Profil Negara Kuwait

Kuwait merupakan salah satu negara monarki yang berada di Teluk Persia di kawasan Asia Barat atau Timur Tengah. Jika dibandingkan dengan negara di kawasan Asia Barat lainnya, Kuwait merupakan negara terkecil.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai negara Kuwait mulai dari karakteristiknya, sejarah berdirinya, profil negara, jumlah penduduk, pariwisata dan fakta menarik, iklim dan cuaca, sumber daya alam, sistem ekonomi, sistem pemerintahan, hingga kerjasama Kuwait dengan Indonesia.

Profil Negara Kuwait

A. Karakteristik Negara Kuwait

1. Peta Negara Kuwait

Letak astronomis Kuwait adalah 28o LU – 31o LU dan 46o BT – 49o BT. Letak Kuwait yang berada di Timur Tengah sehingga tidak mengherankan jika sebagian besar wilayahnya berupa padang pasir. Luas wilayah Kuwait adalah 17.818 km². Kuwait terletak di dataran rendah dengan titik tertingginya 306 meter di atas permukaan laut.

Kuwait memiliki 9 pulau dengan pulau terbesarnya yaitu Pulau Bubiya yang memiliki luas 860 km². Pulau ini terhubung dengan daratan utama menggunakan jembatan sepanjang 2.380 meter. 

Batas-batas negara Kuwait adalah:

  • Sebelah utara, timur, timur laut, dan barat laut bersebelahan dengan Negara Irak 
  • Sebelah selata, barat, dan barat daya bersebelahan dengan Negara Arab Saudi
  • Sebelah tenggara berbatasan degan Teluk Persia

2. Bendera Kuwait

Bendera Kuwait

Bendera Kuwait merupakan bendera triwarna horizontal hijau, putih, dan merah dengan trapesium hitam di sisi kiri (sisi yang dipasang di tiang bendera). Bendera Kuwait berasal dari puisi Safie Al-Deen Al-Hali. Warna hijau melambangkan “tanah kita”, warna putih melambangkan “perbuatan kita”, warna merah melambangkan “pedang kita”, warna hitam melambangkan “pertempuran kita”.  

3. Lambang Kuwait

Lambang Negara Kuwait
Foto: en.wikipedia.org

Lambang Kuwait terdapat seekor elang emas Quraisy yang tengah mengembangkan sayap dengan perisau bergambar bendera di dada. Kedua sayap yag terbuka membentuk lingkaran yang di dalamnya terdapat gambar kapal tradisional “Boom”. Lambang kapal tersebut melambangkan tradisi kelautan di negara Kuwait.

Sementara elang Quraisy melambangkan tradisi falconry bangsa Arab dan keterkaitan pada suku asal Nabi Muhamad Saw. Di atas kapal terdapat tulisan dalam bahasa Arab yang berarti “Negara Kuwait” (Daulat Al Kuwait). 

B. Sejarah Berdirinya Negara Kuwait

Pada awal tahun 1990, terjadi konflik antara Irak dan Kuwait. Penyebab konflik ini yaitu Irak dituduh Kuwait mencuri minyak di wilayahnya melalui pengeboran miring lintas batas. Selain itu, beberapa sumber juga mengatakan bahwa Presiden Irak Saddam Hussein telah berniat menyerang Kuwait sejak awal sebelum adanya tuduhan pencurian tersebut.

Kemudian tuduhan Irak dipermasalahkan karena ketidakmapuan Irak dalam membayar hutang lebih dari 14 miliar dolar yang dipinjami Kuwait untuk biaya Perang Iran-Irak.

Terlebih lagi, tingkat lonjakan produksi minyak Kuwait membuat pendapatan Irak menurun. Hal ini membuat Irak menginvasi Kuwait pada 2 Agustus 1990. Dua hari berselang, militer Kuwait telah dikuasai Garda Republik Irak sehingga membuat beberapa negara mundur seperti Arab Saudi dan Bahrain.

Pasca Invasi, Irak membuat pemerintahan boneka yang dikenal dengan “Republik Kuwait”. Pada 28 Agustus 1990, Saddam mendeklarasikan bahwa Kuwait sebagai provinsi ke-19 Iral. Serangan tersebut membuat pasukan pertahanan Kuwait kelabakan sehingga beberapa diantara memilih mundur ke Arab Saudi.

Dengan mencaplok Kuwait membuat Irak menguasai 20% cadangan minyak dunia dan pertama kalinya Irak berhasil menguasai garis pantai substansial di Teluk Persia. Hal ini membuat Dewan Keamanan PBB mengecam invasi tersebut dan menuntut penarikan segera Irak dari Kuwait.

Pada 6 Agustus, Dewan Keamanan memberlakukan larangan perdagangan di seluruh dunia dengan Irak. Hingga pada 9 Agustus Operasi Desert Shield (pertahanan Amerika atas Arab Saudi) dimulai ketika pasukan Amerika berlomba ke Teluk Persia.

Di lain sisi, Saddam membangun pasukan pendududukannya di Kuwait menjadi skeitar 300.000 tentara. Pada 29 November, Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi yang mengizinkan pnggunaan kekkuatan terjhadap Irak jika tak menarik diri pada 15 Januari 1991.

Akan tetapi Saddam menolak penarik pasukannya dari Kuwait. Kemudian pada 16 Januari 1991 terjadi Operasi Badai Gurun. Operasi ini menyebabkan serangan besar-besaran pimpinan AS terhadap Irak. Hal ini membuat sepnajang malam pesawat dari koalisis militer pimpinan AS menggempur sasaran di sekitar Baghdad.

Pada 25 Februari, Kuwait resmi dibebaskan dari Irak. Kemudian pada 15 Maret 1991, Emir Kuwiat kembali ke negara itu setelah menghabiskan lebih dari 8 bulan di pengasingan.   

C. Profil Negara Kuwait

  1. Nama resmi: Negara Kuwait
  2. Nama lokal: Dawlat al-Kuwait
  3. Ibu kota: Kuwait
  4. Lagu kebangsaan: An-Našid al-Waṭanī (National Anthem)
  5. Bentuk pemerintahan: Monarkhi Konstitusional
  6. Sistem pemerintahan: Monarkhi Konstitusional
  7. Hari kemerdekaan: 19 Juni 1961 (dari Inggris)
  8. Hari nasional: 25 Februari 1950
  9. Kepala negara: Emir Sabah al-Ahmad al-Jabir al-Sabah (sejak 29 Januari 2006)
  10. Kepala pemerintahan: Perdana Menteri Jabir Al-Mubarak al-Hamad al-Sabah (sejak 30 November 2011)
  11. Badan legislatif: Majlis al-Ummah
  12. Bahasa nasional: Arab
  13. Agama: Islam 74.6%, Kristen 18.2%, Hindu, Buddha, Sikh, Baha’i
  14. Etnis: Kuwait 30.4%, Arab 27.4%, Asia 40.3%, Afrika 1%, etnis lainnya 0,9% (includes European, North American, South American, and Australian)
  15. Mata uang: Dinar Kuwait (KWD)
  16. Kode telepon: 965

D. Jumlah Penduduk Kuwait

Jumlah penduduk Kuwait pada Juni 2019, jumlah penduduk Kuwait adalah 4.651.009 orang yang terdiri dari 1.416.495 WN Kuwait (30,45%) dan 3.234.514 WNA (69,55%). Penduduk WNA di Kuwait berasal dari negara-negara di Timur Tengah (1.263.426 orang), Asia (1.885.913 orang), Afrika (54.306 orang), Eropa (17.198 orang), Amerika Utara (19.274 orang), Amerika Selatan (1.838 orang) dan Australia (1.559 orang).

Mayoritas penduduk Kuwait beragama Islam sebanyak 74.6%, agama Kristen 18.2%, dan agama lainnya 7%. Agama Islam kemudian menjadi agama resmi. Agama Islam Suni sekitar 60-65% dan agama Islam Syiah sekitar 35-40%. Kuwait menjadi negara yang memiliki penduduk lokal dengan kewarganegaraan. Oleh sebab itu, Kuwait memiliki komunitas ekspatriat Kristen, Hindu, Buddha, dan Sikh.

Bahasa Arab menjadi bahasa resmi Kuwait. Penggunaan bahasa Arab Standar Modern hanya terbatas pada jurnalisme dan pendidikan. Arab Kuwait adalah bahasa yang digunakan oleh penduduk di Kuwait dalam kehidupan sehari-hari. 

Selain bahasa Arab, bahasa Inggris juga sering digunakan sebagai bahasa perdagangan. Bahasa ketiga yang digunakan adalah bahasa Perancis sering digunakan oleh mahasiswa humaniora.

Faktor imigrasi membuat bahasa Arab Kuwait banyak meminjam kata dari bahasa Persia, India, Turki, Inggris, dan Italia. Bahasa Kuwait juga digunakan diantara Ajam Kuwaitis. Sub-dialek Iran dari Larestani, Khonji, Bastaki, dan Gerashi juga mempengaruhi kosakata bahasa Arab Kuwait.

E. Pariwisata dan Fakta Menarik Kuwait

Kuwait berada di kawasan Timur Tengah membuat banyak tempat wisata memukau di dalamnya.  Mulai dari tempat wisata modern hingga tempat wisata yang kaya akan budaya tradisional Kuwait. Berikut adalah beberapa destinasi wisata yang ada di Kuwait:

1. Kuwait Tower

Kuwait tower merupakan bangunan ikonik Kuwait. Saat berada disini, kalian dapat melihat keseluruhan Kuwait. Kuwait Tower dibuka dari jam 09.00 hingga 23.30. Disekitarnya wilayah tersebut juga terdapat beberapa restoran yang menyajikan beberapa makanan khas Kuwait. 

2. Grand Mosque

Grand Mosque menjadi masjid terbesar hingga menjadi pusat kegiatan agama Islam. Masjid ini selesai dibangun pada 1980. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga dibuka untuk wisatawan dan telah tersedia pemandu yang akan menjelaskan kepada pengunjung mengenai sejarah masjid dan agama Islam di Kuwait.

3. Museum Nasional Kuwait

Di dalam Museum Nasional Kuwait dipaparkan sejarah awal kehidupan Kuwait di masa lampau hingga pembagian wilayah Kuwait. Museum ini dapat diakses secara gratis sehingga memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung.

4. House of the Mirrors

House of Mirrors merupakan rumah yang semua interiornya menggunakan kaca. Karena keunikannya itu membuat House of Mirrors menjadi objek wisata populer di Kuwait. Rumah ini sebenarnya merupakan tempat tinggal seniman asal italia bernama Lidia dan suaminya berkebangsaan Kuwait yang telah meninggal. Saat hendak mengunjungi rumah ini tentunya harus membuat janji dulu dengan Lidia. Kemudian Lidia akan menemani berkeliling dan mengobrol diteman dengan teh dan kue-kue yang enak.

5. Moubarakiyya

Saat berkunjung ke Moubarakiyya kalian dapat menemukan otentisitas Kuwait lebih tardisional.  Di sini banyak penjual yang menjajakan bumbu, daging, ikan, dan beberapa souvenir dengan harga yang terjangkau. Selain itu, tersedia juga makanan ala Lebanon hingga Mesir dengan harga ramah di kantong.

Selain tempat wisata, terdapat beberapa fakta unik tentang Kuwait yang jarang diketahui seperti:

  1. Kuwait berasal dari bahasa Arab yaitu Kut yang artinya benteng
  2. Kuwait merupakan negara dengan pendapatan tertinggi di dunia
  3. Di Kuwait terdapat menara Al-Hamra yang menjadi negara tertinggi ke-32 di dunia
  4. Sulabiya menjadi tempat pembuangan ban bekas terbesar di dunia. Terdapat sekitar 7 juta ban bekas yang bahkan dapat dilihat dari luar angkasa
  5. Untuk memenuhi kebutuhan pangan, Kuwait mengandalkan impor dari negara-negara lain
  6. Harga minyak jauh lebih murah dibandingkan harga air

F. Iklim dan Cuaca

Di Kuwait terdapat dua musim yaitu musim panas dan musim dingin. Saat musim dingin cuacanya cenderung panas terik dan kering. Sedangkan saat musim dingin cuacanya cenderung dingin dan berangin. Dalam satu tahun, suhu bervariasi mulai dari 8° C hingga 46° C dan jarang di bawah 4° C atau di atas 48° C.

Saat musim panas, terjadi selama 4 bulan mulai dari 22 Mei sampai 25 September dengan suhu tertinggi harian rata-rata harian di atas 40° C. Bulan terpanas dalam satu tahun terjadi di bulan Juli dengan rata-rata suhu terendah 46° C dan tertinggi 31° C.

Saat musim dingin, terjadi selama 4 bulan mulai dari 26 November sampai 5 Maret dengan suhu tertinggi harian rata-rata harian di bawah 24° C. Dalam satu tahun, bulan terdingin terjadi di bulan Januari dengan suhu rata-rata terendah 8° C dan tertinggi 18° C.

G. Sumber Daya Alam

Kuwait merupakan negara yang memiliki cadangan minyak dan gas alam yang besar. Total cadangan minyak yang dimiliki adalah 96,8 miiar barel. Hal ini membuat cadangan minyak Kuwait berada diurutan ke-6 di dunia.

Cadangan gas alam yang dimiliki sebesar 1.498 triliun meter kubik. Kuwait memiliki sumber air bersih di Al-Rawdatayn dan Al-Shiqāyā. Akan tetapi kedua sumber air tersebut tidak mencukupi kebutuhan air bersih nasional. Untuk menyukupi kebutuhan air, maka pemerintah Kuwait melakukan penyulingan air laut.

Sebanyak lima daerah di Kuwait terdaftar sebagai area dilindungi dan masuk International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN). Kuwait juga menjadi bagian dari Ramsar Convention tepatnya di Pulau Bubayan Mubarak al-Kabeer. Luas area tersebut sekitar 50.948 sehingga menjadi tempat yang tepat untuk burung-burung bermigrasi dan berkembang biak khususnya burung crab-plover. 

H. Sistem Ekonomi

Kuwait menjadi negara kaya dengan pendapatan per kapitanya mencapai US$ 65.800 dengan pendapatan domestik bruto sebesar US$ 289,7 miliar pada tahun 2017. Perekonomian utama Kuwait berasal dari industri perminyakan dan gas, petrokimia, serta industri semen. Kuwait juga menjadi penghasil minyak bumi terbesar di dunia dengan jumlah produksi mencapai 2,562 juta barel per hari. 

Pelabuhan Kuwiat menjadi salah satu pelabuhan terbesar di kawasan Timur Tengah. Pelabuhan ini sering dilalui oleh kapal-kapal barang dari berbagai dunia yang sering melakukan bongkar muat barang. Salah satunya yaitu Pelabuhan Mina Al-Ahmadi menjadi pelabuhan yang melakukan pengurusan ekspor minyak.

I. Sistem Pemerintahan

Sistem pemerintahan Kuwait adalah Monarkhi Konstitusional. Sistem ini memiliki kepala negara seorang Sultan atau Raja (di Kuwait disebut dengan Emir) yang dipilih seumur hidup oleh anggota keluarganya. Sedangkan kepala pemerintahannya merupakan seorang perdana menteri yang dipiloh langsung oleh Emir. 

Kuwait sebagai negara konstitusi memiliki badan legislatif yang disebut dengan Majelis Nasional. Majelis Nasional terdiri dari 65 kursi dengan masa jabatan selama 4 tahun. Tugasnya yaitu membuat Undang-Undang dan mengawasi kabinet pemerintahan. Parlemen memiliki hak untuk bertanya dan interpelasi serta mengajukan mosi tidak percaya terhadap menteri.

J. Kerjasama Kuwait dan Indonesia

Tahun 2019, Indonesia dan Kuwiat melakukan Sidang Komisi Bersama (Joint Ministerial Committee) dan melakukan empat penandatangan perjanjian yaitu MoU Fasilitas Bebas Visa Kunjungan Singkat bagi Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas, Kerjasama di Bidang Riset dan Pendidikan Tinggi, Kerjasama Pengembangan Minyak dan Gas, dan Kerjasama Peningkatan Kapasitas Diplomatik.

Di bidang ekonomi, nilai perdagangan tahun 2019 mencapai USD 468.352 juta atau naik sekitar 32.14% dibandingkan tahun 2018 yang mencapai USD 354.429 juta. Oleh sebab itu, untuk tahun 2020-2024, KBRI Kuwait menyiapkan berbagai  format kegiatan yang akan melibatkan pemerintah, akademisi, pengusaha, BUMN  kedua negara untuk mendukung diplomasi ekonomi yang menjadi prioritas Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Indonesia membuka investasi di berbagai bdiang di Kuwait. Pemerintah Indonesia melakukan reformasi dan strategi untuk menghadapi kondisi atau tantangan ekonomi global. Saat ini, Pemerintah Indonesia juga sudah berada di tahap finalisasi Omnibus Law Perpajakan dan Ketenagakerjaan sebagai daya tarik kemudahan berinvestasi di Indonesia.

Peluang investasi di Indonesia tersebar mulai dari sektor pengolahan sumber daya alam hilir dan green economy. Kegiatan utama investasi meliputi infrastruktur, pertnian, industri petrokimia, industri makanan dan minuman, perikanan, pariwisata, dan digital ekonomi. 

REFERENSI

  • Ika Lestari (2020). “Negara Kuwait: Karakteristik – Penduduk – Ekonomi”. https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/negara-kuwait
  • Dickson (2022). “Profil Negara Kuwait”. https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-kuwait/
  • Kemlu RI. (2018). “Profil Negara Kuwait”. https://kemlu.go.id/kuwaitcity/id/pages/profil_negara_kuwait/1585/etc-menu
  •  Kompas. (2021). “28 Agustus dalam Sejarah: Irak Resmi Caplok Kuwait Pada 1990”. https://www.kompas.com/global/read/2021/08/28/142951070/28-agustus-dalam-sejarah-irak-resmi-caplok-kuwait-pada-1990?page=all
  • Semut Belang. (2020). “Profil dan Informasi Tentang Negara Kuwait”. https://semutaspal.com/kuwait/
  • Alo Wisata. (2020). “8 Tempat Wisata di Kuwait yang Wajib Dikunjungi Wisatawan”. https://alowisata.com/tempat-wisata-di-kuwait
  • Weatherspark. (2022). “Iklim dan Cuacara Rata-Rata Sepanjang Tahun di Kota Kuwait”. https://id.weatherspark.com/y/104331/Cuaca-Rata-rata-pada-bulan-in-Kota-Kuwait-Kuwait-Sepanjang-Tahun
  • Kemlu RI (2020). “Duber RI Jabarkan Peluang Kerja Sama RI-Kuwait ke Media Loka”. https://kemlu.go.id/kuwaitcity/id/news/4800/dubes-ri-jabarkan-peluang-kerja-sama-ri-kuwait-ke-media-lokal

*Penulis: Nabila Salsa Bila