Profil Negara Kirgizstan

Kirgizstan merupakan negara yang terkurung daratan dan pegunungan di kawasan Asia Tengah. Kirgizstan juga menjadi bagian dari anggota Persemakmuran Negara-Negara Merdeka, Uni Ekonomi Eurasia, CSTO, Organisasi Kerja Sama Shanghai, Organisasi Kerjasama Islam, Dewan Turki, komunitas TÜRKSOY, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai karakteristik Kirgistan, profil umum, jumlah penduduk, cuaca dan iklim, sumber daya alam, pariwisata dan fakta unik, sistem ekonomi, sistem pemerintahan, dan hubungan kerjasama antara Kirgizstan dan Indonesia.

Profil Negara Kirgizstan

A. Karakteristik Negara Kirgizstan

1. Peta Negara Kirgizstan

Negara yang terkurung daratan dan pegunungan di kawasan Asia Tengah ini terletak di rangkaian pegunungan Tian Shan sehingga membuatnya memiliki banyak lembah dan cekungan. Puncak tertinggi Kirgiztan ada di Puncak Jengish Chokusu dengan ketinggian 7439 m. Pucak ini dianggap oleh ahli geologi sebagai puncak tertinggi di bagian utara karena ketinggiannya yang mencapai lebih dari 7.000 m.

Letak astronomis Kirgizstan adalah 39° LU - 44° LU dan 69° BT - 81° BT. Luas wilayah negara Kirgizstan yaitu 199.900 km². Wilayah Kirgizstan memiliki perbatasan negara sebagai berikut:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Kazakhstan
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Tajikistan dan Republik Rakyat Tiongkok
  • Sebelah barat berbatasan dengan Uzbekistan dan Tajikistan
  • Sebelah timur berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok

2. Bendera Negara Kirgizstan

Bendera Negara Kirgizstan

Bendera Kirgizstan memiliki warna dasar merah dan terdiri dari Matahari kuning di tengahnya. Simbol matahari tersebut terdiri dari 40 sinar yang menggambarkan jumlah 40 suku bangsa Kirgiz. Di tengah Matahari terdiri dari cincin merah campuran dari dua sisiran dari tiga garis. 

3. Lambang Negara Kirgizstan

Lambang Negara Kirgizstan
Foto: en.wikipedia.org/wiki/Emblem_of_Kyrgyzstan

Lambang negara Kirgizstan didominasi dengan warna biru. Pada bagian kiri dan kanan terdapat untaian tangkai gandum dan kapas. Di bagian atas terdapat kata "Кыргыз Республикасы" (Keurgeuz Respublikaseu). Arti dari kata tersebut yaitu nama resmi Kirgizstan dalam bahasa Kirgiz. 

Bagian tengah lambang terdapat pemandangan pegunungan Tian Shan yang dilengkapi dengan matahari terbit. Di bagian bawah terdapat burung elang yang memberikan arti bahwa pegunungan berada di atas pundak burung elang. 

B. Profil Negara Kirgizstan

  1. Nama resmi: Republik Kirgiz
  2. Nama lokal:Kyrgyz Respublikasy
  3. Bentuk pemerintahan: Republik Parlementer
  4. Kepala negara: Presiden Sadyr Japarov (sejak 28 Januari 2021)
  5. Kepala pemerintahan: Perdana Menteri Ulukbek Maripov (sejak 3 Februari 2021)
  6. Ibukota: Bishkek
  7. Luas wilayah: 199.951 km2
  8. Bahasa resmi: Kirgiz
  9. Agama: 80% Islam (mayoritas Islam Sunni), 17% Kristen Ortodoks Rusia, dan 3 agama lainnya
  10. Etnis: Kirgiz 73.5%, Uzbek 14.7%, Rusia 5.5%, Dungan 1.1%, etnis lainnya 5.2%
  11. Hari kemerdekaan: 31 Agustus 1991 (dari Uni Soviet)
  12. Hari nasional: 25 Desember 1991
  13. Lagu kebangsaan: National Anthem of the Kyrgyz Republic
  14. Mata uang: Som Kirgizstan
  15. Kode telepon: 996

C. Jumlah Penduduk Kirgisztan

Tahun 2020, jumlah penduduk Kirgizstan sekitar 6.592 juta jiwa. Agama penduduk Kirgizstan adalah Islam sekitar 80%, Kristen Ortodoks Rusia sekitar 17%, dan agama lain 3%. 

Mayoritas muslim di Kirgizstan adalah Muslim non-denominasi dengan persentase sekitar 64%. Aliran Sunni menyumbang sekitar 23% populasi. Terdapat juga beberapa pengikut Ahamdiyah, akan tetapi aliran ini belum diakui oleh Kirgizstan.

Kelompok etnis terbesar di Kirgizstan adalah suku Kirgiz dengan jumlah populasi 72%. Kemudian etnis Rusia 9%, etnis Uzbek 14.5%, dan minoritas suku lain seperti Dungan (1,9%), Uighur (1,1%), Tajik (1,1%), Kazakh (0,7%), dan Ukraina (0,5%), dan etnis minoritas kecil lainnya 1.7%. Jumlah kelompok etnis yang ada di Kirgizstan berjumlah 80 yang tersebar di beberapa wilayah.

D. Cuaca dan Iklim Kirgizstan

Kirgizstan memiliki dua musim yaitu musim panas dan musim dingin. Saat musim panas cuacanya cenderung panas, kering, dan cerah. Saat musim dingin cuacanya cenderung beku, bersalju, dan sedikit berawan. Sepanjang tahun, suhu biasanya bervariasi mulai dari -9° C hingga 32° Cdan jarang di bawah -15° C atau di atas 36° C.

Musim panas terjadi selama 4 bulan mulai dari 26 Mei sampai 16 September dengan suhu tertinggi harian  rata-rata di atas 25° C. Dalam satu tahun, bulan terpanas di Kirgizstan terjadi di bulan Juli dengan rata-rata suhu terendah 31° C dan tertinggi 18° C.

Musim dingin terjadi selama 4 bulan mulai dari 25 November sampai 4 Maret dengan suhu tertinggi harian rata-rata di bawah 7° C. Dalam satu tahun, bulan terdingin di Kirgizstan terjadi di bulan Januari dengan rata-rata terendah -8° C dan tertinggi 1° C.

E. Sumber Daya Alam Kirgizstan

Sumber daya alam yang terdapat di Kirgizstan seperti emas, listrik tenaga air, uranium. Logam-logam berharga, batubara, minya, gas alam, nepheline, merkuri, bismuth, timah hitam, dan zinc.

F. Pariwisata dan Fakta Unik Kirgizstan

Kirgizstan terletak di Asia Tengah yang terkurung di dalam lanskap daratan dan pegunungan yang mengelilinginya. Kirgizstan mebawarkan pesona pegunungan, lembah ngarai, hingga wisata sejarah yang memberikan keindahan tiada tara. Berikut beberapa destinasi wisata yang ada di Kirgizstan, meliputi:

1. Danau Song-Kul

Danau Song-Kul terletak di pegunungan Tian Shan di atas ketinggian 3016 m (9895 kaki) di atas permukan laut. Panjang danau ini ,mencapai 29 km (18 mil) dengan lebar 18 km (11 mil). Kedalamannya yaitu 13,2 m (43 kaki) sehingga danau ini menjadi danau terbesar kedua di Kirgizstan.

Suhu rata-rata Danau Song-Kul adalah -3,5° C. Sementara saat musim panas suhunya mencapai 11° C. Saat musim dingin, suhu di danau ini berada di titik sangat dingin yaitu -20° C. Danau ini mengalami hujan salju kira-kira 200 hari per tahun.

2. Althyn Arashan

Althyn Arashan merupakan lembah yang berada di atas ketinggian 3000 m (9.842 kaki). Lembah ini memiliki panorama Puncak Palatka (Tenda) yang berada di ketinggian 4.20 m dengan salju abadi di puncaknya.

Awal pendakian dimulai di ujung selatan Kota Teploklyuchenka atau biasa disebut dengan Ak-Suu. Selama perjalanan akan disuguhi panorama Sungai Arashan, hamparan pohon pinus, dan padang rumput bunga yang luas. Selain tanaman, terdapat juga beberapa satwa seperti kambing gunung, rusa, dan kutu tanah.

3. Tash Rabat

Tash Rabat merupakan situs penginapan kecil dari masa lampau yang berada di pinggir jalan. Penginapan jenis ini disebut dengan nama “caravanserai”. Fungsi penginapan ini untuk tempat singgah wisatawan.

Tash Rabat ini berusia tua sehingga hanya beberapa bagian bangunan saja yang masih tersisa. Struktur tunggal bangunan ini terlihat seperti perpaduan natara kastil dan kuil.

4. Gunung Sulaiman

Gunung Sulaiman berada di pusat Kota Osh. Gunung ini terdapat sebuah kuil yang disebutkan merupakan bangunan dari makam Nabi Sulaiman. Oleh sebab itu, tempat ini bagi umat Muslim di Kirgizstan dianggap keramat.

Pendakian gunung ini membutuhkan wkatu sekitar 30 menit. Di puncak gunung ini, terdapat sebah masjid kecil yang dulunya dibangun oleh Raja Babur pada tahun 1510.

Gunung ini berisikan Kompleks Museum Sejarah dan Arkeologi Sulaiman. Sementara itu, kaki gunung dikelilingi kuburan. Di bawahnya terdapat Lembah Fergana. Kawasan pegunungan ini dianggap suci karena kelima puncak dan lerengnya tersimpan berbagai tempat ibadah kuno.  

5. Panfilov Park

Panfilov Park pada awalnya bernama Starokladbischensky Park (Old Cemetery Park) yang dibangun pada abad ke-19. Taman ini berada di dekat Old Square dana Manas Square, Bishkek. 

Pemberian nama Panfilov untuk nmenghormati jasa seorang tentara lesimen yang bernama Panfilov. Kenangan dari kepahlawanan Panfilov ini kemudian diabadikan dalam granit triptych. Kemudian disesuaikan dnegan epringatan 30 tahun kemenangan yang disebut dengan “Memorial of Military Glory”. Batu granit tentara Panfilov diletakkan ditengah-tengah taman.

Taman ini banyak berisikan tentang ,onumen pahlawan menang Kirgizstan sehingga kental akan nuansa sejarah tetapi tetap disajikan dengan konsep yang mdoern. Beberapa momen sejarah yang ada di taman ini seperti komandan divisi senapan ke-312, dan monumen bagi tentara yang terbunuh dalam perang Afghanistan.

Taman ini berukuran 18 hektar dengan area hijau yangs angat tertata. Taman ini juga dipercantik dengan beberapa tanaman seperti rerumputan pohon ek, elm, maple, poplar, aspen, pinus, dan cemara.

Berikut adalah fakta-fakta menarik dari Kirgizstan

  1. Orang-orang nomaden masih banyak terlihat mengembara di pegunungan Kirgizstan yang tinggal saling berkelompok dalam tenda yang dinamakan “Yurt”.
  2. Pegunungan Tian-Shan sangat terkenal di kalangan penulis dan produser karena pemandangannya khususnya setelah musim dingin. Contohnya adalah video game Indian Jones and the Infernal Machine dan Call of Duty: Modern Warfare 2 menggunakan scan tempat ini sebagai lokasi gambaran dalam gamenya.
  3. Kota Osh memiliki pemandangan utama yaitu jalur sutra. Jalur perdagangan penting yang menghubungkan Asia dan Eropa dengan panjang sekitar 7.000 mil. Beberapa patung dan monumen yang ada di Kota Osh antara lain patung Kurmanjan Datka dan patung Lenin.
  4. Orang Kirgizstan menyukai teh. Teh disajikan dalam mangkuk kecil dan ditemani roti tradisional Kirgizstan
  5. Berjabat tangan menjadi bagian penting dalam budaya Kirgizstan sehingga setiap bertemu dengan orang mereka melakukan jabat tangan kecuali dengan lawan jenis.
  6. Orang Kirgizstan sangat menjaga kebersihan sehingga setiap akan masuk rumah harus mencopot sandal atau sepatu.
  7. Beberapa kota di Kirgizstan belum mendapat penerangan jalan raya, bahkan di ibukota Bishkek.
  8. Minuman terkenal di Kirgizstan susu kuda yang disebut Kumyz.
  9. Glasier Inylchek di Kirgizstan menjadi salah satu glasies terbesar di dunia.
  10. Kirgizstan berbagi lembah Fergana dengan Uzbekistan an Tajikistan. Lembah Fergana terkenal dengan kuda legendarisnya. Lembah Fergana adalah tempat kelahiran Akhmed Al Fergani yaitu seorang astronom terkenal dari zaman pertengahan Islam,   

G. Sistem Ekonomi Kirgizstan

Kirgizstan merupakan salah satu negara dengan jumlah penghasilan rendah. Kirgizstan juga memiliki angka ketergantungan terhadap pengiriman uang dari warga negara yang bekerja di luar negeri cukup tinggi. 

Sektor perekonomian utamanya berasal dari pertanian dengan mempekerjakan sekitar 48% penduduk negaranya. Selain pertanian, sektor pertambangan juga memiliki andil penting bagi perekonomian Kirgizstan. Komoditas ekspor Kirgizstan antara lain emas, kapas, wol, pakaian, daging, merkuri, uranium, listrik, mesin, dan sepatu. Neegara tujuan ekspor utama Kirgizstan adalah United Kingdom (42.4%), Kazakhstan (17.18%), Rusia (13.78%), Uzbeskitan (7.07%), dan Turki (4.58%).

Tahun 2019, Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Kirgzstan sekitar US$ 33,918 miliar dengan pertumbuhan ekonomi sekitar 4,6%. Sedangkan Pendapatan per Kapitanya sekitar US$ 5.253. dengan perolehan tersebut, dapat dikatakan bahwa Kirgizstan merupakan negara termiskin kedua diantara negara-negara yang ada di kawasan Asia Tengah. 

H. Sistem Pemerintahan Kirgizstan

Kirgizstan menganut sistem pemerintahan Republik Parlementer dimana kepala negaranya adalah Presiden dan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Pemilihan Presiden dilakukan secara langsung dengan masa jabatan 6 tahun. Sedangkan untuk Perdana Menteri dipilih oleh Presiden atas persetujuan Parlemen yang disebut dengan Dewan tertinggi Kirgizstan (Kyrgyzstan Suprene Council).

Dalam hubungan internasional, Kirgizstan bergabung dengan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Maret 1992. Kirgizstan juga bergabung dengan beberapa organisasi di bawah naungan PBB seperti WHO, ILO, IMF, UNESCO, dan masih banyak lagi lainnya. Organisasi internasional lain yang diikuti oleh Kirgizstan yaitu Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Shanghai Cooperation Organization (SCO), Asian Development Bank (ADB), Commonwealth of Independent States (CIS), dan organisasi lainnya,  

I. Kerja sama Kirgisztan dan Indonesia

Pada 28 Februari 2020, terjadi pertemuan dalam rangka memperkuat hubungan di bidang ekonomi dan perdagangan Indonesia dan Kirgizstan antara Duta Besar RI dengan pihak Chamber of Commerce and Industry Kyrgyzstan (CCIK). Pertemuan ini dihadirii oleh Mr. Marat Sharshekeev selaku President CCIK dan didampingi Kepala Department Hubungan Ekonomi Luar Negeri Ms. Elmira Bataeva.

Dalam pertemuan tersebut ditekankan penguatan hubungan dengan mekanisme saling kunjung antar personal atau pelaku usaha (People to People Contact dan Business to Business contact). Selain itu, untuk melakukan tukar pandangan dalam mengelola kerja sama atau bisnis antara kedua belah pihak, serya saling menawarkan potensi yang dimiliki.

Sunaryo Kartadinata selaku Duta Besar Ri menyampaikan apresiasi atas keinginan pihak CCIK untuk melakukan penguatan Joint Business Council (JBC) sebagaimana yang juga diharapkan oleh Indonesia. Dengan forum ini diharapkan akan semakin terbukanya peluang untuk melakukan kerja sama yang lebih intensif lagi ke depannya. 

Mr. Marat Sharshekeev juga mengajak para pelaku usaha Indonesia untuk menggarap Joint Project sektor kepariwisataan dengan mengelola dan mengembangkan kawasan resort dan tujuan wisata di Kirgizstan di area sekitar 100 ha. 

REFERENSI

  • Dickson. (2022). “Profil Negara Kirgizstan (Kyrgyszstan)”. https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-kirgizstan-kyrgyzstan/
  • Semut Belang. (2022). “Profil dan Informasi tentang Negara Kirgizstan”. https://semutaspal.com/kirgizstan/
  • Weatherspark. (2022). “Iklim dan Cuaca Rata-Rata Sepanjang Tahun di Bishkek Kirgizstan”. https://id.weatherspark.com/y/108097/Cuaca-Rata-rata-pada-bulan-in-Bishkek-Kirgistan-Sepanjang-Tahun
  • Kemlu RI. (2020). “Duta Besar RI Mendorong Penguatan Kerja Sama antar KADIN Indonesia dan CCI Kyrgyzstan”. https://kemlu.go.id/tashkent/id/news/5500/duta-besar-ri-mendorong-penguatan-kerja-sama-antar-kadin-indonesia-dan-cci-kyrgyzstan
  • Kemlu RI. (2022). “Republik Kirgizstan”. https://kemlu.go.id/tashkent/id/read/republik-kyrgyzstan/1522/etc-menu

*Penulis: Nabila Salsa Bila