Profil Negara Belgia

Belgia merupakan negara federal yang terletak di bagian barat laut benua Eropa. NEGARA INI merupakan salah satu negara terkecil dan terpadat di Eropa. Berbatasan dengan Prancis, Luksemburg, Belanda dan Jerman membuat Belgia dikenal akan kekayaan budayanya yang telah ada sejak abad ke-16. Belgia merupakan salah satu dari 12 negara pendiri Nato. 

Untuk mengenal lebih jauh negara Belgia. Mari kita simak profil Belgia lengkap dengan berbagai informasi menariknya.

Profil Negara Belgia

PROFIL NEGARA BELGIA

Nama Resmi: Kerajaan Belgia
Kepala Negara: Raja Philippe
Perdana Menteri: Alexander De Croo
Luas Wilayah: 30,688 km²
Populasi (2022 est): 11,535,000

Ibu Kota: Brussels
Bahasa: Perancis, Belanda, dan Jerman
Etnis/ ras:  Belgia 87.6%, Perancis 1.5%, Belanda 1.4%, Italia 1.4%, Romania 1%, Lainnya 7.1%.
Agama: Katolik Roma 60%, Islam 4%, Protestan 2%, Yahudi 1%, atheis 31%, lainnya 2%. 

BENDERA

Bendera Negara Belgia

Belgia memiliki bendera yang terdiri dari tiga garis vertikal yang berukuran sama, dengan warna hitam, kuning, dan merah. Desain vertikal bendera terinspirasi dari bendera tricolor Prancis. Warna hitam, kuning, dan merah diambil dari lambang Brabant. Warna merah melambangkan singa merah Hainaut, Limburg dan Luksemburg. Warna kuning melambangkan singa kuning Brabant. Warna hitam melambangkan singa hitam Namur dan Flanders. 

LAMBANG NEGARA

Lambang Negara Belgia
Foto: en.m.wikipedia.org

Lambang negara Belgia terdiri dari singa emas dengan perisai di belakangnya, Terdapat mahkota diatasnya. Tulisan L'union fait la forçe yang memiliki arti kekuatan terletak pada kesatuan, yang tertulis pada pita merah di bagian bawah. Tepat di belakang perisai terdapat dua tongkat bersilang. Singa yang terdapat di lambang Belgia tersebut merupakan singa Belgia (Leo Belgicus) dengan warna kuning serta cakar dan lidah yang berwarna merah. 

PETA

GEOGRAFI

Belgia terletak di barat Eropa, di bagian utara Belgia berbatasan dengan Belanda, di bagian timur dengan Jerman dan Luxembourg, di selatan dan barat dengan Prancis. Belgia juga memiliki garis pantai sepanjang 60 km di laut utara. Sungai Meuse dan anak sungainya, Sambre membagi negara ini menjadi dua wilayah geografis yang berbeda. 

Wilayah utara dan barat merupakan wilayah dataran yang subur, sedangkan wilayah timur merupakan wilayah yang berbukit dan berhutan. Sekitar 50% wilayah Belgia merupakan lahan pertanian, wilayah hutan mencakup kurang dari seperlima dari jumlah keselurahan daratan. 

IKLIM 

Belgia memiliki iklim maritim sedang yang didominasi oleh udara dari Atlantik. Belgia memiliki curah hujan yang deras dan sering, dengan rata-rata 30 hingga 40 inci per tahun. Musim dingin lembap dan sejuk dengan seringnya kabut, sedangkan pada musim panas dengan kondisi panas agak ringan. 

Suhu tahunan rata-rata tahunan adalah 10 °C. Brussel yang berada di tengah negara memiliki suhu minimum rata-rata di bawah 0 °C pada bulan Januari dan suhu maksimum rata-rata 22 °C pada bulan Juli. 

FLORA DAN FAUNA

Pohon yang dominan dan dapat ditemui di Belgia adalah pohon ek, beech, birch, dan elm. Sebagian besar dataran rendah Belgia digunakan oleh pertanian atau pemukiman manusia. Rumpun kecil pohon gugur dan rerumputan mendominasi ruang terbuka yang tersisa. Di wilayah Kempenland merupakan area signifikan yang di khususkan untuk menanam hutan birch perak dan pinus korsika. 

Ardennes yang terletak di dalam zona hutan campuran dan pohon jarum merupakan daerah yang banyak ditebang selama berabad-abad. Oleh karena itu hanya sedikit hutan tua yang tersisa, wilayah ini sekarang lebih didominasi oleh pohon jenis konifera, beech dan oak di kaki bukit. 

Populasi hewan di Belgia menngalami pengurangan drastis karena adanya aktivitas manusia. Sebagian besar hewan liar yang tersisa ditemukan di Ardennes adalah babi hutan,kucing liar, rusa, dan burung pegar. Sejumlah burung dapat ditemukan di daratan rendah Belgia, seperti sandpiper, woococks, snipes, dan laapwings. Cekungan Anglo-Belgia di utara Ardennes merupakan rumah bagi populasi muskrat dan hamster yang cukup banyak. 

SEJARAH

Kata Belgia berasal dari nama Belgica yang diberikan oleh orang Romawi ke bagian utara Galia yang ditaklukan Julius Cesar beberapa dekade sebelum era Kristen. Hal tersebut didasari dari nama suku yang harus mereka taklukan di wilayah tersebut. Pada abad pertengahan, Belgia dibagi menjada beberapa wilayah kekuasaan, yaitu Flanders, Brabant, Kerajaan Liège. Pada masa ini perdagangan berkembang pesat terutama di kota pelabuhan Bruges dan Ghent. 

Selama akhir abad pertengahan, Belgia, Belanda, dan Luksemburg disatukan kedalam provinsi XVII yang merupakan bagian dari tanah milik dari Duk Burgundia yang merupakan keluarga dari Raja Prancis. Pada masa ini wilayah tersebut menjadi pusat seni utama.

Pada abad ke-16 Protestantisme muncul dan berlaku di wilayah Provinsi utara, yang kemudian menyebabkan adanya pemisahan diri dan mendeklarasikan kemerdekaan yang kemudian terbentuklah kerajaan Belanda. Sedangkan wilayah Provinsi selatan berada di bawah kekuasaan  Spanyol yang kemudian pada tahun 1713 wilayah ini menjadi bagian dari kekaisaran Austria yang dikenal sebagai Belanda Austria, dan kemudian menjadi Belgia. 

Pada tahun 1815 setelah adanya pertempuran Waterloo yang terjadi di luar Brussel, bekas wilayah Austria dipersatukan kembali dengan Belanda dan menjadi Kerajaan Belanda Bersatu. Namun, hal tersebut hanya berlangsung selama 15 tahun. Pada tahun 1830 Belgia memberontak dan melawan pemerintahan merdeka dan menuntut untuk kemerdekaannya. 

Pada tahun yang sama Belgia berhasil mendeklarasikan kemerdekaannya dari Belanda. Kemudian Jerman menduduki Belgia pada awal Perang Dunia I. Setelah lima tahun, Perjanjian Vesailles membawa kemerdekaan kembali ke Belgia. Namun, Jerman kembali menduduki wilayah Belgia sekali lagi selama Perang Dunia II. 

Belgia kemudian mengusir Jerman dengan bantuan pasukan Amerika dan Inggris. Pada tahun 1958, Belgia membentuk perjanjian ekonomi yang dikenal sebagai Benelux Economic Union. Adanya perjanjian tersebut untuk mempromosikan perdagangan bebas dengan negara tetangganya yaitu, Belanda dan Luksemburg. 

EKONOMI

Belgia merupakan negara dengan sistem ekonomi perdagangan bebas, dengan Produk Domestik Bruto (PDB) yang mayoritas berasal dari sektor Jasa. Pada tahun 2021 PDB Belgia mencapai 507,2 miliar euro. Ekonomi di Belgia berdasarkan dari infrastruktur komunikasi yang kuat dan tenaga kerja yang sangat berkualitas. Perdagangan luar negri merupakan bagian yang penting bagi perekonomian Belgia. 

Sekitar 62.3% ekspor Belgia diarahkan ke pasar Uni Eropa (tidak termasuk Inggris), negara yang menjadi partner dagang terbesar Belgia adalah Jerman, Prancis, dan Belanda. Pada tahun 2021 produk utama ekspor Belgia berasal dari industri kimia, kendaraan, peralatan transportasi, produk mineral, mesin, serta peralatan listrik. 

POLITIK

Belgia merupakan negara monarki Konstitusional, dan terbagi menjadi tiga wilayah yaitu Flander, Wallonia, dan Brussel. Tiga wilayah tersebut terbagi menjadi sepuluh provinsi dengan dua kelompok dominan yang  sebagian besar dibagi dan ditentukan oleh bahasa. Terdapat dua kelompok dominan yang sebagian besar dibagi dan ditentukan oleh bahasa. Bagian populasi yang tinggal di wilayah Wallonia dan berbicara bahasa Prancis disebut Wallon, sedangkan penduduk Flanders yang sebagian besar berbahasa Belanda dikenal sebagai Fleming. 

Sistem pemerintahan di Belgia dibagi menjadi pemerintahan Federal di tingkat pusat, pemerintah daerah yang terbagi berdasarkan wilayah Flanders, ibu kota Brussels, dan Walonia, kemudian pemerintahan community yang dibagi berdasarkan penggunaan bahasa resmi di masing-masing wilayah. Setiap tingkat pemerintahan memiliki kewenangan masing-masing. 

Pada tingkatan pemerintah pusat bertanggung jawab atas militer anggaran negara seperti kebijakan moneter dan fiskal, jaminan sosial, sistem hukum, hubungan luar negeri dan hubungan internasional. Pada tingkatan pemerintah pusat terdapat Raja sebagai kepala negara dan memiliki beberapa kekuasaan eksekutif Seperti menunjuk hakim, menteri kabinet, dan juga Perdana Menteri. 

Biasanya Perdana Menteri dipilih dari partai atau koalisi terbesar. Raja juga memiliki peran seremonial sebagai pemerintah federal Belgia. Agar tindakan kerajaan dianggap sah, maka harus melalui perstejuan dan ditandatangani oleh Perdana Menteri yang merupakan penanggung jawab. 

Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan bertanggung jawab atas arahan departemen eksekutif pemerintah serta menunjuk kabinet. Perdana Menteri ditunjuk oleh raja melalui persetujuan dari koalisi mayoritas dan menjabat hingga di bebas tugaskan oleh kerajaan. 

Kemudian Chamber of Reperentative yang beranggotakan 150 anggota Chamber of respresentative dan 71 anggota senat. Bertanggung jawab untuk mengesahkan undang-undang dan memberikan suara dalam pemerintahan federal. 

Pada pemerintahan tingkat daerah dibagi berdasarkan kepentingan ekonomi masing-masing daerah. Pemerintah daeerah memiliki wewenang dalam bidang ekonomi, pertanian, tenaga kerja, perairan, energi, perumahan, transportasi (kecuali kereta api), konservasi, lingkungan, tata kota, perdagangan luar negeri, dan pengawasan pemerintah provinsi dan commune. 

Sedangkan pemerintahan community memiliki tanggung jawab pada bidang pendidikan dan sekolah yang menggunkan bahasa pengantar salah satu bahasa resmi yang ada di Belgia, kesehatan, kesejahteraan individu yang meliputi kesejahteraan sosial, perlindungan anak, bantuan keluarga dan bantuan kepala imigran. 

Kekuasaan pengambilan keputusan tidak terpusat, akan tetapi dibagi menjadi tiga tingkat pemerintahan. Terdiri dari pemerintahan Federal, tiga komunitas berbasis bahasa (Belanda, Prancis, dan Jerman) serta tiga wilayah (Flanders, Brussels Caapital, dan Wallonia). Secara hukum mereka memiliki kedudukan yang sama namun, jawab dan wewenang untuk bidang yang berbeda.  

SOSIAL BUDAYA

Belgia merupakan salah satu negara terpadat di Eropa dengan kebanyakan penduduknya tinggal di daerah perkotaan. Belgia terbagi menjadi tiga komunitas berdasarkan bahasa, pada wilayah utara adalah Flemings yang berbicara bahasa Belanda, di selatan terdapat komunitas Walloons yang berbahasa Prancis, dan di kota Liège yang merupakan komunitas dengan populasi kecil yang berbahasa Jerman.

Seni, musik, dan arsitektur memiliki peran besar dalam kehidupan dan sejarah Belgia. Salah satu karya yang populer dan sangat dihargai adalah Tintin dan the Smurf yang berasal dari negara tersebut. Olahraga juga populer di Belgia, dengan Sepak bola sebagai olahraga yang paling banyak dimainkan. 

PENDIDIKAN

Kebebasan pendidikan merupakan jaminan konstitusional di Belgia. Belgia terbagi menjadi tiga komunitas bahasa yaitu Belanda, Perancis, dan Jerman. Setiap komunitas memiliki peraturan masing-masing mengenai sistem pendidikan dan pendaftaran di sekolah. 

Terdapat tiga jenis sekolah di Belgia, yaitu komunitas, sekolah umum bersubsidi, dan sekolah gratis bersubsidi yang biasanya berafiliasi dengan gereja katolik. Sebelum usia wajib sekolah juga tersedia fasilitas PAUD gratis untuk anak-anak berusia 2,5 tahun ke atas. Pendidikan wajib di Belgia dimulai dari usia 6-18 tahun, dan terbagi menjadi pendidikan dasar bagi usia 6-12 tahun, dan menengah bagi usia 12-18 tahun. 

Pada sekolah dasar siswa akan menjalani masa pendidikan selama enam tahun. Kurikulum yang digunakan didasari pada kegiatan membaca, menulis, dan matematika dasar dan juga mendorong minat pada mata pelajaran yang lebih luas. 

Sekolah menengah berlangsung melalui tiga fase yaitu, yang pertama dengan menciptakan dasar umum yang kuat, sedangkan pada fase kedua dan ketiga siswa sudah dapat menjurus ke pelajaran yang diminati. Pada sekolah menengah siswa akan menjalani masa pendidikan selama enam tahun. Pada tingkat pendidikan ini terdapat empat jenis sekolah yang berbeda, yaitu sekolah menengah umum, sekolah menengah teknik, sekolah menenga kejuruan, dan lembaga pendidikan menengah seni. 

Pendidikan tinggi di Belgia dapat ditempuh bagi siapapun yang memiliki ijazah sekolah menengah yang telah memenuhi syarat. Siswa dapat mendaftar salah satu dari beberapa universitas yang ada di Belgia.  

Kerjasama Bilateral Belgia-Indonesia

Belgia dan Indonesia telah memiliki hubungan diplomatik sejak tahun 1949, yang ditandai penunjukan perwakilan RI di Belgia. Pada tahun 1949 Belgia juga merupakan salah satu negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Adapun beberapa kerjasama yang telah dilakukan oleh Belgia-Indonesia.

Pada bidang pertahanan, Belgia-Indonesia melakukan kerjasama dalam bentuk capacity building, jual beli alutsista, pembangunan produk industri strategis. 

Pada bidang ekonomi, Belgia telah menjadi destinasi ekspor di urutan ke-24 dan berada di urutan ke 31 sebagai sumber impor Indonesia pada tahun 2021. Komoditas utama ekspor Indonesia ke Belgia adalah alas kaki, furniture, kopi, mete, teh, tembakau, pakaian, peraalatan elektronik, rempah, kayu, produk kulit, dan lain-lain.

Selain ekspor dan impor, Belgia juga menjadi negara yang berada di posisi ke-5 sebagai investor UE di Indonesia. Pada tahun 2019 tercatat nilai investasi Belgia dengan Indonesia mencapai 610,89 juta USD dengan jumlah proyek sebanyak 654. Investasi tersebut mayoritas bergerak di sektor primer seperti produk pertanian dan perkebunan. Pada sektor sekunder, Belgia memiliki prioritas investasi pada industri makanan. 

Belgia dan Indonesia juga memiliki kerjasama di bidang sosial budaya salah satunya adalah pendidikan. Kerjasama yang dilakukan dengan adanya kerjasama antar universitas melalui format joint research, pertukaran pengajar/dosen, pertukaran mahasiswa, workshop, pelatihan, maupaun kerjasama antar lembaga. 

Sebagai negara yang telah menjalin hubungan diplomatik selama 72 tahun ini, kedua negara telah melakukan berbagai macam kerjasama dalam berbagai bidang. Hingga saat ini hubungan antara Belgia dan Indonesia masih terjalin dengan baik.  

DAFTAR PUSTAKA

  • Country Reports. (n.d.). Belgium Geography. https://www.countryreports.org/country/Belgium/geography.htm
  • Embassy of Belgium. (n.d.). A short history of Belgium. https://israel.diplomatie.belgium.be/en/about-belgium/short-history-belgium
  • Global Edge. (n.d.). Belgium: Government. https://globaledge.msu.edu/countries/belgium/government
  • Miller, I. (2022). The education system in Belgium. https://www.expatica.com/be/education/children-education/education-in-belgium-100088/
  • Molle, L. Van. (2022). Belgium. https://www.britannica.com/place/Belgium
  • National Geographic. (n.d.). Belgium. https://kids.nationalgeographic.com/geography/countries/article/belgium
  • PM, I. (2021). Negeri “Autopilot” Versi Belgia. https://kumparan.com/persadamadaze/negeri-autopilot-versi-belgia-1vO5D4xR4Ib/4
  • Scholaro. (n.d.). Education System in Belgium. https://www.scholaro.com/db/Countries/belgium/Education-System#:~:text=There are 3 different kinds,age 6 and age 18.
  • Toharudin, T. (2021). Individualism, nationalism, ethnocentrism and authoritarianism. https://pure.rug.nl/ws/portalfiles/portal/33279516/02_c2.pdf1
  • Waterbley, S. (2022). Belgium’s Economy in a Nutshell - Economic Outlook of May 2022. https://economie.fgov.be/en/publication/belgiums-economy-nutshell-7
  • World Atlas. (n.d.). Flags, Symbols & Currency of Belgium. https://www.worldatlas.com/flags/belgium
  • Yusilawati, D. (2021). HUBUNGAN BILATERAL INDONESIA – BELGIA. https://kemlu.go.id/brussels/id/pages/indonesia_-_belgia/1667/etc-menu

*Penulis: Anlika Dwi Sekar Agustini