Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Proses Terbentuknya Kelompok Sosial

Dalam kegiatan sehari-hari tentu kita banyak menjumpai kelompok sosial baik dalam skala kecil ataupun besar. Dalam artikel ini akan membahas mengenai kelompok sosial dan proses terbentuknya kelompok sosial. Sedangkan untuk macam kelompok sosial, dibahas terpisah di artikel berikut Macam Kelompok Sosial.

Proses Terbentuknya Kelompok Sosial

A. Pengertian Kelompok Sosial

Kelompok sosial merupakan suatu himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama karena adanya rasa saling berhubungan dan adanya timbal balik yang saling mempengaruhi. Kelompok sosial dapat terbentuk apabila antar angotanya terdapat komunikasi yang baik dalam pembentukan kelompok sosial.   

B. Faktor Terbentuknya Kelompok Sosial

1. Kedekatan

Kedekatan geografis memiliki pengaruh yang besar dalam terbentuknya suatu kelompok sosial dimana semakin dekat letak geografisnya maka akan semakin banyak pula peluang mereka dalam membentuk kelompok sosial. 

Dapat dikatakan pula bahwa kedekatan fisik meningkatkan peluang interaksi dan bentuk kegiatan bersama yang memungkinkan terbentuknya kelompok sosial. 

2. Kesamaan

Pada umumya, individu akan merasa nyaman berinteraksi dengan individu lainnya yang memiliki kesamaan dengan dirinya baik meliputi kesamaan latar belakang, kesamaan minta, kepercayaan, nilai, dan sebagainya.

Dalam konteks kelompok sosial, kesamaan ini dibagi menjadi tiga yaitu:

  • Kesamaan kepentingan yaitu suatu kelompok sosial yang tercipta demi tercapainya tujuan bersama. Contohnya suatu kelompok sosial di bimbingan belajar dengan tujuan tercapinya nilai yang memuaskan untuk jenjang kedepannya.
  • Kesamaan keturunan yaitu suatu kelompok sosial yang tercipta demi menyambung tali persaudaraan supaya tidak terputus. Contohnya kelompok sosial halal bihalal dari suatu keluarga tertentu.
  • Kesamaan nasib yaitu suatu kelompok sosial yang tercipta untuk meningkatkan taraf hidup ataupun kinerja anggotanya. Contohnya kelompok sosial yang berisi para pengemudi ojek online.   

3. Antar anggotanya memiliki kesadaran penuh sebagai bagian dari kelompok

Hal ini dimaksudkan bahwa dengan adanya kesadaran penuh sebagai bagian dari suatu kelompok sosial maka akan meningkatkan proses hubungan timbal balik.

Referensi

  • https://www.ruangguru.com/blog/proses-terbentuknya-kelompok-sosial
  • https://www.kompas.com/skola/read/2021/08/24/154655569/syarat-terbentuknya-kelompok-sosial
  • https://www.zenius.net/prologmateri/sosiologi/a/787/prosespembentukankelompoksosial

*Penulis : Nabila Salsa Bila