Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Profil Negara Kosta Rika

Kosta Rika merupakan negara yang berada di bagian tenggara Amerika Tengah. Akan tetapi, wilayah ini kerap digolongkan ke dalam wilayah benua Amerika Utara sub region Amerika Tengah. Kosta Rika menjadi negara berdaulat terkecil kedua di Amerika Tengah.

Nama Kosta Rika berasal dari bahasa Spanyol yang artinya Pantai Kaya atau Rich Coast. Sebutan Kosta Rika yaitu menjadi negara dengan politik paling aman di kawasan. Hal ini dikarenakan Kosta Rika memiliki pemerintahan yang paling stabil dan demokratis. 

Berikut adalah informasi lengkap mengenai profil negara Kosta Rika, mulai dari karakteristik, sejarah hingga hubungan luar negerinya dengan Indonesia. 

Profil Negara Kosta Rika

A. Karakteristik Negara Kosta Rika

Nama Resmi: Republik Kosta Rika (Republic of Costa Rica)
Nama Lokal: Republica de Costa Rica
Bentuk Pemerintahan: Republik Presidensil
Kepala Negara: Presiden
Kepala Pemerintahan: Presiden

Badan Legislatif: Asamblea Legislativa
Ibu Kota: San Jose
Semboyan: Vivan simpre el trabajo y la paz (Hidup dengan selalu bekerja dan damai)
Suku Bangsa: Mestizo atau Kulit Putih (83,6%), Mulato (6,7%), penduduk asli (2,4%), keturunan Afrika atau kulit hitam (1,1), dan lainnya
Mata Uang: Colone Kosta Rika (CRC)

Hari Kemerdekaan: 15 September 1821 (dari Spanyol), 1 Juli 1823 (dari Kekaisaran Meksiko), 1838 (dari Republik Federal Amerika Tengah)
Hari Nasional: 15 September 1821
Lagu Kebangsaan: Himno Nacional de Costa Rica
Kode telepon: 506
Jumlah penduduk: 4.930.258 jiwa (estimasi Juli 2017)

Bendera Negara Kosta Rika
Bendera Negara Kosta Rika

B. Sejarah Berdirinya Kosta Rika

Sama seperti negara-negara di Kawasan Amerika Tengah lainnya, Kosta Rika juga termasuk negara yang pernah dikuasai Sapanyol pada tahun 1563. Kemudian Kosta Rika bergabung dengan United Provinces of Central America (Federasi Provinsi-Provinsi Amerika Tengah) pada tahun 1821. 

Pada 15 September 1821, Kosta Rika menyatakan kemerdekaannya yang diberikan dari Spanyol. Akan tetapi, United Province of Central America bubar di tahun 1838 dan Kosta Rika menjadi negara mandiri yang memiliki kedaulatan penuh. 

C. Letak dan Batas Wilayah Kosta Rika

Secara astronomis, letak Kosta Rika berada di antara 8°-12°LU dan 82°-86° BB. Luas wilayah Kosta Rika adalah 51.100 km2. Luas wilayah ini membuat Kosta Rika menjadi negara terkecil di kawasan sub region Amerika Tengah. 

Berikut adalah batas-batas wilayah Kosta Rika, meliputi:

  1. Sebelah utara berbatasan dengan Nikaragua
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Panama
  3. Sebelah barat berbatasan dengan Samudera Pasifik
  4. Sebelah timur berbatasan dengan Laut Karibia

D. Pembagian Wilayah Administratif Kosta Rika

Kosta Rika memiliki tujuh provinsi yang terbentuk oleh 81 kanton. Masing-masing kanton dipimpin oleh walikota. Pemilihan walikota dilakukan secara demokratis setiap empat tahun sekali di tiap wilayah kanton.

Berikut adalah tujuh provinsi yang ada di Kosta Rika, antara lain:

  1. Alajuela
  2. Cartago
  3. Guanacaste
  4. Heredia
  5. Limon
  6. Puntarenas
  7. San Jose

E. Kondisi Geografis Kosta Rika

Kosta Rika terletak di tanah genting Amerika Tengah. Negara ini memiliki 1.290 km garis pantai, 212 km Pantai Karibia di Timur, dan 1.016 km Pantai Pasifik di barat.

Titik tertinggi di Kosta Rika adalah Cerro Chirripo (3.819 meter) dan menjadi gunung tertinggi kelima di Amerika Tengah. Gunung berapi tertinggi di Kosta Rika adalah Gunung Irazu (3.431 meter), dan danau terbesarnya adalah Danau Arenal.

Kosta Rika memiliki beberapa pulau. Salah satau pulau yang terkenal adalah Pulau Cocos (24 km2) yang jarak dari daratan utama sekitar 480 km dari Puntarenas. Sedangkan pulau terbesar yang dimiliki Kosta Rika adalah Isla Calero dengan luas 151,6 km2. 

F. Kondisi Iklim Kosta Rika

Konveksi termal dan angin darat membawa hujan lebat di pantai Pasifik di musim hujan sehingga pada bulan Mei hingga Oktober di utara dan April hingga Desember di selatan. Angin timur laut di Karibia memberikan curah hujan yang cukup sepanjang tahun di pantai timur dengan jumlah terbesar di wilayah Barra del Colorado.

Curah hujan bulanan rata-rata di Kosta Rika berkisar dari di bawah 1 inci (25 mm) pada bulan Februari hingga lebih dari 12 inci (300 mm) di bulan September. Sedangkan suhu rata-rata tahunan lebih dari 70 inci (1.800 mm). 

G. Agama yang ada di Kosta Rika

Menurut Konstitusi 1949, agama resmi Kosta Rika adalah Katolik Roma. Hal ini membuat Kosta Rika menjadi satu-satunya negara di Amerika yang menetapkan Gereja Katolik Roma sebagai agama negara.

Berdasarkan Survei yang dilakukan Universitas Kosta Rika pada tahun 2007, mendapatkan hasil bahwa 70,5% populasi penduduknya menganut agama Katolik Roma, 13,8% menganut Protestan Evangelis, 11,3% memilih ateis, dan 4,3% beragama lain.

Agama lain seperti Buddha juga berkembang di Kosta Rika dengan jumlah penganut sekutar 100.000 orang. Mayoritas penduduk yang beragama Buddha berasal dari etnis Han sekitar 40.000 orang. Sedangkan untuk agama pemeluk agama Islam sekitar 500 keluarga atau 0,001% populasi.

Sinagoga Shaarei Zion berada di dekat Taman Metropolitan La Sabana di San Jose. Terdapat juga beberapa rumah di lingkungan sebelah timur taman yang memiliki simbol Bintang Daud. Mormon mengklaim bahwa terdapat lebih dari 35.000 jemaat dan memiliki bait suci di San Jose sebagai pusat peribadatan regional. 

H. Bahasa yang digunakan Penduduk Kosta Rika

Bahasa resmi dari Kosta Rika adalah bahasa Spanyol. Kosta Rika merupakan negara yang beragam secara linguistik dan menjadi rumah setidaknya bagi lima bahasa likal yaitu Maleku, Cabecar, Bribri, Guaymi, dan Buglere.

Bahasa kreol Inggris logat Jamaika (Mekatelyu) merupakan bahasa kreol yang diucapkan oleh imigran Afro-Carib yang sebelumnya telah menetap di provinsi Limon.

Sebanyak 10,7% populasi dewasa yang berbicara bahasa Inggris, 0,7% berbahasa Perancis, serta 0,3% berbicara bahasa Portugis atau Jerman sebagai bahasa kedua. 

I. Fakta Menarik Kosta Rika

Berikut adalah fakta menarik di Kosta Rika yang perlu kalian ketahui, antara lain:

1. Menjadi negara yang kaya akan sejarah

Kosta Rika telah ada sejak zaman pra sejarah. Pada masa itu, suku-suku bumi kedatangan bangsa Spanyol pada abad ke-16 dan mulai melakukan penjajahan selama kurang lebih 3 abad.

2. Terdapat banyak museum

Salah satu museum yang terkena di Kosta Rika adalah Museum Kebangsaan. Museum ini banyak diminati pengunjung baik dari dalam ataupun mancanegara. Koleksi yang dipertontonkan di museum ini yaitu sejarah alam, seni rupa khas dari Kosta Rika dan Amerika Tengah, Artefak arkeologi, dan sebagainya.

3. Memiliki pasar unik

Saat tengah berkunjung ke Kosta Rika, Anda tidak boleh melewatkan Mercado Central. Disana akan menawarkan berbagai produk aneh, khas, dan unik yang ada di Kosta Rika.

4. Menikmati panorama gunung yang indah

Wisata alam Kosta Rika yang harus turut dikunjungi adalah Gunung Paos. Gunung ini masih berstatus aktif dan memiliki bentuk kawah yang indah dan menakjubkan. 

J. Hubungan Luar Negeri Kosta Rika dan Indonesia

Berikut adalah hubungan bilateral yang terjalin antara Kosta Rika dengan Indonesia:

  1. Hubungan diplomatic Kosta Rika dan Indonesia dimulai sejak penandatanganan komunike bersama di New York pada 9 Januari 1985. Pada September 2017, Kedubes Kosta Rika di Jakarta resmi dibuka saat kunjungan Menlu Kosta Rika yaitu Manuel Antonio Gonzales Sans.
  2. Pada 29 Oktober 2013, Menlu Kosta Rika, Jose Enrique Castillo Barrantes berkunjung ke Indonesia sekaligus menjadi kunjungan tingkat tinggi pertam kali sejak pembukaan hubungan diplomatik kedua negara. kunjungana tersebut sekaligus untuk menandatangani Perjanjian Bebas Visa bagi Pemegang Paspor Diplomatik dan Paspor Dinas, serta MoU Konsultasi Bilateral.
  3. Pada 9-10 Maret 2015, Wamenlu Kosta Rika, Alejnadro Solano Ortiz melakukan kunjungan kerja di Indonesia dalam rangka menjajaki pembukaan Kedubes Kosta Rika di Jakarta.
  4. Pelaksanaan FKB I RI-Kosta Rika sedianya dilaksanakan pada 22 Agustus 2015 di San Jose, Kosta Rika di sela-sela PTM FEALAC. Kemudian format pertemuan berubah menjadi pertemuan bilateral Menlu RI dengan Menlu Kosta Rika. Pertemuan ini juga dilakukanan penandatanganan perjanjian Framework Cooperation Agreementt (FCA) RI-Kosta Rika.
  5. Pembukaan resmi Kedubes Kosta Rika pada 5 September 2017
  6. Pada 28 September 2018, dilakukan pertemuan konsultatif antara Kemlu RI dan Kemlu Kosta Rika di San Jose. Pertemuan ini dilakukan untuk mendorong kerja sama bilateral dan rencana penyelenggaraan FKB RI-Kosta Rika yang dipimpin oleh Dirjen Politik Eksternal, Carolina Alvarez. 

REFERENSI

  • Kemlu RI. (2018). “Hubungan Bilateral RI-Kosta Rika”. https://www.kemlu.go.id/panama/id/pages/ri_-_kosta_rika/4429/etc-menu
  • Dickson. (2020). “Profil Negara Kosta Rika (Costa Rica)”. https://www.ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-kosta-rika-costa-rica/
  • Yosua Herbi. (2021). “Profil & Informasi tentang Negara Kosta Rika”. https://semutaspal.com/kosta-rika/
  • Sejarah dan Sosial. (2023). “Mengenal Nama Ibu Kota Kosta Rika dan Fakta Lengkapnya”. https://kumparan.com/sejarah-dan-sosial/mengenal-nama-ibu-kota-kosta-rika-dan-fakta-lengkapnya-207tZ7ML2gq/full
  • Thomas L. Karnes. (2023). “Kosta Rika”. https://www-britannica-com.translate.goog/place/Costa-Rica?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

*Penulis: Nabila Salsa Bila