Profil Negara Hungaria

Hungaria merupakan negara yang terletak di bagian Eropa Tengah, dan berbatasan dengan Austria, Kroasia, Romania, Serbia, Slovakia, Slovenia, dan ukraina. Negara yang beribukota di Budapest ini merupakan negara unik karena berbicara dengan bahasa yang tidak memiliki hubungan dengan bahasa mayoritas di Eropa. Hungaria memiliki spa dan pemandian air panas yang besar yang juga telah menjadi salah satu ciri khas Hungaria. 

Untuk mengenal lebih jauh negara Hungaria. Mari kita simak profil negara ini, lengkap dengan berbagai informasi menarik seputar negara Hungaria. 

Profil Negara Hungaria

PROFIL UMUM HUNGARIA

Nama Resmi: Hungaria
Presiden: János Áder
Perdana Menteri: Viktor Orbán
Luas Wilayah: 93,025 Km2
Populasi (2022 est):  9,705,000

Ibu Kota: Budapest
Bahasa: Hungaria
Etnis/ ras:  Hungaria 83.7%, Gipsy 3.1%, Jerman 1.3%, lainnya 11.9%.
Agama: Katolik Roma 37.1%, Reformasi Gereja Hungaria 11.6%, Lutheran 2.2%, Katolik Yunani 1.8%, Kristen ortodoks 1.4%, Lainnya 45.9%. 

BENDERA

Bendera Negara Hungaria

Bendera Hungaria secara resmi diadopsi pada 23 Mei 1957, terdiri dari tiga warna horizontal, yaitu merah, putih, dan hijau. Bendera dengan tiga warna ini telah ada sejak 1608 selama upacara penobatan Mathias II dari Hungaria dan kemudian penobatan pemimpin lainnya.

Katiga warna tersebut juga berasal dari abad ke-13 dan sudah umum digunakan oleh para raja Hungaria. Warna merah pada bendera Hungaria memiliki makna kekuatan, putih melambangkan kesetiaan, dan hijau melambangkan harapan. 

LAMBANG NEGARA

Lambang negara Hungaria

Lambang negara Hungaria telah ada sejak abad pertengahan, kemudian lembang tersebut secara resmi dipulihkan sebagai lambang nasional pada 3 Juli 1990 setelah kekuasaan komunis berakhir. Lambang terdiri dari perisai yang terbelah menjadi dua bagian, dan mahkota suci diletakaan diatasnya. 

Sisi kanan perisai berisi salib ganda dengan mahkota emas kecil yang berada di atas tiga bukit hijau. Perbukitan tersebut mewakili Tatra, Matra dan Fatra. Pada sisi kiri terdapat garis merah dan perak dengan jumlah masing-masing empat.

GEOGRAFI

Hungaria adalah negara yang berada di Eropa tengah dengan luas wilayah 93. 025 km2. Hungaria berbatasan dengan tujuh negara yaitu Slovakia di utara, Ukraina di timur laut, Romania di timur, Serbia dan Kroasia di selatan, Slovenia di barat daya dan Austria di barat. Wilayah Hungaria sebagian besar adalah dataran yang mencakup sekitar 56% dari keseluruhan luas wilayah. 

Wilayah perbukitan dan pegunungan rendah dapat dijumpai di daerah bagian utara di sepanjang perbatasan Slovakia. Titik tertinggi Hungaria adalah Perbukitan Matara yaitu Gunung Kekes dengan ketinggian 1.015 m. Titik terendah wilayah selatan Hungaria berada di sepanjang sungai Tisza  dengan 77.6 m di atas permukaan laut. 

IKLIM 

Hungaria yang terletak di cekungan Carpathian menyebabkan negara ini memiliki iklim kontinental yang cukup kering. Suhu tahunan rata-rata sekitar 10°C. Pada bulan Januari suhu rata-rata berkisar 4°C hingga 0°C dan pada pertengahan bulan Juli tercatat suhu rata-rata sekitar 18°C hingga 23°C. 

Suhu ekstrem yang pernah tercatat di Hungaria adala 43°C di musim panas dan -34°C di musim dingin. Pada dataran rendah curah hujan umumnya berkisar antara 20 hingga 24 inci dan meningkat menjadi 24 hingga 31 inci pada ketinggian yang lebih tinggi. 

FLORA DAN FAUNA

Hungaria memiliki tiga wilayah ekologi utama. Dataran besar Hungaria adalah padang rumput yang menutupi bagian tengah dan timur Hungaria. Di utara dataran adalah pegunungan yang disebut perbukitan utara. Wilayah perbukitan di sebelah barat sungai Danube dikenal sebagai Transdanube. 

Beberapa spesies menghuni dataran besar Hungaria, spesies yang biasa ditemui adalah rusa roe, babi hutan, rubah merah, domba mouflon, dan burung elang serta bustard besar. Hungaria juga memiliki Taman Nasional Hortobagy yang diciptakan untuk melindungi spesies dan habitatnya. PBB menetapkan Hortobagy menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1999.

Aktivitas manusia di Hungaria selama berabad-abad telah menghancurkan vegetasi alami yang ada. Hanya sekitar setengah dari tanah yang dibudidayakan secara teratur, dan sekitar seperenam digunakan untuk tujuan non pertanian. Sisanya terdiri dari padang rumput dan hutan. Tidak ada bagian dari negara ini yang memiliki ketinggian yang cukup untuk mendukung pertumbuhan hutan konifer alami. Beech merupakan salah satu spesies yang ditemukan di ketinggian tertinggi. Hutan ek dapat ditemukan di wilayah padang rumput yang berada di daerah dataran tinggi.  

SEJARAH

Suku pertama yang menempati wilayah Hungaria adalah suku Magyar yang kemudian menetap di Hungaria modern pada abad ke-9. Mereka membangun masyarakat yang berkembang pesat, pada tahun 1241 wilayah Hungaria hampir runtuh karena adanya serbuan pejuang Asia timur atau yang sering disebut Mongol dan kemudian menghancurkan wilayah tersebut. Magyar memaksa Mongol keluar akan tetapi kembali diserang pada tahun 1285.

Setelah mengalahkan Mongol untuk kedua kalinya, Hungaria memulai perseteruan selama berabad-abad dengan kekaisaran Ottoman. Pada tahun 1299 Kekaisaran Ottoman memerintah sebagian besar Eropa Timur dan Timur tengah selama lebih dari 600 tahun. 

Turki Ottoman kemudian menaklukan Hungaria pada tahun 1541 dan menguasai wilayah Hungaria sampai tahun 1699, dan kemudian diusir oleh Autria. Austria kemudian memerintah Hungaria selama bertahun-tahun. Kemudian diikuti dengan bergabungnya kekaisaran Austro-Hungaria sebagai mitra setara pada tahun 186. Pada tahun 1918 setelah Perang Dunia I kekaisaran tersebut bubar.

Hungaria bertempur bersama kekuatan poros Jerman, Italia, dan Jepang dalam Perang Dunia II dari tahun 1940 hingga 1945. Uni Soviet kemudian menduduki Hungaria selama tahun terakhir Perang Dunia II. Hal tersebut menjadikan Komunis memerintah Hungaria hingga pada tahun 1990, dimana Hungaria mengadakan pemilihan demokratis pertamanya. 

EKONOMI

Hungaria merupakan negara dengan ekonomi yang berpenghasilan tinggi dengan indeks pembangunan manusia yang sangat tinggi dan tenaga kerja yang terampil. Menurut IMF dari 188 negara Hungaria merupakan negara dengan ekonomi terbesar ke 57 di dunia, dan menempati peringkat ke-49 di dunia dalam pendapatan PDB perkapita. Pada tahun 2021 Hungaria memilki PDB sebesar 325 miliar USD. 

Hungaria memiliki ekonomi pasar yang berorientasi pada ekspor, sehingga Hungaria menjadi negara ekonomi ekspor tebesar ke 36 di dunia. Sektor jasa menjadi penyumbang sebesar 55.2% dari PDB dan perannya bagi perekonomian Hungaria terus berkembang karena investasi konstan dalam transportasi dan jasa lainnya.

Sektor industri menyumbang sekitar 26.43% bagi PDB Hungaria, Sektor utama industri Hungaria adalah industri berat. Adapun Industri tersebut antara lain pertambangan, metalurgi, produksi mesin dan baja. Industri yang paling dikenal dari Hungaria adalah mesin yang diikuti oleh industri kimia seperti produksi plastik, dan farmasi. 

Sektor pertanian menyumbang sekitar 3.32% bagi PDB Hungaria. Adapun hasil pertanian dari Hungaria adalah gandum, jagung, bunga matahari, kentang, bit gula, kanola, dan berbagai macam buah-buahan. (O’Neill, 2022) (Trading Economics, n.d.) (Global Tender, n.d.)

POLITIK

Hungaria merupakan negara Parlemen Republik, dengan Presiden sebagai Kepala Negara. Presiden merupakan badan eksekutif yang dipilih setiap lima tahun sekali oleh Majelis Nasional dan harus memiliki dua pertiga suara legislatif dalam dua putaran pertama atau mayoritas di putaran ketiga. Presiden memiliki peran seremonial dan berfungsi sebagai panglima tertinggi.

Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan merupakan badan eksekutif, yang dipilih setiap empat tahun sekali dan dipilih oleh Majelis Nasional dengan rekomendasi dari Presiden. Perdana Menteri bertugas untuk memilh kabinet dan juga memiliki hak untuk memberhentikan mereka.

Badan legislatif Hungaria memiliki sistem unikameral atau satu kamar dan sering disebut Majelis Nasional. Terdiri dari 176 anggota yang dipilih dalam konstituensi tunggal, 152 anggota dan menjabat selama empat tahun dan memiliki peran sebagai penyusun dan menyetujui undang-undang yang telah disetujui oleh perdana Menteri. 

SOSIAL BUDAYA

Musik merupakan bagian penting bagi budaya Hungaria, terutama musik rakyat tradisional. Musik tradisional Hungaria biasanya berdasarkan petani di pedesaan musik dan memiliki tema seperti kegembiraan, kesedihan, cuaca, bahkan pertanian. Hungaria memiliki sejarah musik klasik yang kaya, Béla Bartók dan Franz Liszt merupakan dua komposer terhebat di negara ini.

Hungaria juga merupakan tempat kelahiran banyak orang terkenal. Seperti Erno Rubik yang merupkan pamatung dan profesor, yang juga menemukan kubus rubik pada tahun 1974. Negara dengan ibukota Budapest ini juga merupakan negara yang memiliki 13 pemenang Nobel. 

PENDIDIKAN

Hungaria memiliki usia wajib pendidikan yaitu usia 6 hingga 16 tahun. Anak-anak di bawah usia enam tahun biasanya telah masuk ke taman kanan-kanak sebelum masuk sekolah dasar secara resmi. Pada usia 6 tahun anak-anak akan masuk ke sekolah dasar hingga usia 14 tahun. 

Pada usia 14 tahun mereka akan melanjutkan ke sekolah menengah, baik sekolah yang dikhusukan untuk studi akademi maupun sekolah kejuruan. Studi lebih lanjut dapat dipilih oleh murid yang ingin melanjutkan studinya dengan harus melewati ujian yang kompetitif. 

KERJASAMA HUNGARIA-INDONESIA

Hungaria dan Indonesia telah memiliki hubungan diplomatik sejak tahun 1955, hubungan tersebut masih berjalan baik dan dapat dilihat dari adanya beberapa kerja sama di beberapa bidang. 

Pada bidang ekonomi mengingat Indonesia dan Hungaria merupakan negara dengan ekonomi digital yang menjanjikan, Hungaria dan Indonesia melakukan peluncuran website HUNINDOTECH 3.0 pada tahun 2022. 

Adanya website tersebut diharapkan untuk menjadi wadah bagi para profesional, pengusaha, dan investor bagi sektor digital. Selain itu, adanya kerja sama digital juga untuk meningkatkan keamanan siber, fintech, dan teknologi medis. Kerja sama ini juga merupakan peluang pengunaan teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk mempercepat pemulihan ekonomi serta kemudahan interaksi selama pandemi covid-19. 

Hungaria-Indonesia juga memperkuat perdagangan berkelanjutan dengan mulai membentuk gudang produk Indonesia di Budapest, mendorong aktivitas ekspor untuk produk komponen otomotif dan elektronik. 

Pada bidang pendidikan sebagai bentuk kerja sama kedua negara, Hungaria memberikan penambahan kuota bagi mahasiswa Indonesia sebanyak 110 mahasiswa. Beasiswa tersebut adalah beasiswa Stipendium Hungaricum yang merupakan beasiswa penuh yang diberikan dari Pemerintah Hungaria untuk berkuliah disana. Adanya peningkatan kuota beasiswa dari 100 mahasiswa di tahun 2022 menjadi 110 di tahun 2023, merupakan wujud komitmen kedua negara untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia. 

DAFTAR PUSTAKA

  • Doddy. (2022). Indonesia-Hungaria Bahas Perluasan Kerja Sama dan Penambahan Kuota Beasiswa. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/indonesia-hungaria-bahas-perluasan-kerja-sama-dan-penambahan-kuota-beasiswa/
  • Global Edge. (n.d.). Hungary: Government. https://globaledge.msu.edu/countries/hungary/government
  • Global Tender. (n.d.). Economy of Hungary and business opportunities. https://www.globaltenders.com/economy-of-hungary.php
  • KEMENLU Indonesia. (2022). Perkuat dan Perluas Hubungan Kerja Sama, Indonesia dan Hungaria Gelar Sidang Komisi Ekonomi Bersama dan Forum Bisnis HunIndoTech 3.0. https://kemlu.go.id/portal/id/read/4061/berita/perkuat-dan-perluas-hubungan-kerja-sama-indonesia-dan-hungaria-gelar-sidang-komisi-ekonomi-bersama-dan-forum-bisnis-hunindotech-30
  • Macartney, C. A. (2022). Hungary. https://www.britannica.com/place/Hungary
  • National Geographic. (n.d.). Hungary. https://kids.nationalgeographic.com/geography/countries/article/Hungary
  • O’Neill, A. (2022). Hungary: Share of economic sectors in gross domestic product (GDP) from 2011 to 2021. https://www.statista.com/statistics/339742/share-of-economic-sectors-in-the-gdp-in-hungary/
  • Qatar Embassy. (n.d.). Political System. https://budapest.embassy.qa/en/hungary/political-system
  • State University. (n.d.). Hungary Educational System—overview. https://education.stateuniversity.com/pages/629/Hungary-EDUCATIONAL-SYSTEM-OVERVIEW.html
  • Trading Economics. (n.d.). Hungary GDP. https://tradingeconomics.com/hungary/gdp
  • World Atlas. (n.d.). Flags, Symbols, & Currencies of Hungary. https://www.worldatlas.com/flags/hungary

*Penulis: Anlika Dwi Sekar Agustini