Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Pengertian Morfologi Tanah

Morfologi tanah berhubungan dengan daya dukung tanah untuk pemanfaatan serta pengelolaan tanah. Lantas, apa pengertian morfologi tanah? 

Kata morfologi terbentuk dari suku kata bahasa Latin yakni “morphos” yang berarti bentuk dan “logos” yang berarti ilmu. Dengan demikian, secara sederhana pengertian morfologi tanah bisa dipahami sebagai ilmu yang mempelajari bentuk-bentuk tanah.

Secara lebih dalam, pengertian morfologi tanah adalah pendeskripsian suatu tanah yang berhubungan dengan kenampakan, ciri-ciri dan sifat-sifat tanah yang dapat diamati di lapangan. 

Morfologi dapat menunjukkan kesuburan suatu tanah. Dengan mengetahui morfologi tanah, kita bisa mengetahui sejauh mana daya dukung penggunaan tanah. 

Dalam hal ini, morfologi tanah sangat menentukan kemudahan penetrasi akar, ketersediaan air, kemudahan penyerapan air oleh tanaman, jumlah oksigen dan gas lain yang ada di tanah. Dapat pula diketahui tentang sejauh mana air dapat bergerak, secara lateral dan vertikal melalui tanah.

Tanah memiki sifat fisika tanah, yang sebagian besarnya banyak dikendalikan ukuran, distribusi, dan pengaturan partikel tanah. Morfologi serta sifat tanah ini memang sangat beragam. Hal ini menunjukkan bahwa jenis tanah yang ada di bumi ini pun beragam. 

Keanekaragaman jenis tanah pada akhirnya juga banyak berpengaruh pada produksi tanaman. Ini dikarenakan adanya perbedaan sifat morfologi dan fisik. Morfologi sendiri juga berhubungan dengan perkembangan dan pelapukan yang terjadi pada tanah.

Pengertian morfologi tanah lainnya bisa dijelaskan sebagai suatu sarana dalam penyelidikan ilmiah yang bertujuan untuk menguraikan, melukiskan serta melaporkan kenampakan, ciri-ciri, dan sifat tanah yang dimiliki oleh suatu profil tanah. 

Sifat morfologi tanah ini merupakan sifat tanah yang memang secara tampak bisa dipelajari serta diamati di lapangan, sehingga dapat menunjukkan profil tanah. Sebagian dari sifat morfologi tanah sendiri merupakan sifat fisik dari tanah tersebut. 

Apa pentingnya morfologi tanah?

Pengamatan morfologi tanah penting dilakukan karena sifat morfologi tanah adalah hal yang sangat menentukan pertumbuhan tanaman. Pengamatan yang dilakukan terhadap profil tanah ini juga dapat memberi gambaran terkait apa saja faktor penghambat apa saja yang membatasi pertumbuhan tanaman hutan. 

Oleh karena itu, pembuatan profil tanah harus dilakukan melalui langkah-langkah atau prosedur yang jelas. Berikut adalah syarat pembuatan profil tanah, meliputi:

  1. tegak (vertikal), 
  2. baru, 
  3. tidak terkena sinar matahari secara langsung, 
  4. tidak tergenang air, dan 
  5. mewakili tapak sekeliling.

Adapun beberapa sifat tanah atau kenampakan tanah yang umum diamati, meliputi:

  1. warna tanah, 
  2. tekstur tanah, 
  3. struktur tanah, 
  4. konsistensi, 
  5. perakaran, serta 
  6. bahan-bahan kasar dan bentukan istimewa

Sedangkan pengamatan terhadap sifat morfologi tanah hutan pada dasarnya mirip, tapi secara khusus dapat mencakup ketebalan top soil, warna tanah, tekstur, struktur dan tingkat perkembangannya, perakaran, relief, lereng dan fisiografi tanah. 

Referensi:

  • Asgar Taiyeb. 2021. Sifat Morfologi Tanah Hutan, https://stafsite.untad.ac.id/197610142002121001/sifat-morfologi-tanah-hutan.html
  • Hardjowigeno, S. 2007. Ilmu Tanah. Jakarta: Akademika Pressindo. 296 Halaman.
  • Rachim dan Suwardi. 2002. Morfologi dan Klasifikasi Tanah. Jurusan Tanah Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor Bogor.

Posting Komentar untuk "Mengenal Pengertian Morfologi Tanah"