Profil Negara Meksiko

Meksiko merupakan negara yang terletak di ujung utara Amerika Latin dan sebelah selatan Amerika Serikat. Ibu kota dari Meksiko adalah Mexico City. Pengambilan nama Mexico berasal dari nama ibu kota kuno Aztec yaitu Mexico-Tenochtitlan. Kata Mexi berasal dari Mexitli yang artinya nama dewa perang. Sedangkan co artinya tempat dan ca yang artinya orang.

Berikut adalah beberapa informasi mengenai Meksiko mulai dari karakteristik, sejarah berdirinya, letak dan batas wilayah, pembagian wilayah administratif, kondisi geografi, kondisi iklim, kondisi perekonomian, agama, bahasa, kondisi penduduk, dan hubungan luar negeri dengan Indonesia.

Profil Negara Meksiko

A. Karakteristik Negara Meksiko

Nama Resmi: Perserikatan Negara Meksiko atau Estados Unidos Mexicanos (Spanyol)
Ibu Kota: Meksiko (Ciudad de Mexico)
Lagu Kebangsaan: Himno Nacional Mexicano
Bentuk Pemerintahan: Republik Presidensial
Sistem Pemerintahan: Presidensial

Kemerdekaan: Diumumkan (16 September 1810), disempurnakan (27 September 1821), dan diakui (28 Desember 1836)
Kepala Negara: Presiden
Kepala Pemerintahan: Presiden
Badan Legislatif: Kongres (Senado dan Camara de Diputados)
Suku Bangsa: mestizo (Amerindian-Spanish) 62%, predominantly Amerindian 21%, Amerindian 7%, Etnis lainnya 10% (Kebanyakan adalah suku bangsa Eropa)

Mata Uang: Peso Meksiko (Mex$) (MXN)
Kode Telepon: +52

Bendera Negara Meksiko
Bendera Negara Meksiko

B. Sejarah Berdirinya Meksiko

Sejarah Meksiko tidak dapat dilepaskan dari sejara peradaban modern. Bahkan beberapa penelitian sejarah membuktikan bahwa Meksiko sejak dulu telah menjadi negara dengan peradaban yang maju.

Berikut adalah sejarah perkembangan Meksiko, yang meliputi:

1. Era peradaban suku Maya, Aztec, dan Amerindian

Suku pertama sekaligus peletak peradaban pertama di Meksiko yaitu suku Maya, Aztec, dan Amerindian. Suku-suku tersebut menguasai daratan Meksiko selama lebih dari 3.000 tahun dan menjadi peradaban paling maju pada saat itu.

Kemajuan peradaban tersebut terlihat dari adanya beberapa peninggalan suku-suku tersebut masih banyak ditemukan hingga saat ini. Bahkan beberapa diantara peninggalan tersebut dinobatkan sebagai warisan dunia yang harus dilestarikan.

2. Era kolonial Spanyol-Kemerdekaan

Meksiko mulai memasuki era kolonialisme Spanyol pada abad ke-16. Masuknya kolonialisme Spanyol dimulai dari kekalahan bangsa Aztec di bawah pimpinan Hernan Cortez. Kolonialisme Spanyol di Meksiko berlangsung selama 3 abad.

Perang kemerdekaan Spanyol menjadi awal sejarah baru bagi kemerdekaan Meksiko atas Spanyol. Hal ini dikarenakan, sebelum perang terjadi kemerdekaan Meksiko telah dikumandangkan Miguel Hiralgo y Costilla pada 1810. 

Peperangan dalam upaya merebut kemerdekaan baru berakhir pada tahun 1821 atas kemenangan Meksiko. Dengan kemenangan tersebut, Meksiko menyatakan kemerdekaan dengan membentuk kekaisaran Meksiko pertama.

3. Pasca kemerdekaan

Setelah kemerdekaan, Meksiko membentuk kekaisaran Meksiko untuk pertama kalinya. Pembentukan kekaisaran ini semua negara di benua Amerika menyetujui kecuali Chiapas.

Kekaisaran Meksiko kemudian jatuh di pihak republikan. Republikan pertama dibentuk degan presiden pertamanya yaitu Guadalupe Victoria. Setelah itu, terjadi pemberontakan penduduk Texas dan Texas lain di Kawasan Coahuila untuk menuntut kemerdekaan.

Pemberontakan tersebut berlanjut dengan pecahnya Alamo antara Texas dan Mexico. Penduduk di Kawasan tersebut merupakan penjelajah berkebangsaan Inggris yang telah membentuk Republik Texas.

Hasil dari pemberontakan tersebut yaitu tercapai kemerdekaan Texas pada akhir 1836. Dengan adanya kemerdekaan tersebut, wilayah Meksiko menjadi semakin kecil.

4. Beberapa serangan yang dihadapi

Meksiko mendapat serangan pertama dari Amerika Serikat pada 1840. Akibat dari serangan tersebut, Meksiko harus kehilangan wilayah yang cukup besar meliputi Arizona, New Mexico, Utah, Nevada, dan Alta California.

Pada tahun 1860, Meksiko diserang oleh Perancis. Tujuan dari penyerangan tersebut yaitu untuk menaikkan Ferdinand Maximilian, Archduke dari Austria yang mendapat bantuan dari golongan Creole dan pendeta Katolik. Pemberontakan ini terus terjadi di Meksiko setelah kematian Juarez selama 30 tahun.

C. Letak dan Batas Wilayah Meksiko

Secara astronomis, Meksiko terletak diantara 14° – 33° LU dan 86° – 117° BT. Luas wilayah Meksiko adalah 1.964.375 km2. Berikut adalah batas-batas wilayah Meksiko, yaitu:

  1. Sebelah utara berbatasan dengan Amerika Serikat
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Pasifik, Guatemala, Belize, dan Laut Karibia
  3. Sebelah barat berbatasan dengan Samudera Pasifik
  4. Sebelah timur berbatasan dengan Teluk Meksiko

D. Pembagian Wilayah Administratif Meksiko

Meksiko terletak di Kawasan Amerika bagian tengah. Meksiko merupakan negara federasi yang terdiri dari 31 negara bagian yang bebas dan berdaulat. Negara bagian yang membentuk serikat dan menjalankan tingkat yurisdiksi atas kota Meksiko.

Setiap negara bagian tentunya memiliki konstitusi, kongres, dan peradilannya masing-masing. Masyarakatnya dapat menggunakan hak suara untuk memilih secara langsung gubernur untuk masa jabatan enam tahun dan perwakilan di kongres di masa tiga tahun.

Meksiko memiliki divisi politik khusus yang dimiliki federasi secara keseluruhan. Negara bagian kemudian dibagi menjadi kotamadya yang diatur oleh walikota atau presiden kotamadya.

Berikut adalah daftar negara bagian yang ada di negara Meksiko yaitu Aguascalientes, Baja California, Baja California Sur, Campeche, Chiapas, Chihuahua, Coahuila, Colima, Durango, Guanajuato, Guerrero, Hidalgo, Jalisco, Negara bagian Meksiko, Kota Meksiko, Michoacan, Morelos, Nayarit, Nuevo Leon, Oaxaca, Puebla, Queretaro, Quintana Roo, San Luis Potosi, Sinaloa, Sonora, Tabasco, Tamaulipas, Tlaxcala, Veracruz, Yucatan, Zacatecas. 

E. Kondisi Geografis Meksiko

Meksiko memiliki beberapa pegunungan seperti Sierra Madre Occidental di sebalah barat, Sierra Madre Oriental di timur, Cordillera Neovolcanica di tengah, dan Sierra Madre del Sur di selatan.

Dataran tinggi Mexican berada di benua Amerika. Dataran rendah berada di pesisir dan Semenanjung Yucatan. Wilayah timur Meksiko merupakan plato yang berupa tanah liat dan tanah gamping.

Bagian barat berupa bukit-bukit dan batuan vulkanis. Sedangkan bagian selatan berisi plato yang disekat oleh pegunungan yang masih menunjukkan kegiatan vulkanis aktif. Gunung tertinggi di Meksiko adalah Gunung Orizba dengan ketinggian 5.700 meter. 

Bagian utara Meksiko merupakan kawasan yang sering dan tidak memiliki sungai. Mayoritas wilayah utara berupa dataran rendah. Dataran rendah pantainya membentang dari Rip Grande hingga ke Semenanjung Yukatan. Sedangkan dataran rendah Pantai Pasifik berupa dataran rendah yang relatif sempit dan berbukit-bukit.  

F. Kondisi Iklim Meksiko

Meksiko memiliki kondisi iklim yang bervariasi. Mayoritas musim di Meksiko adalah musim panas dan musim hujan. Musim panas terjadi pada antara bulan Oktober-April. Sedangkan musim hujan terjadi pada buan Juni-September.

Berdasarkan ketinggiannya, pembagian iklim di Meksiko terjadi sebagai berikut:

  1. Kawasan panas (0-750 M) di Meksiko selatan
  2. Kawasan sedang (750-1825 M) di plato tengah
  3. Kawasan dingin (1825-3650 M) di pegunungan
  4. Kawasan beku (>3650 M) di puncak gunung tertinggi

G. Kondisi Penduduk Meksiko

Pada tahun 2020, jumlah penduduk di Meksiko mencapai 128.649.565 jiwa. Dengan jumlah penduduk tersebut, membawa Meksiko menempati posisi ke-11 sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Berdasarkan survei yang dilakukan pemerintah Meksiko mendapatkan hasil bahwa pemerintah Meksiko menunjukkan sejumlah 62% adalah etnis Mestizo (Amerindian-Spanish). Selanjutnya diikuti dengan Amerindian Predominantly sejumlah 21%, Amerindian 7% dan etnis lainnya 10% yang mayoritas merupakan etnis Eropa.

H. Agama yang Dianut Masyarakat Meksiko

Berdasarkan data dari Instituto Nacional de Estadistica menunjukkan bahwa amayoritas penduduk Meksiko beragama Katolik Roma dengan hasil 83%. Sedangkan sebesar 10% penduduk Meksiko menganut denominasi Kristen yang terdiri dari Evangelicals, Pentakosta, Protestan, dan sebagainya. Kemudian sisanya merupakan penduduk non-Kristen dan tidak beragama.

I. Bahasa di Meksiko

Bahasa resmi de facto Meksiko tingkat federal adalah bahasa Spanyol. Selain itu, juga terdapat 68 bahasa pribumi yang diakui sebagai bahasa nasional.

Akan tetapi, terdapat lebih dari 40 bahasa kecil yang digunakan masyarakat. Sebesar 23% masyarakat aslinya menggunakan bahasa Nahuati yang digunakan kaum Aztec untuk melakukan komunikasi. Selain itu, terdapat sekitar 14% penduduknya yang merupakan orang Indian yang menuturkan bahasa Maya. 

J. Perekonomian Negara Meksiko

Perekonomian Meksiko didukung oleh beberapa sektor berikut ini, antara lain:

  1. Pertanian seperti minyak kelapa sawit, kapas, beras, coklat, kopi, jagung, tebu, kurma, kacang, dan sebagainya.
  2. Peternakan seperti sapi, babi, domba, kuda, keledai, dan ayam. Hasilnya adalah susu, mentega, keju, daging, telur, dan lainnya.
  3. Perikanan seperti ikan tuna, sarden, dan udang.
  4. Pertambangan seperti perak, air raksa, timah, belerang, tembaga, mangan, dan minyak bumi.
  5. Perindustrian seperti tekstil, baja, dan pengolahan batu gamping. Hasilnya seperti bahan kimia, barang elektronik, karet, dan sebagainya.
  6. Perdagangan seperti ekspor barang mentah hasil pertanian dan minyak. Impornya berupa mesin-mesin dan peralatan, bahan mentah, dan bahan pangan.
  7. Pariwisata terkenal di Meksiko seperti Pantai Acapulco yang terkenal di dunia. 

K. Hubungan Luar Negeri Meksiko dengan Indonesia

Tahun 2020, Meksiko dan Indonesia sepakat untuk menjalin kerja sama dalam bidang kesehatan, ekonomi digital, pertanian, pariwisata dan sustainable green economy, dan Menyusun Stock Taking List berupa kegiatan-kegiatan yang dapat dilaksanakan untuk mempercepat penyelesaian perundingan perjanjian yang sedang berlangsung.

Meksiko juga menjadi salah satu mitra strategis Indonesia di benua Amerika dengan GDP US$ 1,274 triliun dan jumlah penduduk 120 juta jiwa. Indonesia dan Meksiko juga memiliki kerja sama yang baik di berbagai forum regional dan internasional seperti G-20, APEC, MIKTA, dan FEALAC.  

REFERENSI

  • KEMLU RI. 2020. “Indonesia dan Meksiko Sepakat Jajaki Sejumlah Kerja Sama guna Pemulihan Ekonomi Paska Pandemi Covid-19”. https://kemlu.go.id/portal/id/read/1969/berita/indonesia-dan-meksiko-sepakat-jajaki-sejumlah-kerja-sama-guna-pemulihan-ekonomi-paska-pandemi-covid-19
  • Dickson. 2023. “Profil Negara Meksiko (Mexico)”. https://www.ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-meksiko-mexico/
  • Geografi. 2017. “Negara Meksiko”. https://www.geografi.org/2017/11/negara-meksiko.html
  • Yosua. 2020. “Profil Negara Meksiko”. https://semutaspal.com/meksiko/
  • Geologinesia. 2020. “Profil Negara Meksiko”. https://www.geologinesia.com/2020/01/profil-negara-meksiko.html

*Penulis: Nabila Salsa Bila