Profil Negara El Salvador

El Salvador merupakan negara yang terletak di Amerika Tengah, Benua Amerika. Sebelum Bernama El Salvador, dulunya negara ini Bernama Cuzhcati (bahasa Spanyol) oleh orang Pipil dan Cuzcatlan (bahasa Nahuatl) yang artinya tanah atau tempat bagi benda-benda berharga.

Negara ini pernah dihuni oleh Suku Maya. Setelah ditaklukkan oleh bangsa Spanyol, wilayah ini dibaptis oleh konkuistador Spanyol dan berganti nama menjadi “Provincia de Nuestro Senor Jesucristo El Salvador Del Mundo” yang artinya Provinsi Tuhan Kami Yesus Kristus, Sang Juru Selamat Dunia.

Berikut adalah penjelasan lengkap profil negara El Salvador yang bisa Anda simak. 

Profil Negara El Salvador

A. Karakteristik Negara El Salvador

Nama Resmi: Republik El Salvador
Nama Lokal: Republica de El Salvador
Ibu Kota: San Salvador
Semboyan: Dios, Union, Libertad (Tuhan, Persatuan, Kebebasan)

Lagu Kebangsaan: Himno Nacional de El Salvador
Bentuk Pemerintahan: Republik Presidensial
Sistem Pemerintahan: Presidensial
Kepala Negara: Presiden

Kepala Pemerintahan: Presiden
Hari Kemerdekaan: 18 Februari 1841
Badan Legislatif: Asamblea Legislativa
Jumlah Penduduk: 6.481.102 (estimasi Juli 2020)

Mata Uang: Dolar Amerika Serikat (US$)
Kode Telepon: +503

Bendera Negara El Salvador

B. Luas dan Batas Wilayah El Salvador

Secara astronomis, El Salvador terletak di antara 13°LU hingga 15°LU dan 87°BB hingga 91°BB. El Salvador terletak Amerika Tengah, Benua Amerika. Luas wilayah negara ini adalah 21.040 k persegi. Dengan luas tersebut, negara El Salvador sebagai negara terkecil di benua Amerika dan dijuluki Tom Thumb dari Amerika.

Berikut adalah batas wilayah El Salvador meliputi:

  1. Sebelah utara dan timur berbatasan dengan Honduras
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Pasifk
  3. Sebelah barat berbatasan dengan Guatemala

C. Pembagian Wilayah Administratif El Salvador

El Salvador dibagi menjadi 14 departemen yang kemudian dibagi menjadi 262 kotamadya. Nama 14 departemen tersebut meliputi Ahuaachapan, Santa Ana, Sonsonate, La Libertad, Chalatenango, Cuscatlan, San Salvador, La Paz, Cabana, San Vicente, Usulutan, San Miguel, Morazan, dan La Union. 

D. Kondisi Geografis El Salvador

El Salvador menjadi satu-satunya negara di Amerika Tengah yang tidak memiliki pantai yang menghadap ke Laut Karibia. Garis pantai dari negara ini di Pasifik sepanjang 307 km.

Bentang alam El Salvador berupa campuran antara dataran rendah dengan kawasan pegunungan tinggi vulkanik. Kawasan dataran rendah banyak terjadi di bagian pesisir Samudera Pasifik kea rah tengah dataran semakin tinggi didominasi rantai pegunungan.

Di kawasan dataran tinggi terdapat 20 gunung api dan beberapa lembah. El Salvador memiliki ratusan sungai dimana beberapa diantaranya merupakan sungai besar yang bermuara ke Samudera Pasifik.

El Salvador memiliki danau vulkanik yang Bernama Danau Ilopango (70 km persegi) dan Danau Coatepegue (26 km persegi). Titik tertinggi El Salvador berada di Cerro El Pital dengan ketinggian mencapai 2.730 meter di atas permukaan laut.

E. Kondisi Iklim El Salvador

El Salvador memiliki dua musim yaitu musim kering dan musim basah. Curah hujan tertinggi di negara ini terjadi sekitar bulan Mei dan Oktober. Sedangkan untuk musim kemarau terjadi pada bulan November hingga April.

Suhu udara bervariasi di setiap tempat berdasarkan ketinggian tiap wilayah. Di dataran rendah dekat wilayah pesisir, suhu udara lebih panas dan lembap. Sedangkan di datraan tinggi suhu udara berkisar antara 16o hingga 32o celcius.

F. Kondisi Perekonomian El Salvador

Perekonomian El Salvador mengalami pasang dan surut selama masa pemerintahan Partai Aliansi Republikan Nasional yang mencetuskan sistem pasar bebas dan model pengelolaan fiskal berupa swastanisasi perbankan, dana umum, telekomunikasi, penghapusan kendali harga dan subsidi, serta masih banyak lainnya.

Pada 1999 terjadi ketidakseimbangan ekonomi antara penduduk kaya dengan penduduk miskin atas penerimaan perseorangan. Kemudian di awal 2001, secara bertahap El Salvador mulai menggunakan dollar Amerika sebagai alat pembayaran yang sah disamping Colon El Salvador (mata uang El Salvador).

Tahun 2004, Colon El Salvador mulai tidak diedarkan dan tidak digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Tindakan ini turut didukung oleh penduduk El Salvador.

Perekonomian El Salvador sangat bergantung dari pengiriman uang dari penduduk bekerja dan tinggal di luar negeri, terutama di Amerika Serikat.

Kekayaan alam yang dimiliki El Salvador yaitu kondisi tanah yang karena banyaknya gunung berapi. Hal inilah yang menjadi penyabab sektor pertnian turut menjadi andalan El Salvador dalam pendapatan negara.

Hasil pertanian El Salvador seperti kopi, kapas, tebu, serealia, dan beberapa sayur-mayur. Kopi dari El Salvador banyak diekspor ke berbagai negara di dunia dan menjadi salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia.

El Salvador menjadi negara pertama yang melarang penambangan logam di seluruh wilayah. Kebijakan ini bertujuan untuk melindungi lingkungan El Salvador dan sumber daya alam terutama air bersih supaya tidak tercemar limbah. 

G. Agama Penduduk El Salvador

Penduduk El Salvador mayoritas menganut agama Kristen dengan pembagian Kristten Roma sebesar 47% dan Kristen Protestan sebesar 33%. Kemudian sebanyak 17% memilih ateis. Sedangkan sisa 3% berupa Saksi-Saksi Yehuwa, Hare Krishna, Islam, Yahudi, Buddha, Mormon, dan agama pribumi.

H. Bahasa yang Digunakan Penduduk El Salvador

Bahasa resmi yang digunakan masyarakat El Salvador adalah bahasa Spanyol. Sedangkan untuk imigran Guatemala dan Belize yang tinggal di El Salvador menggunakan bahasa Q’eqchi.

Bahasa lokal Spanyol di El Salvador adalah Caliche. Sedangkan untuk bahasa Voseo banyak digunakan di Argentina, Kosta Rika, Nikaraga, dan Uruguay. 

I. Fakta Menarik El Salvador

  1. El Salvador memiliki danau kawah terbesar yang dikelilingi oleh eprbukitan hutan Bernama Danau Coatepeque yang berada di bagian barat.
  2. Joya de Ceren masuk dalam salah satu situs warisan dunia UNESCO di El Salvador. Joya de Ceren merupakan sebuah komunitas pertanian Maya pra-Kolombia.
  3. El Salvador terkenal sebagai negara penghasil Anil yaitu tanaman yang dapat menghasilkan warna biru atau indigo.
  4. El Salvador terkenal sebagai negara mematikan. Hal ini dikarenakan setidaknya terdapat 4.246 kasus pembunuhan yang terjadi selama kurun waktu 8 bulam pertama di tahun 2015.
  5. Pada awal abad ke-20 ekspor kopi membantu pendapatan negara hingga 90%. Jenis kopi yang paling banyak digandrungi adalah pacamara dan pacas.
  6. El Salvador dijuluki tanah gunung berapi. Hal ini dikarenakan negara ini memiliki 100 lebih gunung berapi dengan status aktif.
  7. Terdapat simbol gunung berapi di bendera El Salvador. Gunung berapi dalam bendera El Salvador yang berjumlah lima memiliki makna berupa lima negara bagian United Propinces of Central America.

J. Hubungan Luar Negeri El Salvador dengan Indonesia

  1. Hubungan diplomatik antara El Salvador dan Indonesia dibuka pada September 2011.
  2. Pada 2013, El Salvador dan Indonesia menandatangani nota kesepahaman Forum Konsultasi Bilateral dan sepakat untuk mengadakan pertemuan konsultasi bilateral pertama di akhir 2015 atau awal 2016.
  3. Ekspor utama Indonesia ke El Salvador adalah kertas, produk manufaktur, karet dan turunannya, kendaraan, produk kimia, kapas, kerajinan tangan, pewarna, sabun, alas kaki, produk elektronik, alat listrik, mainan.
  4. Ekspor utama El Salvador ke Indonesia adalah tembakau, gum, dan benang. 
  5. Pemerintah El Salvador dan Indonesia sepakat untuk menandatangani perjanjian bebas visa yang bertujuan untuk mempermudah pemegang papor diplomatik dan dinas untuk melakukan kunjungan dalam peningkatan hubungan dan kerja sama kedua negara.
  6. Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Retno LP Marsudi selaku Menteri Luar Negeri Indonesia dan Hugo Roger Martinez Bonilla selaku Menteri Luar Negeri El Salvador. Perjanjian ini dilakukan di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri Forum Kerja Sama Asia Timur dan Amerika Latin (Forum for East Asia-Latin America Cooperation (FEALAC) di San Jose, Kosta Rika pada 21 Agustus 2015.
  7. Penandatangan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi antara El Salvador dan Indonesia.

REFERENSI

  • Priyambodo. (2015). “Indonesia dan El Salvador Tandatangani Perjanjian Bebas Visa”. https://www.antaranews.com/berita/513821/indonesia-dan-el-salvador-tandatangani-perjanjian-bebas-visa
  • Yosua Herbi. (2020). “Profil & Informasi tentang Negara El Salvador”. https://semutaspal.com/el-salvador/
  • Ika Lestari. (2021). “Negara El Salvador: Karakteristik, Penduduk, dan Kondisi Ekonominya”. https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/negara-el-salvador
  • Kumparan. (2023). “Nama Ibu Kota El Salvador dan Fakta Menariknya”. https://kumparan.com/sejarah-dan-sosial/nama-ibu-kota-el-salvador-dan-fakta-menariknya-207tyUp4197/full

*Penulis: Nabila Salsa Bila