Profil Negara Bosnia dan Herzegovina

Bosnia dan Harzegovina atau yang sering dikenal sebagai Bosnia merupakan negara yang terletak di barat semenanjung Balkan. Negara di bagian Eropa tenggara ini berbatasan dengan Serbia, Monternegro, dan Kroasia. 

Bosnia memiliki sistem pemerintahan terumit di dunia, karena terbagi menjadi dua entitas yaitu Federasi Bosnia dan Herzegovina serta Republik Srpska, sehingga Bosnia memiliki tiga presiden yang bergantian menjabat setiap delapan bulan sekali.

Untuk mengenal lebih jauh negara Bosnia. Mari kita simak profil negara ini, lengkap dengan berbagai informasi menarik seputar negara Bosnia.

Profil Negara Bosnia dan Herzegovina

PROFIL UMUM BOSNIA

Nama Resmi: Bosnia dan Herzegovina
Presiden: Efik Džaferović (Kepresidenan tripartit dengan jabatan yang digilir selama delapan bulan sekali)
Perdana Menteri: Zoran Tegeltija
Luas Wilayah: 51,209 km2
Populasi (2022 est): 3,443,000

Ibu Kota: Sarajevo
Bahasa: Bosnia, Kroasia, dan Serbia.
Etnis/ ras:  Bosnia 48.4%, Serbia 32.7%, Kroasia 14.6%, lainnya 4.3%.
Agama: Islam 50.7%, Ortodoks 30.7%, Katolik Roma 15.2%, atheist 1.1%, lainnya 2.3%. 

BENDERA

Bendera Negara Bosnia

Bendera Nasional Bosnia secara resmi diadopsi pada 4 Februari 1998 dan dirancang oleh Mladen Kolobari. Bendera terdiri dari warna vertikal biru dengan segitiga kuning sama kaki yang berada di tengah bendera. 

Di sisi bendera berwarna biru sedang terdapat tujuh bintang putih penuh dan setengah bintang terdapat di bagian atas dan bawah di sepanjang sisi miring segitiga. Segitiga melambangakan bentuk negara dan tiga titiknya mewakili masyarakat konstituen yaitu Bosniak, Kroasia, dan Serbia. 

Bintang-bintang pada bendera merupakan lambang dari Eropa. Warna putih, biru, dan kuning dikaitkan dengan netralitas dan perdamaian, secara tradisional warna tersebut dikaitkan dengan sejarah dan budaya Bosnia.  

LAMBANG NEGARA

Lambang negara Bosnia

Lambang negara Bosnia diadopsi pada 18 Mei 1998, desain Lambang Negara mencerminkan bendera nasional dengan perisai berujung tiga yang melambangkan masing-masing dari tiga kelompok etnis utama yang juga melambangkan bentuk negara. 

Perisai emas tersebut diambil dari tangan Raja Stephen Tvrtho 1376-1391. Di sudut kanan atas perisai terdapat segitiga kuning dan deretan bintang berwarna putih. Bintang-bintang tersebut diadopsi untuk menggantikan Fleur-de-lys pada abad pertengahan. 

PETA

GEOGRAFI

Bosnia memiliki luas wilayah sebesar 51.129 km2, dan terletak di bagian barat Semenanjung Balkan di wilayah tenggara benua Eropa. Bosnia berbatasan dengan Kroasia, Serbia, dan Monternegro serta memiliki hamparan tanah yang sempit di sepanjang laut Adriatik.

Bosnia merupakan negara yang sangat berbukit dengan pegunungan Alpen yang mendominasi bentang alamnya. Hutan lebat menutupi hampir 40% daratan negara. Pada bagian utara Bosnia di sepanjang lembah Sungai Sava adalah dataran Pannonia yang merupakan dataran berbukit dan subur yang membentang dari timur ke barat. 

IKLIM 

Meskipun terletak dekat dengan laut Mediterania, Bosnia tidak terpengaruh iklim Alpen. Cuaca di wilayah Bosnia menyerupai dataran tinggi Austria selatan yang umumnya sejuk, meskipun cenderung sangat dingin di musim dingin. Wilayah Banja Luka memiliki bulan terdingin pada Januari, dengan suhu rata-rata sekitar 0 °C dan bulan terpanas adalah Juli dengan suhu rata-rata sekitar 22°C. Selama bulan Januari dan Febuari Banja Luka menerima curah hujan paling sedikit, dan pada bulan Mei dan Juni mengalami curah hujan paling tinggi. 

Sedangkan di wilayah Mostar yang terletak di sepanjang sungai Neretva, bulan terdingin adalah Januari dengan suhu rata-rata sekitar 6°C dan bulan terpanas adalah Juli dengan suhu rata-rata sekitar 26°C. Mostar mengalami musim yang relatif kering dari bulan Juni hingga September. Pada bulan Oktober hingga Januari Mostar memiliki curah hujan paling tinggi. 

FLORA DAN FAUNA

Sekitar 40% wilayah Bosnia ditutupi hutan, yang terdiri dari pohon ek, pinus, dan beech. Buah plum, anggur, pir, dan apel merupakan buah yang yang umum ditemui di negara ini. Bosnia juga merupakan negara yang kaya akan satwa liar, seperti beruang, serigala, rubah, berang-berang dan elang. 

Negara ini juga memiliki sebuah proyek percontohan dalam koleksi tanaman liar yang berkelanjutan dan terbukti berhasil pada tahun 2009. Hal tersebut juga memungkinkan penggunaan proyek tersebut sebagai model untuk konservasi di negara-negara Eropa lainnya. 

SEJARAH

Wilayah Herzegovina terbentuk pada tahun 1448 dan kemudian bergabung dengan Bosnia pada akhir abad itu di bawah kekuasaan Turki. Perang Rusia-Turki yang terjadi pada tahun 1877 mengakibatkan Bosnia Herzegovina ditempatkan di bawah kekuasaan Austria-Hongaria pada tahun berikutnya. 

Setelah Perang Dunia I dan runtuhnya Austria-Hongaria, Bosnia Herzegovina dikuasai oleh Serbia. Kemudian pada Perang Dunia II dimasukkan kedalam Kroasia pro-Hitler dan kemudian menjadi salah satu dari enam negara anggota Yugoslavia.

Utuk membebaskan diri dari Yugoslavia dan menghindari kekuasaan Serbia, Bosnia dan Kroasia memilih kemerdekaan pada tahun 1991. Meskipun pada saat itu kemerdekaan telah diakui secara internasional, Sebia lokal dan pasukan dari Serbia berjuang untuk menyatakan kekuasaan mereka yang kemudian diikuti perlawanan dari Bosnia. Perang berlangsung selama beberapa tahun dan sekitar dua juta orang mengungsi dari wilayah tersebut. 

Perang berakhir pada tahun 1995 setelah perjanjian Dayton. Perjanjian tersebut ditegakkan oleh NATO yang kemudian tersisalah negara yang terdiri dari dua wilayah. Wilayah tersebut adalah Bosnia Herzegovina yang terbagi menjadi dua entitas yaitu Federasi Bosnia dan Herzegovina dan Republik Srpska. 

EKONOMI

Pada tahun 2021 Bosnia memiliki Pendapatan Domestik Bruto sebesar 22.57 milar USD. Sektor jasa menjadi sektor yang menyumbang pemasukan sebanyak 55.9% untuk PDB Bosnia. Diikuti dengan sektor industri sebesar 24.62%, dan pertanian sebesar 5.69%. 

Pemerintah Bosnia berusaha untuk meningkatkan pariwisata dengan menarik pengunjung ke situs warisan budaya negara yang kaya, pegunungan yang indah serta sungai-sungainya. Bosnia juga terkenal akan hasil pertaniannya dengan sekitar 50% dataran Bosnia digunakan sebagai perternakan dan perkebunan, dengan hasil utama jagung, gandung, kapas, dan buah-buahan. 

Investasi merupakan salah satu instrumen penting bagi laju ekonomi suatu negara namun, investor asing menghadapi hambatan karena kerangka hukum dan peraturan yang kompleks di negara ini. Adanya prosedur bisnis yang kurang transparan dan peradilan yang lemah juga menjadi salah satu alasan Bosnia kesulitan dalam menarik investor asing ke negaranya. Mayoritas investasi asing yang ada di Bosnia berasal dari Austria, Kroasia, Serbia, Slovenia, dan German.  

POLITIK

Bosnia merupakan negara dengan sistem pemerintahan paling rumit di dunia, negara ini memiliki pengaturan konstitusional dan kelembagaan yang unik dan hal tersebut bermula dari adanya Perjanjian Dayton. 

Bosnia terdiri dari dua entitas yaitu Federasi Bosnia dan Republik Srpska, kedua entintas ini memiliki masing-masing kota utama. Kota utama federasi Bosnia adalah ibu kota Sarajevo, Mostar, Tuzla, Bihac, dan Zenica. Sedangkan Republik Srpska kota utamanya adalah Banja Luka, Bijeljina, Prijedor dan Trebinje. 

Secara resmi bagian dari kedua entitas ini adalah Distrik Brčko, sebuah unit administrasi multi etnis dengan pemerintahan sendiri. Perlu diketahui di Bosnia terdapat tiga etnis mayoritas utama yaitu Bosniak, Kroasia-Muslim dan Serbia yang juga mempengaruhi pemerintahan Bosnia. 

Untuk mengakomodasi ketiga etnis tersebut Bosnia memiliki tiga presiden atau kepresidenan tripartit. Dimana masing-masing presiden mewakili tiga etnis mayoritas yang ada di Bosnia. Presiden dipilih langsung dan bertanggung jawab atas urusan luar negri, diplomatik, militer, dan anggaran lembaga tingkat negara. Ketiga politisi yang duduk di lembaga kepresidenan setiap delapan bulan akan bergantian dan menjadi Presiden untuk empat tahun masa kepresidenan.  

Pada badan legislatif memiliki sistem bikameral atau dua kamar yang meliputi Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Rakyat. Dewan Perwakilan Rakyat terdiri dari 42 anggota yang dipilih langsung melalui sistem perwakilan proposional, 28 anggota dipilih dari federasi, 14 dari Republik Srpska. 

Sedangkan, Dewan Rakyat terdiri dari 15 anggota yang dipilih oleh parlemen entitas dengan dua pertiga anggota federasi (Lima Kroasia-Muslim dan lima Bosnia), kemudian sepertiga dari Republik Srpska (lima Serbia). Badan legislatif Bosnia bertugas untuk memutuskan pendapatan untuk institusi, menjunjung tinggi kewajiban internasional, dan meratifikasi perjanjian dan kesepakatan. 

Badan yudikatif Bosnia merupakan Mahkamah Konstitusi tertinggi dan terakhir untuk permasalahan hukum di Bosnia. Mahkamah Konstitusi terdiri dari sembilan anggota yang dipilih untuk masa jabatan lima tahun. Empat anggota dipilih oleh Dewan Perwakilan Federasi, dua oleh Majelis Republik Srpska, dan tiga oleh Presiden Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa. 

SOSIAL BUDAYA

Kebudayaan warga Bosnia telah banyak dipengaruhi oleh Eropa dan Turki, hal tersebut sangat terasa pada kehidupan budaya di Bosnia. Terdapat banyak variasi antara tradisional dan modern antara budaya perdesaan dan perkotaan juga. 

Bosnia memiliki beberapa pemusik terkenal seperti Divlje Jagode, Zabranjeno Pušenje, Kurtović, Elvis J.  dan Crvena Jabuka. Tradisi pertunjukan musik dan budaya domestik membuat lagu daerah menjadi populer dan terkenal di kalangan warga Bosnia. 

Sarajevo yang merupakan ibu kota Bosnia juga merupakan tempat budaya sastra yang aktif dengan sejumlah penerbit yang telah menerbitkan tulisan kotemporer dan klasik di wilayah tersebut. Pada tahun 1961 Bosnia menerima penghargaan Nobel pada bidang sastranya. 

PENDIDIKAN

Pendidikan merupakan faktor penentu keberhasilan bagi masa depan rakyat Bosnia, maka dari itu pemerintah Bosnia memberlakukan pendidikan wajib selama 12 tahun dan gratis.

Pendidikan prasekolah merupakan tingkat pendidikan yang bersifat opsional, taman kanak-kanak di Bosnia diperuntukan bagi anak berumur 6-7 tahun. Taman kanak-kanak khusus juga tersedia bagi anak berusia 3-9 tahun, taman  kanak-kanak didanai sebagian oleh negara. pada tingkatan ini anak-anak akan diberikan pengetahuan dasar mengenai angka, alfabet, dan mempersiapkan anak-anak untuk pendidikan dasar.

Pendidikan utama di Bosnia dimulai dengan Pendidikan dasar yang wajib diikuti oleh semua anak berusia 6-15 tahun dan gratis di sekolah umum. Pendidikan dasar dibagi menjadi tiga siklus. Siklus pertama bagi anak berusia 6-9 tahun, siklus 2 untuk anak berusia 9-12 tahun, dan siklus 3 bagi anak berusia 12-15 tahun. 

Pendidikan menengah di Bosnia diperuntukan bagi anak berusia 15-18 tahun dan tidak wajib untuk dihadiri. Terdapat beberapa jenis sekolah menengah di Bosnia yaitu sekolah umum, sekolah kejuruan, dan teknik. 

Pendidikan menengah umum di Bosnia berdurasi selama empat tahun yang berfokous pada pelajaran akademik. Pada akhir pendidikan siswa diharuskan untuk mengikuti ujian Matura yang akan mengarah kepada sekolah pendidikan tinggi. Sedangkan pendikan menengah kejuruan dan teknik berlangsung selama 3-4 tahun, tergantung pada bidang studi yang diambil.

Pendidikan tersier di Bosnia ditawarkan oleh institusi pendidikan tinggi negeri dan swasta. Terdapat universitas, akademi seni, dan fakultas. Bosnia juga merupakan rumah bagi beberapa institusi pendidikan tinggi swasta dan internasional. 

Kerjasama Bosnia- Indonesia

Hubungan antara Bosnia dengan Indonesia dimulai sejak Indonesia mengakui kemerdakaan Bosnia sejak tahun 1992. Hingga saat ini hubungan kedua negara masih terjalin dengan baik. Pada tahun 2022 pemerintah Bosnia dan Indonesia sepakat untuk mendorong kerja sama ekonomi yang lebih intensif dengan memanfaatkan potensi perdagangan dan investasi yang dimiliki kedua negara tersebut. 

Pada aspek perdagangan Indonesia dan Bosnia memiliki potensi yang besar dalam aspek perdagangan. Pada tahun 2021 nilai perdagangan kedua negara tersebut mencapai USD 1,85 juta. Adapun komoditas utama Indonesia yang ddiekspor ke Bosnia adalah cocoa powder, alat musik, telephone set. Untuk komoditi impor utama dari Bosnia adalah berbagai macam jenis footwear dan centrifuges. 

Selain perdagangan pada pertemuan kedua negara yang dilakukan pada 13 Juni 2022  juga untuk meningkatkan kerja sama di bidang militer/pertahanan dengan Indonesia, terutama dengan PT PINDAD. 

Daftar Pustaka

  • Alberto Nardelli, D. D. and E. J. (2014). Bosnia and Herzegovina: the world’s most complicated system of government? https://www.theguardian.com/news/datablog/2014/oct/08/bosnia-herzegovina-elections-the-worlds-most-complicated-system-of-government
  • Education System of Bosnia and Herzegovina. (n.d.). https://www.bosniaherzegovinaeducation.info/education-system
  • Hardoko, E. (2018). Rumitnya Politik Bosnia, Negeri dengan Tiga Presiden. https://internasional.kompas.com/read/2018/10/08/13501111/rumitnya-politik-bosnia-negeri-dengan-tiga-presiden?page=all
  • International Trade Administration. (2022). Market Overview. https://www.trade.gov/country-commercial-guides/bosnia-and-herzegovina-market-overview
  • Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, & INDONESIA, R. (2022). Indonesia dan Bosnia Eratkan Kerja Sama Perdagangan dan Investasi. https://ekon.go.id/publikasi/detail/4236/indonesia-dan-bosnia-eratkan-kerja-sama-perdagangan-dan-investasi
  • O’Neill, A. (2022). Bosnia & Herzegovina: Distribution of gross domestic product (GDP) across economic sectors from 2011 to 2021. https://www.statista.com/statistics/453901/bosnia-herzegovina-gdp-distribution-across-economic-sectors/
  • Pickering, P. (2022). Bosnia and Herzegovina. https://www.britannica.com/place/Bosnia-and-Herzegovina/Economy
  • World Atlas. (n.d.). Flags, Symbols & Currency of Bosnia and Herzegovina. https://www.worldatlas.com/flags/bosnia-and-herzegovina

*Penulis: Anlika Dwi Sekar Agustini