Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Negara Kenya

Kenya merupakan negara yang terletak di Afrika Timur. Negara ini memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup besar jika dibandingkan dengan negara-negara lain di sekitarnya. Negara ini juga memiliki satwa liar yang cukup banyak, di antaranya adalah gajah, singa, jerapah, zebra, kijang, dan wildebeests. Fakta lainnya, negara ini juga merupakan salah satu negara persemakmuran Inggris. Menjadi negara persemakmuran tentunya memberikan keuntungan tersendiri bagi Kenya, baik itu di bidang ekonomi, keamanan dan sosial.

Sahabat Portal-Ilmu, untuk lebih jelasnya mengenai informasi Negara Kenya ini mari kita simak dalam artikel berikut ini!

Profil Negara Kenya

PROFIL UMUM

Nama resmi: Jamhuri ya Kenya
Pemerintah : republik
Presiden: Uhuru Kenyatta (sejak 2013- … )
Wakil Presiden: William Ruto (sejak 2013- … )
Luas lahan: 219.788 sq mi (569.251 km persegi)

Ibu kota : Nairobi
Bahasa: Bahasa Inggris (resmi), Kiswahili (nasional), dan berbagai bahasa pribumi
Etnis/ras: Kikuyu 22%; Luhya 14%; Luo 13%; Kalenjin 12%; Kamba 11%; Kisii 6%; Meru 6%; Afrika lainnya 15%; Asia, Eropa, dan Arab 1%
Agama: Kristen 82,5% (Protestan 47,4%, Katolik 23,3%, lainnya 11,8%), Muslim 11,1%, Tradisionalis 1,6%, lainnya 1,7%, tidak ada 2,4%, tidak ditentukan 0,7% 
Hari Libur Nasional : Hari Kemerdekaan, 12 Desember

BENDERA

Bendera Kenya

Bendera Negara Kenya terinspirasi oleh bendera Pan-Afrika. Bendera Nasional Kenya diadopsi pada 12 Desember 1963, yaitu ketika negara ini mendapatkan kemerdekaannya. Bendera ini merupakan simbol persatuan dan kebanggaan bangsa Kenya. Bendera ini terdiri dari tiga pita horizontal dengan ukuran yang sama. Ada warna hitam (atas), merah, dan hijau. Tiga warna dipisahkan satu sama lain oleh dua garis tipis putih.  

Di tengah bendera terdapat perisai prajurit Maasai yang menutupi tombak silang. Warna hitam yang berada di bagian atas mewakili rakyat Kenya. Warna merah di tengah mewakili pengorbanan dan darah perjuangan untuk kemerdekaan dari kolonialis Inggris, sedangkan warna hijau di bagian bawah mewakili kesuburan tanah dan kekayaan Republik Kenya. Garis-garis putih yang tergabung dalam bendera mewakili perdamaian, kejujuran, dan persatuan Kenya. 

LAMBANG NEGARA

Lambang Negara Kenya
Via: en.wikipedia.org

Lambang Negara Kenya terdiri dari dua singa yang merupakan simbol perlindungan. Terdapat perisai tradisional Afrika Timur di antara dua singa tersebut. Perisai dan tombak yang disilangkan di belakang melambangkan perwakilan dari persatuan dan pertahanan. Di dalam perisai terdapat warna bendera nasional dengan ayam jantan di tengah-tengah. Di bawah perisai terdapat siluet Gunung Kenya dengan beberapa tanaman pertanian seperti jagung, nanas, dan kopi. Tanaman ini melambangkan pertanian sebagai kegiatan ekonomi utama di Kenya. Di bagian bawah terdapat gulungan dengan tulisan: HARAMBEE (Unity). 

Peta

GEOGRAFI

Negara Kenya terletak di Afrika Timur dan berbatasan dengan Somalia di timur laut, Ethiopia di utara, Sudan di barat laut, Uganda di barat, Tanzania di selatan, dan Samudra Hindia di sebelah timur. Wilayah Negara Kenya terletak di garis khatulistiwa dengan luas wilayah 582.600 kilometer persegi atau setara dengan 2 kali ukuran Negara Bagian Nevada. Kenya memiliki pantai berpasir putih yang cukup luas. 

Di bagian barat negara ini tediri dari wilayah dataran tinggi yang ketinggiannya mencapai sepuluh ribu kaki. Titik tertinggi negara ini adalah Gunung Kenya, yang memiliki ketinggian 17.058 kaki atau (5.200 meter). Selain Negara Tanzania dan Uganda, sebagian area Danau Victoria merupakan bagian dari Negara Kenya. Selain itu, ada juga Danau Turkana, yang merupakan danau terbesar di Kenya dan dikenal karena populasi flamingo merah mudanya. Danau Turkana juga dikenal sebagai danau alkali terbesar di dunia. Sungai terpanjang di Kenya adalah Sungai Tana yang hulunya berasal dari Afrika Selatan.

IKLIM 

Negara Kenya terletak garis di khatulistiwa dan memiliki iklim tropis. Suhu siang hari di Kenya rata-rata adalah 20°C sampai 28°C. Selama musim kemarau suhu siang hari di dataran tinggi biasanya sekitar 23°C dan di dataran rendah seperti daerah pesisir suhunya sekitar 28°C. Bulan Juni, Juli, Agustus, September dan Oktober  merupakan bulan-bulan terdingin. Suhu dini hari pada dataran tinggi mencapai 10°C. 

Selama musim hujan suhu siang hari di dataran tinggi adalah 24°C samapi 27°C. Sedangkan, di daerah dataran rendah suhu siang hari lebih konsisten, yaitu sekitar 30°C. Musim hujan singkat biasanya terjadi pada bulan November dan Desember. Periode hujan tidak dapat diprediksi, curah hujan kadang-kadang juga lebat. Curah hujan yang cukup tinggi biasanya terjadi antara bulan Maret, April hingga Mei. 

FLORA FAUNA

Di wilayah pesisir Negara Kenya banyak ditemukan pohon kelapa, rawa bakau dan hutan hujan. Dataran luas pedalaman dan wilayah utara ditutupi dengan rumput, semak rendah, dan semak belukar. Di negara ini juga terdapat sabana khas rumput terbuka yang dihiasi dengan pohon duri. Daerah dataran tinggi memiliki hutan lebat dengan pohon bambu dan kayu yang bernilai. Pohon-pohon dominan yang dapat ditemukan adalah kapur barus Afrika, zaitun Afrika, podo, dan cedar pensil.

Kenya juga menjadi tempat tinggal beberapa satwa liar yang paling spektakuler di dunia, termasuk gajah, singa, jerapah, zebra, kijang, wildebeests, dan berbagai spesies burung langka yang indah. Namun, populasi hewan-hewan ini terancam oleh aktivitas manusia. Spesies burung Kenya yang beragam termasuk crane, flamingo, burung unta, dan burung nasar. Selama bulan Juli hingga Agustus kita dapat melihat migrasi wildebeest secara besar-besaran, ketika ikan-ikan liar menyeberangi sungai Mara dan pindah ke Maasai Mara Nationalpark. 

Kenya memiliki lebih dari 50 taman nasional. Di taman nasional ini satwa liar asli dilindungi. Taman Nasional Maasai Mara menjadi tujuan safari populer di negara ini. Ada juga Taman Nasional Amboseli yang memiliki pemandangan indah puncak tertinggi Afrika Gunung Kilimanjaro yang terletak di Tanzania. 

KELOMPOK ETNIS

Sebagian besar orang Kenya tinggal di ibu kota Nairobi, di sepanjang tepi Danau Victoria. Kurang dari 30% populasi tinggal di kota. Terdapat 42 kelompok etnis di Kenya dan dengan bahasa serta adat istiadat yang berbeda pula. Di antara suku-suku terbesar di kenya adalah Kikuyu, Luhya, Kalejiin, Luo dan Kamba. 

Suku dengan jumlah terbesar adalah Kikuyu, mewakili 22 persen dari populasi. 14 persen adalah Luhya, 13 persen Luo, 12 persen Kalenjin, 11 persen Kamba, Kisii 6 persen, dan Meru 6 persen. Suku lainnya, termasuk Somalis dan Turkana dan Kalenjin di Great Rift Valley merupakan 15 persen dari populasi. Kategori etnis ini selanjutnya dipecah menjadi subkelompok. Satu persen dari populasi adalah non-Afrika, sebagian besar keturunan India dan Eropa.

SEJARAH

Sekitar tahun 2000 SM orang-orang berbahasa Cushitic dari Afrika Utara menetap di bagian Afrika Timur yang saat ini menjadi Negara Kenya. Pada abad ke-1 Masehi, daerah pesisir Kenya sering didatangi oleh pedagang Arab dan mereka juga mendirikan koloni Arab Persia di sana. Orang Nilotik dan Bantu juga migrasi ke wilayah ini dan menetap di pedalaman. 

Portugis tiba di Kenya pada tahun 1498 menjadikan dominasi Arab mulai berkurang. Pada tahun 1885 wilayah Afrika Timur berada di bawah pengaruh kekuatan Eropa. Pemerintah Inggris mendirikan East African Protectorate pada tahun 1895. Selama periode ini ribuan orang India datang ke Kenya untuk membangun Jalur Kereta Api Kenya-Uganda dan kemudian menetap di sana. 

Pada tahun 1942, anggota suku Kikuyu, Embu, Meru dan Kamba mengambil sumpah persatuan dan kerahasiaan untuk memperjuangkan kebebasan dari pemerintahan Inggris. Gerakan Mau Mau dimulai dengan sumpah tersebut. Kenya perjuangan panjang menuju Kedaulatan Nasional. Setelah perjuangan panjang dari tahun 1942 hingga tahun 1962, akhirnya kenya mendapatkan kemerdekaannya pada pada 12 Desember 1963. Negara ini juga bergabung menjadi negara Persemakmuran (commonwealth) Inggris.

EKONOMI

Negara Kenya merupakan salah satu Negara Afrika Timur dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi. Hal ini didorong oleh beberapa faktor, di antaranya adalah angkatan kerja yang berpendidikan luas, pelabuhan vital yang berfungsi sebagai titik masuk barang-barang untuk negara-negara di pedalaman Afrika Timur dan Afrika Tengah, satwa liar yang banyak dan garis pantai yang menarik. Namun, yang paling utama adalah Pemerintah Kenya berkomitmen untuk menerapkan reformasi bisnis.

Bidang pertanian merupakan kontributor terpenting untuk PDB Kenya dengan angka 24,9 %. Teh dan hortikultura merupakan produk ekspor terkemuka untuk Kenya. Benua Afrika merupakan tujuan utama ekspor Kenya, diikuti oleh Asia dan Eropa. Ekspor utama Kenya ke Jepang adalah teh, kopi, dan bunga potong. Pakistan juga menjadi salah satu importir tetap untuk teh Kenya. Posisi Kenya sebagai pusat ekonomi, komersial, dan logistik di Afrika Timur telah menempatkan negara ini sebagai salah satu tujuan investasi terbaik secara global. 

POLITIK

Pada 12 Desember 1963, Kenya mendapatkan kemerdekaan dari Inggris. Setelah satu tahun kemudian, Kenya menjadi negara berbentuk Republik. Republik Kenya adalah Negara kesatuan yang terbagi menjadi 47 kabupaten. Negara ini terdiri dari Pemerintah Nasional dan 47 pemerintah kabupaten. Kedua tingkat pemerintahan bekerja berdasarkan pasal 6 subbagian 2 Konstitusi Kenya yang menyatakan bahwa "Pemerintah di tingkat nasional dan kabupaten berbeda dan saling bergantung dan akan menjalankan hubungan bersama mereka atas dasar konsultasi dan kerja sama". 

Tata kelola politik Kenya telah berevolusi menjadi perpaduan satu partai dan sistem multi-partai. Kenya pada dasarnya telah menjadi negara demokrasi multi-partai sejak kemerdekaan. Kenya memiliki menjalankan sistem multi-partai hingga 1969. Namun, ketika pemerintah pertama melarang politik multi-partai, akhirnya sistem Kenya sebagai negara satu partai secara de facto mulai diberlakukan.

Pada tahun 1982, dalam konstitusi Kenya menyebutkan untuk menjadikan Kenya sebagai sistem satu pihak de jure. Sistem ini berlangsung hingga 1992, dan kemudian dilarang. Setelah itu, negara ini menjalankan sistem politik multi-partai dengan demokrasi parlemen. Parlemen Kenya merupakan bicameral yang terdiri dari Majelis Nasional dan Senat. 

Majelis Nasional memiliki total 349 anggota ditambah Pembicara yang merupakan anggota ex officio. Pasal 95 Konstitusi menetapkan bahwa Majelis Nasional terdiri dari: dua ratus sembilan puluh (290) anggota; empat puluh tujuh (47) perempuan; dua belas (12) anggota yang dicalonkan oleh partai politik parlemen sesuai proporsi anggota Majelis Nasional sesuai dengan Pasal 90, untuk mewakili kepentingan khusus termasuk pemuda, penyandang disabilitas dan pekerja; dan Pembicara yang merupakan anggota ex officio.

Senat terdiri dari 67 anggota ditambah Pembicara, yang merupakan anggota ex-officio. Pasal 98 Konstitusi menetapkan bahwa Senat terdiri dari:Empat puluh tujuh (47) anggota masing-masing dipilih oleh pemilih terdaftar dari kabupaten, masing-masing kabupaten merupakan konstituensi anggota tunggal; Enam belas (16) anggota perempuan yang dicalonkan oleh partai politik sesuai proporsi anggota Senat yang dipilih berdasarkan pasal (a) sesuai dengan Pasal 90; Dua anggota (2), menjadi satu pria dan satu wanita, mewakili kaum muda; Dua (2) anggota, menjadi satu pria dan satu wanita, mewakili penyandang disabilitas; dan Pembicara, yang akan menjadi anggota ex officio.

Para anggota Majelis Nasional disebut sebagai Anggota Parlemen (MP) sementara anggota Senat disebut sebagai Senator. Baik anggota parlemen maupun Senator memiliki masa jabatan selama lima tahun. Presiden Republik Kenya dan Wakil Presiden serta Sekretaris Kabinet merupakan bagian dari eksekutif negara ini. Presiden mencalonkan diri atas persetujuan Majelis Nasional, dan kemudian menunjuk Sekretaris Kabinet. Sekretaris Kabinet tidak bisa menjadi Anggota Parlemen. Presiden dipilih langsung untuk masa jabatan 5 tahun. 

SOSIAL BUDAYA

Kikuyu merupakan suku terbesar di daerah dataran tinggi Kenya. Mereka mendominasi politik bangsa. Kikuyu dan Maasai memiliki hubungan etnis yang kurang baik, kedua kelompok sering berkonflik. Hubungan antara berbagai kelompok etnis lainnya juga kurang baik. Hal ini menjadikan hambatan utama dalam menciptakan negara Kenya yang bersatu. Konflik ini sebagian merupakan warisan dari pemerintahan kolonial Inggris. Di bawah pemerintahan Inggris, kelompok etnis yang berbeda terbatas pada area geografis tertentu. 

Terdapat pembagian tenaga kerja berdasarkan jenis kelamin di kenya. Pria biasanya bertanggung jawab atas perawatan dan pemeliharaan hewan. Di komunitas pertanian, baik pria maupun wanita bekerja di ladang. Wanita Kenya selain bekerja di ladang, mereka juga merawat anak-anak, memasak, memelihara kebun sayur, mengambil air dan juga bertanggung jawab untuk transaksi jual beli di pasar. Sebagian besar, perempuan masih berada pada pekerjaan dengan gaji lebih rendah dan status lebih rendah dari laki-laki.

Pria Kenya memilih meninggalkan desa mereka dan pergi ke kota untuk mencari pekerjaan dengan upah yang lebih tinggi. Menurut budaya dan tradisi Kenya, seorang putra bungsu bertanggung jawab untuk merawat orang tuanya. 

PENDIDIKAN

Sistem pendidikan nasional Kenya disusun pada model 8-4-4 dengan delapan tahun pendidikan dasar, empat tahun pendidikan menengah, dan sarjana empat tahun. Model ini menggantikan sistem 7-4-2-3 pada tahun 1985. Sekolah formal dimulai pada usia enam tahun, dengan pendidikan dasar wajib dan gratis sampai dengan usia 14 tahun. Selanjutnya siswa dapat melanjutkan ke siklus akademik sekunder, sekolah teknis, atau sekolah perdagangan dari siklus dasar. Sekolah menengah juga gratis tetapi tidak wajib.

Pendidikan Dasar

Pendidikan dasar di Kenya gratis untuk semua siswa. Siklus pendidikan dibagi menjadi 3, siklus rendah (Standar 1-3), tengah (Standar 4 & 5), dan primer atas (Standar 6-8). Pada akhir siklus primer, siswa mengikuti ujian untuk mendapatkan Sertifikat Kenya nasional ujian Pendidikan Dasar (KCPE). Kurikulum di pendidikan dasar meliputi bahasa Inggris, Kiswahili, bahasa lokal, matematika, sains, studi sosial, pendidikan agama, seni kreatif, pendidikan jasmani, dan keterampilan hidup. 

Pendidikan Menengah

Siklus pendidikan menengah berlangsung selama  empat tahun dan diatur menjadi dua tahun tahap. Pada akhir tahun keempat, siswa mengikuti ujian yang dikelola oleh KNEC, yang mengarah pada Sertifikat Pendidikan Menengah Kenya (KCSE). Ujian ini juga digunakan untuk penerimaan masuk ke perguruan tinggi dan pelatihan di institusi pendidikan tinggi lainnya. 

Ada tiga jenis sekolah menengah di Kenya, yaitu publik, swasta, dan harambe. Siswa dengan skor terbaik di KCPE menghadiri sekolah negeri nasional, sementara siswa dengan skor lebih rendah cenderung menghadiri sekolah tingkat provinsi dan kabupaten. Sekolah Harambee tidak menerima dana penuh dari pemerintah dan dijalankan oleh masyarakat setempat. 

Pendidikan Tinggi

Untuk memasuki perguruan tinggi, seorang siswa harus memiliki Sertifikat Pendidikan Menengah dengan nilai rata-rata minimum C+ (rata-rata 8 mata pelajaran, termasuk bahasa Inggris, Kiswahili, dan matematika). Namun, ada beberapa universitas yang menetapkan batas minimum nilai yang lebih tinggi yaitu nilai B. Pada tahun 2014, ambang batas untuk program gelar sarjana ditetapkan pada 60 poin (B) untuk pria, sedangkan untuk wanita adalah 58 (B-). Ambang batas untuk program diploma adalah nilai keseluruhannya minimum C-.

Hubungan Bilateral Antara Negara Kenya dan Negara Indonesia

Hubungan diplomatik antara Negara Indonesia dengan Kenya telah berlangsung sejak bulan Juli tahun 1979. Pada waktu itu KBRI untuk Kenya masih dirangkap oleh KBRI Dar Es Salaam, Tanzania. KBRI Nairobi secara resmi dibuka di Nairobi pada bulan April 1982. Hubungan politik antara kedua negara berlangsung sangat baik, terutama dalam kerja sama Selatan-Selatan dan Gerakan Non-Blok (GNB). Dukungan antara kedua negara juga terus mengalir, baik itu dalam posisi maupun pencalonan keanggotaan kedua negara pada berbagai organisasi/badan internasional seperti Dewan HAM PBB dan Dewan Keamanan PBB.

Hubungan bilateral RI-Kenya memasuki era baru ketika penandatanganan  MoU Pembentukan Komisi Bersama antara RI dan Kenya oleh Menlu kedua negara pada tanggal 19 Juni 2008 di Nairobi, Kenya. Komisi Bersama merupakan forum untuk memperluas dan memperdalam bidang-bidang kerja sama serta untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh kedua negara di dalam menjalin hubungan bilateral. Sebagai tindak lanjut, Pertemuan Pertama Komisi Bersama RI-Kenya telah dilaksanakan di Jakarta pada 2-4 Desember 2008. Beberapa bidang kerja sama yang diidentifikasi meliputi ekonomi, perdagangan, sosial budaya dan kerja sama teknik. 

Bibliography

  • Clark, N. (2015, Juni 2). Education in Kenya. Retrieved Agustus 17, 2021, from wenr.wes.org: https://wenr.wes.org/2015/06/education-kenya
  • Cultures, C. a. (2021). Kenya. Retrieved Agustus 17, 2021, from everyculture.com: https://www.everyculture.com/Ja-Ma/Kenya.html
  • Infoplease. (2021). KENYA. Retrieved Agustus 17, 2021, from infoplease.com: https://www.infoplease.com/world/countries/kenya
  • Japan, E. o. (2021). A Brief History on Kenya. Retrieved Agustus 17, 2021, from kenyarep-jp.com: http://www.kenyarep-jp.com/kenya/history_e.html
  • Japan, E. o. (2021). Economic Overview. Retrieved Agustus 17, 2021, from kenyarep-jp.com: http://www.kenyarep-jp.com/kenya/economy_e.html
  • Japan, E. o. (2021). The Government and Political System of Kenya. Retrieved Agustus 17, 2021, from kenyarep-jp.com: http://www.kenyarep-jp.com/kenya/government_e.html
  • kids-world-travel-guide. (2021). Facts About Kenya. Retrieved Agustus 17, 2021, from kids-world-travel-guide.com: https://www.kids-world-travel-guide.com/facts-about-kenya.html
  • Nations, E. o. (2021). Kenya - Flora and fauna. Retrieved Agustus 17, 2021, from nationsencyclopedia.com: https://www.nationsencyclopedia.com/Africa/Kenya-FLORA-AND-FAUNA.html
  • NN. (2020, Juni 15). Map of Kenya. Retrieved Agustus 17, 2021, from mapsofworld.com: https://www.mapsofworld.com/kenya/

*Penulis: Atik Lestari

Posting Komentar untuk "Profil Negara Kenya"