Profil Negara Kanada

Kanada merupakan negara maju yang terletak di Kawasan Benua Amerika Utara. Kanada juga merupakan negara terluas di Amerika Utara dan menjadi anggota La Francophonie serta menjadi salah satu negara persemakmuran.

Nama asli Kanada adalah Dominion of Canada. Negara ini menganut sistem monarki konstitusional dengan membagi wilayahnya menjadi sepuluh provinsi dan tiga teritori.

Bagi yang ingin tahu lebih dalam tentang Kanada, berikut adalah informasi mengenai berbagai hal tentang Kanada, mulai karakteristik Kanada, sejarah hingga hubungan luar negeri dengan negara lain. 

Profil Negara Kanada

A. Karakteristik Negara Kanada

Nama Resmi: Canada
Ibu Kota: Ottawa
Semboyan Negara: A Mari Usque Ad Mare “Dari Laut ke Laut”
Lagu Kebangsaan: O Canada
Bentuk Pemerintahan: Monarki konstitusional

Sistem Pemerintahan: Konstitusional
Hari Kemerdekaan: Akta Konstitusi (1 Juli 1867), UU Westminster (11 Desember 1931), UU Kanada (17 April 1982)
Kepala Negara: Raja
Kepala Pemerintahan: Perdana Menteri 
Badan Legislatif: Parlemen (Senate dan House of Commons) 

Mata Uang: Dolar Kanada (C$) (CAD)
Kode Telepon: +1

Bendera Negara:

Bendera Negara Kanada

B. Sejarah Berdirinya Negara Kanada

1. Menjadi perebutan Perancis dan Inggris 

Awalnya, Kanada hanya dihuni oleh penduduk aslinya sekitar 40.000 tahun lebih. Kemudian, mulai banyak muncul ekspedisi yang melibatkan Kanada sebagai tujuan. Contohnya ekspedisi yang dilakukan oleh bangsa Skandinavia dan memutuskan untuk tinggal di L’Anse aux Meadows, sebuah wilayah Kanada di bagian selatan.

Kanada pernah menjadi wilayah yang diperebutkan Perancis dan Inggris. Perebutan ini terjadi saat rombongan pelaut Inggris memulai ekspedisi dan menginginkan untuk menempati dartaan baru di wilayah Amerika Utara. Akan tetapi, wilayah tersebut sudah diklaim oleh rombongan Perancis yang dikepalai Jacques Cartier. Hasil dari perebutan ini kemudian dimenangkan oleh Perancis. Tak membawa hasil kosong, meski kalah Inggris berhasil mengklaim wilayah Newounland.

Setelah itu, Perancis menempati pemukiman permanen yang dinamai “Quebec”. Pemukiman inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya Kanada. Pada tahun 1662, Perancis berhasil menguasai Kanada dengan mengambil wilayah Newfoundland yang sebelumnya dimiliki Inggris. 

Pada awalnya, Inggris menyerahkan wilayah jajahannya kepada Perancis. Akan tetapi kemudian banyak terjadi peperangan antara keduanya. Kemudian, Perancis dan Inggris sepakat untuk menandatangani perjanjian damai pada 1973 di Utrecht. 

Isi dari perjanjian damai tersebut yaitu menetapkan wilayah Quebec dan Pulau Prince untuk diserahkan kepada Inggris. Perjanjian ini disahkan pada 1967 dan membuat Inggris resmi menguasai kedua wilayah tersebut.  

2. Menjadi Koloni Inggris

Selama masa pemerintahan Inggris, muncul banyak masalah di Quebec seperti adanya dominasi dari penganut agama Katolik. Tentunya hal ini sangat bertentangan dengan peraturan yang ditetapkan oleh Inggris yaitu tidak memperbolehkan seseorang yang beragama Katolik untuk menjadi wakil pemerintahan.

Hal ini membuat Inggris menjadi koloni Kanada yang ditandai dengan adanya UU Konstitusional. UU tersebut berisi mengenai pemecahan Quebec menjadi dua wilayah Kanada yaitu Kanada Rendah dan Kanada Tinggi. Kemudian, mulai muncul dukungan dari Amerika Serikat yang mengisyaratkan Kanada untuk mendirikan perserikatannya sendiri. 

Pada 1867, New Brumswick, Noa Scotia, dan 2 provinsi di Kanada sepakat untuk membentuk sebuah perserikatan yang dinamai dengan “Kanada”. 

3. Ekspansi

Setelah mendeklarasikan sebagai negara berdaulat, Kanada mulai melakukan ekspansi. Pada 1870, pemerintah Kanada membeli beberapa tanah yang ternyuata telah dihuni oleh suku asli pribumi.

Untungnya, perundingan antara pemerintah Kanada dan penduduk pribumi berjalan lancar sehingga Kanada dapat tetap memperoleh kuasa penuh terhadap wilayah yang telah dibeli. Kanada terus melakukan ekspansi hingga saat ini Kanada berhasil menjadi negara dengtan luas terbesar kedua di dunia.  

C. Luas dan Batas Wilayah Negara Kanada

Letak astronomis Kanada yaitu 50°LU - 80°LU dan dan 20°BB - 140°BB. Sedangkan letak geografis Kanada adalah terlatk di antara Amerika Serikat dan Samudera Arktik. Selain itu, juga terletak di antara Alaska dan Samudera Pasifik.

Luas wilayah Kanada adalah 9.984.670 km persegi. Luas wilayah ini, menjadi Kanada sebagai negara terbesar kedua di dunia setelah Rusia. Sedangkan, untuk Kawasan di Benua Amerika Utara, Kanada menempati posisi pertama dengan luas wilayah sekitar 41% dari luas keseluruhan.

Berikut adalah batas-batas negara Kanada:

  1. Sebelah utara berbatasan dengan Laut Beaufort dan Samudera Arktik
  2. Sebelah timur berbatasan dengan Samudera Atlantik dan Selat Davis
  3. Sebelah selatan berbatasan dengan Amerika Serikat
  4. Sebelah barat berbatasan dengan Samudera Pasifik
  5. Sebelah barat laut berbatasan dengan Alaska
  6. Sebelah timur laut berbatasan dengan Greenland 

D. Pembagian Administratif Negara Kanada

Kanada merupakan sebuah negara yang memiliki 10 provinsi dan 3 teritori. Provinsi ini berhak atas otonomi luas dari pemerintah federal. Sedangkan otonomi bagi teitori sedikit di bawah provinsi.

Sepuluh provinsi yang ada di Kanada meliputi Alberta, British Columbia, Manitoba, New Brunswick, Newfoundland dan Labrador, Nova Scotia, Ontario, Pulau Pangeran Edward, Quebec, Saskatchewan. Sedangkan wilayah teritori Kanada meliputi Barat Laut, Nunavut, dan Yukon.

E. Persebaran Agama Negara Kanada

Kanada memberikan kebebasan memilih agama dan memberikan perlindungan secara konstitusional sehingga memungkinkan individu untuk berkumpul dan beribadah sesuai agama yang dianut tanpa Batasan ataupun gangguan.

Sensus penduduk pada 2011 menyebutkan bahwa sekitar 67,3% penduduk Kanada beragama Protestan. Denominasi Protestan terbesar adalah Gereja Bersatu Kanada (terhitung 6,1% populasi), Anglikan (5,0%), dan Baptis (1,9%). Sedangkan sekitar 23,9% mengatakan bahwa dirinya Atheis. Selain Protestan, agama lain yang dianut masyarakat Kanada adalah Islam (3,2%) dan Hindu (1,5%).

F. Bahasa yang Digunakan Penduduk Kanada

Bahasa yang banyak digunakan penduduk Kanada adalah bahasa Inggris dan Perancis. Kedua bahasa tersebut menjadi bahasa ibu yang masing-masing dituturkan oleh 56% dan 21% populasi.

Selain kedua bahasa tersebut, berikut adalah bahasa lain yang digunakan penduduk Kanada seperti:

  1. China (1.227.680)
  2. Punjabi (501.680)
  3. Spanyol (458.850)
  4. Tagalog (431.385)
  5. Arab (419.895)
  6. Jerman (384.040)
  7. Italia (375.645)

G. Kondisi Penduduk Kanada

Kanada terkenal sebagai negara yang memiliki keberagaman etnis dan multikultural. Hal ini dipengaruhi karena adanya jumlah imigran yang cukup tinggi dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Meskipun demikian, banyak orang Kanada yang mengelompokkan diri sebagai orang-orang Kanada. Banyak yang berspekulasi bahwa penduduk Kanada masih memiliki keturunan dengan Inggris, Irlandia, dan Perancis.

Berdasarkan UU Konstitusi 1982 disebutkan bahwa terdapat tiga keompok utama penduduk alsi Kanada yaitu Asli, Metis, dan Inuit. Selain itu, juga terdapat kelompok minoritas seperti Jerman, Italia, dan Skotlandia. 

H. Kondisi Perekonomian Negara Kanada

Kanada termasuk salah satu negara maju di dunia. Hal ini diakrenakan perekonomian Kanada banyak disokong oleh industri dan pengadaan energi dalam sektor fosil, hidroelektrik, dan fosil.

Bahkan saat ini kondisi perekonomian Kanada hampir mendekati Amerika Serikat yaitu dengan sistem ekonomi berorientasi pasar, pola produksi, hingga standar hidup tinggi.

Kanada juga sudah mulai menghasilkan dan memanfaatkan sumber energi yang dimiliki dengan baik. Terlebih lagi, Kanada memiliki cadangan gas alam yang cukup besar di wilayah pesisir timur dan tiga provinsi di bagian barat. 

I. Kondisi Iklim Negara Kanada

Kanada memiliki empat musim, sama dengan negara-negara yang terletak di benua Amerika lainnya. Saat musim dingin, Sebagian wilayah Kanada akan diguyur salju dan hujan es. Suhu saat musim dingin dapat mencapai -50 derajat.

Saat musim panas, cuaca Kanada tidak terlalu ekstrem. Suhu yang terjadi saat musim panas di Kanada sekitar 30 derajat. 

J. Fakta Menarik Negara Kanada

Selain informasi mengenai wilayah, perekonomian, dan penduduk Kanada, kalian juga dapat mengetahui beberapa informasi menarik mengenai Kanada, antara lain:

  1. Kanada merupakan negara produsen dan konsumen utama keju di dunia. Hal ini terlihat saat tahun 1997, jumlah produksi keju di Kanada mencapai 350.000 ton dan tingkat konsumsi keju penduduk Kanada mencapai 23,4 pond per orang.
  2. Terdapat perpustakaan umum sekitar 22.000 yang dikarenakan masyarakat Kanada yang memiliki kegemaran akan membaca.
  3. Kanada menjadi tempa tinggal bagi hewan-hewan seperti rusa dan beruang, 55.000 jenis serangga, dan 11.000 jenis kutu dan laba-laba.
  4. Salah satu wilayah di Kanada yaitu Alberta memiliki banyak kekayaan sumber daya alam. Sekitar 50% persediaan batu bara di dunia berada di sana. Tak hanya itu, Alberta juga memiliki cadangan minyak sebesar 1.7 miliar atau 1/3 dari jumlah keseluruhan cadangan minyak di dunia.
  5. Kendati jumlah penduduk Kanada tehritung banyak, akan tetapii sekitar 90% daratan Kanada banyak yang tidak berpenghuni.
  6. Trans-Canada Highwa menjadi jalan raya nasional terpanjang kedua di dunia dengan panjang sekitar 7.820 km.
  7. Di provinsi Quebec terdapat kota yang Bernama Saint-Louis-du Ha! Ha! yang tercatat dalam Guinness World Record sebagai nama kota yang memiliki banyak tanda seru dalam penulisannya.   

K. Hubungan Luar Negeri Kanada dan Indonesia

Hubungan diplomatik Kanada dan Indonesia telah terjadi sejak 9 Oktober 1952. Hingga saat ini, kedua negara telah banyak melakukan perkembangan baik dari segi tataran bilateral, interregional, hingga multilateral. 

Bagi Indonesia, Kanada merupakan negara sahabat untuk menjalin kerja sama yang erat, pasar yang prospektif bagi peningkatan ekspor, dan sumber potensial dalam investasi dan wisatawan asing.

Sedangkan bagi Kanada, Indonesia dan beberapa negara di Asia dianggap sebagai Kawasan atau negara prioritas dalam pengembangan kerja sama ekonomi, sosial budaya, dan politik. Selain itu, Kanada juga memberikan atensi khusus terhadap kemajuan proses demokratisasi dan pemerintahan yang baik (good governance), dan perkembangan perekonomian Indonesia.

Indonesia dan Kanada telah menjalin kerja sama dalam berbagai forum seperti Asia Pacific Economic Cooperation (APEC), G20, ASEAN Regional Forum (ARF), Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), World Trade Organization (WTO). Sebagai sesama anggota PBB, Indonesia dan Kanada banyak menjalin kerja sama dalam misi pemeliharaan perdamaian dunia dan pemajuan Hak Asasi Manusia (HAM).

REFERENSI

  1. Kemlu RI. 2019. Kanada Hubungan Diplomatik Indonesia. https://kemlu.go.id/download/L1NoYXJlZCUyMERvY3VtZW50cy9SZW5zdHJhJTIwMjAxNSUyMC0lMjAyMDE5JTIwS0JSSSUyME90dGF3YS5wZGY=
  2. Yosua Herbi. 2020. Profil & Informasi tentang Negara Kanada/Canada. https://semutaspal.com/kanada/
  3. Ika Lestari. 2021. Negara Kanada: Karakteristik, Penduduk, dan Fakta Menarik. https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/negara-kanada
  4. Geologinesia. 2020. Profil Negara Kanada. https://www.geologinesia.com/2020/01/profil-negara-kanada.html

 *Penulis: Nabila Salsa Bila