Surat Bentuk Setengah Lurus - Contoh Surat Semi Block Style

Dalam menulis surat yang baik dan benar, kita pun perlu memahami bagaimana bentuk bentuk surat yang ada, serta seperti apa formatnya. Terutama, bila kita menulis surat pada sebuah instansi atau lembaga yang resmi.

Bentuk surat pada dasarnya ada bermacam -macam. Salah satu bentuk surat yang banyak digunakan adalah surat bentuk setengah lurus atau semi blok style.

Adapun penulisan format surat bentuk setengah lurus ini adalah dengan ketentuan penempatan bagian-bagian suratnya yang hampir sama dengan bentuk lurus, yakni penulisan dimulai dari margin kiri.

Namun, yang membedakannya adalah cara penulisan permulaan alinea. Untuk contoh surat semi blok style, pada setiap awal alinea masuk lima hentakan. Agar lebih jelas, berikut disertakan bagan contoh surat semi block style atau surat bentuk setengah lurus dan contoh surat surat semi block style.

Artikel terkait: Contoh Surat Edaran

Bagan surat bentuk setengah lurus (semi block style)



---------


-----KOP SURAT-----


------




Nomor_______ __tanggal________


 

__Alamat​​ Tujuan___


__________


__Perihal__


 

__Salam​​ Pembuka___ ,


_________ ISI ____


_________


_________


 

___ Nama Instansi ___


___ Nama Terang ___


___ Jabatan ___


__lampiran____


_____________


_Tembusan___


____________


__Inisial__



Contoh Surat Semi Block Style (Surat Bentuk Setengah Lurus)



PT INA RAYA JAYA


Jalan Mawar Melati No.999


Jakarta Pusat




Nomor : 205 / P /11 / 2016 2 November 2016
Lamp. : -


PT Manis Abadi
Jalan Anggrek Raya No. 234
Bali

Pesanan Gula Pasir


Dengan hormat,​​

Kami membutuhkan ​​ tambahan pasokan gula pasir sebanyak 40 ton untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya Natal dan tahun baru.


Sehubungan dengan hal tersebut, kami memesan 40 ton gula pasir dari sekarang untuk menghindari kelangkaan barang menjelang hari raya, dengan rincian sama seperti yang kami pesan lima minggu ​​ lalu. Karena kami sudah menjadi pelanggan, kami harap dapat memperoleh potongan harga sebesar 25 % seperti yang Anda berikan pada pemesanan lima minggu lalu. Mengenai masalah pengangkutan gula pasir tersebut, kami sudah menjalin kerja sama dengan Balitren Transportasi. Mereka tidak keberatan apabila gula pasir itu diangkut dengan kapal KM Macan Tutul pada akhir bulan November ini.​​


Kami mengharapkan pesanan kami dapat diselesaikan pada bulan ini juga dengan harga dan potongan seperti di atas. Terima kasih atas kerjasama yang diberikan.​​





Hormat Kami,
Made Jayadi
Direktur Utama

AN/UG



Materi lain: