Profil Negara Perancis

Paris kota yang terkenal dengan julukan City of Love, karena ke romantisannya merupakan ibukota dari negara Perancis. Berbicara Perancis, yang akan terlintas di kepala kita semua pasti ketenarannya di bidang pariwisata dan seninya. Bangunan-bangunan ikonik seperti menara Eifel hingga Le Pont Des Arts menjadi daya tarik negara Perancis untuk dikunjungi. Ketenarannya di bidang seni terutama fashion menjadikannya rumah fashion dari seluruh negri. 

Profil Negara Perancis

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak profil negara Perancis, salah satu negara di benua Eropa ini, lengkap dengan berbagai informasi menarik seputar negara Perancis. 

PROFIL UMUM

Nama Resmi: Republik Perancis

Presiden: Emmanuel Macron

Perdana Menteri: Élisabeth Borne

Luas Wilayah: 557.670 KM2

Populasi (2022 est): 65.823.000

Ibu Kota: Paris

Bahasa: Perancis

Etnis/ ras: Perancis 76,9%, Algerian dan moroccan 2.2%, Itali 1.9%, Portugis 1.5%, Moroccan Arab 1.5%, Fleming 1.4%, Alegerian arab 1.3%, Basque 1.3%, Jewish 1.2%, Lainnya 10.8% 

Agama: Kristen 64.5%, Muslim 8.0%, Atheis 25.5%, lainnya 2.0% .

BENDERA

Bendera Negara Perancis

Bendera Perancis yang ditetapkan sebagai tricolore sebagai bendera Nasional pada 15 Februari 1794 atas rekomendasi pelukis Jacques-Louis David. Bendera tricolore (Three- Colour) berasal dari penyatuan pada saat revolusi Perancis, dari warna Raja (putih), dan kota Paris (Biru dan merah).

LAMBANG NEGARA

Lambang Negara Perancis
Foto: frenchmoments.eu/wp-content/uploads/2015/05/Armoiries-de-France.jpg

Lambang Perancis ini merupakan simbol yang telah digunakan sejak tahun 1953. Awal mula dari lambang ini karena adanya permintaan dari PBB untuk salinan nasional dari semua negara anggota yang digunakan untuk menghiasi aula pertemuan.  Meskipun simbol ini tidak memiliki status legal sebagai lambang resmi, lambang ini digunakan di sampul paspor Perancis di samping kata-kata Union Européenne dan République Française. Lambang ini terdiri dari sebuah perisai lebar yang dikelilingi oleh kepala singa dan elang. Perisai tersebut terdapat tulisan RF yang merupakan singkatan dari République Française. 

Cabang zaitun melambangkan perdamaian. Cabang pohon ek melambangkan keabadian atau kebijaksanaan. Fasces atau kapak kuno yang berada di tengah lambang merupakan simbol mengenai pelaksanaan keadilan (French Moment, n.d.).

PETA

GEOGRAFI

Perancis merupakan negara terbesar ketiga di Eropa setelah Rusia dan Ukraina, wilayah Perancis terdiri dari dataran, perbukitan yang landai, dan pegunungan. Dataran yang luas meliputi sebagian besar utara dan barat Perancis dari perbatasan Belgia di timur laut ke Bayonne di barat daya, kemudian dataran tinggi berada di wilayah Normandia, Brittany paling timur. 

Dataran besar dibatasi oleh pegunungan Pyrénées yang menanjak tajam, di bagian tenggara terdapat dataran tinggi dengan pegunungan Massif Central dan di bagian timur oleh pegunungan Alpen yang terjal, pegunungan rendah Jura, dan Puncak-puncak bundaran Vosges yang berhutan lebat. Terdapat sungai utama yaitu Rhone di selatan, Loire dan Garonne di barat, Seine di utara, dan Rhine yang berada di perbatasan timur Perancis dan Jerman.

IKLIM 

Perancis terbagi menjadi beberapa zona iklim, sebagian besar negara Perancis memiliki iklim maritim sedang yang berarti memiliki kondisi yang dingin di musim dingin, panas ringan di musim panas dan curah hujan yang tersebar sepanjang tahun. Perancis bagian selatan dan barat daya memiliki iklim Mediterania yang berarti musim dingin yang sejuk dan musim panas yang panas. 

Bagian timur wilayah Perancis atau wilayah pesisirnya merupakan wilayah tercerah di Perancis dengan lebih dari 320 jam sinar matahari di bulan Juli yang merupakan puncak dari musim panas. Rata-rata suhu musim panas di Perancis adalah  di atas 22°C, dan dibawah 10°C di musim dingin. 

FLORA DAN FAUNA

Flora dan Fauna di Perancis sangat beragam seperti kondisi iklimnya, di wilayah Perancis utara dan tengah terdapat hutan ek, beech, pinus, birch, poplar, dan willow. Wilayah utara juga terdapat tanaman seperti broom, gorse, pakis, dan heather. Di wilayah selatan terdapat pohon cemara, pohon ek, lavender, cistus dan heather. 

Adanya peningkatan kegiatan pertanian dan industri menyebabkan terjadinya kerusakan ekosistem yang menyebabkan berkurangnya keragaman satwa liar di Perancis. Akan tetapi masih terdapat daerah khusus yaitu, wilayah perbukitan di bagian selatan Perancis yang juga merupakan cagar alam dimana masih dapat ditemukan satwa liar. 

Di taman Pyrenees barat dapat ditemukan beruang coklat, dan chamois. Di wilayah pegunungan Alpen terdapat serigala, alpine ibex atau kambing liar yang hidup di wilayah pegunungan. Marmut alpine yang merupakan salah satu satwa langka juga dapat ditemukan di wilayah gunung Alpen. Beruang coklat dan lynx prenees yang langka juga menghuni daerah tinggi di pegunungan Alpen. 

SEJARAH SINGKAT

1789, Revolusi Perancis Mengakhiri kekuasaan monarki yang telah ada sejak abad ke-9, kemudian diikuti dengan pembentukan Republik pertama.

1799, Napoleon Bonaparte memimpin kudeta untuk menggulingkan pemerintah dan mengkonsolidasikan posisi dengan konstitusi baru.

1804-1814, Napoleon menobatkan dirinya sebagai kaisar pertama di kekaisaran Perancis. Pada periode ini keberhasilan militer Perancis membuat sebagian besar wilayah di benua Eropa di bawahan kendali Perancis. 

1815, Napoleon dikalahkan dalam pertempuran Waterloo, kemudian monarki didirikan kembali

1848, Jatuhnya masa kekuasaan Raja Louis-Philippe. Louis-Napoleon yang merupakan keponakan Napoleon Bonaparte memproklamirka dirinya sebagai presiden Republik Kedua. 

1852-1870, Louis-Napoleon mengambil gelar Napoleon III di kekaisaran Kedua. 

1870-1871, Perang Perancis-Prusia, berakhir dengan kekalahan Perancis, dan berakhirnya Kekaisaran kedua, Republik Ketiga berlangsung hingga 1940.

1877, Partai Republik memenangkan pilihan umum yang kemudian mengakhiri harapan kebangkitan monarki. 

1914-1918, Perang Dunia I, 1,3 juta warga Perancis terbunuh dan banyak lagi yang terluka pada akhir perang.

1918, Serangan Inggris-Perancis yang didukung oleh pasukan Amerika memaksa Jerman melakukan gencatan senjata pada 11 November.

1919, Perjanjian Perdamaian Versailles.

1936-1938, Bangkitnya aliansi kekuatan sayap kiri

1939-1945, Perang Dunia II. Jerman menduduki sebagian besar wilayah Perancis. Kebangkitan perlawanan Perancis. 

1944, Pasukan sekutu mendarat di Normandia yang kemudian dipimpin oleh De Gaulle untuk pembebasan Perancis.

1946, De Gaulle mengundurkan diri sebagai presiden sementara, lalu digantikan oleh sosialis Felix Gouin.

1946-58, Republik Keempat ditandai dengan reekonstruksi ekonomi dan dimulainya proses kemerdekaan bagi koloni Perancis.

1958, De Gaulle kembali berkuasa dan kembali mendirikan Republik kelima dengan kepresidenan yang lebih kuat.

1968 Mei, Pemberontakan mahasiswa terhadap kebijakan pemerintah dan kurangnya reformassi sosial berujung dengan adanya aksi pemogokan nasional. 

1969, De Gaulle turun jabatan, yang kemudian digantikan oleh Georges Pompidou sebagai Presiden terpilih.

1974, Pompidou meninggal, digantikan oleh Valery Giscard d’Estaing.

1981, Kandidat sosialis Francois Mitterand terpilih sebagai Presiden.

1986, Terpilihnya Jacques Chirac sebagai perdana menteri.

1988, Mitterrand terpilih kembali sebagai Presiden.

1992, Perancis menandatangani Perjanjian Maastricht mengenai Uni Eropa.

1995, Jacques Chirac terpilih sebagai presiden, dengan menjabatnya Jacques Chirac maka berakhilah masa kepresidenan sosialis yang telah berjalan selama 14 tahun di Perancis.

EKONOMI 

Perancis merupakan negara dengan ekonomi terbesar kelima di dunia dan mewakili sekitar seperlima dari Produk Domestik Bruto (PDB) di kawasan Euro. Sektor jasa berperan menjadi kontributor utama bagi perekonomian negara, dengan lebih dari 70% PDB yang berasal dari sektor ini. 

Jerman yang merupakan mitra dagang Perancis menyumbang lebih dari 17% ekspor Perancis dan 19% total impor. Ekspor utama Perancis adalah mesin dan pelatan transportasi. Sedangkan impor utama meliputi mesin, mobil, dan minyak mentah. Perancis juga merupakan negara yang paling banyak dikunjungi di dunia, menjadikan pariwisata sebagai sektor yang menonjol dalam perekonomian. 

POLITIK

Perancis merupakan negara berbentuk Republik yang menerapkan model pemerintahan sering disebut sebagai hybrid system. Pemerintahan ini menerapkan sistem semi presidensial uniter dengan demokrasi. Perancis yang memiliki sistem pemerintahan presidensial ini terdapat dua pemimpin eksekutif yang memiliki peran masing-masing. 

Presiden sebagai kepala negara yang dipilih pada pemilihan warga Perancis dewasa yang telah memiliki hak pilih dan akan menjabat selama 5 tahun. Kemudian Presiden terpilih akan memilih secara langsung Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan yang berperan sebagai pemimpin lembaga eksekutif.  

Lembaga legislatiif menggunakan sistem parlemen bikameral yang terdiri dari Majelis nasional dan senat. Majelis nasional mewakili konstituensi lokal yang kemudian dipilih secara langsung dan menjabat selama lima tahun. Majelis Nasional memiliki wewenang kuasa untuk meminta pertanggungjawaban kepada Perdana Menteri dan kabinetnya. 

Majelis Nasional juga dapat menjatuhkan Perdana Menteri dari jabatannya melalu mosi, akan tetapi Majelis Nasional tidak dapat memecat Presiden. Senator dipilih oleh dewan pemilih dengan sistem tidak langsung melalui electoral collage. 

SOSIAL BUDAYA

Ragam etnis dapat ditemui di Perancis, Imigrasi menjadi salah satu faktor utama penyumbang ragam etnis di Perancis. Perancis merupakan negara penerima imigran dari wilayah Timur Tengah dan Afrika, imigran tersebut kemudian menetap di Perancis. Peperangan dan masa penjajahan yang panjang juga menjadi salah satu alasan dalam ragam etnik di Perancis. 

Pada sejarahnya Perancis merupakan negara yang memiliki perkembangan budaya yang pesat terutama di bidang seni. Hal tersebut dapat dilihat dari peninggalan monumen bersejarah, galeri seni dan Museum. Paris juga dikenal sebagai rumah fashion yang sering dikenal sebagai Haute Couture. 

Haute Couture merupakan predikat yang hanya bisa didapatkan di Perancis kepada desain-desain gaun melalui pengesahan dari Le Chambre Syndicale de La Haute Couture di Paris. Dengan mendapatkan label tersebut perancang busana dianggap menghasilkan karya yang unik dengan desain yang berkualitas. 

HUBUNGAN BILATERAL PERANCIS-INDONESIA

Hubungan bilateral Perancis-Indonesia telah terjalin sejak bulan September 1950 dan hingga saat ini jalinan kerjasama yang ada meningkat di berbagai sektor. Kerja sama tersebut dapat dilihat dari sejumlah kegiatan yang dilakukan oleh antar pejabat negara melalui kegiatan dialog dan saling kunjung. 

Pada tahun 2011, kedua negara sepakat menjalin kemitraan strategis pada saat kunjungan resmi Perdana Menteri François Fillon, yang difokuskan pada lima bidang kerjasama, yaitu: 1.) Perdagangan dan investasi, 2.) industri, 3.) Pendidikan, 4.) penanganan dampak perubahan iklim, 5.) dan sosial budaya. 

Kerjasama kemitraan strategi ini berjalan dengan baik. Pada bulan Maret 2017 Presiden François Hollande kembali melakukan kunjungan ke Jakarta untuk pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo. Pada pertemuan ini kedua Presiden sepakat untuk menguatkan kerjasama bilateral khususnya di bidang ekonomi kreatif, pendidikan, maritim, energi, pembangunan kota berkelanjutan, pertahanan, serta infrastuktur.

DAFTAR PUSTAKA

  • BBC. (2019). France profile - Timeline. https://www.bbc.com/news/world-europe-17299605
  • Country Reports. (n.d.). France Geography. https://www.countryreports.org/country/france/geography.htm
  • Expatica. (2022). The French government and political system. https://www.expatica.com/fr/living/gov-law-admin/french-government-107814/
  • FOCUSECONOMIC. (2022). France Economic Outlook. https://www.focus-economics.com/countries/france
  • France Diplomacy. (n.d.). The French Flag. https://www.diplomatie.gouv.fr/en/coming-to-france/france-facts/symbols-of-the-republic/article/the-french-flag
  • French Moment. (n.d.). Coat of Arms of the French Republic. https://frenchmoments.eu/coat-of-arms-of-the-french-republic/
  • KEDUBES Indonesia-Paris Prancis. (n.d.). Hubungan bilateral Prancis - Indonesia. https://kemlu.go.id/paris/id/pages/prancis-indonesia_/624/etc-menu
  • Sciencing. (n.d.). Native Plants & Animals of France. https://sciencing.com/native-plants-animals-of-france-12329579.html
  • Syaefudin, D. M., & Etc. (2019). SEJARAH PRANCIS.
  • Weather and Climate. (n.d.). Climate in France. https://weather-and-climate.com/average-monthly-Rainfall-Temperature-Sunshine-in-France
  • Weather Spark. (n.d.). Iklim dan Cuaca Rata-Rata Sepanjang Tahun di Paris. https://id.weatherspark.com/y/47913/Cuaca-Rata-rata-pada-bulan-in-Paris-Prancis-Sepanjang-Tahun

*Penulis: Anlika Dwi Sekar Agustini