Profil Negara Guadeloupe

Guadeloupe merupakan sebuah region Perancis yang terletak di Laut Karibia bagian timur sebelah Tenggara dari Puerto Riko. Sejatinya Guadeloupe masih berupa Kementerian Luar Negeri Perancis sejak diundangkannya Undang-Undang pada 19 Maret 1946. 

Guadeloupe juga menjadi salah satu dari 26 region Perancis dengan status region d’outre-mer. Guadeloupe sendiri terbagi menjadi lima pulau yaitu Basse-Terre, Grande-Terre, La Desiarde, Les Saintes, dan Marie Galante.

Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai Guadeloupe mulai dari Sejarah, luas dan letak wilayah, sistem perekonomian, sistem pemerintahan, agama, bahasa, bendera negara, fakta menarik, serta kondisi geografisnya.

Profil Negara Guadeloupe

A. Luas dan Letak Wilayah Guadeloupe

Guadeloupe merupakan sebuah pulau kecil yang berada di Antilles di Karibia. Pulau ini terletak sekitar 6.700 km dari perbatasan Perancis, 600 km sebelah utara Pantai Amerika Selatan, 700 km sebelah timur Republik Dominika, dan 2.200 km sebelah Tenggara Amerika Serikat.

Peta Guadeloupe melaju di tengah-tengah antara gempa bumi dan Tropic of Camcer yaitu lebih dari 6.700 km dari Perancis, 2.900 km dari New York, dan 3.400 km dari Montreal. negara terdekat dengan daratan Guadeloupe adalah Venezuela di Amerika Selatan. 

B. Sejarah Berdirinya Guadeloupe

Guadeloupe pertama kali dihuni oleh masyarakat Amerindian. Kemudian orang dari Indian Arawak mulai menetap di daerah tersebut dengan bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan pasifik yang berasal dari cekungan Orinoco (Venezuela).

Menjelang abad ke-8, orang-orang dari Indian Arawak dilenyapkan oleh pendatang baru yaitu dari suku Indian Carib yang berasal dari daerah yang sama. Guadeloupe sendiri berutang nama pada suku Indian Carib dari “Karukera” yang artinya pulau air yang indah.

Pada 1493, seorang navigator dari Spanyol, Christopher Colombus mendarat di Saint-Mary sebuah pulau yang saat ini dinamakan dengan Guadeloupe untuk menghormati biara Santa Maria de Guadeloupe di Extremadura.

Sejak kedatangan Colombus, para pendatang banyak yang menanam tebu secara intensif. Hal ini membuat mereka membutuhkan banyak tenaga kerja sehingga mendatangkan budak dari Afrika barat ke Karibia.

Pada 1674, Guadeloupe menjadi koloni Kerajaan Perancis dimana ekonomi perkebunan dan pada 1685 perbudakan diatur oleh Kode Hitam.

C. Bendera Negara Guadeloupe

Bendera Negara Guadeloupe

Warna biru pada bendera Guadeloupe melambangkan laut dan langit. Hal ini dikarenakan pulau ini dikelilingi oleh laut Karibia dan memiliki langit yang cerah sepanjang tahun.

Warna putih melambangkan kejujuran dan kemakmuran. Guadeloupe dianggap menjadi salah satu pulau paling indah di wilayah Karibia dan berhasil mempertahankan keindahan alamnya dengan baik.

Warna merah melambangkan keberanian. Hal ini ditujukkan kepada Masyarakat Guadeloupe yang telah berjuang melawan penjajah yang terjadi selama berabad-abad dan hingga kini tetap berupaya untuk mempertahankan kebebasan negaranya.

Warna kuning melambangkan kekayaan alam yang dimiliki pulau ini. Beberapa kekayaan alam yang dimiliki Guadeloupe antara lain tanaman tropis, buah-buahan, dan juga satwa liar.

D. Kondisi Iklim dan Cuaca Guadeloupe

Musim panas berlangsung selama 4,2 bulan, dari 6 Juni sampai 13 Oktober, dengan suhu tertinggi harian rata-rata di atas 31°C. Bulan terpanas dalam setahun di Guadeloupe adalah Juli, dengan rata-rata suhu terendah 31°C dan tertinggi 25°C.

Musim dingin berlangsung selama 3,2 bulan, dari 15 Desember sampai 20 Maret, dengan suhu tertinggi harian rata-rata di bawah 29°C. Bulan terdingin dalam setahun di Guadeloupe adalah Januari, dengan rata-rata terendah 21°C dan tertinggi 29°C

E. Sistem Perekonomian Guadeloupe

Perekonomian Guadeloupe mengandalkan dari sektor pertanian, jasa, dan pariwisata. hasil pertanian utamanya yaitu pisang, tebu, beberapa jenis buah-buahan tropis, babi, dan kambing. Hasil pertanian dari tebu kemudian diolah menjadi gula dan diekspor ke berbagai negara. Hasil pertanian lain yang dieskpor adalah pisang, rum, melon, dan mata air.

Guadeloupe juga melakukan impor dengan negara lain untuk berbagai produk seperti aneka jenis makanan, bahan bakar, mesin, pakaian, dan juga bahan-bahan material.

Pendapatan Guadeloupe juga berasal dari bantuan subsidi dan barang-barang impor dari Perancis. 

F. Bahasa Resmi Guadeloupe

Bahasa resmi dari Guadeloupe adalah bahasa Perancis. Selain bahasa resmi, penduduk Guadeloupe juga menggunakan kreol lokal untuk komunikasi sehari-hari.

G. Agama Penduduk Guadeloupe

Mayoritas penduduk Guadeloupe menganut agama Katolik Roma. Selain Katolik Roma terdapat juga penganut agama lain seperti Yehuwa dan Protestan.

H. Fakta Menarik Guadeloupe

Berikut adalah fakta menarik tentang Guadeloupe, antara lain:

1. Etnis campuran Afrika dan Eropa

Penduduk Guadeloupe pada umumnya merupakan keturunan dari etnis kreol atau orang-orang asli yang lahir di pulau tersebut. Akan tetapi kebanyakan dari penduduknya juga merupakan keturunan dari campuran Afrika dan Eropa.

Sedangkan etnis minoritasnya yaitu kelompok Amerindian kulit hitam dan Perancis. Populasi kulit putih di Guadeloupe mengalami penurunan setelah Revolusi Perancis pada akhir abad ke-18.

Di pulau-pulau yang lebih kecil, sebagian besar penduduk kulit putih merupakan keturunan dari pemukim Norman dan Breton pada abad ke-17. 

2. Adanya karnaval tahunan suku Kreol

Guadeloupe memiliki karnaval budaya tahunan yang sangar ramai dan meriah. karnaval ini dilakukan setiap bulan Januari untuk memperingati wafatnya Raja Vaval. Raja Vaval merupakan ikon kehormatan di Guadeloupe.

Karnaval ini juga turut menghadirkan tarian khas Guadeloupe yaitu Biguine yang menggunakan pakaian warna-warni khas suku Kreol.

3. Guadeloupe memiliki banyak wisata Pantai dan titik penyelaman terbaik

Salah satu titik penyelaman terbaik di Guadeloupe yaitu Les Saints yang memiliki banyak terumbu karang yang cantik dan beraneka ragam jenis ikan.

4. Guadeloupe terkenal akan buah melon

Buah melon dari Guadeloupe merupakan melon kuning dari varietas Charentais yang tumbuh di pulau Guadeloupe Perancis di Karibia. Buah ini dijual dalam keadaan segar, keras, utuh, dan memiliki berat minimal 450 gram.

kulit buahnya berwarna kehijauan atau kuning di bagian luar sedangkan bagian dalamnya terdapat daging buah yang manis dan lembut. Buahnya berwarna oranye dengan berbagai macam aroma dan rasa. Rasa yang paling menjadi favorit adalah musky.

Buah melon ini tidak dapat dikonsumsi tiap tahun karena termasuk produk musiman yang dipanen mulai dari November hingga Juni. Buah melon ini dapat dijadikan sebagai chutney, salad buah, koktail, atau dapat juga dipadukan dengan scallop segar atau ham kering.

REFERENSI

  • Profilbaru. (2022). “Guadeloupe”. https://profilbaru.com/Guadeloupe
  • Dyah Ayu Pamela. (2023). “6 Fakta Menarik Guadeloupe, Bagian dari Wilayah Perancis di Laut Karibia”. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5216869/6-fakta-menarik-guadeloupe-bagian-dari-wilayah-prancis-di-laut-karibia?page=4
  • Sylvain. (2023). “Dimana Lokasi Guadeloupe di Peta Dunia?”. https://fenua-tahiti.com/id/di-mana-lokasi-guadeloupe-di-peta-dunia
  • Jangkar Global. (2023). “Guadeloupe Flag: Sejarah, Arti, dan Maknanya”. https://jangkargroups.co.id/guadeloupe-flag/
  • Weatherspark. (2023). “Iklim dan Cuaca Rata-Rata Sepanjang Tahun di Guadeloupe”. https://id.weatherspark.com/y/150232/Cuaca-Rata-rata-pada-bulan-in-Guadeloupe-Sepanjang-Tahun#google_vignette

*Penulis: Nabila Salsa Bila