cagar alam ini merupakan salah satu destinasi paling populer di Islandia. Fitur utama dari tempat wisata ini adala pegunungan Riolit yang memiliki berbagai warna, gunung Hekla, serta ladang lava yang luas. 

5. Laguna Glasial Jökulsárlón

Lokasi wisata spektakuler di Islandia yang lain adala Laguna Glasial, di laguna ini terdapa es yang terapung dari ukuran kecil hingga besar. Wisatawan dapat menaiki perahu dan melewati bongkahan es besar yang terpisah dari gletser.  

DAFTAR PUSTAKA

  • Birbeck, A., & Hamper, A. (2021). 21 Top-Rated Tourist Attractions in Iceland. https://www.planetware.com/tourist-attractions/iceland-isl.htm
  • Costa, G. (2021a). The History of Portugal. https://www.portugal.com/history-and-culture/the-history-of-portugal/
  • Costa, G. (2021b). The Portuguese Political System. https://www.portugal.com/history-and-culture/the-portuguese-political-system/
  • Encylopedia Britannica. (n.d.). Climate of Portugal. https://www.britannica.com/place/Portugal/Climate
  • EXPATICA. (2022). Government and politics in Portugal. https://www.expatica.com/pt/living/gov-law-admin/portuguese-government-105225/
  • Globalcitizensolutions. (n.d.). The Education System in Portugal. https://www.globalcitizensolutions.com/es/education-system-in-portugal/
  • Lambert, T. (2021). A Brief History of Portugal. https://localhistories.org/a-brief-history-of-portugal/
  • National Geographic. (n.d.). Portugal. https://kids.nationalgeographic.com/geography/countries/article/portugal
  • OECD. (2022). Portugal Economic Snapshot. https://www.oecd.org/economy/portugal-economic-snapshot/
  • Pariona, A. (2018). The Biggest Industries In Portugal. https://www.worldatlas.com/articles/the-biggest-industries-in-portugal.html
  • Silva, L. (2022). Meaning of the Portuguese Flag. https://www.portugal.com/history-and-culture/meaning-of-the-portuguese-flag/
  • Taborda, J. (2022). The education system in Portugal. https://www.expatica.com/pt/education/children-education/the-education-system-in-portugal-105195/
  • Trading Economics. (2021). Portugal GDP. https://tradingeconomics.com/portugal/gdp
  • World Atlas. (2018). Portugal Symbols. https://www.worldatlas.com/countries/portugal/symbols.html

*Penulis: Anlika Dwi Sekar Agustini