Profil Negara Liechtenstein

Liechtenstein merupakan kerajaan di Eropa barat yang terletak di antara Swiss dan Austria. Negara ini adalah negara keempat terkecil di Eropa dengan total keseluruhan wilayah sebesar 160 km2 dengan populasi sekitar 39,500 orang. Meskipun negara ini merupakan negara kecil namun Liechtenstein merupakan salah satu negara dengan PDB tertinggi di dunia.

Untuk mengenal lebih jauh negara Liechtenstein, simak profil negara Liechtenstein  lengkap berikut ini ya.

Profil Negara Liechtenstein

PROFIL UMUM LIECHTENSTEIN 

Nama Resmi: Kerajaan Liechtenstein
Pangeran: Hans Adam II
Perdana Menteri: Daniel Risch
Luas Wilayah: 160 km2
Populasi (2022 est): 39,500

Ibu Kota:  Vaduz
Bahasa: Jerman
Etnis/ ras: Liechtensteiner 65.9%, Swiss 9.6%, Austria 5.9%, Jerman 4.3%, Italia 3.1%, lainnya 11.2%
Agama: Katolik Roma 73.4%, Protestan Reformed 6.3%, Kristen Ortodoks 1,3%, Lutheran 1,2%, Islam 5.9%, Protestan lainnya 0.7%, kristen lainnya 0.3%, atheis 7%, lainnya 0.8%. 

BENDERA

Bendera Liechtenstein

Bendera Liechtenstein secara resmi diadopsi pada 24 Juni 1937 namun, bendera ini telah digunakan sejak 1764 dan diabadikan dalam konstitusi negara pada tahun 1921. Bendera ini terdiri dari dua warna horizontal dengan lebar dan panjang yang sama. Terdiri dari warna biru di bagian atas dengan sebuah mahkota emas yang berada di sudut kiri atas bendera, dan warna merah di bagian bawah.

Warna biru dan merah pada bendera Liechtenstein telah menjadi bagian dari kekaisaran Romawi suci pada abad ke-17. Warna biru melambangkan warna dari langit biru yang indah di Liechtenstein, sedangkan warna merah melambangkan bagian bara api yang menyala di sebagian besar rumah di negara ini. Mahkota emas di sudut kiri atas mahkota, melambangkan mahkota pangeran yang juga menandakan persatuan di antara warga Liechtenstein dengan keluarga kerajaan. 

LAMBANG NEGARA

Lambang negara Liechtenstein
Foto: en.wikipedia.org

Lambang negara Liechtenstein terdari dari perisai yang terbagi menjadi lima bagian dengan perisai kecil berwarna oranye dan merah di bagian tengah. Pada bagian kiri atas terdapat lambang arms of Silesia yang dilambangkan dengan elang bermahkota dengan bulan Shamrock di dadanya. Di sebelahnya terdapat lambang keluarga Kuenring yang mirip dengan Sacony, di bagian bagian kiri bawah merupakan lambang Duke Troppau dengan warna merah dan putih.  

Bagian kiri bawah merupakan lambang arms of the country of Rietberg yang merupakan Virgin eagle dengan kepala dan dada seorang wanita. Pada bagian bawah tengah perisai terdapat tanduk berburu Duke Jagerndorf. Seluruh perisai dikelilingi oleh mantel berwarna ungu atau merah dengan pinggiran dan jumbai berwarna emas. 

PETA

GEOGRAFI

Kerajaan Liechtenstein merupakan sebuah negara kecil yang berada di daratan di Lembah Rhine atas antara Austria di bagian timur dan Swiss di barat. Dua pertiga bagian timur negara ini terdiri dari kaki pegunugan Rhatikon yang terjal, bagian dari pegunungan Alpen tengah. Puncak tertinggi negara ini adalah Grauspitz yang menjulang dengan ketinggian 2.599 meter, dan sebagian besar wilayah negara ini berada di ketinggian di atas 1.800 meter. Lereng pegunungan yang lebih rendah ditutupi oleh hutan hijau dan bunga alpine, sementara puncaknya diselimuti oleh salju. 

Pegunungan ini memiliki tiga lembah besar dan dialiri oleh sungai Samina. Bagian barat negara ini ditempati oleh dataran yang dialiri oleh sungai Rhine dengan lembah sungai Ill, dan membetuk dataran rendah segitiga yang melebar ke utara. Lembah sungai ini dulunya merupakan wilayah berawa yang kemudian dibagun saluran drainase pada tahun 1930 an yang membuat tanahnya subur dan cocok untuk pertanian. 

IKLIM 

Liechtenstein memiliki iklim yang ringan dan sangat dipengaruhi oleh angin selatan yang hangat dan dikenal sebagai Foehn. Liechtenstein memiliki curah hujan tahunan berkisar 900 hingga 1.200 mm, di wilayah pegunungan curah hujan bisa mencapai 1.900 mm. 

Pada musim dingin suhu rata-rata dapat mencapai hingga -15 °C, sedangkan pada musim panas suhu maksimum harian rata-rata bervariasi antara 20 °C hingga 28°C. Iklim yang ada Liechtenstein ini memungkinkan untuk budidaya anggur dan jagung. 

FLORA DAN FAUNA

Liechtenstein memiliki keragaman vegetasi yang beragam, di negara kecil ini dapat ditemukan milfoil air, rumput gajah, primrose, dan anggrek. Di wilayah hutan terdiri dari hutan campuran dengan beech tembaga, maple, sycmore, linden, elm, dan ash. 

Selain keragaman pada vegetasinya Liechtenstein juga kaya akan satwa liar, di negara ini dapat ditemukan rusa merah, rusa roe, chamois, kelinci, marmut, ayam hitam, burung pegar, belibis hazel, ayam hutan, rubah, luak, martens, polecat, cerpelai, dan musang. 

SEJARAH

Liechtenstein memiliki sejarah yang kaya, mengingat negara ini merupakan negara yang terletak di sentral Eropa. Perbatasannya tetap tidak berubah selama hampir 300 tahun, hingga saat ini Liechtenstein berdiri sebagai negara dengan sisa terakhir dari kekaisaran Romawi suci. Kerajaan Liechtenstein telah berkembang dari masyarakat pertanian yang mengalami kemiskinan menjadi salah satu negara dengan industri yang maju di dunia. 

Kerajaan Liechtenstein didirikan pada masa kekaisaran Romawi suci pada tahun 1719, yang kemudian menjadi negara berdaulat pada tahun 1806. Sebagian besar sejarahnya Liechtenstein merupakan negara yang tenang di dunia dan sebagian besar wilayahnya tidak terpengaruh oleh negara tetangganya. 

Hal ini juga dapat dilihat dari netralitasnya dalam Perang Dunia I dan II. Setelah Perang Dunia II, negara ini mengalami periode industrialisasi yang sangat cepat. Dipimpin oleh Francis Joseph II, yang menjabat sebagai pangeran dari tahun 1938 hingga kematiannya pada tahun 1989. 

Setelah Perang Dunia II, ekonomi Liechtenstein mengalami pertumbuhan di sektor perusahaan industri yang terspesialisasi. Liechtenstein juga aktif di sektor keuangan internasional. Negara ini mampu berubah dari negara agraris yang miskin menjadi masyarakat modern dengan ekonomi uang terdiversivikasi. 

EKONOMI

Meskipun Liechtenstein merupakan negara yang kecil dan memiliki sumber daya alam yang terbatas, Liechtenstein merupakan negara yang memiliki ekonomi dengan perusahaan bebas yang makmur dan sangat terindustrialisasi. Liechtenstein memiliki sektor jasa keuangan yang vital, perekonomian Liechtenstein terbagi secara luas dengan sejumlah besar usaha kecil dan menengah khususnya di sektor jasa. 

Pada tahun 2020 Produk Domestik Bruto Liechtenstein adalah 6.126 juta USD. Sektor jasa menjadi penyumbang terbesar bagi PDB Liechtenstein sebesar 52%, yang terbagi menjadi jasa pelayanan umum dan layanan keuangan. 

Pada jasa pelayanan umum terdiri dari pariwisata, real estate, teknologi, informasi, layanan pembersihan, dan ritel. Pada jasa keuangan terdapat asuransi dan akuntansi yang merupakan bagian penting bagi negara. Pusat keuangan Liechtenstein juga meliputi manajemen aset swasta, penataan aset internasional, dana investasi, dan solusi asuransi. 

Penyumbang terbesar kedua bagi PDB Liechtenstein adalah industri sebesar 42.6%. Produk tebesar di sektor industri adalah mesin dan peralatan, konstruksi pabrik, serta sektor gigi dan makanan. Pada sektor industri ini Liechtenstein sangat berorientasi untuk ekspor. 

Pertanian menyumbang sebesar 0.1% untuk PDB Liechtenstein. Produk utama pertanian antara lain gandum, Barley, jagung, kentang, ternak dan produk susu. 

POLITIK

Liechtenstein merupakan negara monarki herediter konstitusional dengan sistem pemerintahan demokrasi dan parlementer. Pada sistem pemerintahan tersebut terdapat keseimbangan kekuasaan antara rakyat dan Pangeran sebagai kepala negara. Pangeran mewakili Liechtenstein secara internasional dan sangat terlibat dalam politik nasional. 

Karena Liechtenstein merupakan negara monarki konstitusional, maka ototritas pangeran dibatasi dan harus memerintah sesuai dengan konstitusi yang ada. Pangeran memiliki wewenang untuk memberlakukan perintah Pangeran, yang mencakup keputusan darurat dan penangguhan parlemen, selama mendapat tanda tangan dari Perdana Menteri. 

Parlemen atau yang sering di sebut sebagai Landtag terdiri dari 25 anggota dan dipilih oleh rakyat menurut perwakilan proposional. Parlemen Liechtenstein merupakan badan yang mewakili seluruh rakyat dan memiliki tugas untuk menjaga dan membela hak dan kepentingan rakyat. 

Menurut konstitusi yang ada di Liechtenstein, rakyat dapat menggunakan hak mereka melalui pemilihan umum dan suara rakyat, serta memegang kekuasaan atas hak inisiatif dan referendum baik tingkat legislatif maupun konstitusional. Sehingga setiap undang-undang yang disahkan oleh parlemen dapat dilakukan dengan pemungutan suara oleh rakyat, kecuali jika Parlemen memutuskan bahwa masalah tersebut mendesak. 

Agar undang-undang dapat disahkan maka undang-undang tersebut harus diterima oleh Landtag, Pangeran, dan rakyat. Tanpa adanya persetujuan Landtag, maka tidak ada hukum yang dapat diberlakukan ataupun diubah. Pangeran juga harus meyetujui setiap undang-undang, dan jika tidak melakukan hal tersebut setelah enam bulan maka undang-undang tersebut dianggap ditolak. 

Setiap undang-undang yang diusulkan dan tidak dianggap mendesak oleh Landtag dapat diajukan kepada rakyat melalui referendum opsional. Parlemen juga merekomendasikan Perdana Menteri yang kemudian ditunjuk oleh Pangeran sebagai kepala pemerintahan. 

Perdana Menteri bertanggung jawab untuk melaporkan kepada pangeran mengenai urusan pemerintahan, menandatangani perintah dan undang-undang pangeran, melaksanakan tugas yang diberikan oleh Pangeran. Menteri-menteri lainnya memegang tanggung jawab yang cukup luas, dan harus hadir untuk membuat keputusan kabinet. 

Pengadilan di Liechtenstein terdiri dari dua Pengadilan. Pengadilan tersebut adalah pengadilan yang di peruntukan masalah perdata dan pidana. Pengadilan kehakiman, pengadilan banding, pada proses pengadilan ini Mahkamah agunglah yang memiliki yuridiksi. 

Kemudian pengadilan hukum publik yang dipegang oleh pengadilan tata usaha negara dan mahkamah konstitusi. Pengadilan Tata usaha negara menangani banding atas keputusan yang dibuat oleh administrisi pemerintah. Mahkamah konstitusi berurusan dengan hal-hal yang melibatkan hak konstitusional. 

SOSIAL BUDAYA

Sebagian besar budaya Liechtenstein berasal dan dipengaruhi dari negara Eropa di sekitarnya. Ini termasuk bahasa, agama, dan seni. Liechtenstein juga merupakan negara yang sangat religius. Liechtenstein memiliki koleksi seni pangeran yang terkenal di dunia, koleksi tersebut dipamerkan di Engländerhaus di pusat Vadduz yang juga terdapat karya dari banyak pelukis Belanda dari abad ke-17. 

Terdapat kamar harta karun yang juga menyimpan koleksi dan telur FabergĂ© terbesar di dunia, permata mahkota keluarga kerajaan, dan bebatuan bulan yang diberikan kepada kerajaan oleh NASA. 

PENDIDIKAN

Sistem pendidikan Liechtenstein mewajibkan negara untuk mengawasi seluruh sistem pendidikan dan sekolah. Pendidikan nasional di Liechtenstein menawarkan sistem pendidikan umum dan kejuruan bagi siswa, mahasiswa, peserta pelatihan, dan peserta magang, yang tidak dibatasi dan tidak dipungut biaya. 

Anak-anak  di Liechtenstein dapat memulai pendidikan di jenjang taman kanak-kanak. Akan tetapi, pada tingkatan ini taman kanak-kanak bukan pendidikan wajib. Pada praktiknya mayoritas anak-anak bersekolah di taman kanak-kanak selama dua tahun. 

Masa pendidikan wajib dimulai pada usia enam tahun. Pada usia tersebut anak-anak akan menjalani sekolah tingkat dasar selama lima tahun. Kemudian diikuti dengan sekolah menengah selama empat tahun. 

Tahun kesepuluh merupakan masa pendidikan yang bersifat tidak wajib, siswa yang melanjutkan pada tingkat pendidikan ini menempuh masa studi selama tiga tahun. Siswa dipersiapkan untuk memilih peluang karir dan memilih pilihan profesional. 

Liechtenstein yang merupakan negara kecil menyebabkan adanya keterbatasan pada sistem pendidikan tinggi yang berada dan dikembangkan secara langsung di dalam perbatasannya. Liechtenstein memiliki dua universitas negeri. 

Kerja sama Liechtenstein-Indonesia

Liechtenstein dengan Indonesia telah menjalin hubungan diplomatik sejak tahun 1998, meskipun Liechtenstein negara terkecil keempat di Eropa negara ini terkenal memiliki PDB yang tinggi. Adanya potensi ekonomi tersebut mendorong kedua negara untuk melakukan kerja sama di bidang ekonomi. Hal tersebut diperkuat dengan adanya penandatanganan Indonesia – EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE – CEPA) di tahun 2018.

Sebagai negara dengan pasar domestik yang terbatas dan ekonomi ekspor yang kuat Liechtenstein menjadikan Indonesia sebagai pasar bagi negara tersebut. Pada tahun 2018 total perdagangan Indonesia dan Liechtenstein tercatat mencapai 2,11 juta USD, adapun produk ekspor utama Indonesia ke Liechtenstein antara lain Lensa kontak, perhiasan, emas, batu bara, timah dan pakaian wanita. 

Selain itu Liechtenstein juga memiliki pusat keuangan dan bisnis, dengan kondisi politik negara yang stabil serta memiliki akses langsung kepada pasar Uni Eropa dan Swiss. Hal tersebut menjadikan Liechtenstein sebagai negara yang menarik bagi pebisnis Indonesia.

Daftar Pustaka

  • Embassy of the Principality of Liechtenstein. (n.d.-a). Economy. https://www.liechtensteinusa.org/page/economy
  • Embassy of the Principality of Liechtenstein. (n.d.-b). Government. https://www.liechtensteinusa.org/page/government
  • Encylopedia Britannica. (2022). Liechtenstein. https://www.britannica.com/place/Liechtenstein#ref250865
  • Iexplore. (n.d.). Liechtenstein — History and Culture. https://www.iexplore.com/articles/travel-guides/europe/liechtenstein/history-and-culture#:~:text=Much of Liechtenstein’s culture is,is a tremendously religious state.
  • KEMENTERIAN LUAR NEGERI REPUBLIK INDONESIA. (2020). Tingkatkan Hubungan dengan Liechtenstein, Indonesia Angkat Konsul Kehormatan di Triesen, Liechtenstein. https://kemlu.go.id/portal/id/read/1506/berita/tingkatkan-hubungan-dengan-liechtenstein-indonesia-angkat-konsul-kehormatan-di-triesen-liechtenstein
  • LLOYDS BANK. (2020). Liechtenstein: Economic Outline. https://www.lloydsbanktrade.com/en/market-potential/liechtenstein/economy
  • Moody’s Analytics. (n.d.). Liechtenstein - Economic Indicators. https://www.economy.com/liechtenstein/indicators
  • State University. (n.d.). Liechtenstein Educational System—overview. https://education.stateuniversity.com/pages/867/Liechtenstein-EDUCATIONAL-SYSTEM-OVERVIEW.html
  • Susanto. (2019). Indonesia dan Liechtenstein Ratifikasi IE Cepa. https://mediaindonesia.com/ekonomi/234847/indonesia-dan-liechtenstein-ratifikasi-ie-cepa.html
  • World Atlas. (n.d.). Flags, Symbols, & Currencies Of Liechtenstein. https://www.worldatlas.com/flags/liechtenstein

*Penulis: Anlika Dwi Sekar Agustini