Profil Negara Antigua dan Barbuda

Negara Antigua dan Barbuda merupakan negara kepulauan di kawasan Laut Karibia bagian timur. Negara ini termasuk dalam bagian dari Kepualuan Antilles Kecil. Awalnya negara ini Bernama Wadadli dengan penduduk asli pulau Antigua dan Barbuda, suku Indian Arawak dan Karib yang telah ada di pulau ini sejak lama. Nama Antigua sendiri diberikan oleh Christopher Columbus saat melakukan perjalanan kedua pada 1493. 

Berikut adalah informasi lengkap profil negera Antigua dan Barbuda.

Profil Negara Antigua dan Barbuda

A. Karakteristik Negara Antigua dan Barbuda

Nama Resmi: Antigua dan Barbuda
Nama Lokal: Antigua dan Barbuda
Bentuk Pemerintahan: Monarki Konstitusional
Sistem Pemerintahan: Konstitusional

Kepala Negara: Raja
Kepala Pemerintahan: Perdana Menteri
Badan Legislatif: Parlemen (Senate + House of Representatives)
Ibu Kota: Saint John’s

Semboyan Negara: Each Endeavouring, All Achieving (Masing-masing Berusaha, Semuanya Berprestasi)
Jumlah Penduduk: 98.179 (estimasi Juli 2020)
Etnis: Keturunan Afrika 97.3%, Campuran 4.7%, Hispanik 2.7%, Putih 1.6%, etnis lainnya 2.7%, dan tidak diketahui 0.9%.
Hari Kemerdekaan: 1 November 1981

Lagu Kebangsaan: Fair Antigua, We Salute Thee
Mata Uang: East Caribbean dollars (XCD)
Kode Telepon: 1-268

Bendera Negara Antigua dan Barbuda
Bendera Negara Antigua dan Barbuda

B. Sejarah Berdirinya Antigua dan Barbuda

Etnis pertama yang mendiami pulau Antigua dan Barbuda adalah etnis Siboney pada 2.400 SM. Kemudian pada 1493, pulau-pulau di Antigua dan Barbuda mulai didiami etnis Indian Arawak yang sekaligus bertepatan dengan pendaratan kedua Christopher Columbus di Antigua.

Setelah itu, Inggris membentuk koloni pada 1667 untuk menggantikan dominasi pemukiman Spanyol dan Perancis. Pada 1 November 1981, Antigua dan Barbuda menjadi negara merdeka yang mengakuin Raja Inggris sebagai kepala negara di bawah sistem Persemakmuran Inggris atau Commonwealth of Nations.

C. Luas dan Batas Wilayah Antigua dan Barbuda

Luas wilayah Antigua dan Barbuda adalah 443 km persegi. Antigua dan Barbuda menjadi negara yang terdiri dari beberapa pulau dengan pulau Antigua sebagai pulau terbesar. Sedangkan pulau Barbuda berada di bagian utara pulau Antigua, di bagian tengah Kepulauan Leeward yang menjadi pulau utama.

Selain kedua pulau utama, Antigua dan Barbuda juga memiliki beberapa pulau kecil seperti Pulau Long, Pulau Green, Pulau Great Bird, Pulau Guiana. Pulau Maiden, Pulau Prickly Pear, Pulau York Islands, dan Island of Redonda. 

Kedua pulau utama dipisahkan oleh Laut Karibia sejauh 63 km. batas wilayah Antigua dan Barbuda adalah sebagai berikut:

  • Sebelah selatan berbatasan dengan Guadeloupe
  • Sebelah barat daya berbatasan dengan Montserrat
  • Sebelah barat berbatasan dengan Federasi Saint Kitts dan Nevis
  • Sebelah barat laut berbatasan dengan Saint Barthelemy

D. Pembagian Wilayah Administratif Antigua dan Barbuda

Antigua dan Barbuda memiliki enam paroki dan dua dependensi. Paroki yang dimiliki yaitu Saint George, Saint John, Saint Mary, Saint Paul, Saint Peter, dan Saint Philip. Sedangkan dua dependensi yang dimiliki yaitu Barbuda dan Redonda.

E. Kondisi Geografis Antigua dan Barbuda

Secara astronomis wilayah terletak di 17° 7′ LU dan 61° 51′ BT. Pulau Antigua dan Pulau Barbuda merupakan pulau dataran rendah yang datarannya dipengaruhi formasi batu kapur dibandingkan aktivitas gunung berapi. 

Titik tertinggi di Antigua dan Barbuda adalah Boggy Peak dengan sisa kawah gunung berapi yang menjulang setinggi 402 meter. Garis pantai kedua pulau menjorok ke pantai, laguna, dan Pelabuhan alami. Kepulauan ini berbatasan dengan karang dan beting. 

F. Kondisi Iklim Antigua dan Barbuda

Antigua dan Barbuda memiliki iklim tropis dan hangat. Rata-rata curah hujan negara ini mencapai 990 mm per tahum dengan jumlah yang bervariasi dari musim ke musim.

Secara umum, Antigua dan Barbuda memiliki periode terbasah antara bulan September dan November dengan kelembaban dan kekeringan secara berulang. 

Di Antigua dan Barbuda tiap tahunnya sering terjadi badai. Pada 2017, badai kategori 5 merusak 95% bangunan di Barbuda sehingga menyebabkan 1.800 orang harus dievakuasi ke Antigua. 

G. Kondisi Ekonomi Antigua dan Barbuda

Perekonomia Antigua dan Barbuda paling banyak didukung dari sektor pariwisata dengan jumlah lebih dari setengah Produk Domestik Bruto (PDB). Bahkan di Antigua dan Barbuda dikenal terdapat banyak resort mewah sehingga tidak heran menjadi tujuan wisata kalangan atas.

Selain itu, perbankan investasi dan layanan keuangan juga menjadi bagian penting dari perekonomiannya. Tidak heran jika negara ini memiliki kantor bank-bank besar dunia termasuk Royal Bank of Canada (RBC) dan Scotiabank.

Pada sektor pertanian hanya berfokus di pasar domestik karena terbatasnya ketersediaan air dan kurangnya tenaga kerja. Dari sektor manufaktur, negara ini mengandalkan produk seperti alas tidur, kerajinan tangan, dan komponen elektronik untuk dieskpor.

H. Sistem Pemerintahan Antigua dan Barbuda

Sistem pemerintahan yang dianut Antigua dan Barbuda adalah Monarki Konstitusional dengan mengakui bahwa Raja Inggris sebagai kepala negara. Sedangkan untuk kepala pemerintahannya dipimpin oleh Perdana Menteri. Perdana Menteri yang dipilih merupakan pemimpin partai mayoritas atau koalisi yang menang dalam pemilihan umum legislatif.

I. Agama Penduduk Antigua dan Barbuda

Sekitar 77% penduduk Antigua dan Barbuda beragama Kriten, Anglikan (17.6%) adalah denominasi terbesar di negara ini. Sedangkan denominasi lainnya antara lain:

  1. Gereja Masehi Avent Hari Ketujuh (12.4%)
  2. Pentakosta (12.2%)
  3. Gereja Moravia (8.3%)
  4. Katolik Roma (8.2%)
  5. Gereja Methodist (5.6%)
  6. Gereja Wesleyan Holiness (4.5%)
  7. Gereja Tuhan (4.1%)
  8. Baptis (3.6%)
  9. Mormon (<1%)
  10. Saksi-Saksi Yehuwa

Sedangkan untuk penduduk Antigua dan Barbuda yang menganut agama non-Kristen di negara ini adalah Rasafari, Islam, dan Baha’i.

J. Bahasa Resmi Antigua dan Barbuda

Bahasa resmi Antigua dan Barbuda adalah bahasa Inggris. Aksen Barbudan sedikit berbeda dengan aksen Antiguan. Sebelum kemerdekaan, bahasa Inggris secara luas diucapkan dalam preferensi kreol Antiguan.

Secara umum, penduduk kalangan kelas atas dan menengah menghindari kreol Antiguan. Sistem pendidikan menghalangi penggunaan kreol Antiguan dan instruksi dilakukan dalam bahasa Inggris standar. Selain itu, penduduk Antigua dan Barbuda juga banyak menggunakan bahasa Spanyol yang dituturkan sekitar 10.000 penduduk. 

K. Fakta Menarik Antigua dan Barbuda

  1. Antigua berasal dari bahasa Spanyol yang artinya “Kuno” dan Barbuda yang artinya “Berjanggut”.
  2. Hampir sebagian besar penduduk Antigua dan Barbuda merupakan keturunan budak yang pernah bekerja di ladang tebu. Sedangkan sisanya merupakan keturunan Inggris, Irlandia, dan Portugis.
  3. Penduduk asli Antigua dan Barbuda adalah bangsa Indian pra-keramik sekitar tahun 2.400 SM.
  4. Antigua dan Barbuda memiliki enam paroki yaitu daerah untuk umat Katolik yang diketuai oleh Pastur antara lain Saint John, Saint Mary, Saint Paul, Saint Philip, Saint Peter, dan Saint Paul II.
  5. Garis pantai Antigua dan Barbuda memiliki panjang total mencapi 153 km. 

L. Hubungan Luar Negeri Antigua dan Barbuda

Pada 31 Oktober 2019. Duta Besar Priyo Iswanto melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Hon. E.P. Chet Greene di Kantor Pemerintahan Antigua dan Barbuda dalam rangka mengucapkan selamat atas hari kemerdekaan Antigua dan Barbuda yang ke-38. 

Pertemuan ini sekaligus membahas mengenai peningkatan kerja sama di bidang politik, perdagangan, dan people-to-people- contact bagi kedua negara.

Dubes RI menyampaikan peluang kunjungan turis asal Indonesia ke Antigua dan Barbuda karena jumlah masyarakat menengah ke atas Indonesia cukup signifikan. Dengan demikian, Dubes RI mendorong pemerintah Antigua dan Barbuda untuk memberikan pemberian fasilitas bebas visa bagi WNI pemegang paspor biasa untuk berkunjung ke Antigua dan Barbuda.

Pertimbangan kebijakan ini supaya dapat terbentuk self-promoting bagi Antigua dan Barbuda karena banyak netizen Indonesia yang akan menanyakan destinasi wisata yang dituju,

Selain itu, Dubes RI juga menyampaikan informasi mengenai penunjukkan Mr. Paul Ryan sebagai calon Konsul Kehormatan RI di St. John’s, Antigua dan Barbuda yang telah sampai di tahap final serta tinggal menunggu keputusan Presiden RI.

Dengan adanya penangkatan Kehormatan RI diharapkan dapat menambah tingkat representasi Indonesia di Antigua dan Barbuda serta meningkatkan kerja sama bidang ekonomi dan perdagangan kedua negara. 

REFERENSI

  • Kemlu RI. (2019). “Hubungan Bilateral Indonesia-Antigua & Barbuda Semakin Meningkat”. https://kemlu.go.id/bogota/id/news/3182/hubungan-bilateral-indonesia-antigua-barbuda-semakin-meningkat
  • Dickson. (2020). “Profil Negara Antigua dan Barbuda”. https://www.ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-antigua-dan-barbuda/
  • Yosua Herbi. (2020). “Profil & Informasi Lengkap tentang Antigua dan Barbuda”. https://semutaspal.com/antigua-dan-barbuda/
  • Ika Lestari. (2021). “Negara Antigua dan Barbuda: Karakteristik, Penduduk, dan Faktanya”. https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/negara-antigua-dan-barbuda

*Penulis: Nabila Salsa Bila