Profil Negara Guatemala

Guatemala merupakan negara yang berada di Benua Amerika, tepatnya di Kawasan Amerika Tengah. Dulunya, negara ini pernah berada di bawah pemerintahan suku Maya hingga sekitar 1.000 Masehi.

Besar wilayah daratan Gutemala tidak lebih besar dari provinsi Kalimantan Barat di Indonesia. Untuk mengenali lebih jauh tentang Guatemala, berikut adalah profil lengkap Guatemala yang bisa Kamu simak. 

Profil Negara Guatemala

A. Karakteristik Negara Guatemala

Nama Resmi: Republik Guatemala (Republic of Guatemala)
Nama Lokal: Republica de Guatemala
Bentuk Pemerintahan: Republik Presidensil
Sistem Pemerintahan: Presidensil
Kepala Pemerintahan: Presiden

Kepala Negara: Presiden
Badan Legislatif: Congreso de la Republica
Ibukota: Guatemala City
Etnis: Mestizo (campuran Amerindian dan Spanyol atau etnis Ladino) dana Eropa sebanyak 60.1%, Maya 39.3%, dan etnis lainnya sebanyak 0.6%
Hari Kemerdekaan: 15 September 1821 (dari Spanyol)

Hari Nasional: 1 Juli 1823
Lagu kebangsaan: Himno Nacional de Guatemala
Semboyan: Libre Crezca Fecundo (Tumbuh Bebas dan Subur
Mata Uang: Quetzales Guatemala (GTQ)
Kode Telepon: 502

Bendera Negara Guatemala

B. Sejarah Berdirinya Guatemala

Berdasrakan sejarah, Guatemala pernah menjadi pusat peradaban suku Maya sejak tahun 1.000 Masehi. Setelah itu, Guatemala dijajah Spanyol selama kurang lebih tiga abad.

Nama Guatemala diambil dari adaptasi bahasa Nahuati “Cuauhtemallan” yang artinya tempat dari banyak pohon. Nama tersebut disematkan oleh prajurit Tlaxcaltecan yang menemani Pedro de Alvarado selama penjajahan Spanyol di Kawasan Guatemala.

Pada 15 September 1821, Guatemala berhasil memerdekakan diri dari Spayol. Kemudian dua tahun berselang. Pada 1 Juli 1823, Guatemala berhasil lepas dari Meksiko. Meskipun demikian, selama 1824-1839, wilayah Guatemala masih menjadi bagian dari Republik Federal Amerika Utara. 

Guatemala baru menjadi negara republik yang independen pada tahun 1839. Presiden pertama yang memimpin Guatemala adalah Mariano Rivera Paz pada tahun 1842. Saat ini, Guatemala tengah dipimpin oleh Presiden Alejandro Giammattei yang telah menjabat sejak tahun 2020. 

C. Letak dan Batas Wilayah Guatemala

Luas wilayah Guatemala adalah 108.889 km persegi. Letak astronomis dari negara ini adalah 13°LU hingga 14°LU dan 88°BB hingga 90°BB.

Berikut adalah batas-batas wilayah Guatemala, meliputi:

  1. Sebalah utara berbatasan dengan Meksiko
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Pasifik dan El Savador
  3. Sebelah barat berbatasan dengan Meksiko
  4. Sebelah timur berbatasan dengan Honduras, Belize, dan Laut Karibia

D. Pembagian Wilayah Administratif Guatemala

Guatemala dipecah menjadi 22 departemen yang dibagi menjadi 340 kota madya. Berikut adalah 22 departemen yang terdapat di Guatemala yaitu Alta Verapaz, Baja Verapaz, Chimaltenango, Chiquimula, El Progreso, Escuintla, Guatemala, Huehuetenango, Izabal, Jalapa, Jutiapa, Peten, Quetzaltenango, Quiche, Retalhulue, Sacatepequez, San Marcos, Santa Rosa, Solola, Suchitepequez, Totonicapan, dan Zacapa.

E. Kondisi Geografis Guatemala

Wilayah Guatemaal berupa gunung-gunung dengan gurun dan bukit pasir, lembah berbukit, kecuali di bagian pantai selatan dan dataran rendah utara yang luas di Departemen Peten.

Terdapat dua pegunungan yang membelah Guatemala ari barat ke timur dan membagi Guatemala menjadi tiga wilayah utama yaitu datran tinggi, pesisir Pasifik di selatan pegunungan, dan wilayah Peten di utara pegunungan.

Hampir semua kota besar di Guatemala berada di dataran tinggi dan pantai Pasifik. Ketiga wilayah tersebut memiliki karakteristik sendiri dalam iklim, ketinggianm dan lanskap. Puncak tertinggi di Guatemala adalah Volcan Tajumulco dengan ketinggian 4.220 meter.

Sungai besar yang mengalir di Guatemala seperti Sungai Polochic dan Dulce yang mengalir ke Danau Izabal, Sungai Motagua dan Sarstun yang membentuk perbatasan Belize, dan Sungai Usumacinta yang membentuk batas antara Peten dan Meksiko. 

F. Kondisi Perekonomian Guatemala

Guatemala termasuk negara dengannjumlah penduduk terpada di America Tengah. Jumlah Pendapatan per Kapita yang dimiliki adalah US$8.400. Sedangkan untuk Pendapatan Domestik Bruto sebesar US$141,5 miliar pada tahun 2020. Sekitar 13,5% jumlah PDB Guatemala berasal dari sektor pertanian.

Sektor pertanian menjadi mata pencaharian utama penduduk Guatemala (sekitar 31%). Komoditas pertanian yang menunjang perekonomian negara yaitu kopi, tebu, jagung, pisang, dan kacang-kacangan. 

Industri pertambangan di Guatemala dibagi menajdi dua jenis yaitu logam dan non logam yang masih dalam tahap pengembangan. Nikel menjadi hasil tambang logam utama Guatemala. Selain itu, hasil tambang lainnya yang dihasilkan adalah besi, timbal, antimon, gypsum, timbal, seng, kronit, merkuri, uranium, perak, dan emas. 

Guatemala termasuk negara berkembang. Bahkan Guatemala masih menghadapi banyak masalah baik ekonomi dan sosial. Hal inilah yang membuat Guatemala menjadi negara termiskin di Amerika Latin.

Hampir setengah dari jumlah penduduk Guatemala masuk ke dalam kategori miskin. Selain itu, terdapat sebnayak 400.000 penduduk yang menjadi pengangguran. Untuk itu, Guatemala masih harus melakukan banyak perubahan untuk meningkatkan bantuan dari dana internasional, meningkatkan pendapatan pemerintah, dan upaya-upaya lainnya.

G. Agama yang Dianut Penduduk Guatemala

Berdasarkan survei yang dilakukan pada 2012, sekitar 47,6% penduduk Guatemala meruakan jemaat Katolik Roma, 38,2% Protestan, 2,6% agama lain, dan 11,6% ateis.

Agama Maya tradisional masih bertahan melalui proses inkulturasi. Pemerintah telah menerapkan kebijakan mengenai penyediaan latar di setiap reruntuhan Maya dengan tujuan untuk memfasilitas penyelenggaraan upcara-upcara tradisional. 

H. Bahasa yang Digunakan Penduduk Guatemala

Bahasa resmi di Guatemala adalah bahasa Spanyol. Bahasa Spanyol dituturkan oleh 93% populasi sebagai bahasa pertama dan kedua. Selain itu, terdapat beberapa bahasa lain yang digunakan seperti Jerman, Cina, Perancis, dan Inggris.

Terdapat 21 bahasa Maya yang digunakan di daerah pedesaan bersama dengan dua bahasa Amerindian non-Mayan yaitu bahasa Xinca dan Garifuna yang digunakan di pantai Karibia.

I. Sistem Pemerintahan Guatemala

Sistem pemerintahan Guatemala adalah Republik Presidensil dimana kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah presiden. Presiden dan wakil presiden Guatemala dipilih secara langsung melalui pemilihan presiden dengan masa jabatan selama empa tahun.

Sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, seorang presiden Guatemala harus menganut sisstem multi-partai dengan sistem pemerintahan republik demokrasi konstitusional.

J. Fakta Menarik Guatemala

1. Terdapat 21 dialek dalam bahasa di Guatemala

Dialek-dialek tersebut sebagai pengembangan dari bahasa lokal seperti Maya, Xnca, dan Garifuna.

2. Terdapat banyak keturunan suku Maya

Sebelum dijajah Spanyol Guatemala terlebih dahulu pernah menjadi bagian dari peradaban suku Maya sehingga tidak heran jika hampir setengah populasi masyarakat masih memiliki garis keturunan suku Maya.

3. Masih dilakukannya berbagai tradisi adat suku Maya

Masyarakat Guatemala masih banyak yang melakukan tradisi pra-Hispanik untuk melestarikan warisan leluhur suku Maya.

4. Guatemala dikenal sebagai negara pemuja cokleat

Dulunya suku Maya menyebut bahwa cokelat sebagai makanan para dewa yang memiliki banyak gizi. Dari situlah, Guatemala dikenal sebagai tempat ditemukannya cokelat batangan pertama di dunia. 

Saat ini, Guatemala menjadi negara penghasil cokelat dan mengeskpornya ke berbagai penjuru dunia. Bahkan terdapat ChocoMuseo yaitu museum mengenai sejarah dan pengetahuan tentang cokelat.

5. Terjadi perang terpanjang dalam sejarah Amerika Serikat

Guatemala pernah terjadi perang saudara pada 1960-1996. Bahkan pengaruh perang saudara tersebut masih terasa hingga saat ini. Akibat dari perang tersebut mengakibatkan meninggalnya 200.000 jiwa.

6. Memiliki danau terdalam di Amerika Tengah

Guatemala menjadi rumah bagi danau terdalam di Amerika Tengah. Danau tersebut diberi nama dengan Danau Atitlan yang dapat ditempuh selama 4 jam perjalanan dari Antigua.

7. Terdapat tiga situs warisan dunia UNESCO

Situs warisan dunia UNESCO yang ada di Guatemala yaitu Reruntuhan Quirigua, Taman Nasional Tikal, dan Antigua Guatemala.

8. Guatemala menjadi negara paling menakutkan di dunia

Hal ini dikarenakan Guatemala terdapat banyak aksi kriminalitas seperti pencurian mobil, pemerkosaan, perampokan, narkoba, dan masih banyak lagi lainnya.

9. Guatemala menjadi negara produsen batu permata terbanyak di dunia

10. Guatemala memiliki kota kuno yang menarik

kota tersebut adalah El Mirador. Kota kuno ini berada di perbatasan dekat Meksiko yang dikelilingi oleh hutan yang rimbun.  

K. Hubungan Luar Negeri Guatemala

Guatemala tergabung menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 21 November 1945. Selain itu, Guatemala juga merupakan anggota dari beberapa lembaga internasional di bawah naungan PBB seperti FAO, IAEA, ICAO, IFAD, ILO, IMF, IMO, UNESCO, WHO, WTO, dan masih banyak lagi lainnya.

Guatemala juga turut berpartispasi dalam Union Latina, OPCW, CELAC (Community of Latin American and Caribbean States), dan SICA (Central American Integration System). 

REFERENSI

  • Dickson. (2020). “Profil Negara Guatemala”. https://www.ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-guatemala/
  • Aisyah Yuri Oktaviana. (2023). “Profil Negara Guatemala: Letak, Peta Wilayah, dan Fakta-Fakta Unik”. https://tirto.id/profil-negara-guatemala-letak-peta-wilayah-fakta-fakta-unik-gCEs
  • Yosua Herbi. (2022). “Profil & Informasi Tentang Negara Guatemala”. https://semutaspal.com/guatemala/
  • Ika Lestari. (2021). “Negara Guatemala: Karkteristik, Penduduk, dan Kondisi Ekonomi”. https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/negara-guatemala

*Penulis: Nabila Salsa Bila