Profil Negara Estonia

Estonia merupakan negara yang berada di wilayah Eropa paling utara, berbatasan dengan Rusia di sebelah timur dan Latvia di selatan. Negara yang merdeka pada tahun 1991 ini, juga merupakan salah satu negara yang sukses secara ekonomi di Uni Eropa dan dinyatakan sebagai negara maju dengan indeks pembangunan manusia yang tinggi oleh PBB. 

Untuk mengenal lebih jauh negara Estonia. Mari kita simak profil Estonia, lengkap dengan berbagai informasi menarik seputar negara Estonia.

Profil Negara Estonia

PROFIL ESTONIA

Nama Resmi: Republic of Estonia
Presiden: Alar Karis
Perdana Menteri: Kaja Kallas
Luas Wilayah: 45,228 km²

Populasi (2022 est): 1,328,000
Ibu Kota: Tallinn
Bahasa: Estonia
Etnis/ras:  Estonia 68.7%, Rusia 24.9%, Ukraina 1.8%, Belarus 0.9%, Finlandia 0.6%, Lainnya 3.1%.
Agama: Aliran Kristen lainnya 54%, Kristen Ortodoks 16%, Lutheran 10%, tidak diketahui 2%, lainnya 18%. 

BENDERA

Bendera Negara Estonia

Bendera Nasional Estonia terdiri dari tiga warna horizontal yang menampilkan tiga garis horizontal yaitu biru dibagian atas, hitam di tengah, dan putih di baris paling bawah. Warna biru pada bendera melambangkan iman, kesetiaan, dan pengabdian, yang juga mengingatkan langit, laut, dan danau yang ada di Estonia. Warna hitam melambangkan tanah negara yang subur serta mengingatkan masa lalu yang kelam dan penderitaan rakyat Estonia.

Warna putih melambangkan kebijakan, kemurnian, kerja keras, dan perjuangan panjang Estonia untuk mencapai kebebasa dan kemerderkan. Warna putih juga melambangkan salju yang menutupi sebagian besar Estonia, serta malam musim panas yang diterangi oleh matahari tengah malam. 

LAMBANG NEGARA

Lambang Negara Estonia
Foto: en.wikipedia.org

Lambang Nasional Estonia resmi diadopsi pada 19 Juni 1925, dan dipulihkan pada 7 Agustus 1990. Lambang ini terdiri dari perisai emas yang dikelilingi oleh cabang-cabang pohon ek emas. Di dalam perisai terdapat tiga singa biru yang wajahnya berada di sebelah kiri. Tiga singa biru pada perisai emas merupakan simbol Estonia kuno yang berasal dari lambang yang lebih besar yaitu Raja Denmark Valdemar II yang memerintah Tallin (Estonia Utara) pada tahun 1219. 

Singa pertama melambangkan keberanian dalam pertarungan untuk kebebasan di zaman kuno, singa yang kedua untuk melambangkan keberanian dalam pemberontakan di Harjumaa, dan yang ketiga untuk keberanian dalam memperjuangkan kebebasan di zaman modern. Cabang pohon ek melambangkan ketekunan dan kekuatan. 

PETA

GEOGRAFI

Estonia merupakan negara yang berada di bagian timur laut Eropa, dan berada di paling utara dari negara Baltik. Wilayah Estonia memiliki sekitar 1.500 pulau dan pulau kecil. Dua pulau terbesar di pulau ini , yaitu Saaremaa dan Hiiumaa berada di barat pantai dari daratan Estonia. Estonia juga berbatasan dengan Teluk Finlandia dan juga berada di antara Latvia dan Rusia

Estonia memiliki banyak danau yang dapat ditemukan diseluruh negeri, diperkirakan terdapat lebih dari 1.400 danau alami dan buatan di Estonia dan yang terbesar adalah danau Peipus. Fitur penting pada geografi di Estonia adalah hutan yang mencakup sekitar 18.000 km2 dari keseluruhan wilayah Estonia. 

IKLIM 

Estonia memiliki iklim sedang dan lembab sehingga sangat berbeda dari iklim wiyah di timur, yang berada di garis lintang yang sama. Negara ini juga terletak di jalur massa udara yang merupkan angin siklon yang berasa dari Samudra Atlantik Utara sehingga membawa udara hangat di musim dingin dan udara sejuk di musim panas. 

Wilayah yang berada di pesisir utara dan barat cenderung memiliki cuaca yang lebih ringan daripada wilayah pedalaman negara, sedangkan wilayah timur dan tenggara cenderung memiliki iklim kontinenta. Suhu rata-rata di Estonia adalah −8°C hingga 5 °C di bulan Januari dan 16°C hingga 17 °C pada bulan Juli. Curah hujan tahunan sekitar 24 hingga 28 inci, iklim di Estonia ini umumnya menguntungkan bagi pertanian. 

FLORA DAN FAUNA

Sekitar 60 spesies mamalia hidup di Estonia, dengan spesies terbesar adalah rusa, rusa roe, rusa merah, dan babi hutan. Beruang, dan lynx dapat ditemukan di pedalaman hutan di bagian timur laut. Kelinci, mink, dan nutria adalah hewan yang umum dijumpai di sepanjang tepi sungai. Ikan seperti cod, herri, salmon, belut, plaice, dan lain-lain biasanya ditangkap untuk kepentingan komersial.

Setelah Estonia merdeka di tahun 1991, pemerintah melakukan pemulihan alam dengan membuat langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan lingkungannya. Polusi air dan udara telah berkurang, dan persentase lahan hutan telah diperbesar. Sekitar sepersepulah dari negara Estonia disisihkan sebagai wilayah cagar alam. 

SEJARAH ESTONIA

Penduduk Estonia memiliki hubungan langsung dengan bangsa Finlandia. Sejarawan menyebut orang Estonia sebagai Aesti. Pada abad-abad awal, penduduk Estonia tidak memiliki banyak interaksi dengan peradaban barat. 

Pada abad ke-11 dan ke-12 penduduk Estonia berjuang dan tidak terkalahkan dalam mempertahankan wilayah kekuasaannya, hingga pada abad ke-13 Jerman mendominasi wilayah Estonia. Beberapa negara berusaha untuk menguasai wilayah Estonia, seperti Denmark yang juga berhasil menguasai wilayah utara Estonia hingga abad ke-20. 

Meskipun terdapat pemberontakan di St. George, Estonia berada di bawah dominasi asing dalam jangka waktu yang lama. Swedia dan Rusia juga merupakan negara yang menginvasi dan menginginkan wilayah Estonia. Pada masa penaklukan dari asing yang menyebarkan kekuasaan dan pengaruh di negara tersebut, Estonia juga dilanda kelaparan yang berujung kematian ribuan rakyatnya. 

Pada periode 1947-1952, Rusia terus memaksakan kekuasaan mereka atas Estonia. Hingga akhirnya  Rusia memberlakukan rezim pada tahun ketika pertanian dikoletivisasi. Di bawah komunis, industrialisasi terjadi di Estonia yang kemudian menyebabkan kerusakan lingkungan yang parah. Kemudian pada tahun 1949, ribuan penduduk Estonia asli dideportasi, kemudian hutan menjadi lokasi pertempuran bagi orang-orang Rusia. 

Pada masa invasi Rusia, Estonia menuntut kemerdekaannya. Hingga pada bulan November 1988, Rusia menyatakan Undang-undang yang diberlakukan hanya akan berlaku jika disetujui. Pada tahun yang sama Estonia juga diberikan otonomi ekonomi, yang kemudian diikuti adanya pemberian suara dari penduduk Estonia untuk mendukung kemerdekaan dalam sebuah referendum. 

Pada 20 Agustus 1991, Estonia berhasil mendeklarasikan kemerdekaannya, yang diakui oleh Rusia pada 6 September 1991. Kemerdekaan tersebut terus berlangsung hingga saat ini dan menjadikan Estonia sebagai negara kecil yang makmur.  

EKONOMI

Pada tahun 2021, Estonia memiliki Produk Domestik Bruto (PDB) senilai 36,26 miliar USD. Menurut World Bank nilai PDB Estonia tersebut mewakili 0.03% dari ekonomi dunia. Sekitar 61.35% PDB Estonia berasal dari sektor jasa, 22.65% dari sektor industri, dan 2.17 dari pertanian. 

Sektor jasa di Estonia mengalami perkembangan pesat sejak awal 1990-an. Sektor jasa ini terdiri dari sub-sektor transportasi, telekomunikasi, dan perbank-an. Pada Sektor industri yang merupakan penghasilan PDB kedua terbanyak di Estonia berhubungan dengan produksi produk kimia, tekstill, mesin, elektonik, minyak dan kayu. 

POLITIK

Estonia memiliki sistem pemerintahan republik parlementer dengan tiga cabang badan pemerintahan, yaitu Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif. Badan eksekutif bertugas untuk menjalankan kebijakan dalam dan luar negeri. Kepala negara merupakan Presiden yang dipilih oleh parlemen atau melalui electoral college yang dilakukan pada lima tahun sekali. Presiden terpilih kemudian mencalonkan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan dan disetujui oleh parlemen sebagai Perdana Menteri terpilih. 

Badan legislatif Estonia menggunakan sistem parlemen unikameral atau satu kamar, yang juga sering disebut sebagai Riigikogu. Badan legislatif bertugas untuk meratifikasi perjanjian asing yang signifikan memberlakukan kewajiban militer dan kepemilikan, membawa perubahan dalam hukum, menyetujui anggaran yang diajukan oleh pemerintah sebagai undang-undang, serta memantau kekuasan eksekutif. Badan legislatif terdiri dari 101 anggota dan menjabat dalam periode empat tahun. 

Badan Yudikatif bertugas untuk peninjauan kembali terhadap putusan-putusan pengadilan yang telah berlaku dan pembetulan kesahan pengadilan dalam putusan pengadilan yang telah berlaku. Pengadilan tertinggi adalah Mahkamah Agung yang terdiri dari 19 hakim agung, termasuk hakim agung dan telah diatur di perdata, pidana, administrasi, dan konstitusional. 

SOSIAL BUDAYA

Tradisi budaya Estonia telah lama dipengaruhi oleh Swedia dan Rusia, secara tradisional Estonia bagian utara, khusunya Tallin lebih terbuka terhadap pengaruh luar daripada Estonia Selatan. Kebangkitan nasionalis pada abad ke-19 membuat Estonia untuk dapat menciptakan budaya nasional, hal ini dapat dilihat pada warisan pertanian negara. Pusat warisan tersebut adalah gudang tempat tinggal, rumah pertanian serbaguna yang merupakan ciri khas dari Estonia. 

Pada bidang sastra Estonia juga terus mengalami peningkatan pada abad ke-19. Terbukanya Estonia membuat masuknya pengaruh budaya dan sastra dari Eropa Barat. Hal tersebut membuat bidang sastra Estonia berkembang dengan keragaman gaya, mulai dari Neoklasikisme hingga eksperimen-eksperimen yang berani. 

PENDIDIKAN

Estonia memiliki sistem pendidikan komprehensif yang bertujuan untuk memberikan semua siswa pendidikan terbaik tanpa melihat dari latar belakang mereka. Sekolah di Estonia adalah gratis, kecuali orang tua siswa yang memutuskan untuk memilih sekolah swasta untuk anak-anak mereka. 

Pendidikan sekolah dimulai kepada anak-anak yang berusia dari 18 bulan hingga 7 tahun di lembaga pendidikan khusus, yang sering disebut sebagai pra-sekolah. Pendidikan di pra-sekolah tidak hanya adanya pengasuhan anak akan tetapi, terdapat pembelajaran dengan kurikulum dan kegiatan yang substantif dan metodologis. 94% anak usia 4 hingga 7 tahun berpartisipasi dalam kegiatan lembaga pra-sekolah.  

Pendidikan dasar merupakan pendidikan wajib yang berlangsung dari kelas 1-9. Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan dasar di sekolah terdekat. Pendidikan dasar memberikan hak untuk melanjutkan studi untuk ke sekolah menengah. 

Pendidikan menengah umum, diperoleh di tingkat sekolah menengah atas. Sekolah menengah atas dirancang untuk membantu siswa menjadi warga negara yang kreatif, multitalenta, dewasa secara sosial, dan dapat diandalkan. Studi di pendidikan menengah umum memiliki masa studi selama tiga tahun.

Selain pendidikan menengah umum, siswa dapat memilih pendidikan kejuran. Pada pendidikan kejuruan ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, pengetahuan kerja, dan kesiapan sosial yang diperlukan untuk berkerja. Pendidikan kejuruan ini memiliki masa studi 3-4 tahun dan tidak dipungut biaya. Terdapat kerjasama dengan perusahaan dalam pengembangan kurikulum dan dalam menciptakan peluang untuk magang. 

Setelah menjalani masa pendidikan menengah siswa dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Pendidikan tinggi di Estonia memiliki akses yang mudah dan fleksibel. Hal tersebut didukung dengan berbagai bentuk studi serta pertimbangan belajar dan pengalaman kerja yang dapat memberikan kesempatan untuk bekerja. 

PARIWISATA ESTONIA

Estonia yang belum banyak diketahui oleh para wisatawan, memiliki destinasi yang terjangkau bagi para wisatawannya. Selain terjangkau Estonia memiliki kota yang berarsitektur abad pertengahan, garis pantai yang indah, dan sejarah yang menarik. Berikut beberapa destinasi wisata yang dapat dikunjungi:

Tallinn

Tempat yang paling populer dan wajib untuk dikunjungi adalah Tallinn yang juga merupakan ibukota Estonia. Terdapat jantung kota yang disebut Toompea, kota tersebut mempertahankan suasana bersejarah kaerena jalannannya yang masih berbatu-batu dan arsitektur bangunan abad ke-15an.

Taman Nasional Sooma

Taman ini merupakan salah tujuan yang menarik untuk dikunjungi, taman ini memiliki rawa gambut yang terbentuk karena adanya pencairan gletser yang lebih dari 10.000 tahun lalu. Taman nasional ini memiliki beberapa sungai yang indah, sehingga wisatawan dapat menyewa kano. Wisatawan juga dapat melihat rusa, babi hutan, berang-berang, elang emas, dan banyak lagi. 

Kota Viljandi

Kota ini memiliki sejarah yang kaya dengan usia hampir 2.600 tahun, dan banyak arsitektur bersejarah yang tersisa. Pada bulan Juli terdapat festival musik rakyat tahunan yang dapat menarik sebanyak 20.000 pengunjung. Puluhan konser diadakan di kota Viljandi dan menjadi salah satu festival musik terbesa di Estonia.

Kastil Rakvere

Terletak di Estonia bagian utara, terdapat sebuah kota tempat manusia yang telah tinggal di wilayah tersebut hampir 1.500 tahun. Kastil Rakvere dibangun pada abad ke-16 , dan dijadikan sebagai taman hiburan yang bertemakan abad pertengahan. Staff dan pengunjung dapat menggunakan kostum dan berjalan-jalan di sekitar halaman kastil. 

Parnu

Parnu terkenal akan pantainya, dengan pasir putih yang halus dan bukit pasir yang indah. Kawasan pejalan kaki pantai yang membentang di sepanjang pantai menciptakan nuansan resor pantai tradisional. Parnu juga dikenal sebagai ibu kota musim panas, karena ketenarannya di kalangan penduduk Estonia yang menjadikan Parnu sebagai tempat untuk berlibur di musim panas. 

DAFTAR PUSTAKA

  • Aruja, E. (2022). Estonia. https://www.britannica.com/place/Estonia
  • Country Reports. (n.d.). Estonia Government. https://www.countryreports.org/country/Estonia/government.htm
  • Education Estonia. (n.d.). Estonian education system. https://www.educationestonia.org/about-education-system/
  • European Union. (n.d.). Estonia. https://european-union.europa.eu/principles-countries-history/country-profiles/estonia_en
  • Global Edge. (n.d.). Estonia: Government. https://globaledge.msu.edu/countries/estonia/government
  • GOWAY. (n.d.). Estonia: Geography & Maps. https://www.goway.com/travel-information/europe/estonia/geography-and-maps/
  • Lambert, T. (2021). A Brief History of Estonia. https://localhistories.org/a-brief-history-of-estonia/
  • O’Neill, A. (2019). Estonia: distribution of gross domestic product (GDP) across economic sectors from 2011 to 2021. https://www.statista.com/statistics/375566/estonia-gdp-distribution-across-economic-sectors/
  • Omondi, S. (2019). What Are The Biggest Industries In Estonia? https://www.worldatlas.com/articles/what-are-the-biggest-industries-in-estonia.html
  • Study Country. (n.d.). A Short History of Estonia. https://www.studycountry.com/guide/EE-history.htm
  • Touropia. (2021). 10 Best Places to Visit in Estonia. https://www.touropia.com/best-places-to-visit-in-estonia/
  • Trading Economics. (2021). No Title. https://tradingeconomics.com/estonia/gdp
  • World Atlas. (n.d.). Flags, Symbols & Currency of Estonia. https://www.worldatlas.com/flags/estonia

*Penulis: Anlika Dwi Sekar Agustini