Profil Negara Puerto Riko

Puerto Riko merupakan sebuah negara yang terletak di kawasan kepulauan Laut Karibia, Benua Amerika. Banyak orang yang berpendapat bahwa Puerto Riko merupakan negara yang berdaulat. Hal ini dikarenakan negara ini memiliki wilayah dan status budayanya sendiri.

Padahal kenyataannya, Puerto Riko bukan merupakan negara yang berdaulat. Oleh sebab itu, Puerto Riko secara resmi dikenal dengan nama Negara Persemakmuran Puerto Rico. Pada abad sebelumna, negara ini dikenal dalam bahasa Inggris dengan nama Puerrto Rico.

Di bawah ini kalian akan diajak untuk memahami tentang Puerto Riko mulai dari sejarah berdiri, peta negara, pembagian wilayah administratif, bendera dan lambang negara, kondisi geografis, kondisi iklim, kondisi ekonomi, agama, bahasa, dan fakta menarik.

Profil Negara Puerto Riko

A. Sejarah Berdirinya Puerto Riko

Sebelum kedatangan Colombus, Puerto Riko sudah lebih dulu ditinggali oleh suku Taino pada awal abad ke 7 Masehi. Saat Colombus tiba pada 1493 diperkiran sudah ada sekitar 50.000 penduduk Suku Taino. Kemudian Colombus menamai wilayah ini dengan nama Pulau San Juan Bautista sebagai bentuk penghormatan untuk Saint John the Babtist.

Pada 8 Agustus 1508, pemukiman Spanyol mulai didirikan di daerah Cappara hingga. Beberapa tahun kemudian, Spanyol berhasil mencaplok semua pulau yang ada di wilayah tersebut.

Perkembangan kota ini diawali dengan kedatangan budak Afrika dan munculnya beberapa pedagang. Hingga pertengahan abad ke-17 Spanyol berhasil mempertahankan Puerto Riko dari upaya pencaplokan Belanda, Inggris, dan Perancis.

Pada penghujung abad ke-19, untuk memperkuat kendali atas maritim di Karibia, Amerika Serikat memberikan penawaran dana sebesar 160 juta dolar kepada Spanyol untuk memainkan pembelian Puerto Riko dan Kuba. Akan tetapi tawaran ini ditolak ole Spanyol.

Pada 1898, Amerika Serikat menyatakan perang kepada Spanyol yang dipicu karena pertikaian berkepanjangan di Kuba dan tragedi tenggelamnya kapal perang Amerika di bebas pantai Havana.

Pada 25 Juli 1898, Amerika berhasil menginvasi Puerto Riko dan sekaligus menandai kekalahan perang Spanyol. Hal ini membuat Spanyol menyerahkan kekuasaan atas Puerto Riko, Kuba, Filipina, dan Guam sesuai dengan perjanjian Paris.

Sejak saat itu hingga awal abad ke-20, Puerto Riko menjadi negara di bawah kekuasaan milter Amerika. Negara ini dipimpin oleh presiden dengan gubernur ditunjuk sebagai kepala pulau. Pemerintahan setempat diberikan kekuasaan untuk megontrol Puerto Riko namun pemerintah pusat Amerika Serikat masih memiliki kewenangan atas hak Veto.

Sejak 1917, masyarakat Puerto Riko mendapatkan hak sebagai warga negara Amerika secara kolektif dan dengan sendirinya ribuan penduduk ditarik ke dalam dinas ketentaraan Amerika semasa perang dunia pertama.

Meskipun masyarakat Puerto Riko mendapatkan hak sebagai warga negara Amerika akan tetap mereka tidak memiliki hak dalam pemilihan presiden Amerika. Hal ini dikarenakan kongres Amerika masih mempersyaratkan berbagai bidang untuk Puerto Riko dalam hal tersebut.

B. Peta Negara Puerto Riko

Luas wilayah Puerto Riko adalah 13.800 km persegi dimana gabungan dari sekitar 8.900 km persegi kawasan daratan dan 4.900 km persegi berupa perairan. Hal ini membuat negara ini menjadi negara terkecil di Antillen Besar.

Puerto Riko merupakan sebuah negara persemakmuran dan menjadi salah satu dari 13 wilayah milik Amerika Serikat yang disebut dengan Unincorporated Territories of United States. 

Puerto Riko berada di dalam bagian Kepulauan Antillen Besar yaitu sebuah kelompok pulau-pulau besra yang berada di Laut Karibia. Di laut ini juga terdapat beberapa pulau besar seperti Kuba, Hispaniola (Haiti dan Dominika), Kepulauan Cayman, dan Jamaika.

Berikut adalah batas-batas wilayah Puerto Riko meliputi:

  • Sebelah timur laut berbatasan dengan Laut Karibia
  • Sebelah timur berbatasan dengan Dominika
  • Sebelah barat berbatasan dengan Kepulauan Virgin

C. Pembagian Wilayah Administratif Puerto Riko

Puerto Riko terdiri dari pulau utama yaitu Puerto Riko dan beberapa pulau kecil seperti Vieques, Mona, ulebra, Desecheo, dan Caja de Muertos. Dari kelima pulau kecil tersebut, hanya Vieques dan Culebra yang berpenghuni sepanjang tahunnya.

Sedangkan untuk pulau Mona yang sejak lama menjadi sejarah penting kemaritiman justru tidak berpenghuni kecuali pekerja dari Departemen Sumber Daya Alam Puerto Riko.

D. Bendera dan Lambang Negara Puerto Riko

Bendera-Negara-Puerto-Riko

Bendera Puerto Riko memiliki tiga warna yaitu merah, putih dan biru. Warna biru melambangkan tiga cabang pemerintahan republik yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Warna merah melambangkan darah para pejuang. Sedangkan warna putih melambangkan hak manusia dan kebebasan individu. 

Selain warna bendera, dalam bendera Puerto Riko memiliki lambang unik yang menyiratkan filosofinya sendiri. Bintang putih melambangkan persemakmuran Puerto Riko. Serta segitiga sama sisi dengan warna biru melambangkan eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Bendera Puerto Riko tidak pernah dikibarkan kecuali bersama dengan bendera Amerika Serikat dimana posisinya harus berada di sebelah kiri bendera Amerika Serikat dengan ketinggian yang sama. Urutan pengibaran bendera yaitu bendera Amerika Serikat terlebih dahulu baru kemudian bendera Puerto Riko.

Lambang negara Puerto Riko

Foto: en.wikipedia.org

E. Kondisi Geografis Puerto Riko

Hampir sebagian besar wilayah Puerto Riko terdiri dari gunung dengan daerah pantai yang cukup luas di utara dan selatan. Negara ini memiliki pegunungan utama yang bernama La Cordillera Central. Pegunungan ini turut menjadi titik tertinggi Puerto Riko yaitu Cerro de Punta dengan ketinggian mencapai 1.340 di atas permukaan laut.

Selain itu, Puerto Riko juga memiliki titik tertinggi lainnya yaitu El Yunque. Tempat ini berlokasika di Sierra de Luquillo, Hutan Nasional El Yuque, dengan tinggi mencapai 1.065 meter di atas permukaan laut.

Puerto Riko memilik palung yang dinamakan dengan Palung Puerto Riko. Palung ini menjadi palung terbesar dan terdalam di Atlantik. Palung ini berada sekitar 114 km dari utara Puerto Riko perbatasan antara Lempeng Amerika Utara dan Karibia.

Palung Puerto Riko memiliki panjang sekitar 270 km dengan titik etrdalam mencapai 8.400 meter yang disebut dengan Milwaukee Deep.

F. Kondisi Iklim Puerto Riko

Menurut klasifikasi iklim Koppen, Puerto Riko termasuk negara yang memiliki iklim hutan hujan tropis. Suhu udara disana cukup hangat hingga panas sepanjang tahun. Rata-rata suhu udara di Puerto Riko mencapai 28 derajat celcius dengan suhu tertingga rata-rata sekitar 30 derajat dan suhu terendah mencapai 19 derajat celcius.

G. Kondisi Ekonomi Puerto Riko

Berdasarkan data dari Bank Dunia, perekonomian Puerto Riko termasuk dalam kelompok ekonomi dengan penghasilan tinggi dan paling kompetitif di Amerika Lain oleh World Economic Forum. Oleh sebab itu, menjadikan Puerto Riko sebagai salah satu negara maju di dunia.

Perekonomian Puerto Riko banyak didukung dari sektor manufaktur seperti farmasi, tekstil, elektronik, dan petrokimia. Selain itu, juga dari sektor jasa seperti asuransi, keuangan, real estat, dan pariwisata.  

H. Agama Penduduk Puerto Riko

Mayoritas penduduk Puerto Riko menganut agama Katolik Roma. Agama ini dibawa oleh penjajah Spanyol yang ada di Puerto Riko. Selain itu, terdapat juga agama lain seperti Kristen. Beberapa diantara masyarakat Puerto Riko tidak diketahui agamanya.

I. Bahasa Resmi Puerto Riko

Puerto Riko memiliki dua bahasa resmi yaitu bahasa Spanyol dan Inggris. Akan tetapi  bahasa utama yang sering digunakan masyarakat Puerto Riko adalah bahasa Spanyol. Bahasa ini digunakan untuk kegiatan bisnis, sekolah, dan sehari-hari.

Sedangkan bahasa Inggris biasanya digunakan oleh masyarakat Puerto Riko untuk mengurus Pengadilan Distrik Amerika Serikat.

J. Fakta Menarik Puerto Riko

  1. Awalnya Puerto Riko Bernama Boriken. Nama ini diberikan oleh penduduk pribumi Indian Taino.
  2. Cara menyambut orang di Puerto Riko adalah dengan mencium pipi. Oleh sebab itu, tidak heran jika sedang mengobrol maka penduduk Puerto Riko cenderung berdiri sangat dekat dengan lawan bicaranya.
  3. Puerto Riko memiliki teleskop terbesar di dunia dengan diameter 305 meter yang Bernama Arecibo Observatory.
  4. Gerbang San Juan yang dibangun pada akhir tahun 1.700 an merupakan salah satu dari enam pintu gerbang besar selama berabad-abad ditutup pada malam hari untuk melindungi kota dari penjajah. Tembok ini sendiri memiliki ketebalan sekitar 20 kaki dan tinggi 40 kaki.
  5. San Juan menjadi Pelabuhan terbesar kedua bagi kapal pesiar di belahan dunia bagian barat.

REFERENSI

  • Madari Iwan. (2020). “Mengenal Puerto Rico, Negara Persemakmuran Amerika Serikat”. https://semarangku.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-31600882/mengenal-puerto-rico-negara-persemakmuran-amerika-serikat?page=3
  • Eka Mandala. (2023). “Peta Puerto Rico”. https://www.pinhome.id/blog/peta-puerto-rico/
  • Ika Lestari. (2021). “Negara Puerto Rico: Karakteristik, Penduduk, dan Faktanya”. https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/negara-puerto-rico

*Penulis: Nabila Salsa Bila