Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh Pemanfaatan Sumber Daya Alam bagi Kehidupan

Sumber daya alam berperan penting dalam kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini. Bagi kehidupan manusia, pemanfaatan sumber daya alam pun harus diperhatikan dengan seksama. Manusia harus dapat memanfaatkan sumber daya alam secara bijak, sehingga tidak terjadi eksploitasi berlebihan, dan berakhir pada rusaknya sumber daya alam itu sendiri.

Pemanfaatan sumber daya alam dapat dilihat dari jenis kelompok sumber dayanya, yakni sumber daya alam hayati dan nonhayati, atau berdasarkan sifatnya, yakni sumber daya yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. 

Pemanfaatan sumber daya alam yang dapat diperbarui

Sumber daya alam yang dapat diperbarui bisa dimanfaatkan dalam banyak hal. Berikut adalah contoh pemanfaatannya:

Sumber makanan 

Manusia membutuhkan makanan untuk bisa bertahan hidup. Hal ini bisa didapatkan dari sumber daya alam hayati, baik yang berasal dari hewani maupun nabati. Berbagai jenis hewan bisa menjadi sumber makanan, misalnya daging ayam, daging sapi, ikan, udang, hingga telur ayam. Begitu pula tumbuh-tumbuhan juga bisa menjadi bahan makanan berupa sayuran, umbi-umbian, hingga buah-buahan.

Bahan obat-obatan

Banyak sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan atau stimulan bagi kesehatan manusia. Misalnya saja, aneka produk herbal yang bisa dijadikan sebagai bahan obat dan vitamin. Beberapa zat dari hewan pun juga dapat menjadi unsur penunjang dalam bahan pembuat obat. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Sebagai contoh, buah mengkudu mampu menjaga kadar gula darah, buah mentimun dapat membantu menjaga kolesterol, buah jambu biji mampu membantu menaikkan trombosit, dan lain sebagainya.

Bahan Kecantikan

Sumber daya alam di sekitar kita bisa dimanfaatkan untuk bahan kecantikan. Misalnya saja, kulit jeruk nipis mampu membantu menghaluskan kuku. Lidah buaya bisa menjadi bahan perawatan rambut, buah bengkoang membantu mencerahkan kulit, madu membantu sebagai memberi kelembapan alami, putih telur untuk mengencangkan kulit, dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Sebagai bahan sandang 

Manusia dapat memanfaatkan sumber daya alam sebagai bahan sandang, serta memenuhi kebutuhan fashion mereka. Sebagai contoh, bulu domba dapat menjadi kain wool dan menghasilkan pakaian, jaket atau selimut. Begitu jua kulit hewan sapi atau domba yang bisa diolah menjadi pakaian, sepatu hingga tas. Benang dari ulat sutera dapat menjadi pakaian yang indah. 

Sebagai bahan bangunan 

Manusia membutuhkan tempat berteduh atau rumah untuk berlindung dari berbagai cuaca. Untuk itu, dibutuhkan bangunan, yang bisa dibuat dari sumber daya alam yang ada di sekitar. Manusia bisa membangun rumah atau bangunan lain dengan kayu tanah liat dan bahan lain, yang diolah terlebih dahulu. 

Sebagai perabotan atau furnitur

Selain membutuhkan rumah, manusia juga memerlukan perabot untuk membantu  menunjang kebutuhan hidup. Sebagai contoh, manusia bisa membuat aneka perabot dari tanah liat atau gerabah. Mereka juga bisa membuat lemari, meja dan hal lain dari kayu.

Pemanfaatan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui

Beberapa jenis sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan manusia sifatnya tidak dapat diperbarui lagi. Oleh karena itu, pemanfaatannya harus sangat bijak dan hemat sehingga generasi selanjutnya dapat tetap menikmati sumber daya tersebut.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui ini seperti barang tambang berupa logam, maupun barang tambang non logam seperti gypsum, minyak dan lainnya. 

Berikut adalah contoh pemanfaatan sumber daya alam tersebut:

  • Sebagai bahan perhiasan. Contoh dari emas dan perak.
  • Sebagai peralatan dapur. Contoh alumunium, besi dan lainnya.
  • Sebagai bahan bangunan. Contoh gypsum untuk cat tembok, asbes untuk papan genteng.
  • Sebagai campuran obat. Contoh belerang untuk campuran obat.
  • Sebagai bahan bakar. Contoh minyak, batu bara dan gas.

Referensi:

  • Ashari, Avisena. 2021. Contoh Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya, Ada Sumber Daya Alam yang Bisa Diperbarui dan Tidak Bisa Diperbarui, diakses dari https://bobo.grid.id/read/082515269/contoh-sumber-daya-alam-dan-pemanfaatannya-ada-sumber-daya-alam-yang-bisa-diperbarui-dan-tidak-bisa-diperbarui?page=all
  • Gischa, Serafica. 2021. Contoh Manfaat Sumber Daya Alam bagi Kehidupan Manusia, diakses dari https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/21/173542469/contoh-manfaat-sumber-daya-alam-bagi-kehidupan-manusia.
*Penulis: Hasna Wijayati

Posting Komentar untuk "Contoh Pemanfaatan Sumber Daya Alam bagi Kehidupan"