Profil Negara Portugal

Republik Portugal merupakan negara yang terletak di sepanjang pantai Atlantik Semenanjung Iberia, berada di barat daya Eropa. Negara dengan ibukota Lisbon ini pernah menjadi salah satu negara dengan kekuatan terbesar di Eropa. Ibukota Portugal merupakan pusat ekonomi dan budaya, sehingga menjadikannya tujuan wisata populer. 

Lebih jelasnya, mari kita simak profil negara Portugal berikut ini. Lengkap dengan berbagai informasi menarik seputar negara Portugal. 

Profil Negara Portugal

PROFIL UMUM

Nama Resmi: Republik Portugal

Presiden: Marcelo Rebelo de Sousa

Perdana Menteri: António Costa

Luas Wilayah: 92.080 km2

Populasi (2022 est): 10,323,000

Ibu Kota: Lisbon

Bahasa: Portugis

Etnis/ ras:  Portugis 91.9%, Brazil 1.4%,Marrano 1.2%, Eropa lainnya 1.2%, Han chinese 0.9%, Lainnya 3.4%.

Agama: Katolik Roman 81%, Kristen 3.3%, Lainnya 8.9%, Tidak ada 6.8%. 

BENDERA

Bendera Negara Portugal

Bendera Nasional Portugal terdiri dari warna hijau dan merah yang dibagi secara vertikal dengan lambang negara di tengah garis antara dua warna. Warna merah pada bendera melambangkan darah orang yang berjuang untuk Portugal menjadi republik. Warna hijau melambangkan harapan untuk masa depan. 

LAMBANG NEGARA

Lambang Negara Portugal
Foto: en.wikipedia.org/wiki/Coat_of_arms_of_Portugal

Lambang Negara Portugal diciptakan bersamaan dengan bendera resmi Portugal. Lambang negara portugal terdiri dari lingkaran dengan perisai di dalamnya. Lingkaran tersebut merupakan Bola dunia yang merupakan perangkat astronomi yang pernah digunakan sebagai alat untuk navigasi. Bola dunia pada lambang negara Portugal mewakili zaman keemasan ekpansi maritim pada abad ke-15 dan ke-16. 

Perisai merah pada lambang negara Portugal merupakan salah satu elemen tertua dari bendera negara. Perisai merah tersebut melambangkan kemenangan Portugal di masa lalu. Tujuh kastil kuning di bagian merah melambangkan tujuh kastil yang direbut kembali oleh Portugal dari bangsa Moor.

Lima perisai biru di area putih mewakili lima raja Moor yang dibunuh oleh Alfonso I, Raja Portugal pertama. Lima titik putih kecil yang berada di dalam perisai biru melambangkan lima luka Kristus, yang merupakan luka yang diderita Kristus selama penyaliban. 

PETA

GEOGRAFI

Portugal merupakan negara Eropa yang berada di titik paling barat Eropa dan terletak di pantai barat Semenanjung Iberia. Di barat dan selatan Portugal dibatasi oleh Samudra Atlantik, di timur dan utara oleh Spanyol. Garis pantai Atlantik Portugal memiliki panjang 837 km2, karena letak Portugal yang berada di garis pantai Atlantik menjadikan negara ini populer di kalangan pengunjung maupun penduduk lokal. 

IKLIM 

Karena kondisi geografi Portugal yang dipengaruhi oleh atlantik, benua, dan mediterania membuat Portugal memiliki beberap zona iklim di wilayahnya. Iklim atlantik mendominasi secara kesulurahan wiyah Portugal, yang menyebabkan sebagian besar wilayah menjadi zona lembab.

Terutama di wilayah barat laut, iklimnya ringan dan curah hujan cukup tinggi. Suhu musim panas di wilayah dekat permukaan laut memiliki rata-rata 24 °C, tetapi agak lebih rendah pada wilayah yang lebih tinggi.  

Pada musim dingin rata-rata suhu mencapai 3°C hingga 4 °C tapi cenderung lebih hangat di wilayah selatan Douro. Portugal memiliki Curah hujan tahunan dengan rata-rata lebih dari 40 inci. 

FLORA DAN FAUNA

Wilayah Portugal pernah tertutup dengan hutan, akan tetapi saat ini wilayah hutan di Portugal hanya tersisa seperempat dari luas wilayah negara. Spesies asli seperti pohon gabus masih menjadi pohon yang umum ditemui di Portugal, sedangkan banyak tanaman di wilayah negara ini yang merupakan spesies asing yang diperkenalkan oleh manusia.

Aktivitas bertani dan berburu telah mengurangi jumlah hewan liar yang hidup di Portugal. Hewan yang umum dijumpai adalah babi hutan, kambing liar, rusa bera, rubah, dan kelici Iberia. Di negara ini juga terdapat spesies Lynx Iberia merupakan spesies kucing paling terancam punah di dunia. Portugal bekerjasama dengan Spanyol untuk menciptakan ruang terbuka bagi spesies lynx Iberia yang tersisa dapat berkeliaran bebas. 

SEJARAH

Wilayah Portugal telah diduduki oleh manusia sejak sekitar 30.000 SM ketika dunia masih berada di zaman es. Hingga pada 700 SM, suku Celtic memasuki Portugal dari utara dan menduduki wilayah tersebut serta menikah dengan penduduk seetempat. Hal tersebut yang menyebabkan berbagai kelompok etnis yang terbentuk seperti Calaicians atau Gallaeci dari Prtugal itara, Cynetes dari Algarve, Celtici dari Alentejo, dan Lusitanians dari Portugal tengah. 

Pada abad ke-15 dan ke-16 Portugal merupakan kekuatan penting Eropa yang memiliki status setara dengan Spanyol, Perancis, dan Inggris. Pemerintah, ekonomi dan budayanya memiliki pengaruh yang besar di seluruh negara tetangganya. Pada masa tersebut Portugal memerintah kerajaan besar dengan jutaan penduduk di Afrika, Amerika, Asia, dan Timur tengah. 

Pada tahun 1580 kerajaan Spanyol dan Portugis berada di bawah pemerintahan tunggal setelah raja muda Sabastian terbunuh dalam pertempuran tanpa ahli waris. Kematian Raja Sebastiano tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Raja Philip II dari Spanyol untuk mengklaim takhta Portugal dengan alasan jika ia merupakan keponakan Raja Sebastiano. 

Sejak saat itu Portugal dan Spanyol berbagi raja namun, pada tahun tahun 1640 bangsawan Portugis melakukan kudeta di Lisbon. Mereka menggulingkan gubernur Portugal yang kemudian mengangkat Braganza sebagai Raja Jaoa IV. Saat itu, Spanyol tidak mengakui kemerdekaan Portugal hingga tahun 1668 ketika perjanjian Lisbon ditandatangani. 

Gempa bumi pada tahun 1755 di Lisbon, adanya pendudukan kekaisaran Napoleon dan hilangnya koloni terbesar Portugal yaitu Brazil menyebabkan Portugal melemah pada tahun 1822. Antara abad ke-19an dan akhir 1950-an, hampir 2 juta orang Portugis pergi ke Brasil dan AS. Pengambilalihan militer pada tahun 1910 dan 1926 tidak menyelesaikan sebagian besar krisis yang terjadi di Portugal.

Hingga pada tahun 1974 pemerintahan baru mulai dilembagakan setelah melalui gerakan revolusi yang dikenal sebagai Revolusi Anyelir. Demokrasi kemudian dipulihkan di Portugal dan pada tahun 1986 Portugal bergabung dengan UE. Pada masa sekarang Portugal dikenal sebagai negara penghasil zaitun, gandum, anggur dan gabus. Pariwisata juga merupakan industri penting di Portugal. 

EKONOMI

Menurut World Bank, pada tahun 2021 Portugal memiliki Produk Domestik Bruto (PDB) senilai 249,89 miliar USD. Nilai PDB Portugal tersebut mewakili 0.19 persen ekonomi dunia. PDB Portugal diperkirakan akan terus mengalami kenaikan, karena didorong adanya pemulihan pariwisata, belanja rumah tangga yang kuat di tengah pasar tenaga kerja yang solid serta adanya arus masuk dana UE. 

Perekonomian Portugal dulu sangat bergantung pada sektor industri, akan tetapi beberapa tahun belakangan mayoritas penduduk bekerja di sektor jasa. Pada tahun 2021 tercatat sekitar 64.89% pemasukan GDP Portugal berasal dari sektor jasa, yang kemudian diikuti dengan sektor industri sebesar 19.23%, dan 2.19% dari sektor agrikultural. 

Pada sektor industri perusahan yang beroprasi di Portugal adalah mesin, suku cadang otomotif dan kapal, tekstil, plastik, produk makanan, dan minuman. 

POLITIK

Portugal merupakan negara Republik dengan sistem pemerintahan demokrasi parlementer yang terdiri dari badan Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif. Pada badan Eksekutif terdapat Presiden sebagai kepala negara  yang dipilih secara langsung oleh rakyat untuk masa jabatan 5 tahun. Presiden bertugas sebagi pengawas kegiatan Pemerintah, mencalonkan dan memberhentikan Perdana Menteri dan anggota pemerintah, membubarkan parlemen, memberlakukan atau memveto undang-undangnya. 

Kemudian Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan. Perdana menteri diangkat oleh Presiden yang kemudian nanti akan memilih untuk membentuk kementrian yang akan melaksanakan tugas sebagai pemerintah. Pemerintah dapat mempresentasikan proyek hukum untuk dibahas di Parlemen, serta mengesahkan udang-undang melalui keputusan di Dewan Menteri. 

Badan Legislatif Portugal yang merupakan Parlemen memiliki sistem unikameral, yaitu Majelis Republik (Assembleia da Republica). Majelis Republik ini terdiri dari 230 deputi yang dipilih selama 4 tahun. Majelis bertanggung jawab untuk mendukung atau menggulingkan pemerintah, menyetujui program-programnya, mengatur anggaran negara, dan membahas serta menyetujui proyek-proyek hukum. 

Badan Yudikatif terdiri dari Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, Mahkamah Agung Tata Usaha Negara dan pengadilan administrasi. Badan Yudikatif merupakan wakil dari kehakiman atas nama rakyat dengan menghakimi orang-orang yang dituduh melanggar segala jenis hukum. 

SOSIAL BUDAYA

Portugis merupakan negara yang mempertahankan karakter bersejarah mereka dan banyak bangunan tua tetap utuh. Seni lukisan ubin dan kaca yang dikenal sebagai Azulejos, merupakan salah satu bentuk seni paling populer di Portugal. Teknik ini pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Moor yang di adopsi oleh raja pada tahun 1500-an dan penggunaan ubin biru dan putih yang tersebar di seluruh negeri yang kemudian dipraktikan oleh pengrajin hari ini. 

Delapan dari sepuluh orang Portugis beragama Katolik Roma, hari-hari suci dan festival keagamaan adalah acara yang sangat poopuler di negara tersebut. 

PENDIDIKAN

Sistem pendidikan Portugal menawarkan campuran sekolah negeri dan swasta, sebagian besar keluarga Portugis mengirim anak-anak mereka ke sekolah negeri karena gratis. Sistem pendidikan di Portugal terdiri dari empat tahap, sebagai berikut:

Pendidikan pra-sekolah (Educação Pré-escolar) usia 3- 6 tahun, Pendidikan pra-sekolah gratis selama 25 jam seminggu sejak usia tiga tahun. Namun untuk pra-sekolah swasta, sekolah internasional, Lembaga Montessori dan Waldorf membebankan biaya sekolah. 

Pendidikan dasar (Ensino Básico) merupakan masa pendidikan wajib di Portugal yang ditempuh dari usia 6-15 tahun untuk kelas 1-9. Untuk sekolah umum biaya sekolah gratis dan ditanggung pemerintah, kecuali biaya seperti buku, makanan sekolah, dan kunjungan lapangan. 

Pendidikan menengah di Portugal juga wajib, pada tingkat pendidikan ini terutama untuk meningkatkan tingat pendidikan ini untuk meningkatkan keterampilan yang telah mereka peroleh di sekolah dasar. Pendidikan menengah berlangsung selama tiga tahun untuk kelas 10-12. Di tingkat pendidikan ini biaya sekolah umum juga gratis. 

Pendidikan tinggi di Portugal sangat dihormati di seluruh dunia. Sistem pendidikan tinggi Portugal menempati ke-35 terbaik di dunia. Selain universitas topnya, Portugal juga merupakan rumah bagi beberapa politeknik terkemuka yang berfokus pada mempersiapkan siswa untuk jalur karir tertentu. 

PARIWISATA DI PORTUGAL

Selain pantai,  Portugal juga terkenal dengan destinasi wisata yang menarik lainnya. Portugal juga memiliki peninggalan zaman prasejarah era invasi Romawi dan Moor. Berikut destinasi bersejarah yang dapat didatangi di Portugal. 

1. Palácio Nacional de Sintra, Lisbon Coast

Merupakan salah satu peniggalan bangunan bersejarah yang diakui oleh UNESCO sebagai lanskap warisan dunia. Terletak di wilayah pegunungan berhutan menjadikan Sintra menjadi lokasi untuk dikunjungi. 

2. Torre de Belém, Lisbon

Salah satu moneumen berssejarah yang paling dicintai di Portugal dan ion Lisbon. Torre de Belém berdiri sebagai simbol zaman penemuan dan perjalanan eksplorasi yang dilakukan pada abad ke-15 dan ke-16. Torre de Belém juga merupakan peninggalan yang telah terdaftar oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. 

3. Convento do Cristo, Tomar

Kastil yang terletak di tepi sungai Tomar ini merupakan salah satu situs bersejarah di Portugal. Dengan arsitektur yang indah dan mewah menjadikan Convento do Cristo sebagai situs bersejarah dengan arsitektur yang paling menarik dari setiap bangunan yang ditemukan di Portugal. 

4. Bom Jesus do Monte, Braga

Bom Jesus do Monte, Braga merupakan tempat suci keagamaan termegah di Portugal, lokasinya yang terletak di lereng berhutan ini merupakan salah satu situs ziarah terpenting di Portugal. 

5. Universidade de Coimbra

Merupakan tempat belajar tertua di Portugal yang didirikan pada tahun 1290 oleh Raja Dinis.Bangunan  Universidade de Coimbra  mengelilingi alun-alun pusat yang indah Paço das Escolas. Bangunan bersejarah ini juga telah diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. 

DAFTAR PUSTAKA

  • Bernhardt, P. (2020). 22 Top-Rated Tourist Attractions in Portugal. https://www.planetware.com/tourist-attractions/portugal-p.htm
  • Costa, G. (2021a). The History of Portugal. https://www.portugal.com/history-and-culture/the-history-of-portugal/
  • Costa, G. (2021b). The Portuguese Political System. https://www.portugal.com/history-and-culture/the-portuguese-political-system/
  • Encylopedia Britannica. (n.d.). Climate of Portugal. https://www.britannica.com/place/Portugal/Climate
  • Globalcitizensolutions. (n.d.). The Education System in Portugal. https://www.globalcitizensolutions.com/es/education-system-in-portugal/
  • Lambert, T. (2021). A Brief History of Portugal. https://localhistories.org/a-brief-history-of-portugal/
  • National Geographic. (n.d.). Portugal. https://kids.nationalgeographic.com/geography/countries/article/portugal
  • OECD. (2022). Portugal Economic Snapshot. https://www.oecd.org/economy/portugal-economic-snapshot/
  • Silva, L. (2022). Meaning of the Portuguese Flag. https://www.portugal.com/history-and-culture/meaning-of-the-portuguese-flag/
  • Taborda, J. (2022). The education system in Portugal. https://www.expatica.com/pt/education/children-education/the-education-system-in-portugal-105195/
  • Trading Economics. (2021). Portugal GDP. https://tradingeconomics.com/portugal/gdp
  • World Atlas. (2018). Portugal Symbols. https://www.worldatlas.com/countries/portugal/symbols.html

*Penulis: Anlika Dwi Sekar Agustini