Profil Negara Burkina Faso

Sebelum dikenal dengan nama Burkina Faso, dulunya negara ini bernama Upper Volta. Saat ini, Burkina Faso memiliki nama pendek yaitu Burkina. Negara ini sendiri merupakan negara yang terkunci di daratan Afrika Barat.

Perubahan nama ini terjadi ketika Presiden Thomas Sankara secara resmi pada 4 Agustus 1984 mengubah Upper Volta menjadi Burkina Faso yang artinya “tanah orang benar” atau The Land of Upright People dalam bahasa More dan Dioula.

Artikel ini akan membahas mengenai Burkina Faso mulai dari peta negara, batas wilayah, bendera negara, lambang negara, lagu kebangsaan, kondisi geografis, sistem pemerintahan, kondisi ekonomi, mata uang, agama, bahasa, etnis, tempat wisata populer, hingga fakta-fakta menarik yang ada.

Profil Negara Burkina Faso

A. Peta Negara Burkina Faso

B. Batas Wilayah Negara Burkina Faso

Burkina Faso memiliki luas wilayah 274.200 km persegi dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:

  1. Sebelah utara berbatasan dengan Mali
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Togo dan Ghana
  3. Sebelah timur berbatasan dengan Niger
  4. Sebelah Tenggara berbatasan dengan Benin
  5. Sebelah barat daya berbatasan dengan Pantai Gading

C. Bendera Negara Burkina Faso

Bendera Negara Burkina Faso

Bendera Burkina Faso memiliki garis-garis horizontal berwarna merah di bagian atas dan hijau di bagian bawah. Terdapat pula Bintang di tengah bendera berwarna kuning. Arti keseluruhan dari bendera tersebut melambangkan kepemimpinan dan prinsip revolusioner dari program baru. 

Warna merah melambangkan perjuangan revolusioner yang dibutuhkan untuk mengubah kesadaran nasional. Warna hijau melamabangkan harapan dan kelimpahan. Warna kuning melambangkan kekayaan mineral negara.

D. Lambang Negara Burkina Faso

Lambang Negara Burkina Faso

Lambang negara Burkina Faso terdiri dari perisai yang beralaskan bendera nasional yang ditopang oleh dua ekor Jantan putih. Di bawah bawah perisai terdapat moto nasional negara “Unité, Progrès, Justice” yang artinya “Persatuan, Kemajuan, Keadilan). Di bagian ujung moto terdapat millet Mutiara yaitu biji-bijian sereal penting yang banyak dibudidayakan di Burkina Faso.

E. Lagu Kebangsaan Burkina Faso

Lagu kebangsaan dari Burkina Faso adalah “Une Seule Nuit” atau dikenal juga dengan nama L’Hymne de la Victoire atau Ditanye. Lagu ini tulis dan dikomposeri oleh Thomas Sankara. Pada tanggal 12 Agustsu 1984 lagu ini diadopsi dan menjadi lagu nasional Burkina Faso.

Berikut adalah lirik lagu dari lagu kebangsaan Burkina Faso, yaitu:

"Une Seule Nuit" (French)

First Verse

Contre la férule humiliante il y a déjà mille ans,

La rapacité venue de loin les asservir il y a cent ans.

Contre la cynique malice métamorphosée

En néocolonialisme et ses petits servants locaux

Beaucoup flanchèrent et certains résistèrent.

Mais les échecs, les succès, la sueur, le sang

Ont fortifié notre peuple courageux et fertilisé sa lutte héroïque.

Chorus 1

Et une seule nuit a rassemblée en elle

L'histoire de tout un peuple.

Et une seule nuit a déclenché sa marche triomphale

Vers l'horizon du bonheur.

Une seule nuit a réconcilié notre peuple

Avec tous les peuples du monde,

A la conquête de la liberté et du progrès

La Patrie ou la mort, nous vaincrons!

Second Verse

Nourris à la source vive de la Révolution.

Les engagés volontaires de la liberté et de la paix

Dans l'énergie nocturne et salutaire du 4 août

N'avaient pas que les armes à la main, mais aussi et surtout

La flamme au coeur pour légitimement libérer

Le Faso à jamais des fers de tous ceux qui

Çà et, là en poluaient l'âme sacrée de l'indépendance, de la souveraineté.

Chorus 2

Et séant désormais en sa dignité recouvrée

L'amour et l'honneur en partage avec l'humanité,

Le peuple du Burkina chante un hymne à la victoire,

A la gloire du travail libérateur, émancipateur.

A bas l'exploitation de l'homme par l'homme!

Hé en avant pour le bonheur de tout homme,

Par tous les hommes aujourd'hui et demain,

Par tous les hommes ici et pour toujours!

Third Verse

Révolution populaire notre sève nourricière.

Maternité immortelle du progrès à visage d'homme.

Foyer éternel de démocratie consensuelle,

Où enfin l'identité nationale a droit de cité,

Où pour toujours l'injustice perd ses quartiers,

Et où, des mains des bâtisseurs d'un monde radieux

Mûrissent partout les moissons de vœux patriotiques,

brillent les soleils infinis de joie.

Chorus 1

Et une seule nuit a rassemblée en elle

L'histoire de tout un peuple.

Et une seule nuit a déclenché sa marche triomphale

Vers l'horizon du bonheur.

Une seule nuit a réconcilié notre peuple

Avec tous les peuples du monde,

A la conquête de la liberté et du progrès

La Patrie ou la mort, nous vaincrons!

F. Kondisi Geografis Burkina Faso

Burkina Faso merupakan negara Sahel yang terkurung daratan. Negara ini terletak di antara Gurun Sahara dan teluk Guinea serta di sebelah selatan lingkaran Sungai Niger. Burkina Faso memiliki tanah hijau di bagian selatan yang dihuni oleh banyak hutan dan pohon buah-buahan. Serta di bagian utara berupa gurun.

Sebagian besar wilayah Burkina Faso terletak di dataran tinggi sabana dengan ketinggian 198-305 (650-1.000 kaki) di atas permukaan laut dengan ladang, semak belukar, dan perpohonan yang tersebar.

Curah hujan tahunan bervariasi sekitar 100 cm (40 inci) di selatan hingga kurang dari 25 cm (10 inci) di ujung utara dan timur laut Dimana angin gurun yang panas menonjolkan kekeringan di wilayah tersebut.

Burkina Faso memiliki tiga musim, antara lain:

  1. Hangat dan kering yang terjadi pada November-Maret
  2. Panas dan kering yang terjadi pada Maret-Mei
  3. Panas dan basah yang terjadi Juni-Oktober

G. Sistem Pemerintahan Burkina Faso

Pada tahun 1990, Front Populer mengadakan kongres nasional pertama yang bertujuan untuk membentuk komite perancangan konstitusi nasional. Kemudian, konstitusi ini disetujui melalui referensum pada tahun 1991.

Pada tahun 1992, Compaore terpilih sebagai presiden tanpa lawan setelah oposisi memboikot pemilu karena adanya penolakan Compaore untuk menyetujui tuntutan oposisi seperti Konferensi Nasional yang berdaulat untuk menetapkan modalitas. Pihak oposisi berpartisipasi dalam pemilihan legislative tahun berikutnya sehingga ODP/MT memenangkan mayoritas kursi. 

Pemerintah republik keempat mencakup pemerintahan yang kuat, perdana menteri, dewan menteri yang dipimpin oleh presiden, majelis nasional dua kamar, dan peradilan. Sedangkan badan legislative dan yudikatif bersifat independent akan tetapi tetap rentan akan mendapat pengaruh dari luar.

Pada tahun 195, Burkina Faso melakukan pemilihan kota multipartai pertama sejak kemerdekaan. Pemilihan kota ini terdapat sedikit pengecualian dimana pemungutan suarat dianggap bebas dan adil oleh organisasi hak asasi manusia setempat yang memantau pemilu tersebut. ODP/MT yang dipimpin presiden memenangkan lebih dari 1.100 dari 1.700 kursi anggota dewan yang diperebutkan.

Pada Februari 1996, ODP/MT yang berkuasa bergabung dengan beberapa partai oposisi kecil untuk membentuk Kongres Demokrasi dan Kemajuan. Hal ini secara efektif membuat sebagian besar oposisi yang ada terhadap Compaore. 

Partai-partai oposisi yang tersisa kembali berkumpul untuk persiapan pemilihan legislative tahun 1997 dan pemilihan presiden 1998. Pemilu legislative pada 1997 menurut pengamat internasional dinyatakan sebagai pemilu yang bebas, adil, transparan, serta menghasilkan CDP yang besar -101 berbanding 111 kursi.

H. Kondisi Ekonomi Burkina Faso

Burkina Faso menjadi salah satu negara termiskin di dunia karena hanya memiliki beberapa sumbe rdaya alam dan basis industri yang lemah. Selain itu, sekitar 90% penduduk bergerak ddi bidang pertanian subsinten yang rentan akan adanya kekeringan periodic.

Kapas menjadi tanaman penghasil devisa utama sehingga membuat pemerintah Burkina Faso bergabung dengan tiga negara produsen kapas lainnya seperti Mali, Niger, dan Chad. Tujuan penggabungan ini untuk melobi WTO supaya subdisi petanis kapas negara-negara pesaing dapat dikurangi. 

Sejak 1998, Burkina Faso telah melakukan privatisasi perusahaan milik negara dengan sukses secara bertahap. Tahun 2004, Burkina Faso merevisi peraturan investasi dengan harapan dapat menarik investor asing. 

Hasil dari peraturan tersebut dan ditambah dengan peraturan lain yang mendukung sektor pertambangan membuat negara Burkina Faso mengalami peningkatan eksplorasi dan produksi emas.

Burkina Faso menerima dana hibah dari Millenium Challenge Corporation (MCC) untuk meningkatkan pendidikan bagi Perempuan di Tingkat Sekolah Dasar. Pada Juli 2008, Burkina Faso menandatangani perjanjian MCC yng berfokus pada infrastruktur, pertanian, dan reformasi tanah.

I. Mata Uang Burkina Faso

Mata uang resmi Burkina Faso adalah Franc Afrika Barat (CFA, XOF). Mata uang ini digunakan bersama dengan delapan negara Afrika Barat lainnya seperti Benin, Guinea-Bissau, Mali, Pantai Gading, Senegal, Niger, dan Togo.

J. Agama yang Dianut Masyarakat Burkina Faso

Agama mayoritas yang dianut oleh masyarakat Burkina Faso adalah Islam yang jumlah populasinya lebih dari setengah penduduk. Kemudian disusul Katolik Roma dengan jumlah pengikut seperlima dan agama tradisional yang berjumlah seperenam. Sissanya adalah Protestan atau nonreligius. Kursi keuskupan agung Katolik Roma berada di Ouagadougou, dan ada beberapa keuskupan di seluruh negeri. 

K. Bahasa Resmi Burkina Faso

Bahasa resmi Burkina Faso adalah Perancis. Sedangkan bahasa sehari-hari yang banyak digunakan ole masyarakatnya adalah Moore serta dalam aspek perdagangan sering menggunakan bahasa Dyula.

Bahasa Mande juga digunakan sebagai bahasa cabang dari keluarga Niger-Kongo yang dituturkan oleh beberapa kelompok seperti Samo, Marka, Busansi, dan Dyula. Kelompok lain dari Burkina Faso yaitu Hausa dan Tuareg diklasifikasikans ebagai Afro-Asiatik, dan Fulani yang bahasanya (Fula) adalah bahasa Niger-Kongo dari cabang Atlantik.

L. Etnis Burkina Faso 

Kelompok etnolinguistik utama Burkina Faso adalah Mossi. Etnis ini berbicara menggunakan bahasa Niger-Kongo dari cabang Gur yang telah terhubung selama berabad-abad dengan wilayah yang dihuni. Selain itu, etnis ini juga menyerap beberapa bangsa seperti Gurma dan Yarse.

Selain itu, terdapat juga kelompok yang memiliki asal-usul Mandai tetapi berasimilasi dengan Mossi dan berbagai bahasa (Moore). Orang-orang berbahasa Gur lainnya yaitu Gurunsi, Senufo, Bwa dan Lobi. Secara koletif, warga Burkina Faso dikenal dengan Burkinabé.

M. Tempat Wisata Populer di Burkina Faso

1. Taman Nasional Arly

Taman nasional ini merupakan suaka margasatwa yang dihuni oleh beberapa hewan seperti singa, gajah, monyet, antelop, babi hutan, dan kudanil.

2. Arsitektur bangunan di Ouagadougou

Ouagadougou atau dikenal juga dengan nama Ouaga merupakan ibukota dari Burkina Faso. Kota ini memiliki banyak arsitektur bangunan yang memukau dan tampak cantik. Selain itu di daerah ini sering melakukan pertunjukkan akbar seperti tarian, musik, dan festival.

3. Puncak batu terjal

Di provinsi Loraba, kota Sindou memiliki puncak batu terjal yang tersembunyi diantara Semak-semak belukar. Hal ini membuat daerah ini banyak dkunjungi karena pesonanya.

N. Fakta-Fakta Menarik Burkina Faso

1. Burkina Faso memiliki tambang emas

Burkina Faso memiliki beberapa tempat yang menghasilkan emas. Hal ini menjadi sumber utama kekayaaan potensial bagi negara. wilayah di Burkina Faso yang memiliki tambang emas yaitu di Poura, barat daya Koudougou, dan ada deposit emas yang lebih kecil di dekat Sebba dan Dori-Yalogo di utara.

Selain emas, Burkina Faso juga memiliki Cadangan nikel, bauksit, seng, timah, dan perak. Deposit mangan substansial Burkina Faso di Tambao di daerah timur laut berpotensi mewakili sumber daya terpentingnya dan menjadi salah satu sumber mineral terkaya di dunia.

2. Hidangan nasional “Riz Gras” 

Riz Gras merupakan nasi lemak yang dilengkapi dengan nasi putih, pasta tomat, dan beberapa sayuran (terong, wortel, bawang merah, cabai, dan bawang putih) yang direbus bersama dalam nasi kental dan disajikan dengan beberapa helai bawang mentah di atasnya. 

Demikianlah informasi lengkap mengenai Burkina Faso yang terletak di kawasan Afrika Barat. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan Anda. 

REFERENSI

  1. Kemlu RI. (2018). “Burkina Faso”. https://kemlu.go.id/abuja/id/read/burkina-faso/2086/etc-menu
  2. BBC News. (2023). “Profil Negara Burkina Faso)”. https://www-bbc-com.translate.goog/news/world-africa-13072774?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  3. U.S. Department of State. (2010). “Catatan Latar Belakang: Burkina Faso, Maret 1998”. https://1997--2001-state gov.translate.goog/background_notes/burkina_0398_bgn.html?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  4. Dyah Ayu Pamela. (2023). “6 Fakta Menarik Burkina Faso, Negara Afrika Penghasil Emas Bekas Jajahan Prancis”. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5282690/6-fakta-menarik-burkina-faso-negara-afrika-penghasil-emas-bekas-jajahan-prancis?page=4
  5. Whitney Smith. (2020). “Bendera Burkina Faso”. https://www-britannica-com.translate.goog/topic/flag-of-Burkina-Faso
  6. World Atlas. (2023). “Bendera, Simbol, & Mata Uang Burkina Faso”. https://www-worldatlas-com.translate.goog/flags/burkina-faso?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  7. Prita. (2021). “10 Tempat Wisata di Burkina Faso Tawarkan Daya Tarik Afrika Barat”. https://www.gotravelly.com/blog/10-tempat-wisata-di-burkina-faso/

*Penulis: Nabila Salsa Bila

Posting Komentar untuk "Profil Negara Burkina Faso"