Profil Negara Republik Dominika

Republik Dominika merupakan negara kepulauan yang menjadi bagian Pulau Hispaniola, sebuah pulau terbesar kedua di gugusan kepulauan Laut Karibia, Benua Amerika. Luas negara ini hampir sekitar dua pertiga Pulau Hispaniola. 

Kali ini kita akan membahas karakteristik Republik Dominika lengkap dengan berbagai informasi dari geografis hingga hubungan diplomatiknya dengan Indonesia.

Profil Negara Republik Dominika

A. Karakteristik Negara Republik Dominika

Nama Resmi: Republica Dominicana
Bentuk Pemerintahan: Republik Presidensial
Kepala Negara: Presiden
Kepala Pemerintahan: Presiden
Sistem Pemerintahan: Presidensial

Badan Legislatif: Kongres (Senado + Camara de Diputados)
Ibukota: Santo Domingo
Hari Kemerdekaan: 1 Desember 1821 (Spanyol ephemeral), 27 Februari 1844 (Haiti resmi0, 16 Agustus 1863 (Spanyol restorasi), 12 Juli 1924 (Amerika Serikat), dan 1 Juli 1965 (Amerika Serikat
Lagu Kebangsaan: Himno Nacional de la Republica Dominicana
Semboyan: Dios, Patria, Libertad (Tuhan, Tanah Air, Kebebasan)

Mata Uang: Peso Dominika (RD$) (DOP)
Kode Telepon: +809

Bendera Negara Republik Dominika
Bendera Negara Republik Dominika

B. Letak dan Batas Wilayah Republik Dominika

Republik Dominika terletak di bagian timur pulau terbesar kedua di Antillen Besar yaitu Pualu Hospaniola. Luas wilayah Republik Dominika 48.442 km persegi. Ini membuat Republik Dominika  menjadi negara terbesar kedua di Antillen setelah Kuba.

Berikut batas wilayah Republik Dominika:

  1. Sebelah utara berbatasan dengan Samudera Atlantik
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Kepulauan Haiti
  3. Sebelah timur berbatasan dengan Smaudera Atlantik
  4. Sebelah barat berbatasan dengan Laut Karibia

C. Pembagian Wilayah Administratif Republik Dominika

Wilayah Republik Dominika dibagi menjadi 31 provinsi. Ibu kotanya berada di Santo Domingo yang disebut sebagai Distrik Nasional. Wilayah provinsi dibagi menjadi kotamadya. Presiden memiliki hak untuk menunjuk gubernur provinsi.

Walikota dan dewan kota memiliki kewajiban mengelola 124 distrik kota dan distrik nasional. Keduanya dipilih oleh rakyat di waktu yang sama dengan pemilihan kongres. 

Nama provinsi yang ada di Republik Dominika meliputi Azua, Baoruco, Barahona, Dajabon, Santo Domingo, Duarte, El Seibo, Elias Pina, Espaillat, Hato Mayor, Hermanas Mirabal, Independencia, La Altagracia, La Romana, La Vega, Maria Trinidad Sanchez, Monsenor Nouel, Monte Cristi, Monte Plata, Pedernales, Peravia, Puerto Plata, Samana, San Cristobal, San Jose de Ocoa, San Juan, San Pedro de Macoris, Sanchez Ramirez, Santiago, Santiago Rodriguez, Valverde. 

D. Kondisi Geografis Republik Dominika

Letak astronomis Republik Dominika adalah 18°42’3.26″LU dan 70°09’55.65″BB. negara ini berbagi pulau dengan Haiti. Letaknya berada di bagain timur Pulau Hispaniola sebagai pulau terbesar kedua di Antilles Besar.

Terdapat banyak pulau kecil dan atol lepas di pantai Hispaniola yang merupakan bagian wilayah Republik Dominika. Dua pulau terbesar yang berada di dekat pantai adalah Saona dan Beata.

Bentuk daratan utama dari Republik Dominika adalah Kawasan pegunungan. Terdapat setidaknya tiga jajaran pegunungan yang dimiliki yaitu Cordillera Centarl (dari Haiti ke bagian timur Republik Dominika), Cordillera Septentrional, Cordillera Oriental (di bagian tomur).

Puncak tertinggi di Republik Dominika berada di Pico Duarte dengan ketinggian mencapai 3.087 di atas permukaan laut. Tak hanya itu, Republik Dominika juga memiliki sebuah danau terbesar di Kawasan Karibia yaitu Danau Enriquillo. 

E. Agama yang Dianut Penduduk Republik Dominika

Berdasarkan data pada 2014, sekitar 57% atau sekitar 5,7 juta populasi Republik Dominika merupakan jemaat Gereja Katolik Roma. Sedangkan sebanyak 23% atau 2,3 juta populasi menganut agama Kristen Protetan.

Dari tahun 1896 hingga 1907, misionaris Gereja Episkopal, Free Methodist, Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, dan Moravia mengabarkan injil di Republik Dominika. Sebanyak tiga persen dar 10,63 juta penduduk Republik Dominika merupakan jemaat dari Gereja Advent Hari Ketujuh.

Mulai munculnya imigrasi membuat upaya penginjilan membwa kelompok agama lain seperti Spiritis (2,2%), Mormon (1,1%), Buddha (0,1%), Baha’I (0,1%), Agama Rakyat Cina (0,1%), Islam (0,02%), dan Yahudi (0,01%).

F. Bahasa Masyarakat Republik Dominika

Bahasa Resmi Republik Dominika adalah bahasa Spanyol. Varian Spanyol lokal di negara ini disebut dengan Spanyol Dominika. Bahasa lokal tersebut dipengaruhi oleh bahasa Afrika dan bahasa Karibia asli khusunya di Pulai Hispaniola.

Bahasa yang digunakan untuk kegiatan sekolaha dalah bahasa Spanyol, bahasa Inggris, dan bahasa Perancis sebagai bahasa asing wajib. Selain itu, di beberapa lembga pendidikan swasta juga mulai banyak yang menyediakan pengajaran bahasa Italia, Jepang, dan Mandarin.

Kreol Haiti termasuk dalam bahasa minoritas terbesar di Republik Dominika dan digunakan oleh para imigran Haiti. Sedangkan bahasa Inggris banyak digunakan di Semenanjung Samana. 

G. Kondisi Iklim Republik Dominika

Republik Dominika termasuk negara beriklim tropis dan memiliki dua musim. Musim hujan terjadi di bulan Mei hingga Agustus. Selain itu, juga terjadi hurikan yang datang secara berkala mulai dari bulan Juni hingga November.

Hampir Sebagian besar hujan terjadi di Kawasan utara dan timur Republik Dominika. Rata-rata curah hujan di Republik Dominika mencapai 1.346 mm per tahun. Sedangkan untuk suhu rata-rata dari negara ini sekitar 21 derajat celcius untuk Kawasan pegunungan dan 25 derajat celcius untuk Kawasan pesisir. 

H. Kondisi Perekonomian Republik Dominika

Perekonomian Republik Dominika sempat mengalami kermerosatan pada tahun 1970-an. Hal ini dikarenakan banyaknya korupsi, kesalahan manajemen, serta ketidakefektifan pemerintan yang parah.

Kemudian di tahun 2004, Republik Dominika berhasil menciptakan kebijakan yang sehat demi menunjang perekonomian yang nyata dan berkesinambungan.

Pendapatan utama Republik Dominika berasal dari sektor pariwisata. Sebelumnya, sektor pertanian juga menyumbang besar perekonomian negara dengan hasilnya seperti tebu, kopi, dan tembakau. Beberapa hasil pertanian di ekspor ke sejumlah negara.

Selain itu, perekonomian Republik Dominika juga mengandalkan kirimin uang dari warga Republik Dominika yang tinggal dan bekerja di luar negeri. Akan tetapi, di Republik Dominika masih terdapat kesenjangan sosial yang sangat tinggi antara si kaya dan si miskin.

Sumber daya alam yang dimiliki Republik Dominika seperti bauksit, nikel, emas, dan peras. Republik Dominika juga memanfaatkan sungai dan alirannya sebagai pembangkit listrik. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan bendungan di sekitar sunggai Nizao, Bao, Ozama, dan Higuamo.  

I. Fakta Unik Republik Dominika

  1. Republik Dominika memiliki gereja termegah di dunia yaitu La Basilica de Higuey. Gereja ini bagi penduduk Republik Dominika dianggap sebagai simbol negara yang diresmikan oleh Paus Johanes Paulus IV pada tahun 1970.
  2. Republik Dominika mendapat kemerdekaan dari tiga negara dnegan tanggal kemerdekaan yang berbeda.
  3. Mama Juana merupakan minuman alcohol yang berasal dari percampuran anggur merah, rum, madu, dan ramuan herbal lainnya yang menjadi ciri khas dari Republik Dominika.
  4. Total panjang perbatasan antara wilayah daratan dan lautan atau garis pantai Republik Dominika mencapai 1.288 km.
  5. Pantai Punta Cana banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang akan berbulan madu di Republik Dominika.  

J. Hubungan Diplomatik dengan Indonesia

Tahun 2021, Indonesia melalui Duta Besar RI untuk Kuba sekaligus merangkap Republik Dominika, Nana Yuliana meminta dukungan kepada Republik Dominika untuk pencalonan Indonesia sebagai anggota Dewan Organisasi Maritim Internasional (IMO) kategori C periode 2022-2023.

Permohonan dukungan tersebut disampaikan kepada Dubes Republik Dominika untuk Kuba yaitu Flavio Rondon.

Dubes Indonesia menawarkan tawaran pelatihan dan diklat bagi warga Republik Dominika seperti diklat internasional bagi diplomat senior. Selain itu, juga menawarkan pelatihan di bidang kemaritiman dan perikanan.

Tawaran tersebut ditanggapi baik oleh Dubes Republik Dominika karena kesamaan geografis antara Indonesia dan Republik Dominika sehingga dapat bertukar pandangan, pengetahuan, dan teknologi di berbagai bidang. 

REFERENSI

  • Yuni Arisandy Sinaga. (2021). “Indonesia Minta Dukungan Repubik Dominika untuk Pencalonan sebagai Anggota IMO”. https://riau.antaranews.com/berita/212482/indonesia-minta-dukungan-republik-dominika-untuk-pencalonan-sebagai-anggota-imo
  • Ika Lestari. (2021). “Republik Dominika: Karakteristik, Kondisi Ekonomi, dan Faktanya”. https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/republik-dominika
  • BBC. (2023). “Profil Negara Republik Dominika”. https://www-bbc-com.translate.goog/news/world-latin-america-19246340?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  • Yosua Herbi. (2022). “Profil dan Informasi tentang Negara Republik Dominika”. https://semutaspal.com/republik-dominika/
  • Kemlu RI. (2022). “Republik Dominika”. https://kemlu.go.id/havana/id/read/republik-dominika/194/etc-menu

*Penulis: Nabila Salsa Bila