Profil Negara Panama

Panama merupakan negara yang terletak di bagian tenggara Amerika Tengah. Negara ini terkenal dengan keberadaan Terusan Panama yang memberikan kontribusi besar bagi jalur perdagangan serta menjadi penghubung antara Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik.

Nama Panama berasal dari bahasa pribumi yang artinya ikan yang melimpah. Penamaan ini dikarenakan di Panama terdapat lebih dari 14.000 jenis ikan. Berikut adalah informasi lengkap negara Panama yang bisa Kamu simak. 

Profil Negara Panama

A. Karakteristik Negara Panama

Nama Resmi: Republik Panama (Republic of Panama)
Nama Lokal: Republica de Panama
Bentuk Pemerintahan: Republik Presidensil
Sistem Pemerintahan: Presidensial
Kepala Negara: Presiden

Kepala Pemerintahan: Presiden
Ibu Kota: Kota Panama
Jumlah Penduduk: 3.894.082 (estimasi Juli 2020)
Etnis: Mestizo (campuran Amerindian dan White) sebanyak 65%, Native American 12.3% (Ngabe 7.6%, Kuna 2.4%, Embera 0.9%, Bugle 0.8%, dan lainnya 0.4%), keturunan Afrika 9.2%, Mulatto 6.8%, serta Putih 6.7% (estimasi 2010)
Hari Kemerdekaan: 3 November 1903 (dari Kolombia, memisahkan diri dengan Spanyol pada 28 November 1821)

Hari Nasional: 3 November 1903 (Hari kemerdekaan)
Lagu Kebangsaan: Himno Nacional de Panama
Semboyan: Pro Mundi Beneficio (Untuk Kepentingan Dunia)
Badan Legislatif: Asaamblea Nacional
Mata Uang: Balboa Panama (PAB)

Kode Telepon: 507 

Bendera Negara Panama
Bendera Negara Panama

B. Sejarah Berdirinya Negara Panama

Berdasarkan sejarah, Panama pernah menjadi bagian koloni Spanyol dari abad ke-16. Pada 1821, Panama bergabung dengan Gran Colombia yaitu yang meliputi negara Persatuan Kolomnia, Ekuador, dan Venezuela.

Pada 1903, Panama mendapat dukungan dari Amerika Serikat untuk memisahkan diri dengan Kolombia dan mendeklrasikan kemerdekaan sebagai negara Republik yang berdaulat. 

Dua minggu kemudian, perwakilan Panama menandatangi perjanjian dengan Amerika Serikat yang berisi bahwa Panama mengizinkan Amerika Serikat untuk membangun kanal dan memberikan hak penuh Amerika Serikat atas kanal tersebut. 

C. Letak dan Batas Wilayah Panama

Letak astronomis Panama adalah berada di garis lintang 7o LU – 9o LU dan antara garis bujur 77o BB – 83o BB. Sedangkan luas Panama adalah 75.420 km persegi. Jika dilihat dari atas maka bentuk negara ini memanjang menyerupai ular yang memisahkan dua samudera yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik.

Berikut adalah batas-batas wilayah Panama, yaitu:

  1. Sebelah timur berbatasan dengan Kolombia
  2. Sebalah barat berbatasan dengan Kosta Rika
  3. Sebelah utara berbatasan dengan Laut Karibia dan Samudera Atlantik
  4. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Pasifik

D. Pembagian Wilayah Administratif Panama

Panama terdiri dari sepuluh provinsi dengan otoritas lokal masing-masing dipimpin gubernur. Tiap provinsi dibagi lagi menjadi distrik dan corregimientos. Selain itu terdapat juga lima Comarcas yang dihuni beberapa kelompok pribumi.

Provinsi yang ada di Panama meliputi Bocas del Toro, Chiriqui, Cocle, Colon, Darien, Herrera, Los Santos, Panama, Panama Barat, dan Veraguas.

Comarcas yang ada di Panama meliputi Embera. Guna Yala, Ngabe-Bugle Comarcas

Kuna de Madugandi, dan Kuna de Wargandi.

E. Kondisi Geografis Panama

Panama terletak di Tanah Genting yaitu daratan kecil yang menghubungkan dua daratan dan dibatasi oleh dua Kawasan perairan. Sebagian besar geografi Panama berupa deretan pegunungan dan perbukitan yang memisahkan benua.

Pegunungan di Panama bukan bagian dari rangkaian pegunungan besar di Amerika Utara, hanya berada di dekat perbatasan Kolombia. Pegunungan ini berupa dataran tinggi yang masih berhubungan dengan sistem pegunungan Andean di Amerika Selatan.

Kawasan pegunungan yang terpisah disebut dengan Cordillera de Talamanca. Letaknya berada di perbatasan Kostak Rika. Sedangkan di sebelah timur terdaat Serrania de Tabasaara yang berada di dekat Tanah Genting, tempat Terusan Panama. Oleh sebab itu, para ahli menyebut Kawasan ini dengan Cordillera Central.

Titik tertinggi Panama berada di Volcan Baru dengan ketinggian mencapai 3.475 meter di atas permukaan laut. Negara ini memiliki hutan lebat yang membentuk Darien Gap antara Panama dan Kolombia.

F. Kondisi Iklim Panama

Panama termasuk negara yang memiliki iklim torpis dengan suhu udara cenderung tinggi dan kelembapan relatif. Suhu udara di Kawasan dekat Samudera Pasifik sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Kawasan yang ada di di dekat perbatasan Laut Karibia.

Suhu udara semakin rendah di kawasan pegunungan yang lebih tinggi. Bahkan kerap ada embun beku di Cordiella de Talamanca, Panama bagian barat. 

Curah hujan di Panama bervariasi yaitu berkisar antara 1.300 milimeter sampai lebih dari 3.000 milimeter per tahun. Musim hujan terjadi di bulan April-Desember. Durasi hujan terjadi selama tujuh sampai Sembilan bulan. Curah hujan lebih tinggi lebih banyak terjadi di kawasan Laut Karibia dibandingkan dengan kawasan di dekat Samudera Pasifik. 

G. Kondisi Perekonomian Panama

Pendapatan Domestik Bruto (PDB) yang dimiliki Panama mencapai US$ 92,95 miliar dengan pendapatan per kapita sebesar US$ 23.000. Sebagian besar PDB yang didapatka berasal dari sektor jasa  seperti pelayanan di Terusan Panama, logistik, asuransi, perdagangan bebas colon, perbankan, pelabuhan kontainer, pendaftaran kapal, dan pariwisata.

Selain itu, pendapatan Panama juga didapatkan dari sektor industri seperti konstruksi, semen, bahan-bahan konstruksi, pembuatan bir, dan penggilingan tebu yang diubah menjadi gula.

Kekayaan alam Panama seperti hutan mahoni yang banyak ditemukan di Terusan Panama. Di bidang pertambangan, Panama menghasilkan emas dan tembaga yang banya ditemukan di wilayah Colon dan beberapa wilayah lain yang masih dalam tahap pengembangan.  

H. Agama Penduduk Panama

Pemerintah Panama sengaja tidak mengumpulkan data statisyik mengenai agama. Berdasarkan berbagai sumber yang ada, diperkiran bahwa sekitar 75-85% populasinya merupakan jemaat Gereja Katolik Roma dan sekitar 15-25% menganut Kristen Protestan.

Selain kedua agama tersebut, penduduk Panama juga ada yang menganut kepercayaan agama lain seperti Adventist, Jehovah’s Witnesses, Mormons, Buddha, dan Yahudi. 

I. Bahasa Penduduk Panama

Bahasa resmi dan yang banyak digunakan oleh penduduk Panama untuk melakukan komunikasi adalah bahasa Spanyol. Bahasa Spanyol sebagai bahasa pertama. Banyak penduduk Panama yang bekerja di perusahaan internasional menggunakan bahasa Inggris dan Spanyol.

Selain itu, bahasa lokal seperti bahasa Ngabere juga banyak diucapkan sebagian penduduk Panama. 

J. Fakta Menarik Panama

  1. Panama menjadi satu-satunya negara di dunia yang dapat menyaksikan matahari terbit dari Samudera Pasifik dan matahari terbenam di Samudera Atlantik.
  2. Panama menjadi tempat tinggal bagi 10.000 jenis tanaman termasuk di dalamnya 1.200 varietas anggrek dan 678 tumbuhan paku.
  3. Terusan Panama mulai dibangun pada 1904 dan selesai pada 1914. Awalnya, Terusan Panama diawasi oleh Tentara Amerika dari tahun 1979 hingga 1999. Kemudian pengawasan Terusan Panama diambil sepenuhnya oleh Panama.
  4. Pulau Isla de Coida Panama menjadi penjara bagi para kriminal berbahaya selama 85 tahun. Kemudian sekarang, pulau ini sudah ditutup dan masuk dalam salah warisan dunia UNESCO.
  5. Panama menjadi zona bebas bea masuk terbesar kedua di dunia.
  6. Panama menjadi salah satu negara di dunia yang tidak memiliki tentara. Oleh sebab itu, dalam menjaga ketertiban negara, Panama memiliki Panamanian Public Forces.
  7. Olahraga terkenal di Panama selain sepak bola dan tinju adalah baseball.    

K. Hubungan Bilateral antara Indonesia dan Panama

  1. Hubungan diplomatik antara Panama dan Indonesia berlangsung sejak 1979 sejak ditandatangani MoU keduanya di New York. Keduataan Besar Panama di Jakarta dibuka pada 1999. Sedangkan Indonesia membuka Kedutaan Besar RI di Panama pada 2010. Sebelumnya, keduataan Panama dirangkap oleh KBRI Mexico City.
  2. Hubungan bilateral keduanya berfokus pada kerja sama politik dan slaing dukung di organisasi internasional dan pertemuan bilateral baik secara langsung maupun disela-sela pertemuan internasional.
  3. Potensi kerja sama Indonesia dan Panama di bidang ekonomi dan maritim. Indonesia memanfaatkan Panama sebagai hub masuknya produk-produk Indonesia ke kawasan Amerika Tengah dan Selatan dimana sekitar 60% total ekpor Indonesia ke Panama, di re-ekspor ke negara-negara di kawasan.
  4. Terjalinnya kerja sama bidang sosial budaya dengan adanya tawaran partisipasi siswa Panama di program beasiswa budaya (Darmasiswa) maupun program beasiswa master (KNB).
  5. Panama dan Indonesia memiliki MoU Konsultasi Bilateral dan Persetujuan Bebas Visa Masuk bagi Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas. Indonesia memberikan fasilitas bebas visa masuk bagi Warga Negara Panama yang akan berkunjung ke Indonesia. Akan tetapi, untuk pemegang paspor biasa Indonesia masih diharuskan untuk mengajukan bisa Panama karena Indonesia masih masuk dalam kategori resistricted list country.
  6. Kerja sama regional antara Panama dan Indonesia terjalin dalam Forum on East Asia and Latin American Countries (FEALAC). Panama juga turut hadiri dalam KTM FEALAC VI di Bali pada 2013.
  7. Wakil Presiden atau Menteri Luar Negeri Panama, H.E. Isabel de Saint Malo de Alvarado melakukan kunjungan ke Indonesia pada Oktober 2018. Kunjungan ini merupakan kunjungan tingkat tinggi pertama sejak pembukaan hubungan diplomatik dengan Panama di tahun 1979.

REFERENSI

  • Kemlu. (2019). “Hubungan Bilateral RI-Panama”. https://kemlu.go.id/panama/id/pages/ri_-_panama/4427/etc-menu
  • Dickson. (2017). “Profil Negara Panama”. https://www.ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-panama/
  • Yosua Herbi. (2020). “Profil & Informasi tentang Negara Panama”. https://semutaspal.com/panama/
  • Ika Lestari. (2021). “Negara Panama: Karakteristik, Penduduk, dan Fakta Menarik”. https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/negara-panama

*Penulis: Nabila Salsa Bila