Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
SELAMAT DATANG Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikotak komentar. Scroll ke bawah untuk melanjutkan membaca.

Mengenal Komposisi Penduduk, dari Pengertian, Jenis hingga Piramida Penduduk

Tahukah Kamu bahwa penduduk bisa dikelompokkan? Bericara tentang pengelompokkan penduduk, berarti kita bicara tentang komposisi penduduk. Mengetahui komposisi penduduk dapat membantu pemerintah untuk menyusun dan mengkaji kebijakan secara tepat bagi tujuan pembangunan.

Pengertian Komposisi Penduduk

Pengertian komposisi penduduk dalam ilmu Geografi, merupakan suatu susunan atau pengelompokan penduduk atas dasar kriteria tertentu. Kriteria penentuan komposisi penduduk bisa beragam, seperti dari kondisi demografis usia, jenis kelamin, mata pencaharian, tingkat penghasilan, pendidikan, jenis pekerjaan, penghasilan, dan lainnya.

Komposisi penduduk dapat bermanfaat untuk menjadi bahan acuan bagi pemerintah dalam membuat kebijakan. Selain itu, bagi perusahaan swasta atau komersial, komposisi penduduk bisa juga menjadi input dalam membuat strategi pemasaran atau penentuan segmen pasar.

Macam - Macam Komposisi Penduduk

Komposisi penduduk secara umum dapat diklasifikasikan dalam beberapa macam, seperti berikut:

Komposisi Biologis, berarti pengelompokkan dengan dasar biologis, seperti etnis, warna kulit, ras, umur, dan jenis kelamin.

Komposisi Budaya, berarti pengelompokkan didasarkan pada hal terkait budaya, seperti agama, kepercayaan, Bahasa, pendidikan, status perkawinan.

Komposisi ekonomi, berarti pengelompokkan yang didasarkan pada hal terkait ekonomi seperti status pekerjaan, preferensi kerja dan tingkat penghasilan.

Fungsi Komposisi Penduduk

Ada banyak manfaat ketika kita mengetahui komposisi penduduk. Beberapa fungsi komposisi penduduk, seperti:

  • membantu mengetahui jumlah penduduk suatu negara
  • membantu mengetahui gambaran penduduk di suatu daerah dalam berbagai kriteria.
  • Membantu pemerintah dalam menentukan strategi dan kebijakan dalam rangka pembangunan.
  • Membantu pemerintah mengklasifikasikan penduduk untuk analisis arah pencapaian pembangunan nasional.
  • Memperoleh gambaran potensi sumber daya manusia yang ada dalam suatu daerah, dilihat dari umur, jenis kelamin, status pendidikan, serta pekerjaan.

Piramida penduduk

Ketika membuat komposisi penduduk, kita perlu untuk mengetahui grafik perbandingan golongan penduduk dalam setiap kriteria. Grafik ini dapat digambarkan dalam bentuk piramida, yang disebut sebagai piramida penduduk.

Dengan kata lain, pengertian Piramida Penduduk adalah suatu grafik yang menunjukkan dan membandingkan komposisi penduduk. 

Cara membuat piramida penduduk

Ada beberapa cara untuk membuat piramida penduduk. Langkah pertama adalah mengelompokkan penduduk. Jadi, penduduk dikelompokan berdasarkan jenis kelamin. Dalam gambar tersebut, laki-laki biasanya ditempatkan di sebelah kiri piramida, dan perempuan di sebelah kanan.

Kemudian, kelompok laki-laki maupun perempuan dibagi lagi dalam kelompok umur, biasanya menggunakan interval 5 tahun, contohnya dari usia 0-5 tahun, 5-9 tahun, 10-14 tahun, dan seterusnya.

Macam - Macam Piramida Penduduk

Dalam menyusun piramida penduduk, faktor penting yang perlu diperhatikan adalah usia dan jenis kelamin. Ini menentukan bentuk dari piramida penduduk tersebut.

Secara umum, ada tiga macam piramida penduduk, yakni:

Piramida Penduduk Muda (Expansive)

Piramida penduduk muda atau ekspansif adalah piramida yang digambarkan dalam bentuk segitiga limas. Piramida ini akan terbentuk ketika mayoritas penduduknya berusia muda, di bawah 15 tahun. 

Suatu negara akan memiliki piramida seperti ini ketika angka kelahiran lebih tinggi daripada angka kematian. Agar lebih jelas, berikut ciri piramida penduduk muda:

  • Angka kelahiran tinggi, dan angka kematian rendah
  • Pertumbuhan penduduk yang cepat
  • Populasi yang mayoritas masih muda dan berkembang
  • Umumnya merepresentasikan negara berkembang, dengan laju kelahiran tinggi dan tingkat harapan hidup relatif rendah
  • Bentuknya, semakin ke puncak, akan semakin sempit, karena usia tua lebih sedikit dari usia muda.
  • Menggambarkan bahwa sebagian besar penduduknya berada di kelompok usia di bawah 15 tahun (penduduk tidak produktif)
  • Contoh negara: India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Brazil, dan biasanya negara berkembang.

Piramida Penduduk Tetap (Stationary)

Piramida Penduduk Tetap atau Stasioner adalah piramida penduduk yang memiliki bentuk merata, atau jika diamati menyerupai bentuk granat. Piramida penduduk stasioner ini menggambarkan bahwa tingkat kelahiran dan kematian terjadi seimbang atau memiliki kuantitas yang seimbang. 

Berikut adalah ciri khas dari piramida penduduk tetap:

  • Angka kelahiran serta angka kematian relatif seimbang
  • Menggambarkan bahwa populasi yang sudah tidak berkembang
  • Umumnya, bentuk piramida ini merepresentasikan negara maju, yakni angka kelahiran rendah dan tingkat harapan hidup tinggi
  • Contoh negara: negara – negara di Eropa Barat

Piramida Penduduk Tua (Contrictive)

Piramida Penduduk Tua atau Konstruktif adalah piramida yang bentuknya menyerupai batu nisan. Piramida bentuk ini menggambarkan bahwa tingkat kelahiran rendah dengan diserta tingkat kematian yang sangat tinggi. 

Suatu negara yang memiliki bentuk piramida seperti ini terus menerus menunjukkan bahwa pertumbuhan penduduk berjalan sangat lambat. Selain itu, semakin lama jumlah penduduk akan terus berkurang.

Karakter piramida penduduk tua, yakni:

  1. Angka kelahiran dan angka kematian penduduk rendah
  2. Angka kelahiran terus menurun dengan cepat
  3. Menggambarkan bahwa populasi tidak berkembang, dan jika terus terjadi mengakibatkan kekurangan jumlah penduduk
  4. Umumnya, piramida ini dimiliki oleh negara-negara maju atau dengan perkembangan tingkat sosial dan ekonomi tinggi.
  5. Menunjukkan bahwa penduduk kelompok usia muda lebih sedikit daripada kelompok usia tua
  6. Contoh negara: Jepang, Amerika Serikat, Jerman, Swiss, dan Belgia.

Semoga penjelasan terkait pengertian komposisi penduduk serta jenisnya ini cukup jelas. Begitu pula dengan penjelasan terkait piramida penduduk juga dapat dipahami.

Referensi:

  • Abror, Rizaldi. 2021. Geografi Kelas 11: Komposisi Penduduk dan Piramida Penduduk, diakses dari https://pahamify.com/blog/pengertian-komposisi-penduduk-dan-piramida-penduduk/
  • Nailufar, Nibras Nada. 2020. Komposisi Penduduk, diakses dari https://www.kompas.com/skola/read/2020/04/23/060000369/komposisi-penduduk?page=all.
  • Studiobelajar. Tt. Penduduk – Pengertian, Komposisi, Piramida, Pertumbuhan, Sensus, dsb, diakses dari https://www.studiobelajar.com/penduduk/

Posting Komentar untuk "Mengenal Komposisi Penduduk, dari Pengertian, Jenis hingga Piramida Penduduk"