Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Dampak Perubahan Sosial Terhadap Masyarakat

Perubahan sosial merupakan suatu perubahan yang terjadi di masyarakat serta mempengaruhi sistem sosialnya seperti nilai, norma, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Perubahan sosial merupakan suatu hal yang wajar terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Perubahan sosial yang mempengaruhi sistem sosial tentunya memberi dampak bagi masyarakat. dampak tersebut dibagi menjadi dampak positif dan dampak negatif. Adapun penjelasannya akan dibahasa dalam artikel dibawah ini.

Mengenal Dampak Perubahan Sosial Terhadap Masyarakat

A. Dampak Positif

1. Munculnya nilai dan norma baru yang lebih sesuai terhadap tuntutan perkembangan zaman

Contohnya adanya UU No. 21 Tahun 2007 mengenai perdagangan manusia. Hal ini sangat berguna mengingat sekarang ini banyak kasus perdagangan manusia yang terjadi di Indonesia. Dimana kasus tersebut tentu sangat meresahkan bagi masyarakat sehingga dengan adanya UU tersebut dapat membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang ditimbulkan.

2. Berkembangnya Lembaga-Lembaga Sosial Baru

Hadirnya lembaga baru tersebut memungkinkan anggoata masyarakat dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan yang bersifat kompleks. Contohnya pengalihan fungsi pendidikan usia dini dimana yang dulunya tanggung jawab masing masing keluarga naun sekarang ada lembaga yang fokus menangani yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

3. Semakin Pesatnya Perkembangan Teknologi

Dengan adanya perubahan sosial, perkembangan teknologi menajdi lebih pesat sehingga memudahkan masyarakat dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Contohnya sekarang ini dalam melakukan komunikasi tidak perlu memakai surat melainkan bisa langsung melalui telephone dan jaringan internet.

4. Meningkatnya Bidang Industrialisasi

Banyak tersedianya lowongan kerja baru yang lebih variatif sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada. Contohnya sekarang ini banyak pekerjaan yang bergerak di bidang digital seperti programmer dan yang lainnya.

5. Mobilitas Menjadi Semakin Mudah

Berkat adanya perubahan sosial memberikan sarana dan prasarana baru yang lebih bersifat efektif, efisien, dan cepat dalam melakukan tugasnya. Contohnya muncul kompor gas yang memudahkan dalam measak dibandingkan dulu dengan yang masih menggunakan api dan kayu.

6. Kesetaraan Gender

Masyarakat cenderung memiliki pola pikir yang lebih terbuka (open minded) sehingga memiliki wawasan dan ilmu baru. Contohnya tidak adanya batasan antara laki-laki dan perempuan dalam bidang pendidikan, pekerjaan, sosial budaya, dan yang lainnya.

B. Dampak Negatif

1. Munculnya disorganisasi sosial

Disorganisasi sosial adalah melemahnya nilai dan norma dalam suatu masyarakat akibat adanya perubahan yang terjadi. Contohnya sekarang ini banyak dijumpai masyarakat yang bersifat individualism (memikirkan dirinya sendiri) dan kurang melakukan interaksi dengan masyarakat sekitarnya.

2. Guncangan budaya (cultural shock)

Cultural shock adalah suatu kondisi dimana masyarakat kaget dan belum siap dalam menerima perubahan yang terjadi akibat adanya unsure kebudayaan asing yang berbeda dengan kebudayaannya sendiri. Hal ini berakibat masyarakat ketertinggalan kondisi yang dapat mengakibatkan masalah sosial. 

3. Kesenjangan budaya (cultural lag)

Cultural lag adalah ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan akibat adanya perubahan sosial dan pergeseran kebudayaan. Contohnya Bus Transjakarta dihadirkan untuk mengurangi jumlah kemacetan akan tetapi menyebabkan kemacetan karena jalur khususnya digunakan oleh pengendara lain.

4. Meningkatnya konsumerisme

Di era yang serba canggih dimana belanja dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun secara online mengakibatkan masyarakat banyak berbelanja yang cenderung berlebihan dan tidak sesuai dengan kebutuhan.

Referensi

  • https://www.ruangguru.com/blog/mengenal-dampak-perubahan-sosial-terhadap-masyarakat
  • https://penerbitbukudeepublish.com/materi/dampak-perubahan-sosial/
  • https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5636728/dampak-negatif-perubahan-sosial-dan-budaya-apa-saja

*Penulis: Nabila Salsa Bila