Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Lingkungan Hidup, Unsur-Unsur dan Manfaatnya

Manusia membutuhkan lingkungan sebagai tempat untuk bertahan hidup dan mendukung berbagai aktivitasnya. Lingkungan di sini merupakan keseluruhan dari faktor luar yang memengaruhi suatu organisme, yang bisa berupa organisme hidup (biotic factor) atau variabel-variabel yang tidak hidup (abiotic factor).

Lingkungan yang mendukung kehidupan manusia ini juga dikenal seabgai lingkungan hidup. Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas terkait pengertian lingkungan hidup, serta unsur-unsur lingkungan hidup yang ada. Selain itu, kita juga perlu tahu tentang apa manfaat lingkungan hidup sehingga kita dapat lebih menghargai lingkungan dan melestarikannya.

Pengertian Lingkungan Hidup, Unsur-Unsur dan Manfaatnya

Pengertian Lingkungan Hidup

Pengertian lingkungan hidup merupakan suatu kesatuan antara seluruh makhluk hidup dan non-hidup, yang di dalamnya meliputi berbagai unsur lingkungan serta manfaat, termasuk interaksi dari seluruh spesies dan sumber daya alam.

Pengertian lingkungan hidup juga bisa dipahami dengan merujuk pada pendapat para ahli, di antaranya adalah Bintarto, yang menyampaikan bahwa lingkungan hidup merupakan berbagai hal yang ada di sekitar kita, meliputi benda ataupun makhluk hidup yang terpengaruh oleh kegiatan yang dilakukan oleh manusia.

Ahli lain, Soemarwoto, menerangkan pengertian lingkungan hidup sebagai seluruh benda dan juga kondisi yang ada dalam ruangan yang kita tempati dan mempengaruhi kehidupan kita.

Emil Salim, menyampaikan pendapatnya, bahwa lingkungan hidup mengacu pada seluruh benda, keadaan, kondisi, dan pengaruh yang ada di dalam ruangan yang kita tinggali dan hal tersebut berpengaruh pada kehidupan di sekitarnya, bisa berupa hewan, tumbuhan, dan manusia.

Kamus Ekologi juga menjelaskan lingkungan hidup atau environment sebagai keseluruhan yang saling berkaitan di antara mahkluk hidup dan non hidup yang ada secara alamiah di bumi atau di sebagian daerahnya.

Pengertian lingkungan hidup menurut UU No 32 Tahun 2009, adalah kesatuan ruang semua benda, daya, keadaan, makhluk hidup, yang di dalamnya termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Pengertian lingkungan hidup di atas pada dasarnya masih memiliki dasar yang sama, yakni menunjukkan kesatuan yang meliputi berbagai makhluk hidup bersama seluruh komponen yang ada di sekitarnya, seperti fisik, kimia, sosial budaya, komponen lain.

Unsur Lingkungan Hidup

Terdapat beberapa unsur lingkungan hidup, yang dijabarkan sebagai berikut:

1. Unsur lingkungan biotik atau hayati. 

Komponen lingkungan biotik atau hayati ini meliputi makhluk hidup. Contoh unsur lingkungan biotik atau hayati adalah manusia, hewan atau satwa atau fauna serta tumbuhan atau flora.

2. Unsur lingkungan abiotik. 

Unsur ini adalah komponen lingkungan yang di dalamnya meliputi segala benda-benda yang tidak hidup. Contoh unsur lingkungan abiotic adalah air, tanah, udara, iklim, dan sebagainya. Lingkungan fisik abiotic berperan sangat penting bagi kelangsungan hidup makhluk yang ada di muka bumi. 

3. Unsur sosial budaya

Unsur sosial budaya merupakan lingkungan sosial, budaya dan lainnya yang terdapat di sekitar manusia. Unsur ini juga merujuk pada sistem nilai, gagasan, juga keyakinan ketika harus mengambil sikap atau perilaku sebagai makhluk sosial.

Manfaat Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup mampu secara optimal memberi keuntungan bagi kehidupan berbagai makhluk hidup yang ada di antaranya. Tapi, bukan berarti lingkungan hidup selalu bisa mendukung kehidupan tanpa batas. 

Lingkungan hidup juga dapat terbatas dari sisi kualitas dan kuantitas. Dapat terjadi penurunan kualitas maupun kuantitas tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya untuk terus melestarikan lingkungan hidup sehingga fungsinya dapat tetap optimal bagi kehidupan di atasnya.

Pentingnya kelestarian lingkungan hidup ini harus diawali dengan mengenali apa saja manfaat lingkungan hidup. Beberapa manfaat lingkungan hidup tersebut, di antaranya:

  1. Sebagai tempat yang menyediakan sumber makanan, oksigen, wisata, pendidikan, obat-obatan.
  2. Sebagai tempat untuk membudidayakan tumbuhan dan satwa liar sehingga dapat ikut dalam menyerap karbon. 
  3. Sebagai penyedia berbagai sumber obat-obatan, penelitian, pengetahuan, dan juga kesehatan.

Demikian penjelasan mengenai pengertian lingkungan hidup dari para ahli dan penyimpulannya, disertai unsur dan manfaat lingkungan hidup.

Referensi:

  • Lingkunganhidup. 2020. Pengertian Lingkungan Hidup, Unsur, Manfaat dan Upaya Pelestariannya, diakses dari https://lingkunganhidup.co/pengertian-lingkungan-hidup/
  • Mardatila, Ani. 2020. Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli dan Jenisnya yang Perlu Diketahui, diakses dari https://www.merdeka.com/sumut/pengertian-lingkungan-hidup-menurut-para-ahli-dan-jenisnya-yang-perlu-diketahui-kln.html
  • Zulfikar, Alya. 2020. Pengertian Lingkungan Hidup, Jenis-Jenis, Dan Cara Melestarikannya, diakses dari https://www.99.co/blog/indonesia/pengertian-lingkungan-hidup/

*Penulis: Hasna Wijayati

Posting Komentar untuk "Pengertian Lingkungan Hidup, Unsur-Unsur dan Manfaatnya"