Profil Negara Barbados

Barbados termasuk dalam negara republik terbaru di dunia yang “mengusir” Ratu Elizabeth II dari posisi sebagai kepala negara. Barbados terletak di sebelah tenggara Laut Karibia, Samudera Atlantik. Lengkapnya, Anda bisa menyimk profil lengkap negara Barbados berikut ini. 

Profil Negara Barbados

A. Karakteristik Negara Barbados

Nama Resmi: Barbados
Ibu Kota: Bridgetown
Bentuk Pemerintahan: Republik
Sistem Pemerintahan: Presidensil

Kepala Negara: Presiden
Kepala Pemerintahan: Presiden
Hari Kemerdekaan: 30 November 1966
Semboyan Negara: Pride and Industry (Harga Diri dan Industri)

Lagu Kebangsaan: In Plenty and In Time of Need
Jumlah Penduduk: 294.560 (estimasi Juli 2020)
Mata Uang: Dolar Barbados (Bds$) (BBD)
Kode Telepon: +1-246

Bendera Negara Barbados

B. Sejarah Berdirinya Negara Barbados

Wilayah Barbados pertama kali dihuni dan menjadi salah satu dengan koloni Inggris pada tahun 1960-an. Hal inilah yang membuat Barbados menjadi penghubung utama antara Eropa Barat terutama Inggris Raya, kawasan Karibia, dan daratan Amerika Selatan.

Dari abad ke-17 hingga 1966, Barbados merupakan milik Inggris sepenuhnya. Tak mengherankan jika budaya Barbados lebih kental dengan budaya Inggris dibandingkan daerah lain di Kepulauan Karibia.

Meskipun demikian, unsur budaya Afrika dari mayoritas penduduk di Barbados juga nenonjol. Terlebih lagi saat 1966, Barbados merdeka dari Inggris setelah dibentuknya Federasi Hindia Barat.

Kemerdekaan Barbados diakui Inggis melalui pengesahan Barbados Independence Act 1966. Undang-Undang tersebut berisi status tanggung jawab penuh dalam Persemakmuran Inggris.

Sebelum menjadi Republik, Ratu Elizabeth II menjadi kepala negara dengan gelar Ratu Barbados yang diwakili oleh Gubernur Jenderal di Barbados

C. Luas dan Batas Wilayah Barbados

Luas wilayah Barbados adalah 430 km persegi dengan panjang 34 km dan lebar 23 km. Dengan luas wilayah tersebut, Barbados menjadi negara dengan densitas atau kepadatan penduduk tertinggi di Amerika Latin dan Karibia. Pada 2020, luas area 1 km persegi ditinggali oleh sekitar 668 orang.

Barbados merupakan negara pulau berdaulat di Antilles Kecil Hindia Barat, wilayah Karibia Amerika Utara. Negara ini terletak di daerah barat Atlantik Utara dan 100 km timur Kepulauam Windward.

Berikut adalah batas-batas wilayah Barbados yaitu sebelah utara, selatan, barat, dan timur berbatasan dengan Samudera Atlantik.

D. Pembagian Wilayah Administratif Barbados

Barbados merupakan negara yang memiliki 11 paroki. Paroki yang terdapat di Barbados meliputi Christ Chruch, Saint Andrew, Saint George, Saint James, Saint John, Saint Joseph, Saint Lucy, Saint Michael, Saint Peter, Saint Philip, dan Saint Thomas.

E. Kondisi Geografis Barbados

Letak astronomis Barbados adalah 13°03′ LU hingga 13°33′ LU dan 59°42′ BB hingga 59°65′ BB. Barbados termasuk ke dalam negara pulau yang berada di paling timur Kepulauan Antilles kecil. Negara ini relatif datar jika dibandingkan dengan Kepulauan Windward.

Titik tertinggi Barbados yaitu Gunung Hillaby. Di Saint Michael, Bridgetown merupakan ibukota dan kota utama. Sedangkan kota lain yang berada di Barbados yaitu Holetown, Oistins, dan Speightstown.

F. Demografis Barbados

Mayoritas penduduk Barbados merupakan keturunan Afrika dan Eropa

G. Agama yang Dianut Masyarakat Barbados

Mayoritas pendudduk Barbados bergamai Kristen sebesar 95%. Denominasi terbesar adalah Anglikan sekitar 40%. Sedangkan agama lain yang dianut adalah Hindu, Islam, Baha’i, Yahudi, dan Wicca.

Denominasi Kristen dengan jumlah jemaat yang signifikan di Barbados adalah Gereja Katolik Roma, Pentakosta, Saksi-Saksi Yehuwa, Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, dan Baptis Spiritual.

H. Bahasa yang Dipakai Masyarakat Barbados

Bahasa resmi yang digunakan masyarakat Barbados untuk melakukan komunikasi sehari-hari dam pelayanan publik adalah bahasa Inggris. 

Sebagai bahasa resmi, standar bahasa Inggris di negara ini cenderung menyesuaikan sehingga tidak sama persis dengan standar bahasa Inggris. Bahasa kreol yang digunakan berbasis bahasa Inggris. Bahasa ini dituturkan oleh sebagian besar etnis Barbad. Bajan terdengar sangat berbeda dengan bahasa Inggris standar yang ada di dinegara ini.

Tingkat kejelasan Bajan dan Bahasa Inggris tergantung dari tingkat kosakata dan idiom. Bahkan mungkin saja seorang penutur Bajan tidak benar-benar dipahami oleh penutur bahasa Inggris dari negara lain.

I. Fakta Menarik Barbados

1. Memiliki parlemen tertua ketiga di Benua Amerika

Parlemen Barbados merupakan parlemen tertua ketiga di benua Amerika, menyusul Majelis Umum Virugina dan Majelis Bermuda. Parlemen di negara ini dibentuk pada 26 Juni 1639.

Bahkan diantara negara-negara persemakmuran Inggris, Parlemen Barbados merupakan salah satu yang tertua. Pemerintahan parlementer negara ini tidak terusik sejak pendirian pertama. 

2. Dijajah Kolonialisme Inggris selama ratusan tahun

Barbados berada dalam bayang-bayang imperialism Inggris selama hampir 400 tahun. Kapal pertama Inggris tiba di Barbados pada 1625. Kemudian pada 1627, koloni Inggris di Barbados mulai menetap.

Kehidupan dan perekonomian berkembang bersamaan dengan adanya perdagangan budak. Para budak tersebut banyak dibawa dari negara-negara di kawasan Afrika Barat seperti Sierra Leone, Guinea, Ghana, Ivory Coast (Pantai Gading), Nigeria, dan Kamerun.

Perbudakan di Barbados terjadi selama 200 tahun. Hingga akhirnya apda 1834, perbudakan di Barbados resmi dihapuskan. 

Pada 1966, Barbados meraih kemerdekaan dari Inggris. Sistem pemerintahan yang dijalankan adalah monarki konstitusional. Dengan demikian, Ratu Elizabeth II menjadi kepala negara Barbados.

Pada 2020, Perdana Menteri Mia Motley mengumumkan bahwa Barbados akan menjadi sebuah negara yang berbentuk republik pada November 2021. Dengan menjadi republik, maka Barbados berhasil memutus sisa-sisa imperialisme Inggris yang telah berlangsung sekurangnya 396 tahun. 

3. Barbados menjadi negara republik termuda di dunia

Pada 30 November 2021, Barbados melantik presiden pertamnya, Dame Sandra Mason. Meason menjadi kepala negara Barbados menggantikan Ratu Elizabeth II. Dengan demikian, maka secara resmi Barbados menjadi negara yang berbentuk Republik.

Oleh sebab itu, Barbados menjadi negara republik termuda di dunia. Sebelumnya yaitu Nepal yang menghapus monraki pada 2008 dan Mauritius pada 1992. 

4. Mayoritas penduduknya keturunan Afrika karena perbudakan

Mayoritas penduduk Barbados merupakan keturunan Afrika. Hal ini dikarenakan adanya perbudakan di zaman Kolonialisme Inggris pada abad ke-17 yang membawa budah dari negara-negara di barat Afrika.

Dari sensus yang dilakukan pada 2010, sebanayk 92,4% populasi merupakan keturunan Afrika, 3,1% keturunan campuran, 2,7% keturunan kulit putih atau Caucasians, 1,3% keturunan India Timur, 0,2% lain-lain, dan 0,3% tidak diketahui.

5. Menjadi Tempat Kelahiran Musisi Ternama Rihanna

Penyanyi terkenal yang memiliki nama lengkap Robyn Rihanna Fenty lahir pada 20 Februari 1988 di Parish (setara dengan Provinsi) Saint Michael. Kemudian ia dibesarkan oleh ibunya di Bridgetown.

Kemudian pada 2004, ia pindah ke Amerika Serikat untuk mengejar karir musiknya. Tiga tahun berselang, karir Rihanna berhasil melejit. Tidak tanggung-tanggung, pada 2007, dirinya berhasil memboyong penghargaan music paling bergengsi, Grammy Award untukk lagu yang berjudul “Umbrella”. 

6. Menjunjung Tinggi Rihana: Beri Gelar Duta Besar hingga Pahlawan Nasional

Kesuksesan Rihanna sebagai penyanyai terkenal di panggung musik Amerika Serikat hingga dunia membuat kebanggan tersendiri bagi Barbados. Oleh sebba itu, Rihanna banyak mendapat apresiasi dari pemerintah setempat.

Pada 2018, Rihanna ditunjuk menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) Barbados. Peran Rihanna sebagai Dubes LBBP ini yaitu untuk melakukan promosi di bidang pendidikan, investasi, dan pariwisata.

Pada 2021, Barbados menganugerahi Rihanna gelar Pahlawan Nasional karena telah mengharumkaj nama Barbados di mata dunia. 

7. Memiliki Pantai Tropis yang Indah

Sebalah barat dan selatan Barbados memiliki patai yang bersih dan pemandangan Laut Karibia yang cantik. Tak hanya itu, Barbados juga menjadi satu-satunya pulau karang di kawasan Karibia dengan pantai yang seluruhnya berupa pantai pasir putih.

Di perairan barat menjadi destinasi favorit bagi wisatawan karena memiliki air yang cenderung tenang dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas olahraga air.

Sedangkan di perairan selatan, banyak pantai yang dihiasi terumbu karang. Selain itu, pantai di kawasan ini juga wisawatan banyak yang melakukan olahraga selancar.

Perairan timur air laut cenderuntg kuat karena berpapasan langsung dengan Smaudera Atlantik. Tak heran, di kawasan ini juga banyak dijumpai orang yang melakukan olahraga selancar.

Sedangkan di perairan utara, banyak pantai yang memiliki tebing, batuan, dan karang yang tinggi. Bahkan ketinggiannya dapat mencapai ratusan meter.

8. Sejarah bajak laut

Dua bajak laut terkandl mendominasi Barbados pada abd ke-18. Keduanya yaitu Sam Lord dan Stede Bonnet. Keduanya meneror kapal dengan cara yang licik. Bahkan Sam Lord memasang lampu di pantai yang berkarang untuk menipu kapal-kapal.

Hal ini membuat banyak kapal yang mengira kapalnya telah sampai di Ibu Kota. Justru kapal-kapal tersebut menabrak karang. Kemudian keduanya menjarah bawaan kapal yang terkena karang.

Stede Bonnet sendiri merupakan purnawirawan Angkatan Darat Inggris. Pada 1717, ia membeli kapal untuk melakukan aksi jahat. Kapal tersebut dinamai dengan “Revenge” atau “pembalasan dendam”. 

Bonnet kemudian melakukan pelayaran menuju perairan New England. Sepanjang perjalanan, sudah tidak terhitung berapa banyak kapal yang ditangkap dan dibakar. Hingga akhirnya, pada 1718, Bonnet ditangkap dan mendapat hukuman gantung.

J. Hubungan Bilateral Barbados dan Indonesia

Hubungan bilateral antara Barbados dan Indonesia dimulai sejak 2019 saat ditandatangani Joint Communique (JC) Pembukaan Hubungan Diplomatik RI-Barbados di New York, Amerika Serikat pada 26 Juni 2019.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Duta Besar LBBP pada Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, H.E. Dian Trianasyah Djani dan Duta Besar Barbados untuk PBB, H.E. H. Elizabeth Thompson.

Hubungan diplomatik keduanya dilakukan untuk meningkatkan rasa saling pengertian dan memperkuat persahabatan dan kerja sama dalam bidang politik, ekonomi, budaya, dan pendidikan.

Keputusan tersebut telah sesuai dengan Ketentuan Konvensi Wina pada 1961 tentang Hubungan Diplomatik yang berdasarkan prinsip-prinsip Piagam PBB dan Hukum Internasional yaitu kesetaraan antar negara, kedaulatan nasional, saling ketergantungan, integritas territorial, dan non-intervensi dalam urusan internal negara lain.

REFERENSI

  • Kemlu RI. (2019). “Hubungan Bilateral Indonesia-Barbados”. https://www.kemlu.go.id/bogota/id/pages/hubungan_bilateral_-_barbados/4934/etc-menu
  • Virtida Ratriani. (2021). “Profil dan Sejarah Barbados, Negara yang Baru Saja Memisahkan Diri dari Inggris”. https://internasional.kontan.co.id/news/profil-dan-sejarah-barbados-negara-yang-baru-saja-memisahkan-diri-dari-inggris?page=all
  • Yosua Herbi. (2020). “Profil & Informasi tentang Negara Barbados”. https://semutaspal.com/barbados/
  • Judith Aura. (2021). “Fakta-Fakta Barbados: Republi Terbaru di Dunia, Rihanna hingga Bajak Laut”. https://kumparan.com/kumparannews/fakta-fakta-barbados-republik-terbaru-di-dunia-rihanna-hingga-bajak-laut-1x1ETdsQsER/full

*Penulis: Nabila Salsa Bila